Average E-Module Pancasila Student Profile Strengthening Projects to Develop Students' Digital Literacy
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.80995Kata Kunci:
E-Module, Media, P5, Local WisdomAbstrak
Pendidikan di Indonesia memasuki era dunia digital dimana menjadi tantangan khusus bagi sekolah untuk dapat mengimbangi perubahan zaman. Guru dan siswa harus dapat mengikuti perkembangan teknologi sehingga memiliki kompetensi literasi digital yang digunakan untuk mengoperasikan berbagai teknologi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan menggambarkan tahapan pengembangan e-modul projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan tema kearifan lokal untuk siswa SD pada fase B. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah RnD (Research and Development). Namun, dalam penelitian ini peneliti hanya menggunakan tahap awal yakni analisis dan desain. Hasil analisis kurikulum merdeka menunjukkan bahwa peneliti melakukan desain pembuatan media e-modul dengan tema kearifan lokal dengan dimensi profil pelajar pancasilanya adalah kreatif, kebhinekaan global, dan mandiri. Adanya pengembangan media dilakukan dalam rangka upaya peningkatan literasi digital siswa. Dalam pembuatan produk, peneliti menggunakan Microsoft Word dan software Canva untuk mendesain modul, selanjutnya tim melakukan proses desain melalui aplikasi Heyzine. Terdapat berbagai proses perbaikan produk untuk memperoleh desain yang terbaik. Peneliti berharap hasil desain e-modul yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan oleh guru dan siswa dalam kegiatan projek penguatan profil pelajar pancasila, khususnya dalam pengembangan kreativitas dan kemandirian belajar untuk memanfaatkan teknologi sekaligus dapat mengenal, menghargai serta berinteraksi dalam keragaman budaya Indonesia.
Referensi
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101. https://doi.org/10.23887/jfi.v3i3.24525.
Asiati, S., & Hasanah, U. (2020). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Penggerak. Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan, 19(2), 61–72. https://doi.org/10.54124/jlmp.v19i2.78.
Ayun, Q. (2021). Analisis Tingkat Literasi Digital Dan Keterampilan Kolaborasi Siswa Dalam Pembelajaran IPA Kelas VII Secara Daring. Jurnal Didaktika Pendidikan, 19(1), 15–17.
Budiono, A. N., Yahya, S. R., Siyono, S., Pratiwi, D. A., & Ginting, R. (2023). Pelatihan Mendesain Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Bagi Komite Pembelajaran Dalam Kurikulum Merdeka. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 124. https://doi.org/10.20527/btjpm.v5i1.7672.
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2021). Gerakan Literasi Digital Bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES (Jurnal Masyarakat Pendidikan Karakter, 3(1), 118–28.
Febriana, D., V.Y., I. A., & Pamungkas, A. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Berbantu Millea Lab Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 329–40. https://doi.org/10.46368/jpd.v11i2.926.
Fitri, D., & Aini, N. (2021). The Urgency of Digital Skill Improvement Through E- Modules Literasi Digital : Urgensi Peningkatan Digital Skill Melalui E-Modul. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(Februari), 94–101.
Hamidah, J. (2022). Pelatihan Penyusunan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Pada Kepala Sekolah Dan Guru-Guru Sekolah Dasar Di Kabupaten Banjar-Kalimantan Selatan. JURNAL CEMERLANG : Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 259–71. https://doi.org/10.31540/jpm.v4i2.1625.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2020). Pengembangan Modul Elektronik (e- Modul) Interaktif Pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–91. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424.
Inayah, N. N. (2022). Integrasi Dimensi Profil Pelajar Pancasila Dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Menghadapi Era 4.0 Di SMK Negeri Tambakboyo. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.56404/jels.v1i1.7.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Karakter Siswa Di Sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 138–151.
Kuncoro, K. S., Sukiyanto, S., Irfan, M., Amalia, A. F., Pusporini, W., Wijayanti, A., & Widodo, S. A. (2022). Peningkatan Literasi Digital Guru Guna Mengatasi Permasalahan Pembelajaran Di Era Pandemi Covid-19. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 17–34. https://doi.org/10.31943/abdi.v4i1.50.
Landa, Z. R., Sunaryo, T., & Tampubolon, H. (2023). Pengaruh Literasi Digital Guru Dan Manajemen Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Di SMA Pelita Rantepao. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 718–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.529.
Manzil, E. F., Sukamti, S., & Thohir, M. A. (2019). Pengembangan E- Modul Interaktif Heyzine Flipbook Berbasis Scientific Materi Siklus Air Bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 31(2), 152. https://doi.org/10.17977/um009v31i22022p112.
Purwaningrum, J. M., S., S., TYE, M., Kurniadi, G., Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2021). Strategi Pembangunan Pendidikan Budaya Dan Karakter Siswa SD Melalui Modul Matematika Berbasis Kearifan Lokal. Riset Dalam Perspektif Budaya, 6(3), 3613–25. https://doi.org/doi:
Rizal, M., Iqbal, M., & Rahima, R. (2021). Pelatihan Merancang Modul Projek Profil Pelajar Pancasila Bagi Guru Sdn 6 Peusangan Selatan Melalui in House Training Sekolah Penggerak. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 1574–80. https://doi.org/10.31004/cdj.v3i3.6878.
Rosiyanti, H., Eminita, V., & Riski, R. (2019). Desain Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Powtoon. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 165. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.77-86.
Standar, B., & Kurikulum, dan A. P. (2022). Peraturan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi. Kementerian Pendidikan, 3(2), 10–11.
Sugiharti, I., Wulandari, E. A., & Wahyuni, A. Y. (2021). Pengembangan Virtual Reality Berbasis Smartphone Sebagai Media Penunjang Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Ipa Terpadu, 6(3), 77–90.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada Kurikulum Merdeka di SD Nasima Kota Semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121–128. https://doi.org/10.15294/jpk.v9i2
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2023). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290.
Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila sebagai upaya menguatkan karakter peserta didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 8(2), 116–132. https://doi.org/10.21067/jmk.v8i2.8309.
Wahyuningsih, S. (2020). Modul Literasi Digital Di Sekolah Dasar. Kementerian Pendidikan, 1(2), 134.
Widiana, F. H., & Rosy, B. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Flipbook Maker Pada Mata Pelajaran Teknologi Perkantoran. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3728–39. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1265.
Zahroh, F., & Sholeh, M. (2020). Efektivitas Literasi Digital Dalam Meningkatkan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 9 (September), 13.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jayanti Putri, Latifah Nur Ahyani, Riawan Yudi Purwoko, Hasan Basri
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)