Pengembangan Bahan Ajar Pengajaran Tata Krama untuk Universitas Islam berkenaan dengan Krisis Kesopanan pada Gen-Z
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i2.81307Kata Kunci:
RPS, Bahan ajar, akhlak, kesopanan, gen ZAbstrak
Krisis kesopanan sedang dialami oleh sebagian besar generasi Z. Fakta ini menggugah keingintahuan para peneliti untuk memecahkan masalah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian R&D yang menggunakan desain ADDIE. Peneliti merancang dan mengembangkan silabus, RPP dan bahan ajar tentang budi pekerti dan memasukkannya ke dalam mata kuliah Akidah Akhlak. Produk-produk tersebut diimplementasikan di STAIN Majene dan IAI DDI Polman. Setelah itu, peneliti mengevaluasi penggunaan produk melalui angket dan tes. Hasil penelitian valid, praktis dan efektif dalam mengenalkan kembali dan menanamkan budi pekerti yang baik pada peserta didik. Validitas produk dibuktikan dengan akumulasi skor angket validator yang mencapai 3,0 untuk bahan ajar, 3,4 untuk RPP, dan 3,5 untuk silabus. Sedangkan berdasarkan penilaian pengamat diperoleh hasil bahwa tingkat keterlaksanaan mencapai 3,8. Produk ini tentu telah teruji dapat diproduksi secara masal guna mengatasi isu kesopanan yang dihadapi oleh Gen-Z.
Referensi
Adiningrum, G. K., Maulida Izzah, M., Gideon, R., Yeshua, P., & Fitriono, R. A. (2022). Masih Eksiskah Pancasila Di Mata Gen Z. Jurnal Ekonomi, Sosial & Humaniora, 4(04), 56–60. Https://Jurnalintelektiva.Com/Index.Php/Jurnal/Article/View/902.
Agustiana, I., Aprianti, R., & Astrid, G. (2024). Jurnal Studi Ilmu Komunikasi P . Issn : 2985-9549 E . Issn : 2986-4593 Etika Komunikasi Penggunaan Media Sosial “ Instagram ” Oleh Generasi Z ( Studi Pada Mahasiswa Fakultas Fisip Uin Raden Fatah Palembang ) Communication Ethics In Using Social Media “ In. 03(11), 9–18.
Anggarini, D. R., Putri, A. D., & Lina, L. F. (2021). Literasi Keuangan Untuk Generasi Z Di Man 1 Pesawaran. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(1), 147–152. Https://Doi.Org/10.54082/Jamsi.42.
Dwisari Indriani, E., Dewi, A., & Hayat, R. S. (2024). Krisis Budaya Tradisional: Generasi Muda Dan Kesadaran Masyarakat Di Era Globalisasi. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 5(1), 77–85. Http://Doi.Org/10.54373/Imeij.V5i1.719.
Frankish, A., Diekhans, M., Jungreis, I., Lagarde, J., Loveland, J. E., Mudge, J. M., Sisu, C., Wright, J. C., Armstrong, J., Barnes, I., Berry, A., Bignell, A., Boix, C., Sala, S. C., Cunningham, F., Domenico, T. Di, Donaldson, S., Fiddes, I. T., Girón, C. G., … Flicek, P. (2021). Gencode 2021. Nucleic Acids Research, 49(D1), D916–D923. Https://Doi.Org/10.1093/Nar/Gkaa1087.
Fransisca, S., & Putri, R. N. (2019). Pemanfaatan Teknologi Rfid Untuk Pengelolaan Inventaris Sekolah Dengan Metode (R&D). Jurnal Mahasiswa Aplikasi Teknologi Komputer Dan Informasi, 1(1), 72–75.
Gazali, E. (2019). Menakar Tantangan Dan Potensi Jurusan Bahasa Dan Sastra Arab (Bsa) Iain Syekh Nurjati Cirebon Di Era Pendidikan 4.0. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 229. Https://Doi.Org/10.29240/Jba.V3i2.857.
Gibson, K. (2019). Kasus Pengadilan Khusus Bahasa Inggris Yang Melibatkan Tempat Kerja As: Mitos Penggunaan Bahasa Dan Homogenisasi Identitas Pekerja Bilingual. Studi Bahasa Kedua, 22(2), 1–60.
Handrianto, C., Jusoh, A. J., Goh, P. S. C., & Rashid, N. A. (2021). Using Addie Model For Designing Instructional Strategies To Improve Teaching Competency Of Secondary School’s Teachers. E-Prosiding Webinar Konvensyen Kaunseling Kebangsaan, 2(6), 361–371. Https://Www.Researchgate.Net/Publication/352863787.
Ihsan Ma, F., Jurusan Tasawuf Dan Psikoterapi, Rifatulloh, & Ushuluddin Uin Sunan Gunung Djati Bandung, F. (2023). Peran Pendidikan Tasawuf Dalam Membentuk Generasi-Z Yang Berkarakter Islami. Gunung Djati Conference Series, 19, 1–12.
Irsyadi, F. Y. Al, Priambadha, A. P., & Kurniawan, Y. I. (2020). Game Edukasi Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas Iv Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Nahdlatul Ulama Cepogo. Jurnal Manajemen Informatika (Jamika), Volume 10(April), 12. Https://Doi.Org/10.34010/Jamika.V10i1.
Kristyowati, Y. (2021). Generasi “Z” Dan Strategi Melayaninya. Ambassador: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 2(1), 23–34. Stt-Indonesia.Ac.Id › Journal › Index
Laturette, K., Widianingsih, L. P., & Subandi, L. (2021). Literasi Keuangan Pada Generasi Z. Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak), 9(1), 131–139. Https://Doi.Org/10.26740/Jpak.V9n1.P131-139.
Mardiyanti, E., Gunawan, G., & Hafizh, R. (2023). Persepsi Generasi Z Terhadap Profesi Petani (Studi Kasus Mahasiswa Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Ilmu Pertanian Tirtayasa, 5(2), 383–390. Https://Doi.Org/10.33512/Jipt.V5i2.23152.
Muruganantham, G. (2015). Developing Of E-Content Package By Using Addie Model. International Journal Of Applied Research, 1(3), 52–54. Www.Allresearchjournal.Com.
Nasution, A. K. P. (2020). Integrasi Media Sosial Dalam Pembelajaran Generasi Z. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 80–86. Https://Doi.Org/10.24036/Tip.V13i1.277.
Nur Fadilah, E., Syahriani, I., Hudi, I., Kunci, K., Teknologi, K., Karakter Bangsa, P., & Pancasila, N. (2024). Pengaruh Kemajuan Teknologi Terhadap Pemahaman Nilai Pancasila Di Era Gen Z. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 7361–7372.
Nurainun, Siregar, S. B., Harahap, P. P., Sinaga, E. P., & Siregar, T. M. (2023). Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif Indonesia. Jurnal Pendidikan Ilmiah Transformatif, 7(12), 8–16.
Pakpahan, G., Hasiholan, A. M., & Salman, I. (2021). Budaya Sungkem Desa Samirono Dalam Perspektif Hukum Taurat Ke-5: Suatu Kajian Etika Kristen Dan Generasi Muda. Jurnal Lektur Keagamaan, 19(2), 521–554. Https://Doi.Org/10.31291/Jlka.V19i2.990.
Pujiono, A. (2021). Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Bagi Generasi Z. Didache: Journal Of Christian Education, 2(1), 1. Https://Doi.Org/10.46445/Djce.V2i1.396.
Purnomo, A., Ratnawati, N., & Aristin, N. F. (2016). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Pada Generasi Z. Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran Ips, 1(1), 70–76. Https://Doi.Org/10.17977/Um022v1i12016p070.
Rastati, R. (2018). Media Literasi Bagi Digital Natives: Perspektif Generasi Z Di Jakarta. Jurnal Kwangsan, 6(1), 43. Https://Doi.Org/10.31800/Jurnalkwangsan.V6i1.72.
Rika Ningsih, & Fatmawati, F. (2024). Realitas Kesantunan Berbahasa Gen-Z Di Era Digital. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, Dan Sastra, 10(1), 215–224. Https://Doi.Org/10.30605/Onoma.V10i1.3167.
Rovira, L. C. (2018). Hubungan Antara Bahasa Dan Identitas. Penggunaan Bahasa Rumah Sebagai Hak Asasi Imigran. Remhu – Jurnal Interdisipliner Mobilitas Manusia, 16(31), 63–81.
Samosir, R. S., & Purwandari, N. (2020). Aplikasi Literasi Digital Berbasis Web Dengan Metode R&D Dan Mdlc. Techno.Com, 19(2), 157–167. Https://Doi.Org/10.33633/Tc.V19i2.3318.
Sara Beden. (2020). Kesejajaran Kesantunan Bahasa Dalam Perutusan Pakej Rangsangan Ekonomi Prihatin Dengan Prinsip Kesopanan Leech (1983). Jurnal Linguistik, 24(1), 51–80. Www.Plm.Org.My.
Situmorang, J. V., Sekar Vedha, R., Nadya, R., Sitorus, E., Diansya, T., Saragih, P., Simarmata, Y. A., & Surip, M. (2024). Tantangan Pemertahanan Keaslian Bahasa Indonesia Di Era Globalisasi Dan Pengaruh Media Sosial. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(5), 2118–7302.
Sjödin, H., Wilder-Smith, A., Osman, S., Farooq, Z., & Rocklöv, J. (2020). Only Strict Quarantine Measures Can Curb The Coronavirus Disease (Covid-19) Outbreak In Italy, 2020. Eurosurveillance, 25(13), 1–6. Https://Doi.Org/10.2807/1560-7917.Es.2020.25.13.2000280.
Slamet Pamuji. (2024). Urgensi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Kalangan Siswa. Journal Of Pedagogi, 1(1), 9390–9394. Https://Doi.Org/10.62872/08pbgk95.
Yudareswara, R. P., Azmi, M. S., Chandra, A. B., & Alif, A. (2024). Analisis Krisis Sikap Kewarganegaraan Pada Media Sosial Penyelenggaraan Pemilihan Presiden 2024. 8(6), 978–983.
Zis, S. F., Effendi, N., & Roem, E. R. (2021). Perubahan Perilaku Komunikasi Generasi Milenial Dan Generasi Z Di Era Digital. Satwika : Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 5(1), 69–87. Https://Doi.Org/10.22219/Satwika.V5i1.15550.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Mawardi, Uswatunnisa, Nihla
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)