Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Seni Tari Siswa Kelas V SD melalui Ensiklopedia Digital
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i1.68728Kata Kunci:
Dance, Digital Encyclopedia, Learning OutcomesAbstrak
Pendidikan era modern menuntut digitalisasi dalam proses belajar mengajar. Pembelajaran konvensional tanpa menggunakan media digital yang sesuai dengan karakteristik peserta didik berdampak pada hasil belajar seni tari yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan ensiklopedia digital pembelajaran seni tari bagi peserta didik kelas V SD. Metode penelitian ini yaitu Research & Development (R & D) dengan model ADDIE. Subyek penelitian terdiri dari 2 ahli, 1 guru dan 26 peserta didik.Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, lembar angket dan tes tertulis. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa ensiklopedia digital mendapat validitas kelayakan 83,75% dari ahli materi dan 96% dari ahli media dengan kategori sangat layak. Ensiklopedia digital dinilai praktis dengan presentase 95% oleh guru, 91% oleh peserta didik kelompok kecil, dan 94% oleh peserta didik kelompok besar dengan kategori sangat baik. Efektivitas ensiklopedia digital dalam kegiatan pembelajaran dibuktikan dengan meningkatkannya rata-rata hasil belajar peserta didik dengan nilai N-Gain 0,6490. Dapat disimpulkan jika ensiklopedia digital memenuhi kriteria kelayakan, kepraktisan dan keefektifan dalam pembelajaran seni tari di kelas V SD.
Referensi
Avioleta, E., Aji, SD, & Yasa, AD (2021). Pengembangan Ensiklopedia IPA Materi Sumber Energi Berbasis QR Code Siswa Kelas IV SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UNIKAMA , 5(1), Pasal 1.
Bernacki, ML, Greene, JA, & Crompton, H. (2020). Teknologi Seluler , Pendapatan , dan Pencapaian : Kemajuan dalam Pemahaman dan Mengukur Peran Teknologi Seluler dalam Pendidikan . Psikologi Pendidikan Kontemporer , 60, 101827. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101827. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101827
Bond, M., Marín, VI, Dolch, C., Bedenlier, S., & Zawacki-Richter, O. (2018). Transformasi Digital di Pendidikan Tinggi Jerman : Persepsi Siswa dan Guru serta Era Penggunaan M edia Digital . Jurnal Internasional Teknologi Pendidikan di Pendidikan Tinggi , 15(1), Artikel 1. https://doi.org/10.1186/s41239-018-0130-1. DOI: https://doi.org/10.1186/s41239-018-0130-1
Carstens, KJ, Mallon, JM, Bataineh, M., & Al-Bataineh, A. (2021). Pengaruh Teknologi terhadap Pembelajaran Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan Online Turki - TOJET , 20(1), 105–113.
Cholilah, M., Tatuwo, AGP, Komariah, Rosdiana, SP, & Fatirul, AN (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan Dan Pengajaran , 1(02), Article 02. https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110. DOI: https://doi.org/10.58812/spp.v1i02.110
Darmayanti, M., Ca, ND, Nuryani, P., Heryanto, D., & Hendriani, A. (2022). Pendampingan Pengembangan Pembelajaran Seni Tari di SD. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat , 8(1), Artikel 1. https://doi.org/10.26740/abdi.v8i1.11164. DOI: https://doi.org/10.26740/abdi.v8i1.11164
Elpus, K. (2022). Akses terhadap Pendidikan Seni di Amerika : Tersedianya Kursus Seni Visual , Musik , Tari , dan Pemanas di Sekolah Menengah Atas AS . Tinjauan Kebijakan Pendidikan Seni , 123(2), 50–69. https://doi.org/10.1080/10632913.2020.1773365. DOI: https://doi.org/10.1080/10632913.2020.1773365
E stela , W.V. (2021). P engembangan Ensiklopedia Digital Pembelajaran PPKN Untuk Menanamkan Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Doktor, Universitas Negeri Jakarta . http://repositori.unj.ac.id/20515/.
Fadhilah, R., Auliaty, Y., & Wardhani, PA (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Tanaman Hias Berbasis Kontekstual sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran IPA Kelas IV SD . Jurnal Teknologi Pendidikan , 2(2), Artikel 2. https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p29-37. DOI: https://doi.org/10.26740/etj.v2n2.p29-37
Fauziah, DA, Supraptono, E., & Kartono, R. (2018). Pengembangan Ensiklopedi Digital Tari Daerah Jawa Tengah Berbasis Android Dengan Metode Linear Sequential Model (Pengembangan Ensiklopedia Digital Tari Tradisional Jawa Tengah Berbasis Android Menggunakan Model Linear Sequential). JURNAL IPTEKKOM : Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi , 20(1), 77. https://doi.org/10.33164/iptekkom.20.1.2018.77-91. DOI: https://doi.org/10.33164/iptekkom.20.1.2018.77-91
Gusman, FJ, Pramudya, I., & Riyadi. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Gores Menggunakan Pendekatan PMRI Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran , 56(2), 337–348. https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.66086. DOI: https://doi.org/10.23887/jpp.v56i2.66086
Hammer, M., Scheiter, K., & Stürmer, K. (2021). Teknologi Baru , Peran Baru Orang Tua : Bagaimana Keyakinan dan Perilaku Orang Tua Mempengaruhi Kemanjuran Diri Media Digital Siswa . Komputer dalam Perilaku Manusia , 116, 106642. https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106642. DOI: https://doi.org/10.1016/j.chb.2020.106642
Hariyati, DP, Rachmadyanti, P., Pd, S., & Pd, M. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Liveworksheet untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 10(7), 1473-1483. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/47566.
Hidayati, IN (2021). Pembelajaran Seni Tari Berbasis Kearifan Lokal dalam Peningkatan Pendidikan Karakter Siswa Sekolah Dasa r . Jurnal Dasar: Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar , 4(1), 32–35. https://doi.org/10.31764/elementary.v4i1.3554. DOI: https://doi.org/10.51836/je.v4i2.94
Hsia, L.-H., & Sung, H.-Y. (2019). Pengaruh Pendekatan Penilaian Teman Sebaya yang Didukung Teknologi Seluler terhadap Motivasi dan Persepsi Belajar Siswa di Kelas Tari Terbalik Perguruan Tinggi . Jurnal Internasional Pembelajaran dan Organisasi Seluler . https://www.inderscienceonline.com/doi/10.1504/IJMLO.2020.103892.
Karimah, N., Ngazizah, N., & Ratnaningsih, A. (2021). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Keterampilan Proses dan Karakter pada Kelas V Tema Lingkungan Sahabat Kita. Ide Sintaks , 3(8), Artikel 8. https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v3i8.1429. DOI: https://doi.org/10.36418/syntax-idea.v6i8.1429
Komala, I., & Nugraha, A. (2022). Pendidikan Seni dan Kurikulum Merdeka Belajar: Tuntutan bagi Guru di Sekolah Dasar. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan) , 4(3), 122–134. https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.114 DOI: https://doi.org/10.52005/belaindika.v4i3.114
Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E - L produktif , M-learning dan D-learning: Definisi Konseptual dan Analisis Komparatif . E-Learning dan Media Digital , 15(4), 191–216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180. DOI: https://doi.org/10.1177/2042753018785180
Lambardo, F. (2020). E nsiklopedia K ain Songket B erbasis A ndroid . INFORMANIKA , 6(2), Pasal 2. https://doi.org/10.52233/informanika.v6i2.162 E.
Mayer, RE (2020). Di manakah penghasilan L dalam teknologi M obile T untuk penghasilan L ? . Psikologi Pendidikan Kontemporer , 60, 101824. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101824. DOI: https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2019.101824
Mulyani, T., & Armiati, A. (2021). Efektivitas Penggunaan Ensiklopedia Berbasis Teknologi Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Menengah Atas (SMA): Tinjauan Pustaka. Jurnal Ecogen , 4(2), Artikel 2. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11164. DOI: https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i2.11164
Njatrijani, R. (2018). Kearifan Lokal Dalam Perspektif Budaya Kota Semarang. Gema Keadilan , 5(1), 16–31. https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580. DOI: https://doi.org/10.14710/gk.2018.3580
Pereira, NS, & Marques-Pinto, A. (2018). Pengembangan Program Pendapatan Sosial dan Emosional Menggunakan Tari Pendidikan : Pendekatan Partisipatif yang Ditujukan pada Siswa Sekolah Menengah . Studi dalam Evaluasi Pendidikan , 59, 52–57. https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.03.003. DOI: https://doi.org/10.1016/j.stueduc.2018.03.003
Prabawati, A., & Siswantari, H. (2022). E- Book Ensiklopedia Tari Daerah di Indonesia sebagai M edia Alternatif P embelajaran di E ra C ovid -19 . Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 6(2), Artikel 2. https://doi.org/10.31326/jipgsd.v6i2.1467.
Putri, DA, & Desyandri, D. (2019). Seni Tari Dalam Peningkatan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan , 1(3), Artikel 3. https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.51. DOI: https://doi.org/10.31004/edukatif.v1i3.51
Rao, NJ (2020). Pendidikan Berbasis Hasil: Sebuah Garis Besar. Pendidikan Tinggi untuk Masa Depan , 7(1), 5–21. https://doi.org/10.1177/2347631119886418. DOI: https://doi.org/10.1177/2347631119886418
Rohmah, S., & Tegeh, IM (2022). Multimedia Interaktif Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar PAI. Jurnal Edutech Undiksha , 10(2), Artikel 2. https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43365. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v10i1.43365
Sari, AI, Suryani, N., Rochsantiningsih, D., & Suharno, S. (2020). Pembelajaran Digital, Penggunaan Smartphone, dan Budaya Digital dalam Pendidikan Indonesia. Integrasi Pendidikan , 24(1), 20–31. https://doi.org/10.15507/1991-9468.098.024.202001.020-031. DOI: https://doi.org/10.15507/1991-9468.098.024.202001.020-031
Sari, IP, Permana, FC, & Firmansyah, FH (2020). Perancangan Ensiklopedia Interaktif Digital “hiasan songket palembang” sebagai media edukasi pengenalan wastra indonesia. Prosiding Konferensi Internasional Pendidikan Seni dan Desain ke-2 (ICADE 2019). Konferensi Internasional Pendidikan Seni dan Desain ke-2 (ICADE 2019), Lembang, Indonesia . https://doi.org/10.2991/assehr.k.200321.048. DOI: https://doi.org/10.2991/assehr.k.200321.048
Simamora, E. (2019). P erkembangan Inovasi Pembelajaran Seni Budaya di Era Digital . 523–532. http://digilib.unimed.ac.id/38931/.
Sollied Madsen, S., Archard, S., & Thorvaldsen, S. (2019). Bagaimana Berbagai Strategi Nasional Penerapan Teknologi Digital Dapat Mempengaruhi Guru Pendidik . Jurnal Literasi Digital Nordik , 13(4), 7–23. https://doi.org/10.18261/issn.1891-943x-2018-04-02. DOI: https://doi.org/10.18261/issn.1891-943x-2018-04-02
Suciati, S. (2018). P engembangan Kreativitas Inovatif Melalui Pembelajaran Digital . Jurnal Pendidikan , 19(2), Artikel 2. https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.181.2018. DOI: https://doi.org/10.33830/jp.v19i2.731.2018
Sufiya, N., & Faizah, U. (2019). P engembangan Ensiklopedia Elektronik Interaktif dengan Strategi Pembelajaran Berbasis E lektronik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Submateri A rthropoda K elas X SMA . Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) , 8(3). https://ejournal.unesa.ac.id.
Sumarti, S., Anjarini, T., & Khaq, M. (2021). P engembangan Ensiklopedia Digital T erintegrasi P endidikan K arakter untuk S iswa K elas V SD . SITTAH: Jurnal Pendidikan Dasar , 2(2), Artikel 2. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3399. DOI: https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3399
Syarifa, R., Endri, B., & Herlina, U. (2021). Penghasilan E -L di Sekolah Dasar : Perubahan Sistem Pendidikan Selama Pandemi C ovid -19 . Образование и наука , 23(7), Pasal 7.
Wahyuni, SF, Pangestika, RR, & Khaq, M. (2022). Pengembangan Ensiklopedia Digital Berbasis Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Kelas V SD Muhammadiyah Bayan. Jurnal Pendidikan Guru , 4(1), Artikel 1. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5894.
Wenn, B., Mulholland, R., Timmons, W., & Zanker, Y. (2018). Menuju Pengembangan Konstruksi Pendidikan Tari – Menjelajahi Hubungan Kecerdasan Emosional Terhadap Rasa Khasiat dan Pengalaman Mengajar Guru Siswa Pendidikan Tari di Inggris . Penelitian Pendidikan Tari , 19(1), 14–38. https://doi.org/10.1080/14647893.2017.1354843. DOI: https://doi.org/10.1080/14647893.2017.1354843
Widowati, RAD (2023). Implementasi Canva dalam Digitalisasi Mata Pelajaran Seni Budaya di Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Penelitian Tindakan Indonesia , 2(1), Artikel 1. https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-18. DOI: https://doi.org/10.14421/ijar.2023.21-18
Yulianti, N., Sya'idah, N., Desyandri, D., & Mayar, F. (2022). Pentingnya Penerapan Pembelajaran Seni Tari dalam Membentuk Mental Siswa di Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) , 4(3), Artikel 3. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4974.
Zhafirah, E., & Aisiah, A. (2019). Pengembangan Ensiklopedia Kerajaan-Kerajaan Hindu-Budha di Nusantara sebagai Sumber Belajar di SMA. Jurnal Halaqah , 1(4), Artikel 4. https://doi.org/10.5281/zenodo.3526769.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Firman Ardiyanto
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)