PERANCANGAN DAN VALIDASI LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK UNTUK MENDUKUNG IMPLEMENTASI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERMUATAN KEARIFAN LOKAL GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v12i2.56558Keywords:
Kearifan Lokal; Kemampuan Pemecahan Masalah; LKPD; Model PBLAbstract
Penelitian ini bertujuan merancang dan menghasilkan LKPD untuk mendukung implementasi model PBL bermuatan kearifan lokal yang valid untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE oleh Dick dan Carey, meliputi 1) analisis, 2) perancangan, 3) pengembangan, 4) implementasi dan 5) evaluasi. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik analisis dokumen, pemberian angket validasi, dan tes kemampuan pemecahan masalah berjenis tes uraian. Data hasil penelitian di analisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan analisis skor rata-rata. Hasil uji kevalidan menunjukkan bahwa (1) validitas materi LKPD dengan kualifikasi sangat baik (KVG=0,95), (2) validitas media LKPD dengan kualifikasi sangat valid dan (3) validitas bahasa LKPD dengan kualifikasi sangat valid Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) LKPD memiliki karakteristik sesuai dengan model PBL bermuatan kearifan lokal, (2) LKPD telah memperoleh penilaian yang valid.
References
Aikenhead, G. S., & Jegede, O. J. (1999). Cross‐Cultural Science Education: A Cognitive Explanation of A Cultural Phenomenon. Journal of Research in Science Teaching, 36(3), 269–287.
Aprilliani, L., Rupa, M. I., Pamenang, F. D. N., Listyarini, R. V, Studi, P., Kimia, P., & Dharma, U. S. (2019). Media Pembelajaran Berbasis Bahan Kearifan Lokal Papua pada Model Bentuk Orbital: Learning Media Based on Papuan Local Wisdom Materials on Orbital Shape Models. Prosiding Seminar Nasional Kimia dan Pembelajarannya (SNKP) 2019, 336–345.
Basuki, F. R., Xena, A., & Pasminingsih, P. (2019). Development of Science Book Based on Jambi Local Wisdom in the Material of Pressure and Vibration and. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(3), 287–297.
Dick, W., & Carey, L. 1996. The systematic design of instruction (4th ed.). New York: Harper Collins College Publishers
Febrianti, Erni. Sri,H. Kasmadi,I,S. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Materi Larutan Penyangga Model Problem Based Learning Bermuatan Karakter Untuk Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education 4 (1). Terdapat pada https:// journal. Unnes .ac.id / sju / index .php/jise/article/view/6890/5841 (Diakses tanggal 27 September 2020).
Prastowo, Andi. 2015. Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press. Jogjakarta
Rahayu, Alfi. 2019. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning(PBL)Pada Pembelajaran Tematik Kelas IV SD N Tahunan Kota Yogyakarta. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Santrock, J.W. (2009). Child Development. 12th ed. New York: McGraw-Hil.
Sarini, P., & Selamet, K. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Etnosains Bali bagi Calon Guru IPA. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, 13(1), 27–39.
Suardana, I., Liliasari, L., & Ismunandar, I. (2013). Peningkatan Penguasaan Konsep Mahasiswa Melalui Praktikum Elektrolisis Berbasis Budaya Lokal. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Universitas Negeri Malang, 20(1), 45–52.
Sudarmin. (2014). Pendidikan karakter etnosains dan kearifan lokal. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.
Susanti Susanti, Ardian Asyhari, Rijal Firdaos, 2019. Efektivitas LKPD Terintegrasi Nilai Islami pada Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains. Indonesian Journal. 2(1). http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/IJSME/article/view/3987
Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran inovatif-progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.