Pengaruh Sarana Wisata terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Rumah Pohon Tabek Patah

Authors

  • Ranti Zulfa Putri Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia
  • Lise Asnur Universitas Negeri Padang, Padang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jppsh.v7i1.38665

Keywords:

Sarana Wisata, Kepuasan Pengunjung, Daya Tarik Wisata

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sarana wisata terhadap kepuasan pengunjung di daya tarik wisata rumah  pohon Tabek Patah. Penelitian ini menggunakan jenis data kuantitatif dengan metode asosiatif. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas. Untuk pengujian hipotesis digunakan uji regresi linear sederhana dan koefesien determinasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan Teknik non probability sampling sehingga didapatkan 100 orang responden. Teknik pengumpulan data melalui angket dengan menggunakan skala likert berjumlah 37 pertanyaan yang sudah diuji validitas dan reabilitasnya dengan menggunakan SPSS versi 20.00. Analisis data yang mencakup nilai maksimal dan minimal, mean, median, standar deviasi dan tingkat pencapaian responden dengan menggunakan program SPSS versi 20.00 dan Ms. Excel. Berdasarkan dari hasil dari variabel sarana wisata secara keseluruhan menunjukan persentase 45% pada rentang skor 73,3 - < 87,9 dengan kategori baik. Variabel Kepuasan Pengunjung Wisata secara keseluruhan menunjukan termasuk persentase 45% pada rentang skor > 40- < 50 dengan kategori cukup baik. Dapat disimpulkan bahwa hasil uji regresi linear sederhana diperoleh nilai F hitung 405.688 dengan sign 0.00 < 0.05 maka Ha diterima. Kemudian koefisien determinasi diperoleh R Square sebesar 0.535 artinya pengaruh variabel Sarana Wisata (X) terhadap variabel Kepuasan Pengunjung (Y) adalah sebesar 80,5% sedangkan 19,5% dipengaruhi oleh faktor lain.

References

Akbar, T., Wijaksana, B., Metro, W., Bahrudin, A., & Hendratno. (2021). Pelatihan Membatik bagi Kelompok Ibu Rumah Tangga Nagari Cubadak Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Abdidas, 2(6). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.473.

Amalia, P. A. I., Wijaya, N., & Mahadewi, N. P. E. (2022). Pengaruh Fasilitas Dan Aksesibilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Millenial Di Paralayang Wayu, Sulawesi Tengah. Jurnal IPTA, 10(1), 100 – 105. https://doi.org/10.24843/IPTA.2022.v10.i01.p11.

Amilia, W., Rokhani, Prasetya, R. C., & Suryadharma, B. (2020). Pembangunan Desa Wisata Gadingan dan Kebutuhan Pengembangan Sumber Daya Manusia Dalam Pendekatan Community Based Tourism. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1). https://doi.org/10.30595/jppm.v0i0.4268.

Ananda, V., & Chair, I. M. (2020). Persepsi Pengunjung Tentang Sarana dan Prasarana Objek Wisata Rumah Pohon Tabek Patah. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 1(2). https://doi.org/10.24036/jkpbp.v1i2.8272.

Apriliyanti, E., Hudayah, S., & ZA, S. Z. (2020). Pengaruh daya tarik wisata, citra destinasi dan sarana wisata terhadap kepuasan wisatawan citra niaga sebagai pusat cerminan budaya khas kota samarinda. Jurnal Manajemen, 12(1). https://doi.org/10.30872/jmmn.v12i1.7308.

Cardias, E. R. (2021). Pengaruh Kepuasan Wisatawan Terhadap Willingness To Pay Taman Wisata Alam Kawah Ijen. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(1), 13–25. https://doi.org/10.22146/jpt.66157.

Efrida, V. R., Sudiarta, I. N., & Mahadewi, N. P. E. (2017). Pengaruh Persepsi Ekowisata Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan Di Monkey Forest Ubud, Bali. Jurnal IPTA, 5(1), 53 – 59.

Fahmi, M., Gultom, D. K., Siregar, Q. R., & Daulay, R. (2022). Citra Destinasi dan Pengalaman Destinasi Terhadap Loyalitas: Peran Mediasi Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 23(1), 58 – 71. https://doi.org/10.30596/jimb.v23i1.9852.

Fatimah, S., & Hariyanto, O. I. B. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Berkunjung Di Taman Objek Wisata Situ Patenggang. Jurnal Pariwisata, 3(1), 41 – 48.

Hamidah. (2022). Pengaruh Fasilitas Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung di Daya Tarik Wisata Pantai Air Bangis Pasaman Barat. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 6(2). https://doi.org/10.23887/jppsh.v6i2.38664.

Handayani, S., Wahyudin, N., & Khairiyansyah. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 123 – 133. https://doi.org/10.30596/jimb.v20i2.3228.

Hendrita, V. (2017). Kebijakan Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Tanah Datar. Agrifo: Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh, 2(2). https://doi.org/10.29103/ag.v2i2.379.

Hermawan, H. (2017). Pengaruh Daya Tarik Wisata, Keselamatan, dan Sarana Wisata terhadap Kepuasan Serta Dampaknya Terhadap Loyalitas Wisatawan. Media Wisata, 15(1). https://doi.org/10.36276/mws.v15i1.57.

Humagi, F., Moniaga, I. L., & Prijadi, R. (2021). Analisis Kebutuhan Prasarana Dan Sarana Pariwisata Di Kecamatan Kaidipang Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. Spasial, 8(2). https://doi.org/10.35793/sp.v8i2.33566.

JF, A. P., & Roza, A. (2022). Kajian Sistem Operasional Kereta Api Rute Padang -Pariaman Untuk Mendukung Sektor Pariwisata Sumatera Barat. JICE : Journal of Infrastructural in Civil Engineering, 3(1). https://doi.org/10.33365/jice.v3i01.1795.

Lestari, A. P., Suwena, I. K., & Sudiarta, I. N. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Pramuwisata Mandarin Terhadap Tingkat Kepuasan Wisatawan Cina Yang Berkunjung Di Daya Tarik Wisata Pura Uluwatu, Kuta Selatan Badung. Jurnal IPTA, 4(2), 73 – 77.

Marta, R., & Havifi, I. (2019). Peran Media Sosial Dalam Mempromosikan Pariwisata Sumatera Barat. JRK: Jurnal Ranah Komunikasi, 3(2). https://doi.org/10.25077/rk.3.2.102-112.2019.

Mirdad, J., Bustamin, & A, D. R. (2020). Kebudayaan Dan Wisata Sejarah Exsistensi Obyek Sejarah Terhadap Perkembangan Wisata Di Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Khazanah: Jurnal Sejarah Dan Kebudayaan Islam, 10(2). https://doi.org/10.15548/khazanah.v10i2.307.

Natalia, C. Y., Karini, N., & Mahadewi, N. (2020). Pengaruh Aksesibilitas Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Wisatawan Ke Broken Beach Dan Angel’s Billabong. Jurnal IPTA, 8(1), 10–17. https://doi.org/10.24843/IPTA.2020.v08.i01.p02.

Nugraha, Y. E., Paturusi, S. A., & Wijaya, N. M. S. (2019). Fasilitas, Aksesibilitas Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan. Jurnal Master Pariwisata. https://doi.org/10.24843/JUMPA.2018.v05.i02.p08.

Ratar, M., Sangkoy, M., & Budiman, M. (2021). Pengaruh ketersediaan Prasarana dan Sarana Pariwisata terhadap Keputusan Konsumen Melakukan Kunjungan Wisata di Manado (Studi Kasus Daerah Wisata Bunaken). Global Science, 2(1). Retrieved from http://www.nusantara.ac.id/globalscience/index.php/jurnal/article/view/11.

Ratu, H. A. H., Sudiarta, I. N., & Sagita, P. A. W. (2021). Analisis Kepuasan Wisatawan Nusantara Yang Menggunakan Jasa Customer Services Di Lombok International Airport. Jurnal IPTA, 9(2), 300 – 312. https://doi.org/10.24843/IPTA.2021.v09.i02.p08.

Ronaldo, & Ardoni. (2020). Pembuatan Aplikasi Mobile “Wonderful of Minangkabau” sebagai Gudang Informasi Pariwisata di Sumatera Barat Melalui Website Kodular. Info Bibliotheca: Jurnal Perpustakaan Dan Ilmu Informasi, 2(1). https://doi.org/10.24036/ib.v2i1.90.

Ryanda, R., & Wulansari, N. (2021). Pengaruh Sarana dan Prasarana Wisata Terhadap Kepuasan Wisatawan di Pulau Pasumpahan Padang. Jurnal Kajian Pariwisata Dan Bisnis Perhotelan, 2(1). https://doi.org/10.24036/jkpbp.v2i1.19172.

Saraswati, L. A., Werdiningsih, I., & Purwanto, P. (2017). Evaluasi Kondisi Sarana Sanitasi Yang Disediakan Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Dan Tingkat Kepuasan Wisatawan Pantai Depok, Bantul, Yogyakarta, Tahun 2016. Sanitasi: Jurnal Kesehatan Lingkungan, 8(2), 64 – 72.

Sari, N. M., Yetti, E., & Hapidin. (2020). Pengembangan Media Permainan Mipon’s Daily untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 831. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.428.

Witari, M. R., & Sariasih, K. (2020). Pengaruh Kegiatan Pariwisata Terhadap Tatanan Spasial Di Pura Desa Dan Pura Puseh Desa Adat Batuan, Gianyar. Jurnal Anala, 8(2), 43–52. https://doi.org/10.46650/anala.8.2.987.43-52.

Yuardani, A. M., Heriyanto, Qadri, U., Rinaldi, H., Wana, D., Tandra, R., … Prestoroika, E. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Pendampingan untuk Pengembangan Pariwisata pada Desa Sungai Kupah. Jurnal Abdidas, 2(2). https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i2.239.

Downloads

Published

2023-07-02

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>