Classroom Management Skills Increase Interest and Learning Outcomes in Pancasila Education for Fourth Grade Elementary School Students
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i3.79915Kata Kunci:
Class Management Skills, Interest in Learning, Learning ResultAbstrak
Dalam kegiatan pembelajaran sering ditemukan siswa yang kurang minat dalam belajar sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Dalam mencapai keberhasilan dalam proses pembelajaran, guru perlu memiliki kemampuan mengelola kelas dengan efektif. Berdasarkan hal tersebut tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh Keterampilan Manajemen Kelas terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif. Metode penelitian pada desain penelitian kuantitatif yang digunakan yaitu metode ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SD yang berjumlah 128 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu wawancara, angket, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu instrumen wawancara, instrumen minat belajar, dan instrumen dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis statistik inferensial dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian yaitu keterampilan mengelola kelas memiliki pengaruh terhadap minat dan hasil belajar pendidikan pancasila siswa. Disimpulkan bahwa Keterampilan Mengelola Kelas berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa di sekolah dasar.
Referensi
Achdiani, Y., & Rusliyani, D. A. (2017). Pengetahuan Keterampilan Dasar Mengajar dalam Menyiapkan Guru Sekolah Menengah Kejuruan. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 5(2), 34–43. https://doi.org/10.15294/teknobuga.v5i2.15368.
Agustiana, I. G. A. T., Agustini, R., Ibrahim, M., & Tika, I. N. (2020). Perangkat Pembelajaran (RPS dan SAP) IPA Model (OPPEMEI) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Mahasiswa PGSD. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 309–323. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25190.
Agustina, A. (2018). Menerapkan Penggunaan Bahan Ajar Bagi Guru Di SMA Negeri 3 Ogan Komering Ulu. Journal Of Educational Studies, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.30983/educative.v3i1.563.
Arianti, N. M., Wiarta, I. W., & Darsana, I. W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Berbantuan Media Semi Konkret terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21765.
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Children’s Learning in Science berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Journal of Education Technology, 1(2), 124–132. https://doi.org/10.23887/jisd.v2i3.16150.
Ariyani, N. K. A., & Ganing, N. N. (2021). Media Power Point Berbasis Pendekatan Kontekstual pada Materi Siklus Air Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 263. https://doi.org/10.23887/jipp.v5i2.33684.
Aryana, S., Subyantoro, & Rahayu, P. (2022). Tuntutan Kompetensi Guru Profesional Bahasa Indonesia Dalam Menghadapi Abad 21. Semantik, 11(1), 71–86. https://doi.org/10.22460/semantik.v11i1.p71-86.
Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., Amir, Z., & Risnawati. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2170 Tabel.
Aziz, R., Susanto, D., Safitri, S. I., Mazida, L. I., & Wijaya, T. (2021). Literacy learning problems: Developing the character of reading fondness in elementary school students during the covid-19. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 11(2), 243–253. https://doi.org/10.25273/pe.v11i2.10221.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.21009/pip.321.8.
Dahlia, D., Rianto, S., & Yuherman, Y. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Lectora Inspire Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Lintas Minat Pada Mata Pelajaran Geografi Di Sman 1 Padang Sago. Jambura Geo Education Journal, 3(2), 106–113. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i2.16098.
Evanofrita, E., Rifma, R., & Nellitawati, N. (2020). Pelaksanaan Supervisi Akademik Kepala Sekolah Di Sekolah Luar Biasa. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 5(2), 217–228. https://doi.org/10.31851/jmksp.v5i2.3772.
Faizatun, F., & Mufid, F. (2020). Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru (Studi Multi Kasus Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Pati). Quality, 8(2), 241. https://doi.org/10.21043/quality.v8i2.8097.
Hanifah, H. (2018). Penerapan Manajemen Program Pembelajaran Bagi Guru Paud Dalam Meningkatkan Kinerja Pendidik. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(3), 24. https://doi.org/10.22460/comm-edu.v1i3.1102.
Haris, C. A., WA, B. S., & Nasiri, A. (2019). Penerapan Model Utaut2 Untuk Mengevaluasi Aplikasi Ruang Guru. Jurnal Teknologi Informasi, 3(2), 192. https://doi.org/10.36294/jurti.v3i2.1085.
Hartanti, A. S., & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1). https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.
Hartanti, Astrid Setianing, & Yuniarsih, T. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 167. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i1.9452.
Hidayati, A., & Astuti, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Buku Kata Bergambar Berbasis Android Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2). https://doi.org/10.23887/jlls.v3i2.27446.
Indrianto, N., & Fatmawati, D. N. (2020). Teacher Skills in Classroom Management in Thematic Learning in Elementary Schools/Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Kelas pada Pembelajaran Tematik di Madrasah Ibtidaiyah. Journal AL-MUDARRIS, 3(1), 15–34. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v3i1.335.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102–109. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.574.
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136. https://doi.org/10.30596/jppp.v4i2.15603.
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A. B., & Muntari, S. (2018). Identifikasi kesiapan LKPD guru terhadap keterampilan abad 21 pada pembelajaran IPA SMP. Jurnal Ilmiah Profei Pendidikan, 3(2), 124–128. https://doi.org/10.29303/jipp.v3i2.20.
Malik, M. S., & Nugraheni, A. S. (2020). Strategi Interactive Digital Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Bacaan Pada Anak Slow Learner. EduHumaniora | Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 12(2), 176–182. https://doi.org/10.17509/eh.v12i2.22125.
Maulana, I., Rahma, N. A., Mahfirah, N. F., Alfarizi, W., & Darlis, A. (2023). Meningkatkan Profesional Guru dengan Program Pendidikan Profesi Guru (PPG). Journal on Education, 5(2), 2158–2167. https://doi.org/10.31004/joe.v5i2.867.
Miran, M. A., & Tampubolon, B. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPS Menggunakan Metode Kerja Kelompok Kelas V SDN 09 Bengkayang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 7(3), 1–16. https://doi.org/10.26418/jppk.v7i3.24635.
Mohd Zain, N., Mohd Fadil, N. F., & Abdul Hadi, A. (2018). Learning Management System: An Experience and Perception Study from Medical Imaging Lecturers and Scholars in a Private University. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 12(7), 174. https://doi.org/10.3991/ijim.v12i7.9638.
Mustajib. (2020). Manajemen Kelas: Upaya Mencapai Tujuan Hasil Belajar. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 1(2), 113–127.
Nugroho, M. A., Muhajang, T., & Budiana, S. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan & Pengajaran Guru Sekolah Dasar, 3(1), 42–46. https://doi.org/10.33751/jppguseda.v3i1.2014.
Nurmaulidina, S., & Bhakti, Y. B. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran Online Dalam Pemahaman Dan Minat Belajar Siswa Pada Konsep Pelajaran Fisika. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 6(April), 248–251. https://doi.org/10.31764/orbita.v6i2.2592.
Oktarina, A., & Fatonah, S. (2021). Pengamatan Tentang Pembelajaran Dan Penilaian Pada Anak Usia Dini Di Era Pandemi Covid-19. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(1). https://doi.org/10.17509/cd.v12i1.30278.
Prabaningrum, I. G. A. I., & Putra, I. K. A. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Team Assisted Individualization Berbantuan Media Semi Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 414. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21775.
Pratiwi, R. I. M., & Wiarta, I. W. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Pembelajaran Matematika Kelas II SD. Jurnal Edutech Undiksha, 9(1), 85–94. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32220.
Putri, W. T. A. (2018). Perbandingan Hasil Belajar Siswa dengan Model Pembelajaran Mandiri dan Kooperatif Tipe Investigasi Kelompok pada Sistem Reproduksi. Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 6(2). https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.945.
Rahayu, E. P., Pursitasari, I. D., & Kurniasih, S. (2021). Student Teaching Materials And Science Literature In Science Learning During The Covid-19 Pandemic. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 9(1), 52–61. https://doi.org/10.26740/jpps.v11n1.p52-61.
Rahayu, T., Suryandari, K. C., & Ngatman, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Keunggulan Lokal Kabupaten Kebumen untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Tema 6 Subtema 2 di Kelas IV SD N Tahun Ajaran 2018/2019. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(3), 300–304. https://doi.org/10.20961/jkc.v7i3.40764.
Ramadhani, S. P., & Zulela, M. (2020). Profesional Pedagogy Guru Terhadap Perubahan Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(2). https://doi.org/10.31949/jee.v3i2.2538.
Rendai. (2021). Penerapan Model Mind Mapping Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 54–58.
Salmawati, Rahayu, T., & Lestari, W. (2017). Kompetensi Pedagogik, Kontribusi Profesional dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Guru Penjasorkes SMP di Kabupaten Pati. Journal of Physical Education and Sport, 6(2), 198–204. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17397.
Sarwa, Rosnelli, Triatmojo, W., & Priyadi, M. (2021). Implementation of Flipped Classroom on Experiences in Online Learning during Pandemic Covid-19 for a Project-Base Vocational Learning Guide. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012019.
Setiawan, Y. E., & Syaifuddin, S. (2020). Peningkatan Kompetensi Profesionalitas Guru Melalui Pelatihan Desain Pembelajaran Peta Konsep. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(3), 148. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i3.16377.
Sihotang, N., Silaban, P. J., & Mahulae, S. (2020). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar Di Kecamatan Medan Kota. Jurnal Educatio, 6(2). https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.432.
Simanjuntak, R. (2020). Memaknai Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Kristen Masa Kini. Sanctum Domine: Jurnal Teologi, 9(1), 27–44. https://doi.org/10.46495/sdjt.v9i1.56.
Sizi, Y., Bare, Y., & Galis, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik SMP Kelas VIII. Spizaetus: Jurnal Biologi dan Pendidikan Biologi, 2(1), 39–46. https://doi.org/10.55241/spibio.v2i1.30.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulasteri, S., Rusydi Rasyid, M., & Akhyar, M. (2018). the Effect of the Use of Learning Media Based on Presentation Media on Interest and Mathematical Learning Outcomes. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(2), 221–236. https://doi.org/10.24252/mapan.2018v6n2a8.
Suprianti, D., Munzil, M., Hadi, S., & Dasna, I. W. (2021). Guided Inquiry Model Assisted with Interactive Multimedia Influences Science Literacy and Science Learning Outcomes. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 5(3), 415–424. https://doi.org/10.23887/jisd.v5i3.38802.
Suriani, A., Chandra, C., Sukma, E., & Habibi, H. (2021). Pengaruh Penggunaan Podcast dan Motivasi Belajar terhadap Keterampilan Berbicara pada Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.832.
Tahmidaten, L. (2021). Project-based Learning Untuk Mengembangkan Kompetensi 4C: Implementasinya Pada Pembelajaran Sosiologi SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(2), 201–220. https://doi.org/10.24036/sikola.v3i2.172.
Tarihoran, N. M., & Cendana, W. (2020). Upaya Guru dalam Adaptasi Manajemen Kelas untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Perseda: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(3), 134–140. https://doi.org/10.37150/perseda.v3i3.1010
Veliyanti, R., & Sasmoko, D. (2022). Sistem Pembelajaran Seni Tari Dengan Media Android Untuk Sekolah Dasar. Seminar Nasional Teknologi dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 2(1), 31–35. https://doi.org/10.51903/semnastekmu.v2i1.150.
Wahyon, Husamah, & Budi. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462.
Wahyuillahi, N. I., Nawawi, I., & Mahanani, P. (2021). Penggunaan Aplikasi Quizizz Sebagai Metode Evaluasi dalam Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar pada Muatan PKn Kelas V SD. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 597–604. https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p597-604.
Wardani, D. A. W., & Budiadnyana, P. (2023). Analisis Kompetensi Guru Di Abad 21. Widya Aksara: Jurnal Agama Hindu, 28(1), 88–100. https://doi.org/10.54714/widyaaksara.v28i1.211.
Wiradarma, K., Suarni, N., & Renda, N. (2021). Analisis Hubungan Minat Belajar terhadap Hasil Belajar Daring IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9(3), 408. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i3.39212.
Wulandari, H., & Nurhaliza, I. (2023). Mengembangkan Potensi Guru Yang Profesional Dalam Proses Belajar Mengajar. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 2487–2509. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.990.
Wulandari, S., Octaria, D., & Mulbasari, A. S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbantuan Aplikasi Flip Pdf Builder Berbasis Contextual Teaching and Learning. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 389. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4628.
Yuniawatika, Y., Yuspriyati, D. N., Sani, I., & Febriyanti, F. (2018). Perkembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (Pmri) Di Lptk Bandung Raya. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 233–246. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.279.
Yurinda, B., & Widyasari, N. (2022). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Guru Profesional dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 47–59. https://doi.org/10.24853/fbc.8.1.47-60.
Yurizki, D., Murniati, M., & Nur, S. (2018). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru dalam Peningkatkan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik SMAN di Wilayah Barat Kabupaten Bireuen. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 6(2), 68–74. https://doi.org/10.24815/JPSI.V6I2.11643.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Tarissa Destriana Putri, Tri Astuti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)