PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERORIENTASI PROYEK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/jppii.v14i1`.74323Keywords:
Hasil Belajar; Inkuiri Terbimbing; Keterampilan Proses SainsAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk LKPD dengan model Inkuiri terbimbing berorientasi proyek yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan proses sains dan hasil belajar. Jenis penelitian: penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan 4D, meliputi 1)define, 2)design, 3)develop, dan 4)disseminate. Teknik pengumpulan data melalui pemberian angket validasi, angket kepraktisan, serta tes keterampilan proses sains dan hasil belajar. Data hasil penelitian dianalisis dengan analisis validasi Gregory, N-gain score ternormalisasi dan skor rata-rata. Hasil uji validitas produk menunjukkan bahwa (1) validitas materi dengan kualifikasi sangat valid (KVG-1,00), validitas media dengan kualifikasi sangat valid (rata-rata 100), dan validitas bahasa dengan kualifikasi sangat valid (rata-rata 88); (2) LKPD sangat praktis dari praktisi guru (rata-rata=94,4) serta oleh peserta didik sangat praktis (rata-rata 93,125); LKPD meningkatkan keterampilan proses sains dengan kriteria sedang (<g>=0,52) dan kriteria sedang meningkatkan hasil belajar peserta didik (<g>=0,44). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa produk memperoleh penilaian valid, praktis dan efektif.
References
Ain, Q., & Mitarlis. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Materi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi. UNESA Journal of Chemical Education, 9(3), 397-406. https://doi.org/10.26740/ujced.v9n3.p397-406
Adromeda, E. A. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Eksperimen Berbasis Guided-Inquiry Materi Laju Reaksi Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(1). https://doi.org/10.24036/jep/vol1-iss1/47
Anggreni, Y. D., Festiyed, & Asrizal. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelejarajan Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Pillar of Physics Education, 12(4), 881-888. http://dx.doi.org/10.24036/7912171074
Asrial, Syahrial, Kurniawan, D. A., Chan, F., Septianingsih, R., & Perdana, R. (2019). Multimedia Innovation 4.0 in Education: E-modul Ethnoconstructivism. Universal Journal of Educational Research, 7(10), 2098-2107. https://doi.org/10.13189/ujer.2019.071007
Astuti, S., Danial, M., & Anwar, M. (2018). Pengembangan LKPD Berbasis PBL (Problem Based Learning) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada materi kesetimbangan Kimia. Chemistry Education Review, 1(2), 90-114. https://doi.org/10.26858/cer.v0i1.5614
Budiyono, A., & Hartini. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Jurnal Pemikiran Penelitian Pendidikan dan Sains, 4(2), 141-149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Budiyono, A., & Hartini, H. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Wacana Didaktika, 4(2), 141-149. https://doi.org/10.31102/wacanadidaktika.4.2.141-149
Darmaji, Kurniawan, D. A., Astalini, & Heldalia. (2020). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa pada Meteri Pemantulan Cermin Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(7), 1013-1019. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i7.13804
Elvanisi, A., Hidayat, S., & Fadillah, E. N. (2018). Analisis keterampilan proses sains siswa sekolah menengah atas. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(2), 245-252. https://doi.org/10.21831/jipi.v4i2.21426
Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26-40. http://dx.doi.org/10.21831/jipi.v4i1.5574
Gürses, A., Çetinkaya, S., Doğar, Ç., & Şahin, E. (2015). Determination of levels of use of basic process skills of high school students. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 644-650. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.243
Hakim, L., & Lia, L. (2020). Pengaruh Video Pembelajaran Fisika Terhadap Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(1), 45-52. https://doi.org/10.31851/luminous.v1i1.3445
Kemendikbud. (2015). Permendikbud No. 53 tahun 2015 Tentang Panduan Penilaian untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Laksono, K. d. (2018). Strategi Literasi Sains dalam Pembelajaran di Sekolah Menengah Pertama. (edisi II ed.). Satgas Ditjen Dikdasmen Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Mahjatio, N., Susilowati, E., & Miriam, S. (2020). Pengembangan LKPD Berbasis STEM untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), 139-150. https://doi.org/10.20527/jipf.v4i3.2055
Mulyana, V., Asrizal, & Mufit, F. (2021). Meta Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 21(2), 166-172. https://doi.org/10.26877/jp2f.v12i2.8971
Nicols , & Jennifer . (2013). 4 Essential Rules Of 21th Century Learning.
Nurhasanah, & Darmo. (2020). Studi Meta-Analisis Model Pembelajaran Inkuiry Terbimbing dalam Pembelajaran Fisika. Journal of Physics Education, 2(2), 69-73. https://doi.org/10.30998/npjpe.v2i2.485
OECD. (2020). PISA 2018 Results (Volume VI): Are Students Ready to Thrive in an Interconnected World? PISA. OECD Publishing, Paris.
Prasejo. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 130-141. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12944
Roessingh, H. (2012). How am I Using Inkuiry-Based Learning to Improve my Practice and to Encourage Higher Order Thinking Among my Students of Mathematic. 5 (2).
Rahmawati, H. S., & Dasna, I. W. (2018). Pengaruh Learning Cycle 5E Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian dan Pengembangan, 3(3), 286-290. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i3.10624
Sadia, I. W. (2014). Model-model Pembelajaran Sains Konstruktivistik. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sakdiah, Muesal, & Syukri, M. (2018). Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Kps Pada Materi Listrik Dinamis Siswa SMP. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 2(1), 41-49. https://doi.org/10.24815/jipi.v2i1.10727
Sanjaya, W. E., & Ratnasari, E. (2021). The Profile and Theoretical Appropriateness of Problem Based Learning Student Worksheet “Digestive System” to Train Critical Thinking Skills. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 10(2), 403-411.
Septiani, T., Prima, N., & Nisak, F. (2019). Meta-Analisis Model Inquiry Based Learning untuk Pembelajaran IPA dan Fisika pada Abad 21. Pillar of Fhysics Education, 12(4), 865-872. http://dx.doi.org/10.24036/7910171074
Sifah, L., & Sumarno. (2016). Profil Keterampilan Proses Sains (KPS) Siswa SMP Negeri Se-Kota Semarang. Semarang: Prosiding Seminar Nasional .
Suhanda, S., & Suryanto, S. (2018). Penerapan Pembelajaran Kimia Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 2 Purworejo. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2137-2148. https://doi.org/10.15294/jipk.v12i2.15471
Sulistyaningrum, H., A, W., & Cacik, S. (2019). Analisis Kemampuan Awal 21st Century Skills Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 5(1), 142-158. https://doi.org/10.29407/jpdn.v5i1.13068
Syamsu, F. D. (2017). Pengembangan Penuntun Praktikum IPA Berbasisi Inkuiri Terbimbing untuk Siswa SMP Kelas VII Semester Genap. BIOnatural, 4(2), 13-27.
Wahyudi, L. E., & Supardi, Z. A. (2013). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing pada pokok bahasan kalor untuk melatihkan keterampilan proses sains terhadap hasil belajar di SMAN 1 Sumenep. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 2(2), 62-65. https://doi.org/10.26740/ipf.v2n2.p%25p
Widiyatmiko, A., & Pamelasari, S. D. (2012). Pembelajaran Berbasis Proyek untuk mengembangkan Alat Peraga IPA dengan Memanfaatkan Bahan Bekas Pakai. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(1), 52-56. https://doi.org/10.15294/.v1i1.2013
Widodo, S. (2017). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Penyelesaian Masalah Lingkungan Sekitar Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sosial, 26(2), 189-204. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpis/article/download/2270/pdf
Wiguna, M. C. (2016). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Keterampilan Proses untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Minat Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(2), 176-183. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i2.12441
Yaumi, M. (2013). Prinsip-prinsip Desain Pembelajaran. Kencana Prenadamedia Group.
Yunita, N., & Nurita, T. (2021). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pensa e-Jurnal: Pendidikan Sains , 9(3), 378-385. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/41088