PENGARUH STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA

Authors

  • Ni Md. Risa Mei Indiarini Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia
  • Gd. Wira Bayu Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Starter Experiment Approach (SEA) terhadap Hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng.Sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang terdiri dari 46 orang.Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes.Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial, dengan uji-t. Berdasarkan analisis data dengan uji-t, diperoleh nilai thitung sebesar 6,14 dan diperoleh nilai ttabel  sebesar 2,07.Sehingga thitung  (6,14) > ttabel (2,07). Hal ini menandakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan Starter Experiment Approach (SEA) dan kelompok siswa yang dibelajarkan tidak menggunakan Starter Experiment Approach (SEA) pada siswa kelas V SD Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Ini berarti bahwa Starter Experiment Approach (SEA) berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus II Kecamatan Banjar Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.

 

Kata-kata kunci:  starter experiment approach (sea), hasil belajar, IPA

References

Agung, A. A. Gede. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang: Aditya Media Publishing.

Bundu, Ratta. 2006. Penilaian Keterampilan Proses dan Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Sains Sekolah Dasar. Departemen Pendidikan Nasional.

Cahyani, Novita. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Starter Eksperimen Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.

Dewi. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Berbantuan Media Video Kontekstual terhadap Hasil Belajar IPA”. Singaraja: Undiksha.

Lestari, Sri. 2012. Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika dengan Melibatkan Kemampuan Analisis Sintesis, Kemampuan Numerik Siswa melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Starter Eksperiment Approach (SEA). Tesis. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Lestari, Sri. Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Kelas Xi Iis 1 Sma Muhammadiyah 2 Yogyakarta Melalui Pembelajaran Sea (Starter Experiment Approach). Jurnal Ilmiah Guru “COPE”, No. 02/Tahun XIX/November 2015

Nyeneng, I Ketut. 2015. Pengaruh Model Pendekatan Starter Eksperiment (PSE) Terhadap Keterampilan Proses SAINS dan Hasil Belajar SAINS Siswa SD Gugus VIII Kecamatan Abang. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 5.

Mirah. 2012. “Implementasi Pendekatan Starter Eksperimen (Starter Experiment Approach) Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar IPA”. Singaraja: Undiksha

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Samatowa, Usman. 2010. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks

Saputra, Pt. Andi, I Md. Tegeh, I Wyn. Widiana. 2017. Pengaruh Pendekatan Starter Eksperimen (Starter Experiment Approach) Berbantuan Video Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas V. e-Journal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Mimbar PGSD Vol: 5 No: 2.

Suastra, Wayan. 2013. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Undiksha

Sudana, Dewa dan Kusmariyatni. 2016. Pendidikan IPA SD. Singaraja: Undiksha

Suwatra, dkk. 2015. Belajar dan Pembelajaran Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Utami. 2012. “Implementasi Pendekatan Starter Eksperimen Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA”. Singaraja: Undiksha.

Downloads

How to Cite

Mei Indiarini, N. M. R., & Bayu, G. W. (2019). PENGARUH STARTER EXPERIMENT APPROACH (SEA) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469

Issue

Section

Articles