PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17404Abstract
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik khususnya Tema Pahlawanku Subtema Pahlawan Kebanggaanku. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV SD N Tlgomulyo. Jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 41 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes. Tes terdiri dari beberapa soal yang harus dikerjakan siswa. Adapun dalam model ini, siswa mengerjakan soal dengan cara melengkapi bagian rumpang yang terdapat dalam bacaan. Tes ini merupakan instrumen yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran. Sedangkan non tes terdiri dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas data awal yang diambil dari pretest, normalitas akhir yang diambil dari posttest, uji t dan uji ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian, dalam uji t diperoleh (22,804) dan (1,684). dapat disimpulkan bahwa > . Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran complete sentence berbantu media video berpengaruh terhadap hasil belajar tema Pahlawanku Subtema Pahlawan Kebangganku kelas IV SD N Tlogomulyo.
Kata kunci : model pembelajaran complete sentence, hasil belajar
References
Agustini, Ni Made dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence terhadap Hasil Belajar Ips”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2): 3
Depdiknas. 2013. Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Jakarta: PT Buku Seru
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta
Farida, Ida. 2017. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu . Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Masdiana, dkk. “Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SD N 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3(2)
Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Solekhah, Siti. 2014. “Implementasi Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta”. Jurnal
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. JEAR, Vol. 2, No. 3, Tahun 2018, pp. 240-248 248 JEAR. P-ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Wantini, Cucu.2017. “Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan”. Jurnal Upi Mimbar Sekolah Dasar. 4(3): 256-263
Widoyoko, Eko. 2015. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Widyanti, Tri.2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SD N Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Artikel Skripsi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.