Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Hasthalaku di SMA N 1 Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.66260Kata Kunci:
Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, hasthalakuAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal hasthalaku di SMA Negeri 1 Surakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan naturalistik. Subyek penelitian terdiri dari; 1 wakil kepala sekolah, 1 guru pembina hasthalaku, 2 guru mata pelajaran, dan 3 peserta didik SMA Negeri 1 Surakarta. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan snowball sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga teknik, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles & Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) dalam implementasinya, SMA Negeri 1 Surakarta menggunakan tiga desain pendidikan karakter yang mengadopsi nilai-nilai kearifan lokal hasthalaku. 2) implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal hasthalaku di SMA Negeri 1 Surakarta dilakukan dengan tujuh program/kegiatan, sebagai berikut: a) sosialisasi pada berbagai kegiatan sekolah, b) pembiasaan melalui budaya sekolah yang humanis, c) senin literasi, d) branding nilai-nilai hasthalaku melalui papan acrilik di lingkungan sekolah, e) terintegrasi dengan kegiatan belajar mengajar, f) menggunakan media sosial (instagram) sekolah, dan g) melalui berbagai kegiatan ekstrakurikuler sekolah. Agar pembentukan karakter peserta didik di SMA Negeri 1 Surakarta dapat berjalan secara konsisten, sebaiknya implementasi hasthalaku melalui tujuh program/kegiatan tersebut perlu terus dilakukan.
Kata kunci: Pendidikan karakter, kearifan lokal, hasthalaku.
Referensi
Alsuci, E., Trinugraha, Y., & Rahman, A. (2021). Peran Solo Bersimfoni dalam Mengimplementasi Pendidikan Karakter Generasi Z di Kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(1), 197–208. https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.42907. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v12i2.42907
Amri, F., Djatmika, E. T., Wahyono, H., & Widjaja, S. U. M. (2020). The Effect of Using Simulation on Developing Students’ Character Education in Learning Economics. International Journal of Instruction, 4(13), 375–392. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13424a. DOI: https://doi.org/10.29333/iji.2020.13424a
Barokad, B., & Sunarto, S. (2021). Manajemen Pengembangan Kegiatan Ekstrakurikuler Karawitan Dalam Konteks Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal. Media Manajemen Pendidikan, 4(1), 104–116. https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8967. DOI: https://doi.org/10.30738/mmp.v4i1.8967
Bastiar, D. (2019). Penegakan Hukum terhadap Penyalahgunaan dan Pencegahan Pengguna Narkotika di Indonesia. Jurnal Rechtens, 8(2), 209–222. https://doi.org/10.36835/rechtens.v8i2.535. DOI: https://doi.org/10.36835/rechtens.v8i2.535
Bulan, A., & Hasan, H. (2020). Analisis Nilai Pendidikan Karakter dalam Kumpulan Dongeng Suku Mbojo. Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan, 1(1), 31–38. https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11. DOI: https://doi.org/10.54371/ainj.v1i1.11
Dewi, N. K. A. M. A., & Suniasih, N. W. (2023). E-Modul Ajar Kurikulum Merdeka Belajar Berbasis Kearifan Lokal Bali Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 11(1), 91–99. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v11i1.58348
Faiz, A., & Soleh, B. (2021). Implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.14250
Galuh, A. D., Maharani, D., Meynawati, L., Anggraeni, D., & Furnamasari, Y. F. (2021). Urgensi Nilai dan Moral dalam Upaya Meningkatkan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pkn di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5169–5178. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1598
Hartiwisidi, N., Damayanti, E., Musdalifah, M., Rahman, U., & Suarga, S. (2022). Penguatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal Mandar Metabe’dan Mepuang di SDN 001 Campalagian. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(2), 150–162. https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48473. DOI: https://doi.org/10.21831/jpka.v13i2.48473
Hasibuan, A. A., Syah, D., & Marzuki, M. (2018). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sma. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(02), 191. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230 DOI: https://doi.org/10.32678/tarbawi.v4i02.1230
Jayanti, I. G. N., Rupa, I. W., Satyananda, I. M., Putra, I. K. S., Rema, I. N., Sumarja, I. M., & Sumerta, I. M. (2022). Nilai Kearifan Lokal Dalam Upaya Pelestarian Kebudayaan Di Bali. DHARMASMRTI: Jurnal Ilmu Agama Dan Kebudayaan, 22(2), 127–135. https://doi.org/10.32795/ds.v22i2.3398.
Jumriani, J., Mutiani, M., Putra, M. A. H., Syaharuddin, S., & Abbas, E. W. (2021). The Urgency of Local Wisdom Content in Social Studies Learning: Literature Review. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 103. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076. DOI: https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3076
Mandra, I. W., & Dhammananda, D. (2020). Implementation Of Tri Hita Karana Teaching To Form Students Characters Quality. Jurnal Penjaminan Mutu, 6(1), 60. https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300. DOI: https://doi.org/10.25078/jpm.v6i1.1300
Mutiara, H., & Yatri, I. (2022). The Value of Character Education in a Collection of Fairy Tales by Ungu Lianza. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(2), 337–341. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48114. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i2.48114
Natalia, V. E. D., Pratama, A. O., & Astuti, M. D. (2021). Implementation of Pancasila Values in Character Education: A Literature Review. International Journal Pedagogy of Social Studies, 6(1), 35–44. https://doi.org/10.17509/ijposs.v6i1.32569. DOI: https://doi.org/10.17509/ijposs.v6i1.32569
Nengsih, S. W. (2020). Kearifan Lokal Dalam Legenda Keagamaan Masyarakat Banjar. Jurnal Bahasa, Sastra Dan Pembelajarannya, 10(1), 41. https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395. DOI: https://doi.org/10.20527/jbsp.v10i1.8395
Peterson, A. (2020). Character education, the individual and the political. Journal of Moral Education, 49(2), 143–157. https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270. DOI: https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1653270
Pratama, F. I. P., Kristiyanto, A., & Widyastono, H. (2021). Character values of third grade slow learner in character education at the inclusive elementary school. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(2), 345–352. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i2.28838.
Prayuda, R. (2020). Transnasional Terorganisir di Wilayah Perbatasan : Studi Modus Operandi Penyelundupan Narkotika Riau dan Malaysia. Jurnal Kajian Internasional Andalas (AJIS), 9(1), 34. https://doi.org/10.25077/ajis.9.1.34-47.2020. DOI: https://doi.org/10.25077/ajis.9.1.34-47.2020
Primasari, Y., Nuhyal Ulia, N., & Sari Yustiana, S. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Budaya Samin Guna Menyukseskan Gerakan Literasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51–62. https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.8.1.51-62
Pudjiastuti, S., Sutarjo, A., Nurhayati, U., & Fuadah, V. (2021). Implementasi Kearifan Lokal Masyarakat Kasepuhan Adat Sinar Resmi Dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Kebajikan Kewarganegaraan, 1(2), 174–184. https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.995. DOI: https://doi.org/10.37640/jcv.v1i2.995
Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar: Literature Review. Jurnal Pijar Mipa, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663. DOI: https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663
Rahmayanti, R. (2017). Sanksi Hukum terhadap Pelaku Tindak Pidana Korupsi Berdasarkan Hukum Positif dan Hukum Islam. Jurnal Mercatoria, 10(1), 60. https://doi.org/10.31289/mercatoria.v10i1.732. DOI: https://doi.org/10.31289/mercatoria.v10i1.732
Ritonga, A. W. (2022). Role of Teachers and Parents in Realizing Character Education in the Digital Era. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(1), 9–18. https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729. DOI: https://doi.org/10.23887/ivcej.v5i1.39729
Rudisa, R., Elpisah, E., Fahreza, M., & Yahya, M. (2021). Pengaruh Pendidikan Karakter dan Kondisi Ekonomi Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 5(6), 6227–6235. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1804
Sayekti, L. B., Rejekiningsih, T., & Triastuti, R. (2022). Internalization of the Tolerance Values in Adolescents through the Komunitas Solo Bersimfoni. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 5(1). https://doi.org/10.33258/birci.v5i1.4305.
Setiawan, A., Zebua, R., & Sunarti, S. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat kepribadian Genetik STIFIn. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859–1872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suhartono, S., Mutiani, M., Rahman, A. M., Putra, M. A. H., & Murniasih, C. (2023). Peningkatan Kecerdasan Ekologis Siswa SD melalui Komik Edukasi Berbasis Kearifan Lokal sebagai Sumber Belajar (Studi Etnosains Masyarakat Banjar dan Baduy). Journal on Education, 5(3), 10441–10455. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/1946.
Yasa, I. M., Sukadi, S., & Margi, I. K. (2022). Penerapan Nilai-Nilai Karakter Berlandaskan Falsafah Tri Hita Karana melalui Pembelajaran Tematik Pada Siswa Kelas VI SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 8(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134. DOI: https://doi.org/10.23887/jiis.v8i1.36134
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Feri Dwi Jayanti, Taat Wulandari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)