HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MADRASH IBTIDAIYAH AL-MUJAHIDIN JAKARTA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16433Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif korelatif, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket dengan menggunakan skala Likert dan rumus Product Moment correlation. Hasil penelitian di peroleh nilai coefisien correlation memperhatikan besarnya rxy (0,28) yang berkisar antara (0,20 – 0,40) didapati antara X dan Y mempunyai Korelasi kecil dan hubungan rendah. Uji signifikasi korelasi Product Moment secara praktis, dikonsultasikan pada table r Product Moment dapat dilihat n=35, taraf kesalahan 5% maka r table = 0.334 dan rxy (0,28) lebih kecil dari r table (0,334 ). Maka hipotesis alternative (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima. Sehingga dinyatakan bahwa korelasi antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku Siswa dikategorikan lemah/rendah. Dengan melakukan pengujian secara signifikansi dapat disimpulkan bahwa t hitung (t0) = 1,67 < dari t tabel = 2,03. Jadi Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku siswa-siswi kelas VI MI Al-Mujahidin Jakarta Timur. variabel prestasi belajar siswa kelas VI MI Al-Mujahidin Jakarta Timur memiliki korelasi terhadap variabel perilaku 0,07%. Artinya korelasi tersebut korelasinya sedikit dan hubungan tidak terlihat . Namun hal ini juga dapat diartikan pengaruh prestasi belajar terhadap perilaku sebesar 0,07% dan sisanya 99,03% ditentukan faktor lain.
Kata kunci: Prestasi Belajar, Akidah Akhlak, Perilaku Siswa
References
Agung, A.A Gede, 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Publishing.
Agus, E.S, 2007. Aplikasi Statistik dengan SPSS untuk pemula, Jakarta: Prestasi pustaka publisher.
Ahmad,S. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta: Prenada Media Group.
Anas,S. 2012. Pengantar statistik Pendidikan, Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Eva, NT. Hubungan Antara Prestasi Belajar Dengan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. 8, No. 2.
Mahfudh, S. 1991. Pengantar Psikologi Umum, Surabaya: Sinar Wijaya.
Mahyudin, 2004. Modul Kuliah Metode Penelitian Pendidikan, Jakarta:Pustaka Hikmah.M. Alisuf.S, 2006. Pengantar Psikologi Umum & Perkembangan, Jakarta: Pedoman Ilmu
Jaya.Muhibbin Syah. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: PT. Remaja Rosdakary
Poerwati, Tjahjaning. 2010. Pengaruh Perilaku Belajar Dan Motivasi Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Akuntansi Di Universitas STIKUBANK (UNISBANK) Semarang. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas STIKUBANK. Vol 8, No 16
Rafiqah, M. Yumansyah, dan Mayasari, S. 2013. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling. Vol. 2, No. 2
Sugiyono, 2014. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R &
D). Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Alfabeta Bandung
Tim Pengembang Pedoman Bahasa, 2016. Pedoman Umum Bahasa Indonesia Yang Disempurnahkan, Jakarta: Badang Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo A. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wulandari. 2014. Pengaruh Motivasi Belajar, Perilaku Belajar dan Model Pembelajaran Konstruktivisme Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Kelas Reguler Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen. Vol. 4 No. 1, April 2014.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.