Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hasthalaku di SMA N 1 Surakarta

Penulis

  • Feri Dwi Jayanti Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia
  • Taat Wulandari Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.66260

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, hasthalaku

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal hasthalaku di SMA Negeri 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subyek penelitian terdiri dari; 1 wakil kepala sekolah, 1 guru pembina hasthalaku, 2 guru mata pelajaran, dan 3 peserta didik SMA Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dalam implementasinya, SMA Negeri 1 Surakarta menggunakan tiga desain pendidikan karakter yang mengadopsi nilai-nilai kearifan lokal hasthalaku. 2) implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal hasthalaku di SMA Negeri 1 Surakarta dilakukan dengan tujuh program/kegiatan, sebagai berikut: a) sosialisasi pada berbagai kegiatan sekolah, b) pembiasaan melalui budaya sekolah yang humanis, c) senin literasi, d) branding nilai-nilai hasthalaku melalui papan acrilik di lingkungan sekolah, e) terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar, f) menggunakan media sosial (instagram) sekolah, dan g) melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Agar pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta dapat berjalan secara konsisten, sebaiknya implementasi hasthalaku melalui tujuh program/kegiatan tersebut perlu terus dilakukan.

 

Kata kunci: Pendidikan karakter, kearifan lokal, hasthalaku.

Referensi

Alsuci, E., Trinugraha, Y., & Rahman, A. (2021). Peran Solo Bersimfoni dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter Generasi Z di Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 197–208. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.42907. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.42907

Amri, F., Djatmika, E. T., Wahyono, H., & Widjaja, S. U. M. (2020). The Effect of Using Simulation on Developing Students’ Character Education in Learning Economics. International Journal of Instruction, 4(13), 375–392. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13424a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13424a

Barokad, B., & Sunarto, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Dalam Konteks Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 104–116. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8967. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8967

Bastiar, D. (2019). Penegakan Hukum terhadap Penyalahgunaan dan Pencegahan Pengguna Narkotika di Indonesia. Jurnal Rechtens, 8(2), 209–222. https://doi.org/10.36835/rechtens.v8i2.535. DOI: https://doi.org/10.36835/rechtens.v8i2.535

Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11

Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348

Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250

Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598

Hartiwisidi, N., Damayanti, E., Musdalifah, M., Rahman, U., & Suarga, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Mandar Metabe’dan Mepuang di SDN 001 Campalagian. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 150–162. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48473. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48473

Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230 DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230

Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai Kearifan Lokal Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Di Bali. DHARMASMRTI: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127–135. https://doi.org/10.32795/ds.v22i2.3398.

Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076

Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300

Mutiara, H., & Yatri, I. (2022). The Value of Character Education in a Collection of Fairy Tales by Ungu Lianza. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 337–341. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48114. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48114

Natalia, V. E. D., Pratama, A. O., & Astuti, M. D. (2021). Implementation of Pancasila Values in Character Education: A Literature Review. International Journal Pedagogy of Social Studies, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.17509/ijposs.v6i1.32569. DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v6i1.32569

Nengsih, S. W. (2020). Kearifan Lokal Dalam Legenda Keagamaan Masyarakat Banjar. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 41. https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395. DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395

Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270. DOI: https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270

Pratama, F. I. P., Kristiyanto, A., & Widyastono, H. (2021). Character values of third grade slow learner in character education at the inclusive elementary school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), 345–352. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.28838.

Prayuda, R. (2020). Transnasional Terorganisir di Wilayah Perbatasan : Studi Modus Operandi Penyelundupan Narkotika Riau dan Malaysia. Jurnal Kajian Internasional Andalas (AJIS), 9(1), 34. https://doi.org/10.25077/ajis.9.1.34-47.2020. DOI: https://doi.org/10.25077/ajis.9.1.34-47.2020

Primasari, Y., Nuhyal Ulia, N., & Sari Yustiana, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Samin Guna Menyukseskan Gerakan Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62

Pudjiastuti, S., Sutarjo, A., Nurhayati, U., & Fuadah, V. (2021). Implementasi Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Adat Sinar Resmi Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Kebajikan Kewarganegaraan, 1(2), 174–184. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.995. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.995

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Rahmayanti, R. (2017). Sanksi Hukum terhadap Pelaku Tindak Pidana Korupsi Berdasarkan Hukum Positif dan Hukum Islam. Jurnal Mercatoria, 10(1), 60. https://doi.org/10.31289/mercatoria.v10i1.732. DOI: https://doi.org/10.31289/mercatoria.v10i1.732

Ritonga, A. W. (2022). Role of Teachers and Parents in Realizing Character Education in the Digital Era. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729

Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(6), 6227–6235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804

Sayekti, L. B., Rejekiningsih, T., & Triastuti, R. (2022). Internalization of the Tolerance Values in Adolescents through the Komunitas Solo Bersimfoni. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1). https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4305.

Setiawan, A., Zebua, R., & Sunarti, S. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat kepribadian Genetik STIFIn. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859–1872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suhartono, S., Mutiani, M., Rahman, A. M., Putra, M. A. H., & Murniasih, C. (2023). Peningkatan Kecerdasan Ekologis Siswa SD melalui Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal sebagai Sumber Belajar (Studi Etnosains Masyarakat Banjar dan Baduy). Journal on Education, 5(3), 10441–10455. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1946.

Yasa, I. M., Sukadi, S., & Margi, I. K. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134

Diterbitkan

2024-05-17

Cara Mengutip

Jayanti, F. D., & Wulandari, T. (2024). Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hasthalaku di SMA N 1 Surakarta. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(1), 73–83. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.66260

Terbitan

Bagian

Articles