Wordwall Media in Learning Pancasila Education on Learning Outcomes and Learning Motivation for Fifth Grade Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.77551Kata Kunci:
Pancasila Education, Wordwall, Motivation, Learning outcomesAbstrak
Permasalahan saat ini adalah kegiatan pembelajaran yang harus selaras dengan hasil pembelajaran yang diinginkan. Beberapa kegiatan tidak menggunakan media pembelajaran digital sehingga siswa memerlukan bantuan belajar. Berdasarkan hal tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk menguji keefektifan media wordwall di kelas V SD terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantiatatif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan sampel sebanyak 59 siswa kelas V yang terdiri dari 27 siswa kelas kontrol dan 32 siswa kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan peneliti dengan menggunakan teknik tes, angket dan dokumentasi pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Instrumen pengumpulan data berupa soal tes. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini dimulai dari pengujian prasyarat analisis dengan uji normalitas dan homogenitas. Setelah memenuhi syarat dilanjutkan dengan Uji T Sampel Independen dan Uji T Satu Sampel. Hasil penerapan media wordwall pada pembelajaran materi Pendidikan Pancasila dari saya untuk Indonesia menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran ini digunakan secara efektif, sehingga dapat meningkatkan hasil dan motivasi belajar siswa. Disimpulkan bahwa media wordwall efektif meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa kelas V SD.
Referensi
Abdurrochim, P. L., Khairunnisa, Y., Nurani, M., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Aplikasi BEAT (Belajar Asyik Tentang) Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3972–3981. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2749.
Adisel, & Gawdy Prananosa, A. (2020). Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Sistem Manajemen Pembelajaran pada Masa Pandemi Covid 19. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31539/alignment.v3i1.1291.
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053.
Ahmad, N., Hato, R., & Payu, B. R. (2020). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal Sains dan Informatika, 2(2), 70–79. https://doi.org/10.37479/jeej.v2i2.
Aini, N., & Asror, M. (2022). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Di Masa Pembelajaran Jarak Jauh (Pjj) Pada Jenjang Sd/Mi. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 8(1), 16–24. https://doi.org/10.26740/jrpd.v8n1.p16-24.
Akbar, H. F., & Hadi, M. S. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Psikologi, 4(2), 1653–1660. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.13143.
Aminah, N., Amami, S., Wahyuni, I., & Rosita, C. D. (2021). Pemanfaatan Teknologi Melalui Pelatihan Penggunaan Aplikasi Google Site bagi Guru MGMP Matematika SMP Kabupaten Cirebon. Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1). https://doi.org/10.53299/bajpm.v1i1.35.
Anggraeni, W. S., Alpian, Y., Prihamdani, D., & Winarsih, E. (2021). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5313–5327. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1636.
Anitasari, W. R., & Dyah Utami, R. (2022). Implementasi Media Articulate Storyline dalam Pembelajaran sebagai Penunjang Pelaksanaan Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5926–5935. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3167.
Ardini, L., Iswara, U. S., & Retnani, E. D. (2020). Efektivitas Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Saat Pandemi Covid 19. JKBM:Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 7(1), 72–81. https://doi.org/10.31289/jkbm.v7i1.4333.
Arrosyad, M. I., Antika, D., Dzulqa, E. T., Balqis, M., Muhammadiyah, U., & Belitung, B. (2023). Analisis Penggunaan Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Terpadu untuk Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa di Sekolah Dasar. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1, 414–423.
Aziz, A., & Gantara, P. (2021). Penggunaan Media Wordwall Dwi Bahasa Untuk Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris Peserta Didik di SMPN Satap 3 Hanau Desa Paring Raya. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 4(3). https://doi.org/10.30605/jsgp.4.3.2021.1401.
Budiarto, M. K., Joebagio, H., & Sudiyanto, S. (2020). Student’s View of Using Digital Learning Media in Classroom Activities: A Case of Public Senior High School in Cirebon, Indonesia. Jurnal Pendidikan Progresif, 10(1). https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i1.202006.
Burbules, N. C., Fan, G., & Repp, P. (2020). Five trends of education and technology in a sustainable future. Geography and Sustainability, 1(2), 93–97. https://doi.org/10.1016/J.GEOSUS.2020.05.001.
Daryanti, E. W., Laila, A., & Saidah, K. (2022). Pengembangan Media Karikatur Berbasis Kearifan Lokal Kediri bagi Siswa Sekolah Dasar. Efektor, 9(1), 11–22. https://doi.org/10.29407/e.v9i1.16433.
Dinayusadewi, N. P., Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Development Of Augmented Reality Application As A Mathematics Learning Media In Elementary School Geometry Materials. Journal of Education Technology, 4(2), 204–210. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.25372.
Elpira, N., & Ghufron, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(1), 94–104. https://doi.org/10.21831/TP.V2I1.5207.
Fakhruddin, A. A., Firdaus, M., & Mauludiyah, L. (2021). Wordwall Application as a Media to Improve Arabic Vocabulary Mastery of Junior High School Students. Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, 5(2). https://doi.org/10.29240/jba.v5i2.2773.
Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.
Gavaldon, G., & McGarr, O. (2019). Exploring Pre-Service Teachers’ Future Intentions to Use Technology Through The Use of Comics. Teaching and Teacher Education, 83, 99–109. https://doi.org/10.1016/j.tate.2019.04.004.
Ginting, M. B., Manuel, G., & Sitorus, M. (2022). Pengembangan Media Audiovisual Guru Triguntar Dalam Membangun Motivasi Belajar Mandiri Matematika Anak Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 57–66. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i1.1916.
Handayani, P., & Koeswati, H. D. (2020). Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.365.
Hardanti, A. D. T., Rahmawati, F. P., & Widodo, W. (2022). Peningkatan Minat Membaca Menggunakan Media Cerita Bergambar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas 1 SD Negeri Bringin. Educatif Journal of Education Research, 4(3), 261–266. https://doi.org/10.36654/educatif.v4i3.235.
HARTATININGSIH, D. (2022). Meningkatkan Penguasaan Vocabulary Bahasa Inggris Dengan Menggunakan Media Wordwall Siswa Kelas Vii Mts. Guppi Kresnomulyo. ACTION : Jurnal Inovasi Penelitian Tindakan Kelas dan Sekolah, 2(3), 303–312. https://doi.org/10.51878/action.v2i3.1443.
Herliani, A. an, & Wahyudin, D. (2018). Pemetaan kompetensi teknologi informasi dan komunikasi (tik) guru pada dimensi pedagogik. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 11(2), 134–148. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v11i2.19825.
Hizam, I., & Hamdi, M. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Mi Yusuf Abdussatar Kediri Dan Mi Attarbiyah Addiniyah Gersik Lombok Barat. Society, 11(1), 1–11. https://doi.org/10.20414/society.v11i1.2290.
Kunti Shouma Tsaniya, Olivia Zakkia Nafis, Frisca Eman Rosaifa, Susilo Tri Widodo, & Nur Indah Wahyuni. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas Iv Sdn Tlogosari Wetan 01 Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 1452–1460. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2072.
Latip, A. (2020). Peran Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid-19 . EduTeach : Jurnal Edukasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–116. https://doi.org/10.37859/eduteach.v1i2.1956.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas Aplikasi Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6884–6892. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3400.
Maulani, S., Nuraisyah, N., Zarina, D., Velinda, I., & Aeni, A. N. (2022). Analisis Penggunaan Video sebagai Media Pembelajaran Terpadu terhadap Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Teknologi Indonesia, 2(1), 539–546. https://doi.org/10.52436/1.jpti.134.
Mulyani, F., & Haliza, N. (2021). Analisis Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 3(1), 101–109. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1432.
Nabilah, N. P., & Warmi, A. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Wordwall Games terhadap Motivasi Belajar Matematika di Kelas VIII SMPN 2 Jalancagak. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Nusantara, 4(2), 1454–1464. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v4i2.1062.
Ningsih, I. (2020). The use of augmented reality cards to improve science learning outcomes about the effect of force on the shape and motion of objects. Journal of Education Technology, 4(3), 228–234. https://doi.org/10.23887/jet.v4i3.28528.
Nisa, M. A., & Susanto, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Berbasis Wordwall Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 140. https://doi.org/10.29210/022035jpgi0005.
Nissa, Siti Faizatun dan Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Untuk Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Educenter : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880.
Nugraha, F. A., Nur’aeni, E., Suryana, Y., & Muharram, M. R. W. (2021). Efektivitas Media Powerpoint dalam Pembelajaran Materi Luas Daerah Segitiga untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2760–2768. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.931.
Nurdin, M., Dewi, R., & Muniyati, sri uni. (2023). Pengaruh Penggunaan Media interaktif Berbasis Wordwall terhadap hasil belajar IPS : Studi Eksperimen Siswa Kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Global Journal Basic Education, 2(1), 69–78. https://doi.org/10.35458.
Oktariyanti, D., Frima, A., & Febriandi, R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Online Berbasis Game Edukasi Wordwall Tema Indahnya Kebersamaan pada Siswa Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 5(5). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1490.
Pamungkas, D. A., Imron, A., Marzuqi, M. I., & Larasati, D. A. (2023). Pengaruh penggunaan media pembelajaran Word Wall terhadap motivasi belajar IPS oleh. JIPSINDO (Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Indonesia) Universitas Negeri Surabaya, 10(01), 67–78. https://doi.org/10.21831/jipsindo.v10i1.53199.
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616.
Priantini, D. A. M. M. O., & Widiastuti, N. L. G. K. (2021). How Effective is Learning Style Material with E-modules During The COVID-19 Pandemic? Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(2), 307–314. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i2.37687.
Rahayu, I., & Sukardi, S. (2021). The Development Of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School. Journal of Education Technology, 4(4), 398–403. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230.
Rahayu, P., Pangertika, R. R., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Peserta Didik melalui Penerapan Model Pembelajaran Talkingstick Berbantuan Media Wordwall pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Teacher Education, 4(1), 33–39. https://doi.org/10.31004/jote.v4i1.5901.
Rahmat, R. F., Mursyida, L., Rizal, F., Krismadinata, K., & Yunus, Y. (2019). Pengembangan media pembelajaran berbasis mobile learning pada mata pelajaran simulasi digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 6(2), 116–126. https://doi.org/10.21831/jitp.v6i2.27414.
Rahmawati, T., & Partana, C. F. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Asam Basa Berbasis Android Terhadap Efikasi Diri Peserta Didik. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 4(2). https://doi.org/10.15575/jtk.v4i2.5022.
Rindawati, T., Thamrin, L., & Lusi, L. (2022). Penggunaan Media Audio Visual Film Kartun dalam Pembelajaran Kosakata Bahasa Mandarin pada Siswa SD LKIA. Jurnal Tunas Bangsa, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.46244/tunasbangsa.v9i1.1722.
Rusmiati, R., & Nugroho, A. S. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran TGT dengan Media Pop Up Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 6 Cita-Citaku Subtema 3. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 241. https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17914.
Salsabila, A., Mulyana, D., & Cahyono, C. (2023). Pengaruh Media Wordwall terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Pelita : Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia, 3(2), 42–51. https://doi.org/10.56393/pelita.v3i2.1716.
Saputra, H. D., Ismet, F., & Andrizal, A. (2018). Pengaruh Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi, 18(1), 25–30. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.168.
Silva, M., Bermúdez, K., & Caro, K. (2023). Effect of an Augmented Reality App on Academic Achievement, Motivation, and Technology Acceptance of University Students of a Chemistry Course. Computers & Education: X Reality, 2, 1–9. https://doi.org/10.1016/j.cexr.2023.100022.
Silvia, K. S., Widiana, I. W., & Wirabrata, I. D. G. F. (2021). Meningkatkan kosakata anak usia dini melalui media wordwall. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 261–269. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36814.
Sitorus, D. S., & Santoso, T. N. B. (2022). Pemanfaatan Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Game Pada Masa Pandemi Covid-19. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(2), 81–88. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p81-88.
Solchan Ghazali, M. Amin, Wulan Suci Nur Rahmawati, & Grisa Anecy. (2022). Pengembangan Media Big Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Kelas Awal MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Jurnal Mu’allim, 4(2), 13–37. https://doi.org/10.35891/muallim.v4i2.3141.
Sri Rahayu Ningsih. (2022). Penerapan Aplikasi Wordwall pada Mata Pelajaran Simkomdig untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1–8. https://doi.org/10.32585/edudikara.v7i1.270.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suharsiwi, S., Fadilah, N., & Farokhah, L. (2022). The Use of Audio-Visual Media in Improving Students’ Reading Comprehension and Sholat Movements in Online Learning. Journal of Education Technology, 6(1), 19–28. https://doi.org/10.23887/jet.v6i1.40797.
Syahroni, M., Dianastiti, F. E., & Firmadani, F. (2020). Pelatihan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Keterampilan Guru dalam Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Community Service Learning, 4(3), 170–178. https://doi.org/10.23887/IJCSL.V4I3.28847.
Tembang, Y. S., & Suharjo. (2017). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Gambar Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Universitas Negeri Malang, 2(6), 812–817. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i6.9402.
Veliyanti, R., & Sasmoko, D. (2022). Sistem Pembelajaran Seni Tari Dengan Media Android Untuk Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(1), 31–35. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.150.
Wantini, Suyatno, Apriani, A.-N., Perawironegoro, D., & Arqam, M. L. (2023). Technology Adaptation in the Covid-19 Period for Teachers at Muhammadiyah Elementary Schools Yogyakarta Teaching Campus Program Indonesia. Balitic Journal Of Law & Politics Journal of Vytautas Magnus University, 16(3), 446–454. https://doi.org/10.2478/bjlp-2023-0000038.
Yumeri, Subagjo, A., & Sugiharto. (2022). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Muhammadiyah Palangka Raya. Jurnal Pendidikan, 23(2), 140–154. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.4449.
Yuniarti, A., & Radia, E. H. (2020). Development of Comic Mathematics Teaching Materials on Flat- Building Material to Increase Reading Interest in Class IV Elementary School Students. Journal of Education Technology, 4, 415–423. https://d
oi.org/10.23887/jet.v4i4.30034.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Zahwa Iftithaa Russhaimah
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)