PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMEDIAKAN QUESTIONS BOX TERHADAP HASIL BELAJAR IPA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17453Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan beberapa masalah sebagai berikut. 1) Hasil belajar IPA siswa masih rendah. 2) Siswa masih suka bermain dalam pelajaran. 3) Guru lebih sering menggunakan metode yang biasa digunakan di sekolah. 4) Guru jarang menggunakan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament berbantuan media questions box terhadap hasil belajar siswa kelas V di MIN 2 Buleleng kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 dalam mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Populasi penelitian ini adalah kelas V di MIN 2 Buleleng Kecamatan Buleleng tahun pelajaran 2017/2018 yang berjumlah 93 orang. Sampel penelitian ini adalah kelas VB di MIN 2 Buleleng yang berjumlah 32 orang dan kelas VA di MIN 2 Buleleng yang berjumlah 30 orang. Data dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 butir. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, diperoleh thit > ttab. Hal ini berarti diinterpretasikan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) bermediakan questions box terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V di MIN 2 Buleleng Kecamatan Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
Kata kunci: hasil belajar, pelajaran IPA, TGT.
References
Dewi, I. A. Kd. Novia Puspita. 2017. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol5, No 2.
Kusumaningrum, Putu Citra Arni. 2014. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Gugus XV Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 2, No 1.
Muldayanti, N.D., 2013. “PEMBELAJARAN BIOLOGI MODEL STAD DAN TGT DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA”. Jurnal Pendidikan Ipa Indonesia, Volume 2, Nomor 1 (12-17).
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia 67 tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Depdiknas.
Saptayanti, Gusti Ayu Kadek Emi. 2016. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 4, No 1.
Sudarmi, Yanthi Made. 2014. “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNUTK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN”. e-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol 2, No 1.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Sutirna dan Asep Samsudin.2015. Landasan Kependidikan Teori dan Praktek.
Suwatra, Ign I Wayan, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja:Undiksha.
Taniredja, Tukiran, dkk. 2011. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Alfabeta.
Wati, Ajeng Aprina. 2015. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA 8DI SDN BABATAN I/456 SURABAYA”. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, Volume 03, Nomor 02..
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.