PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CHILDREN’S LEARNING IN SCIENCE BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17452Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual dan siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi-experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur sebanyak 205 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 9 Sumerta yang dijadikan sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas IV SD Negeri 6 Sumerta yang dijadikan sebagai kelompok kontrol. Data mengenai kompetensi pengetahua IPA siswa kelas IV dikumpulkan dengan menggunakan instrumen berupa tes objektif pilihan ganda biasa. Selanjutnya data kompetensi pengetahuan IPA yang diperoleh berupa data gain skor ternormalisasi. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen (X ̅_1 ) dan kelompok kontrol (X ̅_2 ), yaitu 0,57 > 0,45. Melalui uji hipotesis diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,4 > 1,994 dengan dk = 70 dan taraf signifikansi 5% maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran children’s learning in science berbantuan media audio visual berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD Gugus Untung Surapati Denpasar Timur.
Kata kunci: children’s learning in science, audio visual, kompetensi pengetahuan IPA
References
Agung, A.A Gede. 2006. Evaluasi Pendidikan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.
Agung, A.A. Gede. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Singaraja : Universitas Pendidikan Ganesha.
Anggriani, Putu Dian. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran Childrend Learning in Science dengan Media Konkret Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1.
Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Akasara.
Arisantiani, Ni Ketut.(2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (CLIS) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Journal of Education Technology, Vol. 1 No. 2.
Astiti, Ni Putu Mia. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Children Learning in Science Berbasis Budaya Penyelidikan Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA”. Journal of Education Technology, Vol. 1 No. 2.
Budiarti, Luh Putu Yudha. (2014).”Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD di Gugus III Kecamatan Busungbiu”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 1.
Dantes. N. 2017. Desain Eksperimen dan Analisis Data. Depok : Rajawali Pers.
Dewi, I Gst Ayu Apsari. (2014). “Pengaruh Model Pembelajaran CLIS Terhadap Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sawan”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1.
Dewi, Pande Nym. Tri Tresna. (2014). “Pengaruh Model Children’s Learning in Science Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD”. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha. Vol. 2 No. 1.
Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Kunandar. 2014. Penilaian Auntentik (Penilaian Hasil Belajar Siswa Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Persada.
Kurniasih, Imas & Berlin Sani. 2014. Sukses Mengimplementasikan Kurikulum 2013 : Memahami Berbagai Aspek dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Kata Pena.
Mairing, Jackson Pasini. 2017. Statistika Pendidikan. Yogyakarta: CV. Andi Yogyakarta.
Majid, Abdul dan Chaerul Rochman. 2015. Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta : Indeks.
Samatowa, Usman. 2016. Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jakarta : PT Indeks.
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Setyosari, Punaji H. 2015. Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangani. Jakarta :Prenadamedia.
Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supangat, Andi. 2008. Statistika : dalam Kajian Deskriptif, Inferensi, dan Nonparametrik. Jakarta : Kencana.
Susanti, Ni Luh Desi. (2014). “Model Pembelajaran CLIS Berbantuan Media Grafis Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Gugus Srikandi Denpasar Timur”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2 No. 1.
Suwitri, Ni Made. (2016). “Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Media Audiovisual dapat Meningkatkan Keaktifan dan Kompetensi Pengetahuan IPA Kelas IVA”. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 4 No. 1.
Wati, Ega Rima. 2016. Ragam Media Pembelajaran : Visual-Audio Visual-Komputer-Powerpoint-Interactive Video. Jakarta : Kata Pena.
Wisudawati, Asih Widi dan Eka Sulistyowati. 2015. Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta : Bumi Aksara.
Yusuf, Muri. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.