Modul Elektronika Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) pada Materi Komponen Listrik Sekolah Dasar Kelas V

Penulis

  • Fatimah Kusumarani Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Sarwanto Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia
  • Sri Marmoah Universitas Sebelas Maret, Surakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.77221

Kata Kunci:

E-Modul Pembelajaran, Pembelajaran STEAM

Abstrak

Tantangan dalam penerapan kurikulum merdeka adalah kesiapan sumber daya manusia (guru) dalam menggunakan teknologi digital untuk pembelajaran. Guru dituntut untuk dapat menggunakan teknologi namun masih banyak yang kesulitan dalam mengembangkan media digital untuk pembelajaran. Kurangnya media pembelajaran digital berdampak pada siswa yang kesulitan dalam belajar mandiri. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan modul elektronik berbasis STEAM dalam pembelajaran pada materi komponen listrik untuk kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Subjek penelitian yaitu ahli media, ahli materi pembelajaran, dan ahli bahasa. Subjek uji coba yaitu 5 guru dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi wawancara, angket, dan tes.Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu lembar kuesioner. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah analisis deskriptif kualitatif, statistik kuantitatif dan inferensial. Hasil penelitian yaitu menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan modul elektronik berbasis STEAM dan sesudahnya. Disimpulkan bahwa modul elektronik berbasis STEAM dapat meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Penelitian ini menggarisbawahi potensi alat pembelajaran e-modul, khususnya dalam konteks pendekatan STEAM, dalam meningkatkan hasil pendidikan.

Referensi

Ahmad, D. N., Astriani, M. M., Alfahnum, M., & Setyowati, L. (2021). Increasing creative thinking of students by learning organization with steam education. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 10(1), 103–110. https://doi.org/10.15294/jpii.v10i1.27146.

Asari, A., Kurniawan, T., Ansor, S., Bagus, A., & Rahma, N. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru Dan Pelajar Di Lingkungan Sekolah Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA: Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi, 3, 98–104.

Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia innovation 4.0 in education: E-modul ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098–2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007.

Asrial, Syahrial, Maison, M., Kurniawan, D. A., & Piyana, S. O. (2020). Ethnoconstructivism E-Module to Improve Perception, Interest, And Motivation of Students in Class V Elementary School. Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 30–41. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v9i1.19222.

Bahrum, Wahid, & Ibrahim. (2018). Integration of STEM Education in Malaysia and Why to STEAM. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 7(6), 645–654. https://doi.org/10.6007/ijarbss/v7-i6/3027.

Başaran, M., & Bay, E. (2022). The effect of project-based STEAM activities on the social and cognitive skills of preschool children. Early Child Development and Care, 0(0). https://doi.org/10.1080/03004430.2022.2146682.

Bedar, R. A. H., & Al-Shboul, M. (2020). The effect of using STEAM approach on developing computational thinking skills among high school students in Jordan. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(14). https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I14.14719.

Darmayasa, I. K., Jampel, N., Simamora, A. H., & Pendidikan, J. T. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter di SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech Undiksha, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.

Darwis, D., Fitriani, E., & Styariyani, D. (2020). Pengembangan Modul Elektronik Berbasis Model Learning Cycle 5E Pada Pembelajaran Kimia Materi Asam-Basa. JRPK: Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 10(1). https://doi.org/10.21009/JRPK.101.02.

Desi, Y. P. (2020). Gerakan Literasi Digital Berbasis Sekolah: Implementasi dan Strategi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 17(1), 51. https://doi.org/10.31315/jik.v17i1.3510.

Erol, A., Erol, M., & Başaran, M. (2022). The effect of STEAM education with tales on problem solving and creativity skills. European Early Childhood Education Research Journal, 0(0). https://doi.org/10.1080/1350293X.2022.2081347.

Faidar, I., Sakdiyah, & Azis, A. (2023). Pengembangan Modul Elektronik Sejarah Berbasis Problem Based Learning ( PBL ) untuk Siswa Kelas XII di SMA Labschool. Riwayat: Educational Journal of History and Humanities, 6(4), 3071–3090. https://doi.org/10.24815/jr.v6i4.36595.

Farenta, A. S., Sulton, & Setyosari, P. (2016). Pengembangan E-Module Berbasis Problem Based Learning Mata Pelajaran Kimia Untuk Siswa Kelas X Sma Negeri 8 Malang. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1159–1168. https://doi.org/10.17977/jp.v1i6.6460.

Fuadi, T. M., & Irdalisa, I. (2022). Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Application in Education Faculty. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2747–2756. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.1125.

Handayani, T. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 5(3), 737–756. https://doi.org/10.26811/didaktika.v5i3.343.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal inovasi teknologi pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.

Jamaludin, J., Alanur S, S. N. A. S., Amus, S., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 698–709. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2553.

Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap Karakter Siswa di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138-151. https://doi.org/10.51476/dirasah.v5i2.402.

Kosasih, E. . (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Bumi Aksara.

Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Lestari, N. A. P., Sri Astika Dewi, M., & Isyarotullatifah. (2021). Pengaruh Implementasi Problem Based Learning Terhadap Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Kelas IV SD Gugus IV Kecamatan Mendoyo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(2), 52–70. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i2.14669.

Listiaji, P., & Subhan, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Literasi Digital Pada Kompetensi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Calon Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(1). https://doi.org/10.24832/jpnk.v6i1.1948.

Maharani Zan, A., & Mardian, V. (2022). The Impact of Static Fluid E-Module by Integrating STEM on Learning Outcomes of Students. Journal of Education Technology, 6(1). https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.42458.

Mandey, S. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar di Rumah terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Kelas Tinggi di SD Inpres Tara-Tara 2. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(5). https://doi.org/10.5281/zenodo.5546605.

Mariano, W. K., & Chiappe. (2021). century skills and their relationship to STEAM learning environments: a review. Revista de Educación a Distancia (RED, 21(68). https://doi.org/10.6018/red.470461.

Muzijah, R., Wati, M., & Mahtari, S. (2020). Pengembangan E-modul Menggunakan Aplikasi Exe-Learning untuk Melatih Literasi Sains. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(2), 89. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i2.2056.

Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2), 116–123. https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133.

Nugrohadi, S., Herwanti, K., Nur Ardini, S., Novita, M., Negeri, S., & Pendidikan Provinsi Jawa Timur, D. (2022). Analysis of a New Learning Paradigm Based on Kurikulum Merdeka. International Conference on Digital Education and Social Science, September, 2022.

Nursalam, N., Sulaeman, S., & Latuapo, R. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek Pada Sekolah Penggerak Kelompok Bermain Terpadu Nurul Falah Dan Ar-Rasyid Banda. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(1), 17–34. https://doi.org/10.24832/jpnk.v8i1.3769.

Oksa, S., & Soenarto, S. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Memotivasi Belajar Siswa Sekolah Kejuruan. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 99–111. https://doi.org/10.21831/jk.v4i1.27280.

Perignat, E., & Katz-Buonincontro, J. (2019). STEAM in practice and research: An integrative literature review. Thinking Skills and Creativity, 31, 31–43. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2018.10.002.

Priatna, I. K., Putrama, I. M., & Divayana, D. G. H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 6(1), 70. https://doi.org/10.23887/janapati.v6i1.9931.

Purwono, U. (2014). Standar Penilaian Bahan Ajar. BSNP.

Rahayu, I., & Sukardi. (2020). The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School. Journal of Education Technology, 4(4). https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230.

Rahmawati, A. D., Fakhriyah, F., & Ermawati, D. (2021). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas III SDN Tambaharjo 02. Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8). https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v6i8.3872.

Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.

Saadah, N., Robandi, B., Rosmiati, I., & Maulana, Y. (2022). Analisis Pedagogical Content Knowledge terhadap Buku Guru IPAS pada Muatan IPA Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Basicedu, 6(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3662.

Safitri, N. T., & Ananda, A. T. (2023). Merdeka Belajar Curriculum : EFL Teachers ’ Preparations and Practices at Sekolah Penggerak Kota Jambi. SCOPE : Journal of English Language Teaching, 01(1), 147–153.

Sasmita, E., & Darmansya, D. (2020). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Kendala Guru Dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka (Studi Kasus: Sdn 21 Koto Tuo, Kec. Baso). Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 6(4). https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i6.9154.

Septiana, A. R., & Hanafi, M. (2022). Pemantapan Kesiapan Guru dan Pelatihan Literasi Digital pada Implementasi Kurikulum Merdeka. Joong-Ki: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 380–385. https://doi.org/10.56799/joongki.v1i3.832.

Setiyaningsih, S., & Wiryanto, W. (2022). Peran Guru Sebagai Aplikator Profil Pelajar Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(4), 3041–3052. https://doi.org/10.58258/jime.v8i4.4095.

Sholihah, A. K., & Mufidah, N. (2021). Pengaruh Lingkungan dan Fasilitas Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. JIIPSI, Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia, 1(2). https://doi.org/10.21154/jiipsi.v1i2.256.

Simamora, A. H., Sudarma, I. K., & Prabawa, D. G. A. P. (2019). Pengembangan E-Modul Berbasis Proyek Untuk Mata Kuliah Fotografi Di Jurusan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Undiksha. Journal of Education Technology, 2(1), 51. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13809.

Siregar, Rahmawati, & Suyono. (2020). developing mathematics literacy through a STEAM-based approach to learning. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1460/1/012030.

Sitorus, D. S., Suwandari, & Kristiani. (2019). The Effectiveness of Accounting E-Module Integrated with Character Value to Improve Students Learning Outcomes and Honesty. Cakrawala Pendidikan, 38(1120–129). https://doi.org/10.21831/cp.v38i1.20878.

Suarsana, I. M., Sudatha, I. G. W., Mahayukti, G. A., & Apsari, R. A. (2021). Mathematical word problem solving abilities of hearing-impaired students. Journal of Physics: Conference Series, 1778(1), 12006. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1778/1/012006.

Suchyadi, Y., Siti, F., & Alfiani, R. (2021). Analisis Literasi Digital Calon Guru Sd Dalam Pembelajaran Analysis Of Digital Literacy For Elementary School Teacher Candidates In Virtual. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 04, 48–53. https://doi.org/10.55215/jppguseda.v4i1.3191.

Tanjung, A., & Fahmi, M. (2015). Urgensi pengembangan bahan ajar geografi berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan Geografi: Kajian, Teori, dan Praktek dalam Bidang Pendidikan dan Ilmu Geografi, 20(1), 24–29. https://doi.org/10.17977/jpg.v20i1.282.

Wahyudin, Y., Lesmana, D., Mumpuni, F. S., & Farastuti, E. R. (2022). Evaluasi Dampak Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) pada Bidang Studi Akuakultur. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1551–1564. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2182.

Widiarti, N. K., Sudarma, I. K., & Tegeh, I. M. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Melalui Media Video Pembelajaran. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2), 195. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i2.38376.

Winatha, K. R., Naswan, S., & Ketut, A. (2018). Pengembangan E-modul Interaktif Berbasis Proyek Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X di SMK TI Bali Global Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.23887/jtpi.v8i1.2238.

Yulaika, N. F., Harti, & Sakti, N. C. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Flip Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. JPEKA: Jurnal Pendidikan Ekonomi, Manajemen dan Keuangan, 4(1), 67–76. https://doi.org/10.26740/jpeka.v4n1.

Yuyun, S., Harjono, A., & Gunada, I. W. (2022). Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 8(2), 163–175. https://doi.org/10.29303/jpft.v8i2.4292.

Diterbitkan

2024-08-01

Cara Mengutip

Kusumarani, F., Sarwanto, & Sri Marmoah. (2024). Modul Elektronika Berbasis STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts and Mathematics) pada Materi Komponen Listrik Sekolah Dasar Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 57(2), 392–403. https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.77221

Terbitan

Bagian

Articles