PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v13i2.58940Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model discovery learning dan model direct instruction, perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar konvergen dan siswa yang memiliki gaya belajar divergen, dan pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Nasional Denpasar pada tahun ajaran 2021/2022 yang terdari atas 7 kelas dengan sampel penelitian sebanyak 4 kelas. Instrumen penelitian berupa kuisioner gaya belajar dan tes hasil belajar yang diberikan kepada dua kelompok (eksperimen dan kontrol). Data dianalisis secara deskriptif dan ANAKOVA dua jalur. Pengujian hipotesis dilakukan dengan taraf signifikansi 5%, dan sebelum uji hipotesis dilakukan uji asumsi, yaitu uji normalitas, homogenitas, dan linearitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang belajar dengan model discovery learning dan model direct instruction, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang memiliki gaya belajar konvergen dan divergen, serta tidak terdapat pengaruh interaksi model pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa.
References
Alben, W., Yusuf, M., & Uloli, R. (2022). Pengaruh Model Pembelejaran Discovery Learning Menggunakan Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Luminous: Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 3(1), 1-10. https://doi.org/10.31851/luminous.v3i1.6856
Arends, R. (1997). Classroom Instructional and Management. McGraw Hill Comapanies.
Azizah, D. N. (2022). Pengaruh Student Teams Achievement Division (STAD) dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Geografi di SMA. Jambura Geo Education Journal, 3(1), 28-35. https://doi.org/10.34312/jgej.v3i1.13787
Azrai, E. P., Ernawati, & Sulistianingrum, G. (2017). Pengaruh Gaya Belajar David Kolb (Diverger, Assimilator, Converger, Accommodator) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan. BIOSFER: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 9-16. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.2
Barmoyo, Q. N. & Wasis. (2014). Analisis Soal-Soal dalam BSE (Buku Sekolah Elektronik), UN (Ujian Nasional) dan TIMSS (Trends in International Mathematics and Science Study) Ditinjau dari Domain Kognitif dan Indikator Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF), 3(1), 8-14. https://doi.org/10.26740/ipf.v3n1.p%25p
Fitriana. (2019). Penerapan Model Discovery Learning pada Pembelajaran IPA Materi Tekanan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Kependidikan, 5(2), 100-108. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1805
Fuad, A. J. (2015). Gaya Belajar Kolb dan Percepatan Belajar. Psyhology Forum UMM: Seminar Psikologi dan Kemanusiaan, 1-6. https://mpsi.umm.ac.id/files/file/1-6%20A%20Jauhar.pdf
Hariawan, I. K., Santyasa, I. W., & Agustini, S. (2017). Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 7(1), 42-52. https://doi.org/10.23887/jtpi.v7i1.1914
Haryadi, R. & Mantofani, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Pembelajaran Fisika. COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(1), 9-16. https://doi.org/10.30738/cjipf.v8i1.10465
Hendrizal, H., Puspita, V., & Zein, R. (2021). Efektifitas Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu Usia 7-8 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 642-651. https://obsesi.or.id/index.php/obsesi/article/view/1280
Herawati, N., Syarifuddin, U., & Husain, H. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Chemistry Education Review (CER), 5(2), 170-178. https://ocs.unm.ac.id/CER/article/view/32725
Husen, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Tematik dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas II. Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 1-18. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.28
Janah, M. & Dimas, A. (2021). Kesulitan Guru SMP dalam Mengimplementasikan Model Pembelajaran Discovery Learning dan Problem Based Learning. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(3), 420-426. https://ejournal.iainponorogo.ac.id/index.php/jtii/article/view/295
Kemendikbud. (2018). Buku Guru Ilmu Pengetahuan Alam untuk SMP/MTs Kelas IX. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kolb, A. Y. & Kolb, D. A. (2005). Learning Styles and Learning Spaces: Enhancing Experiential Learning In Higher Education. Academy of Management Learning & Education, 4(2), 193-212. https://www.jstor.org/stable/40214287
Krisiandi. (2015). Daya Imajinasi Siswa Lemah. https://nasional. kompas.com
Lempoy, T. M. & Sasinggala, M. (2021). Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar IPA pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. SCIENING: Science Learning Journal, 2(2), 100-105. https://doi.org/10.53682/slj.v2i2.942
Mustopa, K., Hamidah, A., & Anggereini, E. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA di SMP Muhammadiyah 1 Kota Jambi. Edusains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 9(1), 9-15.
Novela, D., Irwandi, D., & Fairusi, D. (2022). Hubungan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Kimia. Jurnal Riset Pendidikan Kimia, 12(1), 25-31. https://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jrpk/article/view/22409
Permatasary, Y., Purwoko, A. A., & Muntari, M. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(1), 56-61. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i1.104
Permendikbud. 2016. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.
Pratiwi, I. 2019. Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51-71. https://jurnaldikbud.kemdikbud.go.id/index.php/jpnk/article/download/1157/482/
Prayogi, H. S., Harijanto, A., & Mahardika, I. K. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar IPA Fisika Siswa Kelas VIII-B SMP Negeri 1 Sumbersuko. Jurnal Pembelajaran Fisika, 3(1), 34-39. https://repository.unej.ac.id/handle/123456789/56454
Prilliza, M. D., Lestari, N., Merta, I. W., & Artayasa, I. P. (2020). Efektivitas Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 130-134. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1544
Puspendik. 2019. Laporan Hasil Ujian Nasional 2018/2019. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/
Putri, N. M. C. D., Ardana, I. K., & Agustika, G. N. S. (2018). Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Lingkungan terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. International Journal of Elementary Education, 2(3), 211-218. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/17471
Putri, R. F. & Jumadi, J. (2017). Kemampuan Guru Fisika dalam Menerapkan Model-Model Pembelajaran pada Kurikulum 2013 serta Kendala-Kendala yang Dihadapi. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(2), 201-211. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v3i2.8636
Ridzal, D. A. (2022). The Influence of David Kolb’s Learning Style on Students’ Biology Learning Achievement. Jurnal Pijar MIPA, 17(2), 143-147. https://doi.org/10.29303/jpm.v17i2.3261
Salimah, H., Hidayah, N., & Fitri, A. (2021). Eksperimentasi Model Discovery Learning Berbantu LKPD terhadap Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik MTs Ishthifaiyah Nahdliyah. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 205-212. https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip/article/view/729
Sappaile, B. I., Djaman, N., Ba’ru, Y., Kadir, K., & Darwis, M. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Minat Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 253-266. https://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/597
Saragih, N. & Sitompul, H. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 8(1), 15-28. https://doi.org/10.24114/jtp.v8i1.3307
Sari, F., Putri, A. N., & Irawan, B. (2021). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII pada Materi Sistem Pernapasan Manusia di MTs Negeri Tanjungpinang. Student Online Jurnal (SOJ), 2(1), 377-387. http://repositori.umrah.ac.id/1522/
Sari, L. N. I., Sibuea, A. M., & Tanjung, S. (2020). The Effect of Learning Models and Learning Styles on Social Science Learning Outcomes of Arrahman Percut Students. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BIRLE) Journal, 3(4), 2076-2083. https://doi.org/10.33258/birle.v3i4.1469
Siang, J. L., Sukardjo, M., Salenussa, B. J. M., Sudrajat, Y., & Khasanah, U. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Teknologi Pendidikan (JTP), 22(1), 40-52. https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15329
Simanjuntak, M. P., Siregar, L., & Lumbangaol, Y. T. (2019). Penerapan Discovery Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SMP. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 7(4), 25-33. https://doi.org/10.24114/inpafi.v7i4.17074
Sudria, I. B. N., Redhana, I. W., Kirna, I., & Aini, D. (2018). Effect of Kolb's Learning Styles Under Inductive Guided-Inquiry Learning on Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 11(1), 89-102. https://eric.ed.gov/?id=EJ1165238
Sukmawati, A., Harjono, A., & Ermiana, I. (2022). Hubungan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar IPA Siswa. Journal of Classroom Action Research, 4(1), 125-129. https://doi.org/10.29303/jcar.v4i1.1461
Suwi, E., Situmorang, R. P., & Hastuti, S. P. (2018). Hubungan antara Gaya Belajar Model Kolb dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 51-61. https://doi.org/10.32585/edudikara.v3i1.78
Suyani, K., Astawan, I. G., & Renda, N. T. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Discovery Learning Berbasis Lingkungan pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 512-519. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29450
Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Prenadamedia Group.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun dibanding Tahun 2015. https://matematohir.wordpress.com/2019/12/03/hasil-pisa-indonesia-tahun-2018-turun-dibanding-tahun-2015/.