School Partnership Management with Industry and the World of Work to Improve Student Automotive Skills Competency

Penulis

  • Rahmiati Ruwaida Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Putu Sudira Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.61034

Kata Kunci:

School Partnership Management, IDUKA, Student Competencies

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh manajemen kemitraaan sekolah dengan industri dan dunia kerja terhadap peningkatan kompetensi siswa keahlian otomotif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif jenis penelitian eksperimen. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa kelas XI yang ada di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari nilai akhir ujian tahun ajaran 2023/2024 pada siswa kelas XI terdiri dari tiga mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan (PMKR), Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan (PSPKR), dan Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan (PKKR). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini dengan uji t dan anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh manajemen kemitraaan sekolah dengan industri dan dunia kerja terhadap peningkatan kompetensi siswa keahlian otomotif dengan nilai thitung > ttabel atau 21,790, 7,499, dan 5,394 > 1,993, kemudian analisis uji Anova  diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05.

Referensi

Abdullah, F. (2020). Meningkatkan Kompetensi Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Teaching Factory dalam Mata Pelajaran Produktif SMK di Aceh Timur. Journal of Education Science (JES), 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33143/jes.v6i2.1116.

Ai Asiah, Achmad Sanusi, Hanafiah, & Agus Mulyanto. (2022). Implementation of the Partnership for SMKN 1 Cihampelas with the Industrial World (DUDI) to improve the competence of graduates. International Journal Of Humanities Education and Social Sciences (IJHESS), 1(4), 303–311. https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i4.88. DOI: https://doi.org/10.55227/ijhess.v1i4.88

Ananta. (2019). Pengaruh Implementasi Metode Pembelajaran Demontrasi Berbantu Trainer Kelistrikan Terhadap Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas Xi Tkr Di Smk Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 9–17. https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20252.

Anugerah, M. R., Saleh, M., & Suhaimi. (2022). Industrial Practice Partnership Model (A Multi Case Study at Vocational High School 4 And 5 Banjarmasin). International Journal of Social Science and Human Research, 05(06), 2723–2729. https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-109. DOI: https://doi.org/10.47191/ijsshr/v5-i6-109

Arifin. (2020). Strategi Belajar Dan Mengajar Guru Pada Abad 21. Indonesian Journal of Instructional Technology, 1(2), 37–46. http://journal.kurasinstitut.com/index.php/ijit.

Arifin, Z. (2012). Implementasi Manajemen Stratejik Berbasis Kemitraan Dalam Meningkatkan Mutu Smk. Jurnal Administrasi Pendidikan UPI, 14(1), 60–70.

Creswell, J. W. (2012). Educational research : Planning conducting and evaluating quantitativ and qualitative Research. Pearson Educational Inc.

Danuarta. (2024). Pengaruh Ketersediaan Sarana Dan Prasarana Dalam Percetakan E. 4(2), 263–269.

Edi. (2024). Implementasi Manajemen Kurikulum SMK pProgram Keahlian Teknik Elektro. 11(1), 139–148. DOI: https://doi.org/10.25157/jwp.v11i1.13042

Fata. (2023). Peningkatan Mutu Lulusan Melalui Jaringan Kemitraan Dengan Dunia Usaha Dan Dunia Industri di SMK PGRI 2 Ponorogo. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 4(2), 185–200. https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.214. DOI: https://doi.org/10.21154/sajiem.v4i2.214

Furqaan, Maksum, H., & Sugiarto, T. (2018). Hubungan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Hasil Praktek Industri Siswa Kelas XI Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan Di SMK Negeri 2 Karang Baru Aceh Tamiang. Automotive Engineering Education Journals, 7(1).

Garnadi, A., Helmawati, H., & Yoseptry, R. (2022). Manajemen Kelas Industri dan Industri Dunia Kerja (IDUKA) dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa (Studi Kasus di SMK Wiraswasta dan SMK PGRI 3 Kota Cimahi). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1047–1058. https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.496. DOI: https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.496

Hanafi, I. (2013). Re-orientasi keterampilan kerja lulusan pendidikan kejuruan. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(1), 107–116. https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021. DOI: https://doi.org/10.21831/jpv.v2i1.1021

Harahap. (2023). Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi terhadap Kinerja Guru. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 226–231. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.537. DOI: https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i2.537

Harris. (2021). Revitalisasi SMK Dalam Peningkatan Kompetensi Lulusan Untuk Beradaptasi Di Dunia Industri. In Six Plays for Children. https://doi.org/10.7560/703254-004. DOI: https://doi.org/10.7560/703254-004

Hasan, R., & Nuthihar, R. (2022). Manajemen Kemitraan Perguruan Tinggi Vokasi dalam Meningkatkan Kompetensi Lulusan. Jurnal Kebijakan Publik, 13(1), 376–384. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8145. DOI: https://doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8145

Kintu, D. (2019). An Exploration of Strategies for Facilitating Graduates’ Transition to the World of Work: A Case of Technical, Vocational Education and Training Graduates in Uganda. International Journal of Vocational Education and Training Research, 5(1), 1. https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20190501.11. DOI: https://doi.org/10.11648/j.ijvetr.20190501.11

Komara. (2023). Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan di SMK Bina Warga Bandung. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(3), 1552–1558. https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194. DOI: https://doi.org/10.58258/jime.v9i3.5194

Lestari, B., & Pardimin, P. (2019). Manajemen Kemitraan Sekolah Dengan Dunia Usaha dan Industri untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 2(1), 113. https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3652. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v2i1.3652

Lie, N. L. C., & Darmasetiawan, N. K. (2018). Pengaruh Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean pada Mahasiswa S1 Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya. Calyptra: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 6(2), 1496–1514.

Maritsa. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303. DOI: https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Maulana, M., Bawazir, F., & Kunci, K. (2023). Pengaruh SoftSkill Terhadap Kesiapan Kerja Studi Pada Mahasiswa FEB Unisbank. 6(2), 2277–2288. https://doi.org/https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1123. DOI: https://doi.org/10.36778/jesya.v6i2.1123

Meirawan, D., Mulyani, H., & Asri, K. H. (2022). BEACCTIVE as educational leadership model to create partnerships with business and industry. Cakrawala Pendidikan, 41(2), 295–307. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.45913. DOI: https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.45913

Munthe. (2021). Analisis kerjasama sekolah dengan dunia usaha dan dunia industri dalam meningkatkan mutu lulusan sekolah menengah kejuruan. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7(4), 586. https://doi.org/10.29210/020211479. DOI: https://doi.org/10.29210/020211479

Mustafidah, H., Imantoyo, A., & Suwarsito, S. (2020). Pengembangan Aplikasi Uji-t Satu Sampel Berbasis Web. JUITA: Jurnal Informatika, 8(2), 245. https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786. DOI: https://doi.org/10.30595/juita.v8i2.8786

Oktafiyah, U., & Hariyati, N. (2020). Manajemen Kerjasaman Sekolah dengan Industri Dalam Implementasi Teaching Factory di Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 1 Gresik. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(02), 70–79.

Pratama, Y., Daryati, D., & Arthur, R. (2018). Hubungan Praktik Kerja Industri dengan Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Cibinong Kelas XII Kompetensi Keahlian Teknik Gambar Bangunan. Jurnal PenSil, 7(1), 53–62. https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.6. DOI: https://doi.org/10.21009/pensil.7.1.6

Putra, A. A. P. A., Dantes, K. R., Nugraha, N. P., & Undiksha, J. P. T. M. (2017). Hasil Belajar Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Siswa Kelas XI TKR di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin Undiksha, 5(3), 9–17. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20252. DOI: https://doi.org/10.23887/jjtm.v5i3.20252

Putri. (2023). Pengaplikasian Uji T Dalam Penelitian Eksperimen. Jurnal Lebesgue : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 4(3), 1978–1987. https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527. DOI: https://doi.org/10.46306/lb.v4i3.527

Rahayuningsih. (2022). Pedagogik Digital Sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kompetensi Guru Abad 21. Jurnal Basicedu, 6(4), 6960–6966. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3433

Rahmi. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59. DOI: https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.59

Ridho, R., Hamdani, A., & A.M.Noor, R. (2018). Relevansi Mata Pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dengan Kompetensi Kerja di Industri Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(2), 222–229. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15193. DOI: https://doi.org/10.17509/jmee.v5i2.15193

Rojaki. (2021). Manajemen Kerja Sama Sekolah Menengah Kejuruan dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri. 5, 6337–6349.

Rojaki, M. (2023). Peran IDUKA pada Pendidikan Kejuruan dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Memasuki Dunia Kerja Much Rojaki. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1590–1598.

Sianturi. (2022). Uji homogenitas sebagai syarat pengujian analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397. https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507. DOI: https://doi.org/10.53565/pssa.v8i1.507

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sukma. (2021). Strategi Kepala Sekolah Membangun Kemitraan Dengan Dunia Usaha/Dunia Industri Dalam Peningkatan Keterserapan Lulusan Siswa SMK. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9(2), 475–488.

Sumbodo, W., Yudiono, H., Salim, & Setiadi, R. (2019). The role of industry partners to improving student competency of vocational high school. Journal of Physics: Conference Series, 1387(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012031. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/1387/1/012031

Sunawardhani, N., & Casmudi, C. (2022). Implementasi Program SMK Pusat Keunggulan Berbasis Kompetensi Keahlian Agribisnis Ternak Unggas di SMK Negeri 3 Penajam Paser Utara. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(3), 4968–4981. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2932. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i3.2932

Sungkowo. (2019). Kekuatan Sistem Kolaborasi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Di SMK Negeri 4 Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (UST), September, 782–793.

Supardi. (2023). Kemitraan Sekolah dan Komite Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP IT Raudhatul Jannah Cilegon. Journal on Education, 5(4), 11196–11203. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053. DOI: https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2053

Susila. (2022). Kemitraan Manajemen Teknik Otomotif Dengan Yayasan Toyota Astra : Sebuah Studi Kasus Partnership Management of Automotive Engineering with Toyota Astra Foundation : a Case Study formal adalah Sekolah Menengah Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem P. Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 02(02), 110–126. DOI: https://doi.org/10.24967/esp.v2i02.1726

Triwahyudi, J. (2020). Manajemen Kemitraan Sekolah dan Dunia Industri Dalam Penyerapan Lulusan SMK. Media Manajemen Pendidikan, 3(1), 88. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4323. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.4323

Tumanggung. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281.

Ubaidah, S., Trisnamansyah, S., Insan, H. S., & Harahap, N. (2021). Partnership Management Between Vocational Schools with the World of Business and Industry to Improve the Quality of Graduates Who Are Ready to Work. International Journal of Nusantara Islam, 9(1), 58–69. https://doi.org/10.15575/ijni.v9i1.11818. DOI: https://doi.org/10.15575/ijni.v9i1.11818

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1), 50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281. DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Yahya. (2023). Implementasi Artificial Intelligence (AI) di Bidang Pendidikan Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 190–199. https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.794. DOI: https://doi.org/10.59562/semnasdies.v1i1.794

Yuanita. (2020). Manajemen Kemitraan Madrasah Aliyah Dengan Balai Latihan Kerja Dalam Program Keterampilan. Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 283–298. https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p283. DOI: https://doi.org/10.17977/um027v3i32020p283

Yurnalissa, Y., & Maria, S. (2019). Partnership management of the vocational school and business / industrial world in achieving graduate quality. Taman Vokasi, 7(1), 10. https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4770. DOI: https://doi.org/10.30738/jtv.v7i1.4770

Diterbitkan

2024-05-17

Cara Mengutip

Ruwaida, R., & Putu Sudira. (2024). School Partnership Management with Industry and the World of Work to Improve Student Automotive Skills Competency. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(1), 183–194. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.61034

Terbitan

Bagian

Articles