Pengaruh Media Video Animasi Berbasis Powtoon Terhadap Apresiasi Bercerita pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpp.v57i3.81628Kata Kunci:
dan respon siswaAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi berbasis powtoon terhadap apresiasi siswa terhadap pembelajaran bercerita di kelas III sekolah dasar. Penelitian ini melibatkan 27 siswa kelas III berusia 11 hingga 12 tahun dalam 12 sesi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah desain eksperimen one-group pretest-posttest. Data dikumpulkan melalui pretest dan posttest, yang kemudian dianalisis melalui tiga tahap: pengelolaan data, analisis statistik, dan interpretasi hasil. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dari rata-rata skor pretest sebesar 52,03 menjadi rata-rata skor posttest sebesar 79,44 setelah dilakukan treatment menggunakan media Powtoon. Analisis inferensial dengan uji t menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest, dengan nilai t hitung sebesar -8,859 dan nilai t kritis sebesar 1,705 pada taraf signifikansi 5%. Hal ini menunjukkan penolakan terhadap hipotesis nol (H0) dan diterimanya hipotesis alternatif (H1) yang menunjukkan adanya pengaruh penggunaan media video animasi berbasis powtoon terhadap apresiasi siswa dalam bercerita pada siswa kelas III SD Inpres Malengkeri II Kota Makassar. Oleh karena itu, kesimpulan yang diambil adalah aplikasi Powtoon berpotensi sebagai media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat dan keterampilan siswa pada pendidikan sastra. Temuan ini memberikan landasan yang kuat bagi pemanfaatan teknologi dalam konteks pendidikan dan mendorong pengembangan metode pengajaran yang inovatif dan berwawasan luas untuk menciptakan lingkungan belajar yang lebih dinamis dan menarik bagi siswa.
Referensi
Abdulrahaman, M. D., Faruk, N., Oloyede, A. A., Surajudeen-Bakinde, N. T., Olawoyin, L. A., Mejabi, O. V., Imam-Fulani, Y. O., Fahm, A. O., & Azeez, A. L. (2020). Multimedia tools in the teaching and learning processes: A systematic review. Heliyon, 6(11). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e05312.
Akmalia, R., Fajriana, F., Rohantizani, R., Nufus, H., & Wulandari, W. (2021). Development of powtoon animation learning media in improving understanding of mathematical concept. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning (MJML), 4(2), 105. https://doi.org/10.29103/mjml.v4i2.5710.
Amaliya, P., & Landong, A. (2023). Development of Powtoon Learning Media for Student Learning Activities in Theme 2 Clean Air For Health Class V SDN 064954 Medan Amplas. https://doi.org/10.21107/Widyagogik/v11i1.19255.
Andrianti, Y., Susanti, L. R. R., & Hudaidah. (2016). Pengembangan Media Powtoon Berbasis Audiovisual pada Pembelajaran Sejarah. Jurnal Criksetra, 5(9), 58–68. https://doi.org/10.36706/jc.v5i1.4802.
Anggita, Z. (2020). Penggunaan Powtoon Sebagai Solusi Media Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bahasa, Sastra dan Pengajaran, 7(2). https://doi.org/10.26618/konfiks.v7i2.4538.
Anisi, F., F., & Ghozali, M. I. A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Berbantuan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Application of Cooperative Learning Model Type Make A Match Aided by Learning Videos to Improve Student Learning Outcomes. Action Research Journal Indonesia, 2(4), 209–218. https://doi.org/10.61227/arji.v2i4.25.
Ariyanto, R., Kantun, S., & Sukidin, S. (2018). Penggunaan Media Powtoon untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Pelaku-Pelaku Ekonomi dalam Sistem Perekonomian Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonom: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 122. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7622.
Arnold, B. R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Pelayanan Penjual Di SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 06(04), 145–150. https://doi.org/10.36709/gapend.v28i2.18562.
Bel-Ann Ordu, U. (2021). The Role of Teaching and Learning Aids/Methods in a Changing World.
Bina, N. S., Ramadhani, R., & Hasan, H. I. (2022). Digitalisasi Pembelajaran Bermakna Melalui Perancangan Video Animasi Berbasis Powtoon Animation Bagi Guru Sekolah Dasar. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri, 6(4), 2615. https://doi.org/10.31764/jmm.v6i4.8889.
Chen, C. M., & Wu, C. H. (2015). Effects of different video lecture types on sustained attention, emotion, cognitive load, and learning performance. Computers and Education, 80, 108–121. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.08.015.
Dewi, A. M., & Kamaludin, A. (2022). Development of Audiovisual-Based PowToon Animation Video on Chemical Bonds for Tenth Grade. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(1), 222–229. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i1.865.
Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu: Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas VII SMPN 25 Kota Bandung. EDUTCEHNOLOGIA, 3(2).
Farizi, Z. A., Sulisworo, D., Hasan, M. H., & Rusdin, M. E. (2019). Pengembangan Media Animasi untuk Mendukung Pembelajaran Berbasis TPACK dengan POWTOON pada Materi Torsi SMA Kelas XI. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 10(2), 108–113. https://doi.org/10.26877/jp2f.v10i2.4017.
Fatmawati, N. L. (2021). Pengembangan Video Animasi Powtoon Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris Usia Sekolah Dasar di Masa Pandemi. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 26(1), 65–77. https://doi.org/10.24090/insania.v26i1.4834.
Fitriyani, W., & Solihati, N. (2022). The Effect of Powtoon-Based Audiovisual Media on Indonesian Language Learning Outcomes. MIMBAR PGSD Undiksha, 10(1), 148–154. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v10i1.46996.
Hakkarainen, P., & Vapalahti, K. (2011). Meaningful learning through Video-Supported Forum-Theater. Proceedings of the IASTED International Conference on Technology for Education, TE, 23(3), 46–53. https://doi.org/10.2316/P.2011.754-018.
Hariyanti, R., Sukma, E., & Damanik, D. (2024). Improving Students’ Reading Comprehension Through Powtoon Application. Jurnal Kependidikan, 13(ue 2)).
Herawati, R., Sulisworo, D., & Fayanto, S. (2019). The Development of Learning Videos on PowToon-based Work and Energy Topics to Support Flipped Classroom Learning. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME, 9(4), 51–58. https://doi.org/10.9790/1959-0904015158.
Kinash, S., Knight, D., & McLean, M. (2015). Does digital scholarship through online lectures affect student learning? Educational Technology and Society, 18(2), 129–139.
Lestari, K. A., Suranata, K., & Bayu, G. W. (2022). Animated Video-Based Learning Media Assisted with Powtoon on Living Things Characteristics Topic. International Journal of Elementary Education, 6(3), 511–517. https://doi.org/10.23887/ijee.v6i3.53418.
liesdiani, D., Syaodih, E., & Mariam, P. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. JP2EA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ekonomi Akuntansi, 2(2), 139–149.
Lucarevschi, C. R. (2016). The role of storytelling in language learning: A literature review.
Meianti, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Powtoon pada Kompetensi Dasar Menerapkan Promosi Produk Kelas X Pemasaran SMK Negeri Mojoagung. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN, 06(03), 109–144.
Nabila, A. S., & Amir, M. F. (2022). Pengembangan Multimedia Animasi Powtoon Berbasis Konstruktivis Pada Materi Pecahan Sederhana di Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 55(2), 250–261. https://doi.org/10.23887/jpp.v55i2.47037.
Pangestu, M. D., & Wafa, A. A. (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Powtoon pada Mata Pelajaran Ekonomi Pokok Bahasan Kebijakan Moneter untuk Siswa Kelas XI IPS Di SMA Negeri 1 Singosari. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 11(1). https://doi.org/10.17977/UM014v11i12018p071.
Pratiwi, M. S., Zulherman, Z., & Amirullah, G. (2021). The Use of the Powtoon Application in Learning Videos for Elementary School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1783(1), 012115. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1783/1/012115.
Purwasari, R. M., & Nugraha, I. S. (2023). The Use of Strorytelling in Speaking Instruction. Project: Professional Journal of English Education, 6(2), 361–374. https://doi.org/10.22460/project.v6i2.p361-374.
Puspitarini. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53–60. https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.
Puspitarini, Y. D., & Hanif, M. (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2). https://doi.org/10.29333/aje.2019.426a.
Rasi, P., & Poikela, S. (2016). A review of video triggers and video production in higher education and continuing education PBL settings. Interdisciplinary Journal of Problem-Based Learning, 10(1), 5–6. https://doi.org/10.7771/1541-5015.1609.
Safitri, E., & Titin. (2021). Studi Literatur: Pengembangan Media Pembelajaran dengan Video Animasi Powtoon. Jurnal Inovasi Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1(2), 74–80. https://doi.org/10.53621/jippmas.v1i2.12.
Sanjaya, G. E. W., Yudiana, K., & Japa, I. G. N. (2021). Learning video media based on the powtoon application on solar system learning topics. International Journal of Elementary Education, 5(2), 208. https://doi.org/10.23887/ijee.v5i2.34547.
Satriani, I. (2019). Storytelling in Teaching Literacy: Benefits and Challenges. English Review: Journal of English Education, 8(1), 113. https://doi.org/10.25134/erjee.v8i1.1924.
Sukmanasa, E., Novita, L., & Maesya, A. (2020). Pendampingan pembuatan media pembelajaran Powtoon bagi guru Sekolah Dasar Gugus 1 Kota Bogor. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(1), 95–105. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i1.2140.
Susanti, A., Kasim, U., Achmad, D., & Nasir, C. (2022). The Use of Media in Innovative Learning to Improve Students’ Achievement in Learning English. Mudofir, 7(ue 2)).
Suyahman, S., Pattiruhu, C. M., Zuhriyah, A., Rintaningrum, R., & Manyullei, S. (2024). Use of Learning Media to Increase Student Motivation in Junior High School. World Psychology, 3(1), 62–76. https://doi.org/10.55849/wp.v3i1.605.
Suyanti, S., Sari, M. K., & Rulviana, V. (2021). Media Powtoon Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 8(2), 322–328. https://doi.org/10.31316/esjurnal.v8i2.1468
Udin, M. F., & Rezania, V. (2024). The Effect of Animated Learning Media Using Powtoon on Student Learning Outcomes. Edunesia : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 500–513. https://doi.org/10.51276/edu.v5i1.694.
Wibawa, I. M. C., Putu, N., & Ratna, S. (2022). The Effectiveness of Reading and Writing Learning Videos on Student Learning Outcomes in Online Learning. International Journal of Elementary Education, 6(1), 18–28.
Yulia, D., & Ervinalisa, N. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Powtoon Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Iis Kelas X Di Sma Negeri 17 Batam Tahun Pelajaran 2017/2018. HISTORIA: Jurnal Program Studi Pendidikan Sejarah, 2(1), 15–24. https://doi.org/10.33373/his.v2i1.1583.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Haslinda Haslinda, Oki Harianto, AW

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with Jurnal Pendidikan dan Pengajaran agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)