School Partnership Management with Industry and the World of Work to Improve Student Automotive Skills Competency
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.61034Kata Kunci:
School Partnership Management, IDUKA, Student CompetenciesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kemitraaan sekolah dengan industri dan dunia kerja terhadap peningkatan kompetensi siswa keahlian otomotif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa kelas XI yang ada di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari nilai akhir ujian tahun ajaran 2023/2024 pada siswa kelas XI terdiri dari tiga mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR), Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPKR), dan Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji t dan anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh manajemen kemitraaan sekolah dengan industri dan dunia kerja terhadap peningkatan kompetensi siswa keahlian otomotif dengan nilai thitung > ttabel atau 21,790, 7,499, dan 5,394 > 1,993, kemudian analisis uji Anova diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.
Referensi
Abdullah, F. (2020). Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Teaching Factory dalam Mata Pelajaran Produktif SMK di Aceh Timur. Journal of Education Science (JES), 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v6i2.1116.
Ai Asiah, Achmad Sanusi, Hanafiah, & Agus Mulyanto. (2022). Implementation of the Partnership for SMKN 1 Cihampelas with the Industrial World (DUDI) to improve the competence of graduates. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4), 303–311. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i4.88. DOI: https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i4.88
Ananta. (2019). Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Demontrasi Berbantu Trainer Kelistrikan Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas Xi Tkr Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 9–17. https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20252.
Anugerah, M. R., Saleh, M., & Suhaimi. (2022). Industrial Practice Partnership Model (A Multi Case Study at Vocational High School 4 And 5 Banjarmasin). International Journal of Social Science and Human Research, 05(06), 2723–2729. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-109. DOI: https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-109
Arifin. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46. http://journal.kurasinstitut.com/index.php/ijit.
Arifin, Z. (2012). Implementasi Manajemen Stratejik Berbasis Kemitraan Dalam Meningkatkan Mutu Smk. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 14(1), 60–70.
Creswell, J. W. (2012). Educational research : Planning conducting and evaluating quantitativ and qualitative Research. Pearson Educational Inc.
Danuarta. (2024). Pengaruh Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Percetakan E. 4(2), 263–269.
Edi. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum SMK pProgram Keahlian Teknik Elektro. 11(1), 139–148. DOI: https://doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13042
Fata. (2023). Peningkatan Mutu Lulusan Melalui Jaringan Kemitraan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri di SMK PGRI 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 185–200. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.214. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.214
Furqaan, Maksum, H., & Sugiarto, T. (2018). Hubungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Hasil Praktek Industri Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang. Automotive Engineering Education Journals, 7(1).
Garnadi, A., Helmawati, H., & Yoseptry, R. (2022). Manajemen Kelas Industri dan Industri Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMK Wiraswasta dan SMK PGRI 3 Kota Cimahi). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1047–1058. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.496. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.496
Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021
Harahap. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 226–231. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.537. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.537
Harris. (2021). Revitalisasi SMK Dalam Peningkatan Kompetensi Lulusan Untuk Beradaptasi Di Dunia Industri. In Six Plays for Children. https://doi.org/10.7560/703254-004. DOI: https://doi.org/10.7560/703254-004
Hasan, R., & Nuthihar, R. (2022). Manajemen Kemitraan Perguruan Tinggi Vokasi dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan. Jurnal Kebijakan Publik, 13(1), 376–384. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8145. DOI: https://doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8145
Kintu, D. (2019). An Exploration of Strategies for Facilitating Graduates’ Transition to the World of Work: A Case of Technical, Vocational Education and Training Graduates in Uganda. International Journal of Vocational Education and Training Research, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20190501.11. DOI: https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20190501.11
Komara. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1552–1558. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194
Lestari, B., & Pardimin, P. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 113. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3652. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3652
Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496–1514.
Maritsa. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Maulana, M., Bawazir, F., & Kunci, K. (2023). Pengaruh SoftSkill Terhadap Kesiapan Kerja Studi Pada Mahasiswa FEB Unisbank. 6(2), 2277–2288. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1123. DOI: https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1123
Meirawan, D., Mulyani, H., & Asri, K. H. (2022). BEACCTIVE as educational leadership model to create partnerships with business and industry. Cakrawala Pendidikan, 41(2), 295–307. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.45913. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.45913
Munthe. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 586. https://doi.org/10.29210/020211479. DOI: https://doi.org/10.29210/020211479
Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786. DOI: https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786
Oktafiyah, U., & Hariyati, N. (2020). Manajemen Kerjasaman Sekolah dengan Industri Dalam Implementasi Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 1 Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(02), 70–79.
Pratama, Y., Daryati, D., & Arthur, R. (2018). Hubungan Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Cibinong Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Jurnal PenSil, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.6. DOI: https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.6
Putra, A. A. P. A., Dantes, K. R., Nugraha, N. P., & Undiksha, J. P. T. M. (2017). Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20252. DOI: https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20252
Putri. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527
Rahayuningsih. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433
Rahmi. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59. DOI: https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59
Ridho, R., Hamdani, A., & A.M.Noor, R. (2018). Relevansi Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Kompetensi Kerja di Industri Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 222–229. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15193. DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15193
Rojaki. (2021). Manajemen Kerja Sama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. 5, 6337–6349.
Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja Much Rojaki. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598.
Sianturi. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507. DOI: https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Sukma. (2021). Strategi Kepala Sekolah Membangun Kemitraan Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri Dalam Peningkatan Keterserapan Lulusan Siswa SMK. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 475–488.
Sumbodo, W., Yudiono, H., Salim, & Setiadi, R. (2019). The role of industry partners to improving student competency of vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012031. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012031
Sunawardhani, N., & Casmudi, C. (2022). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4968–4981. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2932. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2932
Sungkowo. (2019). Kekuatan Sistem Kolaborasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), September, 782–793.
Supardi. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4), 11196–11203. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053
Susila. (2022). Kemitraan Manajemen Teknik Otomotif Dengan Yayasan Toyota Astra : Sebuah Studi Kasus Partnership Management of Automotive Engineering with Toyota Astra Foundation : a Case Study formal adalah Sekolah Menengah Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem P. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 02(02), 110–126. DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1726
Triwahyudi, J. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Dunia Industri Dalam Penyerapan Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 88. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4323. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4323
Tumanggung. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.
Ubaidah, S., Trisnamansyah, S., Insan, H. S., & Harahap, N. (2021). Partnership Management Between Vocational Schools with the World of Business and Industry to Improve the Quality of Graduates Who Are Ready to Work. International Journal of Nusantara Islam, 9(1), 58–69. https://doi.org/10.15575/ijni.v9i1.11818. DOI: https://doi.org/10.15575/ijni.v9i1.11818
Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281. DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281
Yahya. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 190–199. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.794. DOI: https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.794
Yuanita. (2020). Manajemen Kemitraan Madrasah Aliyah Dengan Balai Latihan Kerja Dalam Program Keterampilan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 283–298. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p283. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p283
Yurnalissa, Y., & Maria, S. (2019). Partnership management of the vocational school and business / industrial world in achieving graduate quality. Taman Vokasi, 7(1), 10. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4770. DOI: https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4770
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rahmiati Ruwaida; Putu Sudira
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)