HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MADRASH IBTIDAIYAH AL-MUJAHIDIN JAKARTA TIMUR

Authors

  • Asrori Asrori Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) ALHIKMAH, Cilandak Jakarta Selatan
  • Nofi Maria Krisnawati Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) ALHIKMAH, Cilandak Jakarta Selatan
  • Salmani Salmani Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) ALHIKMAH, Cilandak Jakarta Selatan

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa. Metode  yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif korelatif, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket dengan menggunakan skala Likert dan rumus Product Moment correlation. Hasil penelitian di peroleh nilai coefisien correlation memperhatikan besarnya  rxy (0,28) yang berkisar antara (0,20 – 0,40) didapati antara X dan Y mempunyai Korelasi kecil dan hubungan rendah. Uji signifikasi korelasi Product Moment secara praktis, dikonsultasikan pada table r Product Moment dapat dilihat n=35, taraf kesalahan 5% maka r table = 0.334 dan  rxy (0,28) lebih kecil dari r table (0,334 ). Maka hipotesis alternative (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima. Sehingga dinyatakan bahwa korelasi antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku Siswa dikategorikan lemah/rendah. Dengan melakukan pengujian secara signifikansi dapat disimpulkan bahwa t hitung (t0) = 1,67 < dari t tabel = 2,03. Jadi Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku siswa-siswi kelas VI MI Al-Mujahidin Jakarta Timur. variabel prestasi belajar siswa kelas VI MI Al-Mujahidin Jakarta Timur memiliki korelasi terhadap variabel perilaku 0,07%. Artinya korelasi tersebut korelasinya sedikit dan hubungan tidak terlihat . Namun hal ini juga dapat diartikan pengaruh prestasi belajar terhadap perilaku sebesar 0,07% dan sisanya 99,03% ditentukan faktor lain.

 

Kata kunci: Prestasi Belajar, Akidah Akhlak, Perilaku Siswa

References

Agung, A.A Gede, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.

Agus, E.S, 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk pemula, Jakarta: Prestasi pustaka publisher.

Ahmad,S. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.

Anas,S. 2012. Pengantar statistik Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Eva, NT. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 8, No. 2.

Mahfudh, S. 1991. Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Sinar Wijaya.

Mahyudin, 2004. Modul Kuliah Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta:Pustaka Hikmah.M. Alisuf.S, 2006. Pengantar Psikologi Umum & Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu

Jaya.Muhibbin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakary

Poerwati, Tjahjaning. 2010. Pengaruh Perilaku Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Universitas STIKUBANK (UNISBANK) Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas STIKUBANK. Vol 8, No 16

Rafiqah, M. Yumansyah, dan Mayasari, S. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 2, No. 2

Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &

D). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta Bandung

Tim Pengembang Pedoman Bahasa, 2016. Pedoman Umum Bahasa Indonesia Yang Disempurnahkan, Jakarta: Badang Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wibowo A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wulandari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4 No. 1, April 2014.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

Asrori, A., Krisnawati, N. M., & Salmani, S. (2018). HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MADRASH IBTIDAIYAH AL-MUJAHIDIN JAKARTA TIMUR. Mimbar Ilmu, 23(3), 173–182. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16433

Issue

Section

Articles