Pengembangan dan Implementasi Buku Teks Berorientasi Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.80460Kata Kunci:
Blended LearningAbstrak
Salah satu model pembelajaran yang dapat mengembangkan kreativitas belajar peserta didik adalah model pembelajaran berbasis proyek Project Based Learning. Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan bahan ajar berupa buku ajar mata kuliah Pendidikan IPS berorientasi Project based learning dan melihat efek potensialnya terhadap kreativitas mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan (development research). Model pengembangan yang digunakan adalah model ASSURE yang dimodifikasi dengan evaluasi formatif dari Tessmer. Hasil penelitian menyimpulkan produk buku ajar berorientasi project based learning yang dikembangkan dinyatakan valid setelah dilakukan ekspert riview oleh ahli desain pembelajaran dan ahli materi yang menguji kelayakan isi, kelayakan penyajian, dan kelayakan bahasa. Dari hasil validasi ahli desain pembelajaran dan dosen praktisi diperoleh nilai rata rata sebesar 3.92 (kategori valid). Sedangkan dari hasil validasi ahli materi diperoleh nilai rata rata sebesar 4.08 (kategori sangat valid). Produk buku ajar berorientasi project based learning yang dikembangkan dinyatakan praktis setelah dilakukan uji coba pada tahap one to one evaluation dan small group evaluation. Dari hasil pengolahan data angket dari 9 orang mahasiswa pada tahap small group evaluation diperoleh skor rata rata sebesar 53.3 (kategori praktis). Selanjutnya implementasi buku ajar berorientasi project based learning yang dikembangkan efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa, dengan nilai N-gain sebesar 79.90. (kategori efektif ).
Referensi
Alfiandra, Safitri, S., Waluyati, S. A., Kurnisar, & Nuraini. (2023). Dampak Potensial Implementasi Buku Ajar Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Kulia Pendidikan Kependudukaan Dan Lingkungan Hidup. Civic Hukum, 8(1), 117–126. https://doi.org/10.22219/jch.v8i1.23554.
Asbari, M., & Chiam, J. V. (2023). Akselerasi Kreativitas Siswa dalam Pendidikan. Jurnal Bahasa Indonesia Pendidikan, 02(05), 8–12. https://doi.org//10.4444/jisma.v2i5.424.
Azzahra, U., Arsih, F., & Alberida, H. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project-Based Learning ( Pjbl ) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi : Literature Review. BIOCHEPHY: Journal of Science Education, 3(1), 49–60. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i1.550.
Fajri, R. Al, & Chusni, M. M. (2024). Analisis Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline 360 dengan Model Blended POE2WE Pada Materi Fluida Statis. BIOCHEPHY : Journal of Science Educatio, 4(1), 216–225. https://doi.org/10.52562/biochephy.v4i1.1090.
Farid Rosidi, A. G. (2023). Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab Peserta Didik Melalui Media Permainan Pohon Pintar. Al-Manar: Jurnal Komunikasi Dan Pendidikan Islam, 12(2), 54–65.
Fatmawati, F., Wahyudi, W., & Harjono, A. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(4b), 2563–2568. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i4b.983.
Fatnah, N., Azizah, D., & Cahyani, M. D. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Melalui Kegiatan Fun Chemistry Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Smk Application of Project Based Learning Model Trough Fun Chemistry Activities To Improve Science Process Skill in Smk. Jurnal Zarah, 9(1), 15–21. https://doi.org/10.31629/zarah.v9i1.2461.
Febry, O., Santi, D. E., & Muhid, A. (2022). Pendekatan Pembelajaran Heutagogy untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa: Systematic Literature Review. Lectura: Jurnal Pendidikan, 2(1), 69–76. https://doi.org/10.31849/lectura.v13i2.10532.
Fitrio, B. D., & Merliza, P. (2023). Pengembangan Bahan Ajar E-Modul Matematika Interaktif dengan Pendekatan Kontekstual untuk Siswa Kelas VIII SMP. Suska Journal of Mathematics Education, 9(2), 121. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i2.18071.
Hidayat, T. (2021). Penggunaan Aplikasi Geogebra Sebagai Media. OMEGA: Jurnal Keilmuan Pendidikan Matematika, 8(1), 118–127. https://doi.org/10.47662/jkpm.v3i2.687.
Indriani, F. (2024). Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Bingkai Keterampilan Abad 21 untuk Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Admiration, 5(5), 1508–1523. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i5.1133.
Lubis, D. C., Khoiroh, F., Harahap, S., Syahfitri, N., Sazkia, N., & Siregar, N. E. (2024). Pembelajaran Berbasis Proyek : Mengembangkan Keterampilan Abad 21 di Kelas Project Based Learning : Developing 21st Century Skills in the Classroom. Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 1292–1300. https://doi.org/10.56832/edu.v4i1.472.
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani, 19(1), 86–107. https://doi.org/10.30603/ir.v19i1.3897.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 Sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 71(1), 63–71. https://doi.org/10.31849/lectura.v12i1.5813.
Mu’minah, I. H. (2021). Studi Literatur: Pembelajaran Abad-21 Melalui Pendekatan Steam (Science, Technology, Engineering, Art, and Mathematics) dalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 3, 584–594. https://prosiding.unma.ac.id/index.php/semnasfkip/article/view/654.
Prajoko, S., Sukmawati, I., Maris, A. F., & Wulanjani, A. N. (2023). Project Based Learning (Pjbl) Model With Stem Approach on Students’ Conceptual Understanding and Creativity. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 12(3), 401–409. https://doi.org/10.15294/jpii.v12i3.42973.
Ratnawati, K. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Pembuatan Strip Komik Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris. Indonesian Journal of Educational Development, 1(3), 481–495. https://doi.org/10.5281/zenodo.4286867.
Saputra, H. (2024). Penguatan Kemampuan Peserta Didik dalam Menghadapi Era Society 5.0 Melalui Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Bhinneka Tunggal Ika, 2(2), 287–302. https://doi.org/10.51903/bersatu.v2i2.640.
Savika, H. I., Nawali, J., Mufidah, I. K., & Susilawati, S. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran di MI dan SD. Journal of Research on Science Education, 2(2), 1–956. https://doi.org/10.4324/9780203097267.
Setiawan, B. (2020). Pengembangan Mata Pelajaran Yang Berkaitan Dengan Upaya Peningkatan Literasi Budaya Dan Kewarganegaraan. Masyarakat Indonesia, 46(1), 80–92. https://doi.org/10.14203/jmi.v46i1.915.
Shinta, N., Effendy, E., & Sipayung, Z. K. (2023). Pengaruh Ide Kreatif Dalam Mengembangkan Dakwah di Masjid Jami’ Nurul Ikhsan. Da’watuna: Journal of Communication and Islamic Broadcasting, 3(2), 563–572. https://doi.org/10.47467/dawatuna.v3i3.2613.
Sugandi, H., Fuadiyah, S., & Alberida, H. (2023). Studi Literatur Mengenai Pengaruh Model Pembelajaran PJBL Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik. BIOCHEPHY : Journal of Science Educatio, 3(2), 103–107. https://doi.org/10.52562/biochephy.v3i2.532.
Sukmawati, H. (2020). Model Pembelajaran Berbasis Web E-Learning Dalam Menghadapi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 164–172. https://doi.org/10.59638/ash.v6i2.290.
Sutrisno, L. T., Muhtar, T., & Herlambang, Y. T. (2023). Efektivitas Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Sebuah Pendekatan untuk Kemerdekaan. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 7(2). https://doi.org/10.20961/jdc.v7i2.76475.
Tarial, T., Suratno, S., & Idrus, A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Konstruksi .Dan Utilitas Gedung Berbantuan Sketchup 3D Untuk Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Smk. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 829–840. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i2.1173.
Tirtawati, N. L. R. (2020). Isolasi Mandiri Covid-19 dengan Daring PjBL Berbasis Mind Mapping untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi. Journal of Education Action Research, 4(4), 393. https://doi.org/10.23887/jear.v4i4.28504.
Tobing, N., & Nainggolan, C. B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 2(2). https://doi.org/10.19166/dil.v2i2.2216.
Vantika, S., Afifi, F. C., & Dewi, V. K. (2024). Penerapan Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Limit Fungsi Trigonometri. Mathema Journal E-Issn, 6(1), 2024. https://doi.org/10.33365/jm.v6i1.3009.
Yusika, I., & Turdjai, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Pjbl) untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 11(1), 17–25. https://doi.org/10.33369/diadik.v11i1.18365.
Zulfia Latifah, A., Hidayat, H., Mulyani, H., Siti Fatimah, A., & Sholihat, A. (2020). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kreativitas Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan, 21(1), 38–50. https://doi.org/10.33830/jp.v21i1.546.2020.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sani Safitri, Siti Fatimah, alfiandra
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)