E-LKPD Interaktif Berbasis Kontekstual Berbantuan Website Liveworksheets pada Muatan Matematika di Kelas III SD
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.80446Kata Kunci:
E-LKPD, Matematika, Pendekatan kontekstual, Website Liveworksheets, Hasil BelajarAbstrak
Penyusunan LKPD yang melenceng dari fungsinya, kurang menarik minat siswa pada pelajaran matematika sehingga berdampak pada hasil belajarnya. Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets pada muatan matematika di kelas III SD dan medeskripsikan kelayakan, kepraktisan, serta keefektifan untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Penelitian ini menggunakan model ADDIE. Metode pengumpulan data dengan kuesioner rating scale dan tes pilihan ganda. Subjek penelitian terdiri dari 2 ahli, 3 guru dan 21 siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelayakan produk oleh ahli materi sebesar (4,8), ahli media sebesar (4,65), dan oleh ahli desain sebesar (4,8). Kepraktisan oleh guru sebesar (4,8) dan peserta didik sebesar (4,48). Uji one sample t-test hasil belajar siswa menunjukkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan demikian, E-LKPD interaktif berbasis kontekstual berbantuan website liveworksheets pada muatan matematika layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar kognitif pada materi sudut bangun datar di kelas III Sekolah Dasar.
Referensi
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560.
Andarini, P. (2022). Upaya Peningkatan Kompetensi Guru Dalam Penyusunan Soal HOTS Melalui in House Training di SD Negeri Gotakan. Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(10), 1409–1418. https://ojs.unsiq.ac.id/index.php/jrpi/article/view/5349%0A.
Arianingsih, B. D., Arjudin, Wulandari, N. P., & Sridana, N. (2022). Kepraktisan Media Tutorial Pembelajaran Matematika Berbasis Komputer pada Materi Pokok Bangun Ruang Nourma. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2, 364–374. https://doi.org/10.29303/griya.v2i2.183.
Artini, N. W. B., Suarni, N. K., & Parmiti, D. P. (2023). Efektivitas Pengembangan E-LKPD dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Materi Tematik Siswa Kelas V Sekolah Dasar. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7(1), 36–45. https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i1.1758.
Astuti. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1011–1024. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.573.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis ADDIE Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124.
Casfian, F., Fadhillah, F., Septiaranny, J. W., Nugraha, M. A., & Fuandin, A. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Teori Kontruktivisme. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 3(2), 636–648. https://publisherqu.com/index.php/pediaqu/article/view/916.
Djamaluddin, A., & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Parepare: CV Kaaffah Learning Center.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 125–129. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2977.
Fatimatuzzahrah, B., & Fathurrohman, A. (2023). Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Ta’dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial, 21(1). https://doi.org/10.37216/tadib.v20i2.725.
Islamiah, N., Fazriah, A., & Sigiro, W. B. (2024). Pemanfaatan Sarana dan Prasarana sebagai Pendukung Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 2(1), 174–178. https://doi.org/10.55606/lencana.v2i1.3104.
Johnson, E. B. (2014). CTL Contextual Teaching & Learning : Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Khikmiyah, F. (2021). Implementasi Web Live Worksheet Berbasis Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Matematika. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 1–12. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v6i1.1193.
Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik di BBPLK Semarang. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 4(2), 121–130. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/7307.
Le, V. H. H., & Prabjandee, D. (2023). A Review of the Website Liveworksheets.com. Computer Assisted Language Learning Electronic Journal, 24(1), 269–279. https://www.researchgate.net/publication/368291946_A_Review_of_the_Website_Liveworksheetscom.
Lestari, L., & Sa`diyah, R. (2021). Minat dan Motivasi Belajar Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sma Daarul Qur’an Internasional. Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 1–7. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit/article/view/15419.
Maghfiroh, L., Jayanti, & Suryani, I. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis Liveworksheet Pada Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 2751–2766. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3237.
Matondang, A. (2018). Pengaruh Antara Minat Dan Motivasi Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 24–32. https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1215.
Muslich, M. (2009). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691.
Nasution, F., Azura, C. N., Nurliana, D., & Rahman, M. F. (2023). Perangkat untuk Pengajaran Efektif. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 264–272. https://ummaspul.e-journal.id/JENFOL/article/view/5980%0A.
Qekaj-Thaqi, A., & Thaqi, L. (2021). The Importance of Information and Communication Technologies (ICT) during the COVID-19—Pandemic in Case of Kosovo (Analytical Approach of Students Perspective). Open Access Library Journal, 8, 1–15. https://doi.org/10.4236/oalib.1106996.
Rosidah, C. T., Sulistyawati, I., Fanani, A., & Pramulia, P. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Pembelajaran Tematik Berbasis TIK: PPM Bagi Guru SD Hang Tuah x Sedati. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 660–666. https://doi.org/10.31949/jb.v2i3.1319.
Safitri, M., & Aziz, M. R. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 50–58. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd/article/view/2237.
Salsabila, U. H., & Agustian, N. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika : Jurnal Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 3(1), 123–133. https://doi.org/10.36088/islamika.v3i1.1047.
Sara, K., M.Lendu, F. T., Mude, A., Kurniati, E., & Randu, S. L. (2023). Pengenalan Perangkat TIK Bagi Anak Sekolah Dasar di Desa Pemo. J-Abdi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(9), 6241–6246. https://doi.org/10.53625/jabdi.v2i9.4843.
Saraswati, P. M. S., & Agustika, G. N. S. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 257–269. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25336.
Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666.
Suryaningsih, S., & Nurlita, R. (2021). Pentingnya Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Inovatif dalam Proses Pembelajaran Abad 21. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(7), 1256–1268. https://doi.org/10.36418/japendi.v2i7.233.
Susanah. (2021). Matematika Dan Pendidikan Matematika. Universitas Terbuka. http://repository.ut.ac.id/4725/2/PEMA4301-M1.pdf.
Susanti, R. H., Ladamay, I., Rahayu, S., & Kumala, F. N. (2021). Pengembangan LKPD Elektronik Pembelajaran Tematik berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) untuk Meningkatkan Motivasi dan Perhatian Siswa dalam Proses Pembelajaran. Seminar Nasioanal PGSD UNIKAMA, 5(32), 740–748. https://conference.unikama.ac.id/artikel/index.php/pgsd/article/view/670.
Susilawati, E., Taufiq, A. U., & Hasanah, U. (2023). Development of liveworksheet-based interactive LKPD on the biodiversity material of class X. Bio-Inoved: Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan, 5(1), 17–27. https://doi.org/10.20527/bino.v5i1.14719.
Suwastini, N. M. S., Agung, A. A. G., & Sujana, I. W. (2022). LKPD sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Pendekatan Saintifik dalam Muatan IPA Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(2), 311–320. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i2.48304.
Tanjung, R. (2022). Pemanfaatan Teknologi Media Pembelajaran di SD Negeri 023896 Binjai Timur. Jurnal Nasional Teknologi Komputer, 2(2), 107–111. https://doi.org/10.61306/jnastek.v2i2.54.
Trinaldi, A., Bambang, S. E. M., Afriani, M., Rahma, F. A., & Rustam, R. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Teknologi Infomasi. Jurnal Basicedu, 6(6), 9304–9314. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4037.
Vonna, A. M., Saputra, N. N., & Saleh, H. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kontekstual Lembar Kerja Peserta Didik Elektronik (E-LKPD) Berbantuan Liveworksheet. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 149–157. https://doi.org/10.31000/cpu.v0i0.6866.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ni Ketut Sri Mahendri, I Made Citra Wibawa, Putu Ari Dharmayanti
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)