PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Authors

  • Elin Fitriani Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Rustopo . Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang
  • Mei Fita Asri Untari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17404

Abstract

Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik khususnya Tema Pahlawanku Subtema Pahlawan Kebanggaanku. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kelas IV SD N Tlgomulyo. Jumlah sampel dalam penelitian ini yakni 41 siswa. Teknik pengumpulan data meliputi tes dan non tes. Tes terdiri dari beberapa soal yang harus dikerjakan siswa. Adapun dalam model ini, siswa mengerjakan soal dengan cara melengkapi bagian rumpang yang terdapat dalam bacaan. Tes ini merupakan instrumen yang terlebih dahulu diuji validitas, reliabilitas, daya beda dan taraf kesukaran. Sedangkan non tes terdiri dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini menggunakan uji prasyarat normalitas data awal yang diambil dari pretest, normalitas akhir yang diambil dari posttest, uji t dan uji ketuntasan. Berdasarkan hasil penelitian, dalam uji t diperoleh  (22,804) dan  (1,684). dapat disimpulkan bahwa  > . Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran complete sentence berbantu media video berpengaruh terhadap hasil belajar tema Pahlawanku Subtema Pahlawan Kebangganku kelas IV SD N Tlogomulyo.

 

Kata kunci : model pembelajaran complete sentence, hasil belajar

References

Agustini, Ni Made dkk. 2017. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Complete Sentence terhadap Hasil Belajar Ips”. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. 5(2): 3

Depdiknas. 2013. Perundangan tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013. Jakarta: PT Buku Seru

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta

Farida, Ida. 2017. Evaluasi Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum Nasional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu . Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Masdiana, dkk. “Penerapan Pembelajaran Tematik untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Pada Lingkungan Siswa Kelas I SD N 018 Letawa Kecamatan Sarjo Kabupaten Mamuju Utara”. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3(2)

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Solekhah, Siti. 2014. “Implementasi Pembelajaran Tematik di SD Muhammadiyah Program Khusus Kota Surakarta”. Jurnal

Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. JEAR, Vol. 2, No. 3, Tahun 2018, pp. 240-248 248 JEAR. P-ISSN: 2580-4790 E-ISSN: 2549-3272

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo:Masmedia Buana Pustaka.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Wantini, Cucu.2017. “Penerapan Model Pembelajaran Complete Sentence dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan”. Jurnal Upi Mimbar Sekolah Dasar. 4(3): 256-263

Widoyoko, Eko. 2015. Teknik penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Widyanti, Tri.2016. “Pengaruh Model Pembelajaran Complete Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Narasi Pada Siswa Kelas IV SD N Tawang I Kecamatan Wates Kabupaten Kediri Tahun Ajaran 2014/2015”. Artikel Skripsi

Downloads

Published

2019-04-29

How to Cite

Fitriani, E., ., R., & Asri Untari, M. F. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COMPLETE SENTENCE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA. Mimbar Ilmu, 24(1), 1–9. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17404

Issue

Section

Articles