Kepuasan Pengunjung Daya Tarik Wisata Sajuta Janjang di Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam

Authors

  • Bunga Edelweiss Universitas Negeri Padang
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i1.34581

Keywords:

Kepuasan Pengunjung, Daya Tarik Wisata

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kepuasan pengunjung yang merupakan hal terpenting bagi daya tarik wisata. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepuasan pengunjung Sajuta Janjang Nagari Pakan Sinayan Kecamatan Banuhampu Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Sampel yang digunakan merupakan pengujung yang pernah dan sedang berkunjung di Sajuta Janjang yaitu 100 orang pengunjung dengan teknik puposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan cara menyebarkan kuesioner dengan 32 butir pernyataan untuk kepuasan pengunjung dengan lima indikator kepuasan pengunjung. Selanjutnya, data dideskripsikan serta dilakukan uji persyaratan analisis dengan menggunakan SPSS versi 24,00. Berdasarkan hasil dari variabel kepuasan pengunjung, didapat indikator tercapainya harapan pengunjung 65%, terpenuhinya keinginan pengunjung 49%, tercapainya keinginan pengunjung 58%, keinginan untuk memakai produk/jasa itu kembali 65%, dan keinginan untuk merekomendasikan produk/jasa kepada orang lain 65%.

References

Anggraeni, L. D., Deoranto, P., & Ikasari, D. M. (2015). Analisis Persepsi Konsumen Menggunakan Metode Importance Performance Analysis dan Customer Satisfaction Index. Industria: Jurnal Teknologi Dan Manajemen Agroindustri, 4(2), 74–81. https://www.industria.ub.ac.id/index.php/industri/article/view/179.

Arlinda, F. (2021). Pengaruh Penerapan Program Adaptasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment) terhadap Kepuasan Pengunjung Destinasi Wisata Kabupaten Kediri di Era New Normal Serta Dampaknya pada Pengembangan Ekonomi Pariwisata & Industri Kreatif. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1404–1416. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/40351.

dAviyana, V. D. (2016). Potensi Ekowisata Pantai Pink dalam Rangka Konservasi Alam Di Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(2), 41–56. https://doi.org/10.21009/jgg.052.05.

Banjarnahor, A. R., Simanjuntak, M., Revida, E., Purba, S., Purba, B., Simarmata, J., & Handiman, U. T. (2021). Strategi Bisnis Pariwisata. Yayasan Kita Menulis.

Budiani, S. R., Wahdaningrum, W., Yosky, D., Kensari, E., Pratama, H. S., Mulandari, H., & Kusmiati, Y. (2018). Analisis Potensi dan Strategi Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan Berbasis Komunitas di Desa Sembungan, Wonosobo, Jawa Tengah. Majalah Geografi Indonesia, 32(2), 170–176. https://scholar.archive.org/work/3bvvppgjsfb5hewrvpbntkat24/access/wayback/https://jurnal.ugm.ac.id/mgi/article/download/32330/22791.

Candranegara, I. M. W., Mirta, I. W., Suryana, I. N. M., & Mahardhika, I. P. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat dan Pengelolaan Ekowisata D’Bendungan View Telaga Tunjung sebagai Wahana Rekreasi Wisata Alam Pedesaan. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik, 4(2), 97–104. https://doi.org/10.22225/pi.4.2.2019.97-104.

Dewi, N. A., Rahmawati, R., & Mukid, M. A. (2015). Analisis Kepuasan Pengunjung Menggunakan Second Order Confirmatory Factor Analysis pada Structural Equation Modeling (Studi Kasus: Pengunjung Pemandian Air Panas (PAP) Guci). Jurnal Gaussian, 4(1), 83–92. https://doi.org/10.14710/j.gauss.v4i1.8148.

Dirgantara, W. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pengunjung Museum Kartini Jepara. Management Analysis Journal, 2(1). https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/maj/article/view/1954.

Fitroh, S. K. A., Hamid, D., & Hakim, L. (2017). Pengaruh Atraksi Wisata dan Motivasi Wisatawan Terhadap Keputusan Berkunjung. Universitas Brawijaya.

Hani, U. (2019). Analisis Kepuasan Pengunjung Wisata Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. Hirarki: Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 1(1), 30–43. https://journal.upp.ac.id/index.php/Hirarki/article/download/82/37.

Hermansyah, H., & Sunaryo, B. (2016). Pengembangan Marine Ecotourism †œBontang Kuala†Melalui Community Development PT Badak NGL. Economics Development Analysis Journal, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.15294/edaj.v5i1.21998.

Imran, A. N. (2012). Identifikasi Kapasitas Komunitas Lokal dalam Pemanfaatan Potensi Ekowisata bagi Pengembangan Ekowisata di Kawah Cibuni. Jurnal Perencanaan Wilayah Dan Kota, 23(2), 85–102. https://core.ac.uk/download/pdf/291484920.pdf.

Irawati, N. (2019). Analisis Kepuasan Pengunjung terhadap Terapan Visitor Management di Kawasan Candi Prambanan dengan Metode Importance Performance Analysis. Journal of Tourism and Economic, 2(1). https://doi.org/10.36594/jtec.v2i1.11.

Jatingsih, I. D. (2020). Strategi Pengembangan Obyek Wisata Alam Air Terjun Batu Pelangi di Kecamatan Torue Kabupaten Parigi Moutong Sulawesi Tengah. Jurnal Pariwisata PaRAMA: Panorama, Recreation, Accomodation, Merchandise, Accessbility, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.36417/jpp.v1i1.178.

Kaihatu, T. S. (2008). Analisis Kesenjangan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Konsumen Pengunjung Plaza Tunjungan Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 10(1), 66–83. https://doi.org/10.9744/jmk.10.1.pp.%2066-83.

Kristiningrum, E., & Isharyadi, F. (2018). Pemenuhan Persyaratan Standar Pengelolaan Wisata Selam Rekreasi. Jurnal Standardisasi, 20(1), 33–48. https://www.researchgate.net/profile/Febrian-Isharyadi/publication/331350646_PEMENUHAN_PERSYARATAN_STANDAR_PENGELOLAAN_WISATA_SELAM_REKREASI/links/5cd279ff458515712e98c5bd/PEMENUHAN-PERSYARATAN-STANDAR-PENGELOLAAN-WISATA-SELAM-REKREASI.pdf.

Malau, M. T. (2014). Aspek Hukum Peraturan dan Kebijakan Pemerintah Indonesia Menghadapi Liberalisasi Ekonomi Eegional: Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Jurnal Rechts Vinding: Media Pembinaan Hukum Nasional, 3(2), 163–182. https://doi.org/10.33331/rechtsvinding.v3i2.38.

Mistriani, N., & Pratamaningtyas, O. W. (2019). Strategi Pengembangan Daya Tarik Wisata Melalui Penawaran dan Permintaan dalam Pariwisata di Grand Maerakaca Jawa Tengah. Gemawisata: Jurnal Ilmiah Pariwisata, 15(3). http://stiepari.greenfrog-ts.co.id/jurnal/index.php/JT/article/view/160/162.

Muniah, M. (2016). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Karimunjawa. Agrika, 10(1). https://doi.org/10.31328/ja.v10i1.442.

Oktavia, H. C. (2021). Analisis Pengaruh Komponen Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung Wisata Bahari. Jurnal Enggano, 6(2), 201–2p1. https://doi.org/10.31186/jenggano.6.2.201-211.

Pattipeilohy, M. (2014). Fenomena Pendangkalan Zona Pasang Surut Hutan Mangrove Teluk Dalam Ambon serta Upaya Pengembangan Ekowisata. Jurnal Pena Sains.

Pradini, G., & Alya, D. (2022). Analisis Harga, Promosi, Produk Pariwisata dan Lokasi terhadap Kepuasan Pengunjung di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(3), 2732–2744. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i3.6560.

Rayadi, W. (2016). Kajian Potensi untuk Ekowisata di Pantai Tangsi Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat dengan Menggunakan Swot Analisis. Jurnal Green Growth Dan Manajemen Lingkungan, 5(2), 10–17. https://doi.org/10.21009/jgg.052.02.

Said, A. (2007). Efektivitas Pelaksanaan Fungsi Pemerintahan Kelurahan dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah di Kabupaten Majene. Universitas Hasanuddin.

Satria, D. (2009). Strategi Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Lokal dalam Rangka Program Pengentasan Kemiskinan di Wilayah Kabupaten Malang. Journal of Indonesian Applied Economics, 3(1). https://doi.org/10.21776/ub.jiae.2009.003.01.5.

Sukarnoto, T. (2020). Pengembangan Ekowisata Berbasis Ekonomi Peluang Bisnis di Era Revolusi Industri 4.0 Desa Patuanan Kecamatan Leuwimunding Kabupaten Majalengka. Etos, 2(2), 89–96. https://www.neliti.com/publications/328008/pengembangan-ekowisata-berbasis-ekonomi-peluang-bisnis-di-era-revolusi-industri.

Taghulihi, K. E., Kumenaung, A. G., & Tumangkeng, S. Y. (2019). Pengembangan Ekowisata sebagai Sektor Unggulan Kota Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jbie/article/view/25007.

Tanjung, P. R., Aditia, E., & Triana, E. (2021). Kajian Kepuasan Pengunjung terhadap Komponen Sediaan Pariwisata di Objek Wisata Banto Royo. Abstract of Undergraduate Research, Faculty of Civil and Planning Engineering, Bung Hatta University, 1(3), 13–14. https://ejurnal.bunghatta.ac.id/index.php/JFTSP/article/view/18985.

Tisa, M. (2019). Media Sosial sebagai Sarana Promosi dan Komunikasi Objek Wisata. Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah FDIK IAIN Padangsidimpuan, 1(2), 245–262. http://194.31.53.129/index.php/Tadbir/article/view/2165/1759.

Yudhoyono, E. B. (2021). Pengembangan Ekosistem Bisnis Pariwisata Terpadu Berbasiskan Strategi 5 Jalur. Inovasi, 18(1), 47–61. https://doi.org/10.33626/inovasi.v18i1.309.

Downloads

Published

2022-04-06

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>