MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SD

Authors

  • Oktafrianto . PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Stefanus C Relmasira PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia
  • Agustina Tyas Asri Hardini PGSD FKIP Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan pemecahan masalah  siswa yang masih rendah di SD Negeri Sidorejo Kidul 02 pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sidorejo Kidul 02 yang berjumlah 23. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase keterampilan pemecahan masalah  siswa yang mencapai KKM pada siklus I meningkat dari 9 menjadi 15 peserta didik dengan  rata-rata 74,21. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM mencapai 15 orang dengan rata-rata 82.86. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 80 % disiklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. begitu juga dengan aktivitas guru. Pada siklus I menunjukkan presentase 75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena siswa mulai memahami konsep pemecahan masalah Matematika. Dan guru menggunakan media realia yang dapat membatu siswa memahami konsep pemecahan masalah Matematika melalui langkah-langkah pembelajaran  Problem Based Learning. Siswa lebih antusias dan aktif mengikuti setiap proses pembelajaran, lebih berani di dalam menyampaikan gagasan dan melakukan kegiatan tanya jawab bersama guru.

 

Kata Kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah, Matematika, Problem Based Learning, Media  Realia

 

References

Faizah, U. (2015). Penerapan Pendekatan Saintifik melalui Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD N Serowan Wonosegoro. Scholaria. 5 (1), 28.

Hidayat, W. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Vb Sdn 1 Cakranegara Tahun Ajaran 2015/2016. 1 - 14.

Hartono, & Yusuf. (2014). Matematika: Stategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hosnan , M. (2014). Pendekatan Scintific dan Konstektual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indarwati, D. Wahyudi & Ratu N (2014) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya: Jurnal Penelitian Pengembangan Kependidikan, 30, 17.

Indah, N. (2015). Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Materi Pokok Sumber Energi Gerak Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Siswa Kelas I.A SD Negeri 9 Kabangka Tahun Ajaran 2014/2015. 50 - 55.

Kemendikbud. (2016). Permendikbud No 21 Tahun 2016 tentang standar Isi Sekolah dasar dan Menengah. Jakarta: Kementrerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan aktivitas belajar matematika melalui pendekatan problem based learning bagi siswa kelas 4 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7 (3), 241-250.

Rosdianwinata, E. (2015). Penerapan Metode Discovery Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 1-8.

Saputra, Y. E., & Slamet, S. (2016). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PEREKAYASAAN SISTEM KONTROL SISWA KELAS XII EI 3 SMK N 3 WONOSARI. E-JPTE (Jurnal Elektronik Pendidikan Teknik Elektronika), 5(3), 55-60.

Sumartini, T. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148-158.

Setyo , E., & Harmini, S. (2012). Matematika untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suwandi, Y. (2015). Peningkatan Hasil Belajar IPA Tentang Ekosistem Melalui Metode Problem Based Learning Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Kabupaten Tana Tidung. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 6 Edisis 1 mei 2015, 93 - 102.

Syafriana, D. (2016). Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Dalam Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 30 - 43.

Wahyudi, M. D. (2013). Meningkatkan Hasil Belajar Konsep Sifat - Sifat Cahaya Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dan Word Square Pada Siswa Kelas V SDN Pemurus Dalam 7 Banjarmasin. Jurnal Paradigma Volume 8 Nomor 1 Januari - Juni 2013, 1 -7.

Downloads

Published

2018-12-21

How to Cite

., O., Relmasira, S. C., & Asri Hardini, A. T. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SD. Mimbar Ilmu, 23(3), 218–224. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438

Issue

Section

Articles