PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU

Authors

  • Ni Gusti Komang Latriningsih SD Negeri 8 Tianyar Barat

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21202

Abstract

Abstrak

Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Model Pembelajaran Mastery Learning untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu Kelas V SD Negeri 8 Tianyar Barat Semester II Tahun Pelajaran 2017/2018. Lokasi  tempat penelitian ini di SD Negeri 8 Tianyar Barat. SD ini terletak di Banjar Dinas Kertabuana, Desa Tianyar Barat, Kecamatan Kubu, Kabupaten Karangasem. Lokasi SD ini cukup mudah dijangkau karena terletak di pinggir jalan yang menuju Desa Pakraman Muntigunung. Subjek penelitian ini adalah murid kelas V SD Negeri 8 Tianyar Barat yang berjumlah 24 orang yang terdiri dari 10 orang siswa laki-laki dan 14 orang siswa perempuan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan tes prestasi belajar. Metode analisis data adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini penggambaran secara lengkap dapat dijabarkan sebagai berikut: hasil yang diperoleh pada awalnya 65,00 pada siklus I menjadi 72,50 dan pada siklus II menjadi 82,00. Hasil tersebut setelah dilakukan analisis menggunakan analisis deskriptif diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran  Mastery Learning untuk meningkatkan prestasi belajar Agama Hindu siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Tianyar Barat Semester II  Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Prestasi  belajar, Model Pembelajaran Mastery Learning.

Abstract

The purpose of writing this class action research is to find out whether the Application of the Mastery Learning Model to improve the learning achievement of Hindu Religion Class V SD Negeri 8 Tianyar Barat Semester II Academic Year 2017/2018. The location of this research site is SD Negeri 8 Tianyar Barat. This elementary school is located in Banjar Dinas Kertabuana, West Tianyar Village, Kubu District, Karangasem Regency. The location of this elementary school is quite easy to reach because it is located on the side of the road that leads to Pakraman Muntigunung Village. The subjects of this study were 24 grade V students of SD Negeri 8 Tianyar Barat, consisting of 10 male students and 14 female students. Data in this study were collected by learning achievement tests. The data analysis method is descriptive. The results obtained from this study can be described as complete as follows: the results obtained were initially 65.00 in cycle I to 72.50 and in cycle II to 82.00. These results after an analysis using descriptive analysis concluded that the application of the Mastery Learning Model to improve the learning achievement of Hindu Religion students in Class V of Elementary School 8 Tianyar Barat Semester II Academic Year 2017/2018.

Keywords: Learning achievement, Mastery Learning Learning Model

References

Arikunto, Suharsimi; Suhardjono; Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Bandung, 2008

Danis Zulisyanto. 2017. Dalam penelitiannya yang berjudul “Penerapan Model Belajar Tuntas Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas III MI Roudlotul Huda Sekaran Kecamatan Gunungpati, Semarang Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017.

Depdikbud. 1994. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah Umum.

Djamarah, Syaful Bahri. 2002. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Hanif Nurcholis, DR. Msi. Gambaran Guru Profesional.. Postingan Supiyadi.

Inten, I Gede. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Pengetahuan Awal Siswa Terhadap Prestasi Belajar PKn dan Sejarah pada Siswa Kelas II di SMU Laboratorium IKIP Negeri Singaraja. Tesis. Program Pascasarjana IKIP Negeri Singaraja.

Kunandar, Guru Profesional, (Jakarta; Rajawali Pers,2007).

Nana Sudjana, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Remaja Rosdakarya,

Nana Syaodih Sukmadinata. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.

Puger, I Gusti Ngurah. 2004. Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemampuan Berpikir Silogisme Terhadap Prestasi Belajar Biologi Pada Siswa Kelas III SMP Negeri Seririt (Experimen Pada Pokok Bahasan Reproduksi Generatif Tumbuhan Angiospermae). Tesis. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Rini Astuti (2012). Dengan Penelitiannya Yang Berjudul “Penerapan Metode Pembelajaran Mastery Learning Dapat Meningkatkan Keterampilan Mengarang Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Sambirejo 4 Kecamatan Sambirejo Kota Sragen Tahun Pelajaran 2011/2012.

Sardiman, A.M. 1988. Interaksi dan Motivasi Belajar-Mengajar Pedoman bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Rajawali Pers.

Slamet, PH. 2004. MBS, Life Skill, KBK, CTL dan Saling Keterkaitannya.Makalah yang Disampaikan pada Semiloka DBEP di NTB dan Bali.

Soedomo, M.2001. Landasan Pendidikan. Malang: Penyelenggaraan Pendidikan Pascasarjana Proyek Peningkatan Perguruan Tinggi.

Sudjana. 1996. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sukmadinata & Nana Syaodih. (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya: Jakarta.

Wardani, I. G. A. K Siti Julaeha. Modul IDIK 4307. Pementapan Kemampuan Mengajar. Jakarta : Universitas Terbuka.

Yunita Rahmawati (2013). Dalam Penelitianya Yang Berjudul “Penerapan Metode Belajar Tuntas (Mastery Learning) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SD Negeri Pajang III Laweyan Surakarta.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Latriningsih, N. G. K. (2019). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MASTERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AGAMA HINDU. Mimbar Ilmu, 24(2), 134–140. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21202

Issue

Section

Articles