Bahan Ajar E-Book Berbentuk Flipbook Model PjBL Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.79171Kata Kunci:
Bahan Ajar, Flipbook, PjBL, Hasil BelajarAbstrak
Guru belum mengembangkan bahan ajar digital secara optimal, dan model pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan bahan ajar e-book berbentuk flipbook dalam model PjBL guna meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila. Jenis penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE. Subjek penelian ini yaitu 1 ahli materi pembelajaran dan 1 ahli media pembelajaran. Subjek uji coba yaitu berjumlah 28 siswa. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu yaitu metode tes dan non tes (wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi). Instrumen pengumpulan data penelitian adalah lembar wawancara, angket, dan soal pilihan ganda. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu analisis deskriptif kualitatif, kuantitatif, dan statistik inferensial. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli materi sebesar 88.8% (sangat layak) dan ahli media dengan persentase 93.3% (sangat layak). Hasil uji uji t-test menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan bahan ajar e-book berbentuk flipbook dalam model PjBL. Hasil uji N-Gain mendapatkan kategori tinggi. Disimpulkan bahwa bahan ajar e-book berbentuk flipbook dalam model PjBL sangat layak dan efektif diterapkan dalam proses pembelajaran guna meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV materi keragaman budaya Indonesia.
Referensi
Afifah, B., Widiyaningtyas, T., & Pujianto, U. (2019). Pengembangan bahan ajar perakitan komputer bermuatan augmented reality untuk menumbuhkan keaktifan belajar siswa. TEKNO, 29(2), 97. https://doi.org/10.17977/um034v29i2p97-115.
Agung, A. A. G., Basilius Redan Werang, & Anak Agung Putri Sri. (2022). Project-Based E-Learning and Its Impact on Students’ Academic Achievement in Curriculum Development Lectures. Mimbar Ilmu, 27(3), 362–369. https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.53855.
Alwi, N. A., Halimah, N., Susanti, M., & Marcelina, L. (2023). Pengaruh Media Kamus Digital terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, 13(1), 143–152. https://doi.org/10.23969/literasi.v13i1.6836.
Amalia, R., Fadilah, F., Komarudin, M., & Kusuma, J. W. (2021). Development of Mathematics E-Books in Improving Mathematical Literacy and Entrepreneurial Spirit. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2425–2434. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i3.987.
Arifin, A. syamsul, & Lestari, E. S. (2020). Genetics bacterial teaching materials development based on flipbook in microbiology subject to improve learning motivation. JPBIO (Jurnal Pendidikan Biologi), 5(2), 202–211. https://doi.org/10.31932/jpbio.v5i2.862.
Buchori, Rahmawati, S., & Wardani, S. (2017). The Development of A Learning Media for Visualizing the Pancasila Values Based on Information and Communication Technology. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(3), 502–521. https://doi.org/10.21831/cp.v36i3.12748.
Bunda, A. P., & Junaidi, J. (2021). Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X IIS Mata Pelajaran Sosiologi Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 Di SMAN 10 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(4). https://doi.org/10.24036/sikola.v2i4.130.
Chairudin, M., & Dewi, R. M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Digital Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.491.
Diputera, A. M., Damanik, S. H., & Wahyuni, V. (2022). Evaluasi Kebijakan Pendidikan Karakter Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Prototipe untuk Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1. https://doi.org/10.24114/jbrue.v8i1.32650.
Evenddy, S. S., Hamer, W., Pujiastuti, H., & Haryadi, R. (2021). The Development of 3D Flipbook E-Learning Module of English Mathematics Profession. IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 1796(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012017.
Fania, G. I., Azizah, R. H., Khasanah, R. N., Salsabila, U. H., & Listiyani, A. (2021). Urgensi Teknologi Pendidikan Dalam Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 575–590. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.320.
Farhan, A., Nurlaili, S., Soewarno, & Yusrizal. (2021). Students’ creative thinking skills and impact on learning outcomes in physics laboratory II academic using the learning model project-based. AIP Conference Proceedings, 2320(1), 20009. https://doi.org/10.1063/5.0037632.
Febriyanti, R. A., & Sulistyawati, I. (2024). Penerapan Media Pop Up Book Digital pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Materi Bhinneka Tunggal Ika untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.325.
Fonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For Xi Grade Of SeFonda, A., & Sumargiyani, S. (2018). The Developing Math Electronic Module With Scientific Approach Using Kvisoft Flipbook Maker Pro For Xi G. Infinity Journal, 7(2), 109–122. https://doi.org/10.22460/infinity.v7i2.p109-122.
Guo, P., Saab, N., Post, L. S., & Admiraal, W. (2020). A review of project-based learning in higher education: Student outcomes and measures. International Journal of Educational Research, 102. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101586.
Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 4(2), 307–314. https://doi.org/10.31539/bioedusains.v4i2.2870.
Hamzah, M. R., Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai Penguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(04), 553–559. https://doi.org/10.57008/jjp.v2i04.309.
Handayani, D., Winarni, E. W., Sundaryono, A., & Firdaus, M. L. (2021). Implementation of project-based learning model with Edmodo application in the capita selecta chemistry course. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 2(2). https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i2.90.
Herlina, A., & Hadiyanti, D. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Digital Berbasis Flipbook Untuk Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(2), 284–291. https://doi.org/10.31949/JEE.V4I2.3344.
Hiralda, A., & Zulherman. (2023). E -Book Berbantuan Kvisoft Flipbook Maker untuk Meningkatkan Minat Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 7(3), 444–451. https://doi.org/10.23887/jisd.v7i3.61193.
Hujjatusnaini, N., Corebima, A. D., Prawiro, S. R., & Gofur, A. (2022). The Effect of Blended Project-based Learning Integrated with 21st-Century Skills on Pre-Service Biology Teachers’ Higher-order Thinking Skills. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 11(1), 104–118. https://doi.org/10.15294/jpii.v11i1.27148.
Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android Sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22.
Juwanti, A. E., Salsabila, U. H., Putri, C. J., Nurany, A. L. D., & Cholifah, F. N. (2020). Project Based Learning (PjBL) untuk PAI Selama Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 3(2), 72–82. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v3i2.752.
Khairi, A., Sasongko, R. N., & Kristiawan, M. (2021). Literacy of Lower Classes Students Primary School in the 2013 Curriculum during the Pandemic COVID-19. Linguistic, English Education and Art (LEEA), 4(2), 375–386. https://doi.org/10.31539/leea.v4i2.2237.
Khairunnisa, A., & Apoko, T. W. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Kewarganegaraan, 20(2), 191. https://doi.org/10.24114/jk.v20i2.48898.
Kusumawardani, F., Akhwani, Nafiah, & Taufiq, M. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-nilai Pancasila Melalui Keteladanan dan Pembiasaan di Sekolah Dasar. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24269/jpk.v6.n1.2021.pp1-10.
Laili, Ganefri, & Usmeldi. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3(3). https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.
Lawson-Body, A., Willoughby, L., Lawson-Body, L., & Tamandja, E. M. (2020). Students’ acceptance of E-books: An application of UTAUT. Journal of Computer Information Systems, 60(3), 256–267. https://doi.org/10.1080/08874417.2018.1463577.
Lubis, D. A., & Najicha, F. U. (2022). Pentingnya Pancasila Menjadi Mata Pelajaran Wajib dalam Kurikulum Pendidikan Nasional Guna Menjaga Keutuhan Bangsa. De Cive : Jurnal Penelitian Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 2(5), 171–175. https://doi.org/10.56393/decive.v2i5.614.
Malikah, S., Winarti, W., Ayuningsih, F., Nugroho, M. R., Sumardi, S., & Murtiyasa, B. (2022). Manajemen Pembelajaran Matematika pada Kurikulum Merdeka. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4), 5912–5918. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.3549.
Muhammad, R. (2022). Implementasi Pancasila untuk Mencegah Isu Radikalisme dalam Bingkai Kebhinekaan. Jurnal Penelitian Pendidikan, 14(1). https://doi.org/10.21137/jpp.2022.14.1.8.
Muharni, L. P. J., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis TIK Menggunakan Peta Wilayah Untuk Menfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 148–163. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.395.
Musaddat, S., Suarni, N. K., Dantes, N., Putrayasa, I. B., & Dantes, G. R. (2021). Kelayakan pengembangan bahan ajar digital berkearifan lokal sebagai bahan literasi bahasa berbasis kelas serta pengaruhnya terhadap karakter sosial dan keterampilan berbahasa siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(3). https://doi.org/10.36312/jime.v7i3.2123.
Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324.
Nahdi, K., Sururuddin, M., Uska, M. Z., Fahrurrozi, M., Aswasulasikin, & Utomo, D. P. (2021). Instructional Leadership through Curriculum Coordination: Elementary Learning Continues during COVID-19 in Indonesia. International Journal of Early Childhood Special Education, 13(2). https://doi.org/10.9756/INT-JECSE/V13I2.211064.
Ningsih, M. Y., Efendi, N., & Sartika, S. B. (2021). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Berpikir Kreatif Peserta Didik dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains (JIPS, 2(2), 42–51. https://doi.org/10.37729/jips.v2i2.1403.
Ningtyas, R. K., & Jati, H. (2018). Project-Based Electronic Module Development As A Supporting Learning Media For Basic Programming Learning. Journal of Educational Science and Technology (EST), 221–227. https://doi.org/10.26858/est.v1i1.6999.
Nufus, N. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 21 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta, 4(2), 35–42. https://doi.org/10.21009/jrpmj.v4i2.25085.
Perdana, M. A., Wibowo, D. E., & Budiarto, M. K. (2021). Digitalization of learning media through digital book development using the flipbook application. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 54, 263–272. https://doi.org/10.23887/jpp.v54i2.
Permana P, N. D., & Manurung, I. F. U. (2020). Penggunaan Bahan Ajar Digital Berbasis Inquiry pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Mata Kuliah Pembelajaran IPA di SD Kelas Tinggi. el-Ibtidaiy:Journal of Primary Education, 3(2), 73. https://doi.org/10.24014/ejpe.v3i2.11008.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project Based Learning (PjBL) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.
Purwanto, A., & Risdianto, E. (2022). Analisis Kebutuhan Pengembangan Bahan Ajar Digital Matakuliah Geofisika Berbasis Platform Lms Moodle Untuk Menunjang Implementasi Kurikulum MBKM. Jurnal Kumparan Fisika, 5(1), 7–14. https://doi.org/10.33369/jkf.5.1.7-14.
Putri, I. H. N., Sholihah, U., Handayani, E. M., & Sumarmi, S. (2018). Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Digital Pada Mata Pelajaran Geografi Dengan Topik Bahasan Sumber Daya Laut Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Pendidikan Geografi, 23(2), 78–84. https://doi.org/10.17977/um017v23i22018p078.
Rohmani, R., Apriza, B., & Mahendra, Y. (2021). Pengembangan permainan kuis pendidikan suplemen buku terbuka pengantar dasar website berbasis IPA (Vol 7, Number 2, bll 194–208). https://doi.org/10.22219/jinop.v7i2.18576.
Rusli, M., & Antonius, L. (2019). Meningkatkan Kognitif Siswa SMAN I Jambi Melalui Modul Berbasis E-Book Kvisoft Flipbook Maker. Jurnal Sistem Komputer dan Informatika (JSON), 1(1), 59. https://doi.org/10.30865/json.v1i1.1397.
Sa’diyah, K. (2021). Pengembagan E-Modul Berbasis Digital Flipbook Untuk Mempermudah Pembelajaran Jarak Jauh Di SMA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1298–1308. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.561.
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152v.
Suherman, Prananda, M. R., Proboningrum, D. I., Pratama, E. R., Laksono, P., & Amiruddin. (2020). Improving Higher Order Thinking Skills (HOTS) with Project Based Learning (PjBL) Model Assisted by Geogebra. Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012027. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1467/1/012027.
Sunarti, S., & Rusilowati, A. (2020). Pengembangan bahan ajar digital gerak melingkar berbantuan scratch berbasis science, technology, engineering, and mathematics. Unnes Physics Education Journal, 9(3). https://doi.org/10.15294/upej.v9i3.45869.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Agustina, T. A. H. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703.
Susanti, N., Yennita, Y., & Azhar, A. (2020). Development of Contextual Based Electronic Global Warming Modules Using Flipbook Applications as Physics Learning Media in High Schools. Journal of Educational Sciences, 4(3), 541. https://doi.org/10.31258/jes.4.3.p.541-559.
Sutrisno, Zar’in, F., & Salehcah, S. (2021). Local Content Curriculum Model for Early Childhood Scientific Learning. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 15(1). https://doi.org/10.21009/JPUD.151.05.
Suwartiningsih, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah dan Keberlangsungan Kehidupan di Kelas IXb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), 80–94. https://doi.org/10.53299/jppi.v1i2.39.
Suyasa, P. W. A., Divayana, D. G. H., & Kristiantari, M. R. (2021). The effect of digital books based on kvisoft flipbook maker on student learning outcomes. Journal of Physics: Conference Series, 1810(1), 012046. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1810/1/012046.
Syafrijal, & Desyandri. (2019). Deveopment Of Integrated Thematic Teaching Materials With Project Based Learning Models In Class IV of Primary School. International Journal of Educational Dynamics/IJEDS, 1(2), 87–92. https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i2.110.
Tambunan, L. R., Siregar, N. A. R., & Susanti, S. (2020). Implementasi E-book Berbasis Smartphone pada Materi Polinomial di Kelas XI SMA Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah. https://doi.org/10.31629/anugerah.v2i2.2521.
Taqiyyah, S. A., Subali, B., & Handayani, L. (2017). Implementasi Bahan Ajar Sains Berbahasa Inggris Berbasis Metakognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 224–234. https://doi.org/10.21831/jipi.v3i2.14859.
Wendo, E. S., Wau, M. P., & Noge, M. D. D. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Kearifan Lokal Ngada pada Tema Selalu Berhemat Energi untuk Siswa Sekolah Dasar Kelas IV di Kabupaten Ngada. Jurnal Citra Pendidikan, 2(1), 190–203. https://doi.org/10.38048/jcp.v2i1.541.
Yuliawati, E. P. T., Surya Abadi, I. B. G., & Suniasih, N. W. (2022). Flipbook sebagai Media Pembelajaran Fleksibel pada Muatan IPA Materi Daur Hidup Hewan untuk Siswa Kelas IV SD. Al-Irsyad, 4(3), 79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4250.
Yustina, Syafii, W., & Vebrianto, R. (2020). The effects of blended learning and project-based learning on pre-service biology teachers’ creative thinking skills through online learning in the COVID-19 pandemic. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 9(3), 408–420. https://doi.org/10.15294/jpii.v9i3.24706.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Salma Maulidya, Kurotul Aeni
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)