PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMEDIAKAN QUESTIONS BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Azira . Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Luh Pt. Putrini Mahadewi Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • I Gst. Ngurah Japa Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17453

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa masalah sebagai berikut. 1) Hasil belajar IPA siswa masih rendah. 2) Siswa masih suka bermain dalam pelajaran. 3) Guru lebih sering menggunakan metode yang biasa digunakan di sekolah. 4) Guru jarang menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan media questions box terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIN 2 Buleleng kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Populasi penelitian ini adalah kelas V di MIN 2 Buleleng Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 93 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VB di MIN 2 Buleleng yang berjumlah 32 orang dan kelas VA di MIN 2 Buleleng yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 butir. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit > ttab. Hal ini berarti diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) bermediakan questions box terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MIN 2 Buleleng Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata kunci: hasil belajar, pelajaran IPA, TGT.

 

References

Dewi, I. A. Kd. Novia Puspita. 2017. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol5, No 2.

Kusumaningrum, Putu Citra Arni. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 2, No 1.

Muldayanti, N.D., 2013. “PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL STAD DAN TGT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA”. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (12-17).

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.

Saptayanti, Gusti Ayu Kadek Emi. 2016. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 4, No 1.

Sudarmi, Yanthi Made. 2014. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNUTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 2, No 1.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutirna dan Asep Samsudin.2015. Landasan Kependidikan Teori dan Praktek.

Suwatra, Ign I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja:Undiksha.

Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.

Wati, Ajeng Aprina. 2015. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 8DI SDN BABATAN I/456 SURABAYA”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, Volume 03, Nomor 02..

Downloads

How to Cite

., A., Putrini Mahadewi, L. P., & Ngurah Japa, I. G. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMEDIAKAN QUESTIONS BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 73–82. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17453

Issue

Section

Articles