Multimedia Interaktif Macromedia Flash pada Materi Keragaman Budaya Indonesia di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.76118Kata Kunci:
Pengembangan, Multimedia Interaktif, Macromedia Flash, Keragaman Budaya IndonesiaAbstrak
Kendala utama yang mendasari penelitian ini adalah kurangnya variasi media digital yang dimanfaatkan oleh guru dalam mengajar mata pelajaran IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk: mengembangkan multimedia interaktif macromedia flash, menguji kelayakan pengembangan multimedia interaktif macromedia flash, dan menguji efektivitas multimedia interaktif macromedia flash dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi keragaman budaya Indonesia. Jenis penelitian yang digunakan termasuk dalam kategori penelitian R&D (Research and Development) menggunakan model Borg and Gall. Subjek dalam penelitian ini mencakup seorang ahli dalam bidang media, ahli dalam bidang materi pembelajaran, guru dan 23 peserta didik kelas IV SD. Metode pengumpulan data dilakukan melalui metode observasi, wawancara, dokumentasi, angket, dan tes tertulis. Instrumen penelitian berupa lembar kuesioner dan soal tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, kualitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu hasil kelayakan dari ahli media dan ahli materi, terklasifikasi sebagai "sangat layak". Uji efektivitas menggunakan uji t (paired sample t-test) menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan posttest. Hasil N-gain menunjukan perolehan nilai N-Gain sebesar 0,60 tergolong dalam kategori peningkatan "sedang”. Disimpulkan bahwa multimedia interaktif macromedia flash dapat meningkatkan pembelajaran IPAS pada siswa sekolah dasar.
Referensi
Adelia, D., & Mustika, D. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantu Macromedia Flash 8 Pada Materi Jarak, Waktu dan Kecepatan. Trapsila: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1). https://doi.org/10.30742/tpd.v5i1.3146.
Anggraeni, W. S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V5I6.1636.
Arisanti, Y., & Adnan, M. F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Software Macromedia Flash 8 untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2122–2132.
Ayunda, Y. S., & Fitria, Y. (2022). Desain Multimedia Interaktif Berbantuan Macromedia Flash 8 Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 6(2), 3086–3092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.1635.
Azizatunnisa, F., Sekaringtyas, T., & Hasanah, U. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Game Edukatif pada Pembelajaran IPA Kelas IV Sekolah Dasar. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 14–23.
Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.
Dewi, N., & Sujana. (2021). Learning Multimedia Based on RPG Maker MV Material for Circumference and Area of Flat Shapes for Elementary School Students. Journal of Education Technology, 5(3), 365. https://doi.org/10.23887/jet.v5i2.34462.
Dewi, Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berorientasi Pendidikan Karakter Mata Pelajaran Bahasa Bali. Journal of Education Technology, 3(3), 190. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21745.
Dinayusadewi, N. P., & Agustika, G. N. S. (2020). Development of augmented reality application as a mathematics learning media in elementary school geometry materials. Journal of Education Technology, 4(2). https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372.
Dinayusadewi, Ni Putu, Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Development Of Augmented Reality Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials. Journal of Education Technology, 4(2), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372.
Elfina, N., Maria, H. T., & Hamdani. (2017). Penggunaan Macromedia Flash Berbantuan Spreadsheet Untuk Meremediasi Miskonsepsi Pada Tekanan Zat Cair Di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(5).
Fitriana, I. N., Tahir, M., & Setiawan, H. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Macromedia Flash Sebagai Bentuk Penguatan Keterampilan Membaca Siswa Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 476–481. https://doi.org/https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.275.
Harefa, N., Tafonao, G. S., & Hidar, S. (2020). Analisis Minat Belajar Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 81–86. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v11i2.2347.
Hotimah, H., Ermiana, I., Nur, A., & Rosyidah, K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7–12. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.57.
Huda, A., & Ardi, N. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. UNP Press.
Ihsan, I. A., & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4). https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799.
Ilmiani, A. M., Ahmadi, A., Rahman, N. F., & Rahmah, Y. (2020). Multimedia Interaktif untuk Mengatasi Problematika Pembelajaran Bahasa Arab. Al-Ta’rib : Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(1), 17–32. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i1.1902.
Ismail, S. N., Omar, M. N., & Raman, A. (2021). The authority of principals’ technology leadership in empowering teachers’ self-efficacy towards ict use. International Journal of Evaluation and Research in Education, 10(3), 878–885. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i3.21816.
Jannah, M., Prasojo, L. D., Adam, M., & Jerusalem. (2020). Elementary School Teachers’ Perceptions of Digital Technology Based Learning in the 21st Century: Promoting Digital Technology as the Proponent Learning Tools. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v7i1.6088.
Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. In Bintang Sutabaya.
Liao, S., Hong, J.-C., Wen, M.-H., Pan, Y.-C., & Wu, Y.-. (2018). Applying Technology Acceptance Model (TAM) to explore Users’ Behavioral Intention to Adopt a Performance Assessment System for E-book Production. EURASIA Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(10). https://doi.org/10.29333/ejmste/93575.
Maula, N. R., & Fatmawati, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negeriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 97. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.22351.
Muhtadi, D., Wahyudin, Kartasasmita, B. G., & Prahmana, R. C. I. (2018). The Integration of technology in teaching mathematics. Journal of Physics: Conference Series, 943(1), 1–9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/943/1/012020.
Mutiani, M., Supriatna, N., Abbas, E. W., Rini, T. P. W., & Subiyakto, B. (2021). Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK): A Discursions in Learning Innovation on Social Studies. The Innovation of Social Studies Journal, 2(2), 135. https://doi.org/10.20527/iis.v2i2.3073.
Nur Jannah, I. (2020). Efektivitas Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran IPA di SD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 54. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24135.
Nurhasanah, E. (2023). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Sejarah Perkembangan Islam Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(5), 3155–3159. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i5.1960.
Oktafiani, D., Nulhakim, L., & Alamsyah, T. P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash Pada Kelas IV. MIMBAR PGSD Undiksha, 8(3), 527–540. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154.
Oktarina, R., Ambiyar, A., Fadhilah, F., Muskhir, M., & Effendi, H. (2021). The Effect of The Use of Multimedia Flip Book With the Flipped Classroom Approach in Vocational School. Journal of Education Technology, 5(1), 159–166. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.31435.
Oktarina, Rahmi, Giatman, M., Muskhir, M., Effendi, H., & Kunci, K. (2021). The Effect of The Use of Multimedia Flip Book With the Flipped Classroom Approach in Vocational School. Journal of Education Technology, 3(1), 159–166. https://doi.org/10.23887/jet.v5i1.31435.
Purwandari, A., & Wahyuningtyas, D. T. (2017). Eksperimen Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Berbantuan Media Keranjang Biji-Bijian Terhadap Hasil Belajar Materi Perkalian Dan Pembagian Siswa Kelas Ii Sdn Saptorenggo 02. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(3), 163. https://doi.org/10.23887/jisd.v1i3.11717.
Qureshi, M. I., Khan, N., Raza, H., Imran, A., & Ismail, F. (2021). Digital Technologies in Education 4.0. Does it Enhance the Effectiveness of Learning? A Systematic Literature Review. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 15(04), 31–47. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i04.20291.
Rahmayona, S., Ardimen, Dasril, & Nelisma, Y. (2022). Pengembangan Media Layanan Informasi Karir berbasis Macromedia Flash untuk Siswa Kelas IX SMP. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 8, 134–147. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v8i1.6793.
Riwu, I. U., Laksana, D. N. L., & Dhiu, K. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Bermuatan Multimedia Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidup Untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas Iv Di Kabupaten Ngada. Journal of Education Technology, 2(2), 56. https://doi.org/10.23887/jet.v2i2.16182.
Roemintoyo, R., Miyono, N., Murniati, N. A. N., & Budiarto, M. K. (2022). Optimising the utilisation of computer-based technology through interactive multimedia for entrepreneurship learning. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(1), 105–119. https://doi.org/10.18844/cjes.v17i1.6686.
Rofiq, A., Mahadewi, L. P. P., & Parmiti, D. P. (2019). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ips Terpadu. Journal of Education Technology, 3(3), 126. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21732.
Sahari, S., & Wahyudi. (2020). Pengembangan Media Tata Surya Berbasis Macromedia Flash Sebagai Inovasi Pembelajaran DARING Untuk Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6, 174–183. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14711.
Saifudin, M., Susilaningsih, S., & Wedi, A. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Materi Sumber Energi untuk Memudahkan Belajar Siswa SD. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(1), 68–77. https://doi.org/10.17977/um038v3i12019p068.
Santos, J. M., & Castro, R. D. R. (2021). Technological Pedagogical content knowledge (TPACK) in action: Application of learning in the classroom by pre-service teachers (PST). Social Sciences & Humanities Open, 3(1), 100110. https://doi.org/10.1016/j.ssaho.2021.100110.
Sanusi, S., Suprapto, E., & Apriandi, D. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga Di Sekolah Menengah Atas (Sma). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 398–416. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.510.
Sare, Y, G., & Budhi, W. (2018). Pengaruh Media Macromedia Flash Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika-COMPTON, 5(1), 37–42. https://doi.org/10.24114/inpafi.v1i2.2017.
Sari, D. S., & Apriyantika, M. (2020). Multimedia Berbasis STEM untuk Menumbuhkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah pada Materi Mitigasi Bencana. Jurnal Pendidikan IPA Veteran, 4(2), 132–146. https://doi.org/10.31331/jipva.v4i2.1291.
Sari, I. P., Nurtamam, M. E., & Hanik, U. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Game 2D Flash Pada Pembelajaran Matematika Materi Pecahan Sederhana Untuk Siswa Kelas III UPTD SDN Banyuajuh 4 Kamal. Widyagogik : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(2), 83–91. https://doi.org/10.21107/widyagogik.v7i2.7815.
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905.
Siregar, E. S., & Kurniati, R. (2022). Multimedia as a Learning Tool in Training Reading Skills of Elementary Schools Students. Journal of Educational Technology, 6(2), 299–307. https://doi.org/10.23887/jet.v6i2.44601.
Suantara, I. K. T., Ganing, N. N., Agung, I. G., & Wulandari, A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media TTS terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 473–480. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21783.
Suharsiwi, S., Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797.
Syabrina, M., & Sulistyowati. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Tematik berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tarbiyah Wa Ta’lim : Jurnal Penelitian Pendidikan & Pembelajaran, 7(1), 25–36. https://doi.org/10.21093/twt.v7i1.2166.
Triana, P., Widowati, H., & Achyani, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajaran Ipa Pada Materi Keseimbangan Lingkungan Dengan Mengintegrasikan Nilai-Nilai Keislaman Untuk Menumbuhkan Sikap Peduli Lingkungan. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 12(2), 163. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v12i2.4442.
Udayani, N. K. Ar. T. K., Wibawa, I. M. C., & Rati, N. W. (2021). Development Of E-Comic Learning Media On The Topic Of The Human Digestive System. Journal of Education Technology, 5(3), 472–481. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34732.
Vikiantika, A., Kurnia, I., & Rachmawati, D. N. (2021). Pengembangan Media Siduwan (Siklus Hidup Hewan) Berbasis Macromedia Flash di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5984–5994. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1748.
Waruwu, A. B. C., & Sitinjak, D. (2022). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(2), 298–305. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i2.589.
Wibowo, E. W., Abdillah, & Nugroho, W. (2020). Pengembangan Media Game Edukasi berbasis Macromedia flash Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Di Kelas IV SD NU Sleman Edy. EDUKASI : Jurnal Penelitian dan Artikel Pendidikan, 12(2), 105–118. https://doi.org/10.31603/edukasi.v12i2.4227.
Wulandari, G. A., & Ambara, D. P. (2021). Media Kartu Uno Berbasis Multimedia Interaktif pada Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini dalam Mengenal dan Berhitung Angka. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 211. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.35500.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Laksana Wahyu Cahyaningsih, Dewi Nilam Tyas
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)