KORELASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VI SD

Authors

  • Ni Luh Putu Diah Puspitasari undiksha
  • M.G. Rini Kristiantari undiksha
  • I. G. A. Agung Sri Asri undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16404

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kualitas pola asuh orang tua siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui kualitas disiplin belajar siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui ada tidaknya korelasi pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Gugus VIII Sukawati yang berjumlah 168 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Proporsional random sampling yang berjumlah 113 siswa. Data pola asuh orang tua dan disiplin belajar siswa diambil dengan teknik kuisioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, untuk menguji hipotesis penelitian digunakan korelasi product momen. Berdasarkan hasil penelitian didapat (1) Kualitas pola asuh orang tua siswa SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018 tergolong cukup baik, skor rata-rata pola asuh orangtu sebesar 62,82 dan berada dalam rentangan 59,25 ≤ < 65,75. (2) Kualitas disiplin belajar siswa SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018 tergolong cukup baik, rata-rata disiplin belajar didapat sebesar 68,28 dan berada dalam rentangan 63,96 ≤ < 70,54. (3) Ada korelasi antara pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar siswa kelas VI SD Negeri Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar hasil penelitian didapat sebesar (rxy) sebesar 0.987 sedangkan rxv tabel (005; N-2)   didapat sebesar 0,195. Karena harga (rxy) hasilberada dalam rentangan 0,800 sampai dengan 1,00 maka korelasinya tergolong tinggi.

 

Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa

References

Ahmadi, Abu. 2007. Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta

Arikunto, S. 2014. Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktek. Jakarta : Rineka Cipta

Dantes, I Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi Yogyakarta

Burhan Bungin, 2009, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fatimah, Listriana. 2012. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Anak di R.A Darussalam Desa Sumber Mulya Jogoroto, Jombang”. Jurnal D-III Kebidanan FIK UNIPDU Jombang

Giovany (editor). 2017. Mudah Menguasai SPSS. Semarang: Andi

Irianto, Agus. 2014. Statistik: Konsep Dasar, Aplikasi, dan Pengembangannya. Jakarta: Prenada Media

Kadir. 2015. Statistika Terapan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Mahadewi, Ni Luh. 2014. “Kontribusi Intensitas Pola Asuh, Motivasi Belajar dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Agama Hindu di SDN 1 Tamblang Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas pendidikan Ganesha, Volume 5

Mulyadi, Seto. Heru Basuki. Wahyu Raharjo. 2016. Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Teori-Teori Baru dalam Psikologi. Jakarta : Rajawali Pers

Muri Yusuf, Ahmad. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Padang: Kencana

Nasir, Moh. 1983. Metode penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia

Setyosari, Punaji. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Slameto. 2000. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Scubania, Dian Fawzia. 2014. “Pengaruh Disiplin Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa”. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Pakuan

Suandi,dkk. 2016. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha

Sudijono, Anas. 2014. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raj Grafindo Persada

Sudjana, Nana dan Ibrahim,2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung:Tarsito

Sugiyono. 2007. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta

Sukardi, HM. 2011. EvaluasiPendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Yogyakarta: Bumi Aksara

Suratna Dewi, Ni Luh Putu. 2008. “Kontribusi Pola Asuh Orang Tua, Status Sosial Ekonomi dan Interaksi Sosial Terhadap Nilai Modern Siswa di SMA Kutapura Kuta (Suatu Kajian Manajemen Mikro Pembelajaran)”. Tesis. Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Diah Puspitasari, N. L. P., Kristiantari, M. R., & Sri Asri, I. G. A. A. (2018). KORELASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VI SD. Mimbar Ilmu, 23(1), 22–32. https://doi.org/10.23887/mi.v23i1.16404

Issue

Section

Articles