ANALISIS MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • I Nyoman Jampel Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9015

Kata Kunci:

gaya belajar, motivasi belajar, pembelajaran Bahasa Indonesia

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan motivasi dan gaya belajar siswa di Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Sampel penelitiannya yakni siswa kelas V SD di Gugus VI Kecamatan Abang Kabupaten Karangasem tahun pelajaran 2015/2016 yakni SDN 1 Pidpid, SDN 1 Nawa Kerti, dan SDN 1 Kesimpar yang berjumlah 51 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) gaya belajar siswa dalam pembelajaran di Sekolah Dasar yang dominan dilakukan siswa adalah gaya belajar visual, (2) motivasi siswa dalam pembelajaran di SDN 1 Pidipid berada pada kategori sangat tinggi, SDN 1 Nawa Kerti berada pada kategori tinggi, dan SDN 1 Kesimpar berada pada kategori cukup, (3) faktor yang mempengaruhi kecendrungan gaya belajar siswa yaitu faktor internal dan eksternal, dan (4) faktor yang mempengaruhi motivasi dalam belajar yaitu faktor internal yang berupa  fisik dan psikologis. Sedangkan faktor eksternal yang berupa  non-sosial dan sosial

Diterbitkan

2016-12-11

Cara Mengutip

Jampel, I. N. (2016). ANALISIS MOTIVASI DAN GAYA BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(3), 109–119. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i3.9015

Terbitan

Bagian

Articles