ANALISIS KONSEPSI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 SINGARAJA TENTANG MATERI TEKANAN DAN PENERAPANNYA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Authors

  • E. Sari Universitas Pendidikan Ganesha
  • I.W. Suja Universitas Pendidikan Ganesha
  • L.M. Priyanka Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppii.v12i1.56546

Keywords:

Faktor Penyebab Terbentuknya Miskonsepsi; Konsepsi; Miskonsepsi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menjelaskan profil konsepsi siswa dan faktor-faktor penyebab terbentuknya miskonsepsi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Singaraja tentang materi tekanan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini tergolong penelitian expostfacto menggunakan pendekatan mixed methods. Strategi yang digunakan adalah sequenitial explanatory. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik berbentuk pilihan ganda dilengkapi dengan CRI, pedoman wawancara, kuisioner/angket serta checklist buku yang digunakan siswa dan guru. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan profil konsepsi siswa dalam memahami materi tekanan adalah 21,71% memahami konsep, 23,02% kurang pengetahuan, 21,91% tidak tahu konsep, dan 33,36% mengalami miskonsepsi. Faktor penyebab terbentuk miskonsepsi yang berasal dari faktor internal siswa meliputi rendahnya minat dan motivasi belajar siswa, serta kurangnya pengetahuan awal dan pemahaman siswa; sedangkan faktor eksternalnya adalah buku teks IPA yang digunakan kurang komunikatif dan metode mengajar guru bersifat monoton dan kurang cocok dengan materi dan kondisi siswa

References

Arjun, M. (2017). Remediasi miskonsepsi siswa pada materi tekanan menggunakan model pembelajaran learning cycle 7E berbantuan alat peraga. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

A'yun, H. D. Q. (2018). Analisis miskonsepsi siswa menggunakan tes diagnostic multiple choice berbantuan CRI (Certainty od response index). Jurnal inovasi pendidikan kimia, 24(3): 2108-2117.

Faizah, K. (2016). Miskonsepsi dalam pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1): 115-128.

Koryati, D., Jaenudin, R., & Aisyah. (2017). Analisis faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit. 4(1): 1-11.

Nailul Maunah, W. (2014) Pengembangan two-tier test multiple choice diagnostic tes untuk menganalisis kesulitan belajar siswa kelas X pada materi Suhu dan Kalor. Journal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2): 195-200

Nainggolan, L. (2017). Identification of factors causes student"s misconception on human circulatory system topic in grade IX SMP Nurul Fadhillah Medan. Prosiding Seminar Nasional III Biologi dan pembelajarannya, 78-97.

Nurrahayu, H. (2015). Identifikasi miskonsepsi siswa sekolah menengah pertama pada materi tekanan menggunakan three-tier test. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia.

Purtadi, S. (2009). Analisis miskonsepsi konsep laju dan kesetimbangan kimia pada siswa SMA. Seminar Nasional MIPA. Yogyakarta

Saleem-Hasan, D. B. (1999). Misconceptions and the Certainty of response index (CRI). Physics Education, 34(5): 294-299.

Setyono, Y. K. (2013). Pengembangan media pembelajaran fisika berupa buletin dalam bentuk buku saku untuk pembelajaran fisika kelas VIII materi gaya ditinjau dari minat baca siswa. Jurnal Pendidikan Fisika. 1(1): 118-120

Suja, I W. dan Retug, N. (2013). Konsepsi kimia siswa kelas XI di kota Singaraja. Prosiding Seminar Nasional FMIPA Undiksha III.

Syahrul, A. (2015). Identifikasi miskonsepsi dan penyebab miskonsepsi siswa dengan three-tier diagnostic test pada materi dinamika rotasi. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF). 4(3): 67-70.

Tayubi, Y. R. (2005). Identifikasi miskonsepsi pada konsep-konsep fisika menggunakan certainly of respon index. Jurnal Education Academia, 24(3): 4-9.

Wulandari, S. (2015). Deskripsi miskonsepsi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Pontianak tentang tekanan. Skripsi. Pontianak: FKIP UNTAN.

Downloads

Published

2022-12-31

Most read articles by the same author(s)