ANIMASI PENDIDIKAN UNTUK MENIGKATKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16434Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh animasi pendidikan terhadap peningkatan karakter siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest posttest. Penelitian dilakukan di SD Bali Public School dengan jumlah populasi 1 kelas yang sekaligus digunakan sebagai sampel dengan jumlah siswa 20 orang. Untuk mengukur terjadinya peningkatan karakter siswa digunakan instrumen berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Lembar observasi digunakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan sebelum diterapkannya animasi pendidikan, sedangkan tahap kedua dilakukan setelah animasi pendidikan diterapkan. Metode wawancara digunakan untuk mengklarifikasi sikap-sikap yang tidak dapat diamati dan diukur ketika menggunakan lembar observasi. Untuk mengetahui perbedaan secara signifikan antara sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan digunakan statistik inferensial berupa uji-t berbantuan SPSS. Hasil penelitian terdapat perbedaan skor karakter yang signifikan antara sebelum dan setelah animasi pendidikan diterapkan dalam pembelajaran. Peningkatan terjadi pada semua sikap yang diteliti yaitu sikap: (1) jujur, (2) disiplin, (3) tanggung jawab, (4) toleransi, dan (5) spiritual.
Kata-kata kunci : karakter, animasi pendidikan
References
Adegoke, B. A. 2011. Effect of multimedia instruction on senior secondary school students’ achievement in physics. European Journal of Educational Studies. 3(3). 537-550. Tersedia pada http://www.ozelacademy.com.
Agung, A. A. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Singaraja: Undiksha.
Balazinski, M. & Przybylo, A. (2005). Teaching manufacturing processes using computer animation, Journal of Manufacturing Sistem, 2005; 24, 3. ProQuest pg.237 Diakses dari Error! Hyperlink reference not valid.
Dian, Lo Priscilla. 2016. Miris, bocah ini bangga foto "selfie" setelah tidur bersama sang pacar. tersedia pada: http://www.kompasiana.com).
Fernandes, Ibiz. 2002. Animation & Cartooning: A creative Guide. Osborn, California.
Hakim Ghani. 2018. Bocah kelas 6 SD di garut tewas berkelahi dengan teman sekelas. Tersedia pada: http://news.detik.com)
Mayer, R. E. 2003. The promise of multimedia learning: Using the same instructional design methods across different media. Learning and Instruction. 13. 125–139. Tersedia pada http://sam.arts.unsw.edu.au/ media/File/MayerMediaMethod03.pdf.
Mustari, Mohamad. 2011. Nilai karakter: Refleksi untuk pendidikan karakter. Yogyakarta: LaksBang Pressindo.
Ogochukwu, N. V. 2010. Enhancing students interest in mathematics via multimedia presentation. African Journal of Mathematics and Computer Science Research. 3(7). 107-113. Tersedia pada http://www.academicjournals.org/ajmcsr/PDF/pdf2010/Jul/ Ogochukwu.pdf.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.