P Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Etnomatematika Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis

Penulis

  • Lora Devian Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Ahmad Fauzan Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Syafri Ahmad Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Melva Zainil Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Nevi Novelita Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.75767

Kata Kunci:

Perangkat Pembelajaran, Terintegrasi Etnomatematika, Pemahaman Konsep

Abstrak

Pemahaman konsep matematis belum sesuai dengan yang diharapkan. Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari konsep matematika. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan perangkat pembelajaran terintegrasi etnomatematika permainan tradisional. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp dengan tiga tahap. Subjek dalam peineilitian peingeimbangan ini meilipuiti validator instruimein; validator ahli (2 ahli mateiri, 1 ahli bahasa, dan 1 ahli buidaya); guru sebagai ahli praktisi; peiseirta didik keilas III di tiga seikolah dasar. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data adalah observasi, wawancara, anget dan tes. Instrumen pengumpulan data yaitu lembar kuesiner dan soal tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu pertama, hasil validasi dari para ahli dengan kategori sangat valid. Kedua, hasil praktikalitas peserta didik dengan kategori sangat praktis. Ketiga, hasil praktikalitas guru   dengan kategori sangat praktis. Hasil uji-t menunjukan bahwa terdapat pengaruh LKPD terintegrasi etnomatematika pada materi operasi hitung bilangan cacah terhadap pemahaman konsep matematis pada peserta didik kelas III SD. Disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran terintegrasi etnomatematika pada materi operasional hitung bilangan cacah sangat valid dan sangat praktis untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik kelas III sekolah dasar.

 

Kata kunci: Perangkat Pembelajaran, Terintegrasi Etnomatematika, Pemahaman Konsep

 

Referensi

Aini, H. N., & Fathoni, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6167–6174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3191.

Amirudin, A., & Setuju, S. (2018). Development of multimedia-based learning media interactive on a subject of cooling systems in Vocational School of Industry Yogyakarta. Jurnal Taman Vokasi, 6(2), 176. https://doi.org/10.30738/jtv.v6i2.4169

Anam, A. C., Surabaya, U. N., Abdussakir, A., Islam, U., Maulana, N., Ibrahim, M., & Rofiki, I. (2019). Integrasi Etnomatematika Dengan Model Pembelajaran Probing-Prompting Untuk Melatih Komunikasi Matematis Siswa. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 7(1), 20–21. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a1.

Astuti, A. (2018). Penerapan Realistic Mathematic Education (Rme) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vi Sd. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 49–61. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.32.

Badariah, B., Pristiwanti, D., & Rosmilawati, I. (2022). Pemanfaatan Permainan Tradisional Bola Bekel dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Journal on Teacher Education, 4(2), 1252–1259. https://doi.org/10.31004/jote.v4i2.10001.

Balqis, P. (2019). Implementasi Permainan Tradisional Patak Suku dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 7(1), 10–15. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i1.29027.

Cecep, Mutaqin, & Pamungkas. (2019). Pengembangan Modul Quick Math Berbasis Mobile Learning sebagai Penunjang Pembelajaran Matematika di SMA. Prisma Sains: Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(2). https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1761

Chandra, T., & Royanto, L. R. M. (2019). Pengaruh Math Self-Efficacy dan Math Anxiety terhadap Performansi Matematika pada Siswa Kelas V SD. Analitika, 11(2), 126. https://doi.org/10.31289/analitika.v11i2.2878.

Erni Hastuti, & Fauzan, A. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan Etnomatematika Pada Materi Penyajian Data. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 267–275. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v11i1.8711.

Fajar, A. P., Kodirun, K., Suhar, S., & Arapu, L. (2019). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 229. https://doi.org/10.36709/jpm.v9i2.5872.

Fauzan, A., Tasman, F., & Fitriza, R. (2020). Exploration of Ethnomathematics at Rumah Gadang Minangkabau to Design Mathematics Learning Based on RME in Junior High Schools. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 504, 279–283. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201209.234.

Fauzi, A., & Lu’luilmaknun, U. (2019). Etnomatematika Pada Permainan Dengklaq Sebagai Media Pembelajaran Matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 408. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2303.

Gustin, L., Sari, M., Putri, R., & Putra, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematic Education (RME) pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 111–127. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.154.

Hastuti, T. D., Sari, D. R., & Riyadi. (2018). Student profile with high adversity quotient in math learning. Journal of Physics: Conference Series, 983(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012131.

Hayu, E., Saragih, S., & Kartini. (2023). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Menggunakan Model Problem Based Learning pada Materi Segiempat dan Segitiga SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 07(03), 3006–3017. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i3.2633.

Herawaty, D., Widada, W., Adhitya, A., Sari, R. D. W., Novianita, L., & Falaq Dwi Anggoro, A. (2020). Students’ ability to simplify the concept of function through realistic mathematics learning with the ethnomathematics approach. Journal of Physics: Conference Series, 1470(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1470/1/012031.

Hernawati, F. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pmri Berorientasi Pada Kemampuan Representasi Matematis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 34. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9685.

Ilmi, R., Arnawa, I. M., Yerizon, & Bakar, N. N. (2021). Development of an Android-Based for Math E-Module by using Adobe Flash Professional CS6 for Grade X Students of Senior High School. Journal of Physics: Conference Series, 1742(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1742/1/012026.

Irawan, A., & Kencanawaty, G. (2017). Peranan Kemampuan Verbal Dan Kemampuan Numerik Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika. AKSIOMA Journal of Mathematics Education, 5(2), 110. https://doi.org/10.24127/ajpm.v5i2.669.

Ishartono, N., & Ningtyas, D. A. (2021). Ethnomathematics: An Exploration of Mathematical Concepts in Batik Sidoluhur Solo. International Journal on Emerging Mathematics Education, 5(2). https://doi.org/10.12928/ijeme.v5i2.20660.

Kartika, Y., Wahyuni, R., Sinaga, B., & Rajagukguk, J. (2019). Improving Math Creative Thinking Ability by using Math Adventure Educational Game as an Interactive Media. Journal of Physics: Conference Series, 1179(1), 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1179/1/012078.

Lumbin, N. F., Yakob, R., Daud, N., Yusuf, R., Rianti, R., & Ardini, P. (2022). Permainan tradisional gorontalo ponti dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter anak usia 5-6 tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 11(1), 52–59. https://doi.org/10.21831/jpa.v11i1.41219.

Maharani, H. R., Ubaidah, N., & Aminudin, M. (2018). Efektifitas Model Concept Attainment Ber-Budaya Akademik Islami Berbantuan Pop-Up Book pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 100–106. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12693.

Mahendra, I. W. E. (2017). Project Based Learning Bermuatan Etnomatematika Dalam Pembelajar Matematika. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia). https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.9257.

Mawardini, I. D., & Ningsih, S. S. (2022). Pembelajaran Matematika Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Masa Pandemi Covid – 19. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2426.

Muhammad, A. F. N., Marsigit, M., & Soeharto, S. (2021). Konsep luas daerah bangun datar sederhana melalui artefak Candi Borobudur untuk matematika sekolah dasar. Ethnomathematics Journal, 2(2), 43–50. https://doi.org/10.21831/ej.v2i2.39885.

Muslihatun, A., Cahyaningtyas, L., Khaimmudin, R. N. L. H., Fijatullah, R. N., Nisa’, E. U., & Sari, C. K. (2019). Pemanfaatan Permainan Tradisional untuk Media Pembelajaran: Congklak Bilangan sebagai Inovasi Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 15(1), 14–22. https://doi.org/10.20414/transformasi.v15i1.915.

Noto, M. S., Firmasari, S., & Fatchurrohman, M. (2018). Etnomatematika pada sumur purbakala Desa Kaliwadas Cirebon dan kaitannya dengan pembelajaran matematika di sekolah Ethnomathematics at the sumur purbakala Kaliwadas Village of Cirebon and relationship with mathematics learning in school. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(2), 201–210.

Nugraha, Y. A., & Manggalastawa, M. (2021). Pengaruh Permainan Tradisional Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Sd. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 7(1), 31–37. https://doi.org/10.26740/jrpd.v7n1.p31-37.

Nur, A. S., Waluya, S. B., Rochmad, R., & Wardono, W. (2020). Contextual learning with Ethnomathematics in enhancing the problem solving based on thinking levels. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 5(3), 331–344. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v5i3.11679.

Nurwahidah, Maryati, S., Nurlaela, W., & Cahyana. (2021). Permainan Tradisional Sebagai Sarana Mengembangkan Kemampuan Fisik Motorik Anak Usia Dini. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(02), 49–61. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v4i02.6422.

Pertiwi, D. A., Fitroh, S. F., & Mayangsari, D. (2018). Pengaruh permainan tradisional engklek terhadap perkembangan kognitif anak usia 5-6 tahun. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 5(2), 86–100. https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v5i2.4883.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2013). An Introduction Educational Design Research. Enshede : Netherlands Institute For Curiculum Development (SLO).

Prasetya, & Syahrial. (2018). Pengaruh model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar statistik. Jurnal Teknologi Pendidikan, 20(2), 87–104. https://doi.org/10.21009/jtp.v20i2.7788.

Purba, Y. A., & Harahap, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Matematika Di SMPN 1 NA IX-X Aek Kota Batu. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1325–1334. https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1335.

Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Higher Order Thinking Skill (Hots). AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 894. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3172.

Putra, E. C. S., & Mahmudah, F. N. (2021). The Implementation of Ethnomathematics Based-Learning for Students. Supremum: Journal of Mathematics Education, 5(2), 162–169. https://doi.org/10.35706/sjme.v5i2.4827.

Rahayu, C., & Festiyed, F. (2018). Validitas Perangkat Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Pembelajaran Generative Dengan Pendekatan Open-Ended Problem Untuk Menstimulus Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.24252/jpf.v7i1.5363.

Rewatus, A., Leton, S. I., Fernandez, A. J., & Suciati, M. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Segitiga dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 645–656. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.276.

Rositayani, N. P. E., & Surya Abadi, I. B. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Children’S Learning in Science Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 63. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452.

Salim Nahdi, D., & Cahyaningsih, U. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Sd Kelas V Dengan Berbasis Pendekatan Saintifik Yang Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.31949/jcp.v5i1.1119.

Sari, N. M., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Matematika Berorientasi Higher Order Thinking Skills Di Sekolah Dasar. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(2), 106–123. https://doi.org/10.35706/sjme.v4i2.3406.

Septian, R., Irianto, S., & Andriani, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematika Berbasis Model Realistic Mathematics Education. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 5(1), 59–67. https://doi.org/10.31949/educatio.v5i1.56.

Setyasto, N., & Wijayama, B. (2017). Penerapan Perangkat Pembelajaran IPS Model TPS dengan Media Video untuk Meningkatkan Karakter, Aktivitas, dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Teori Dan Praktik, 2(2). https://doi.org/10.26740/jp.v2n2.p128-133.

Suriadi, H. J., Firman, F., & Ahmad, R. (2021). Analisis Problema Pembelajaran Daring Terhadap Pendidikan Karakter Peserta Didik. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 165–173. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i1.251.

Suyeni, P. W., Wirya, N., & Ujianti, P. R. (2016). Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Permainan Tradisional Magoak-Goakan Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama. Jurnal Pendidikan Anak Usia Undiksha, 4(2). https://doi.org/10.23887/paud.v4i2.7805.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijyanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i2.1458.

Wang, H., Chen, Y., Yang, X., Yu, X., Zheng, K., Lin, Q., Cheng, X., & He, T. (2023). Different associations of parental involvement with children’s learning of Chinese, English, and math: a three-wave longitudinal study. In European Journal of Psychology of Education (Vol 38, Number 1, bll 269–285). https://doi.org/10.1007/s10212-022-00605-0.

Widiantari, K., & Suparta, I. N. (2022). Meningkatkan Literasi Numerasi dan Pendidikan Karakter dengan E-Modul Bermuatan Etnomatematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(2), 331–343. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10218.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Devian, L., Ahmad Fauzan, Syafri Ahmad, Melva Zainil, & Nevi Novelita. (2024). P Perangkat Pembelajaran Terintegrasi Etnomatematika Permainan Tradisional untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis . Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(2), 457–468. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.75767

Terbitan

Bagian

Articles