PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK

Authors

  • I Ketut Gading Universitas Pendidikan Ganesha
  • Putu Aditya Antara Universitas Pendidikan Ganesha
  • Arizka Salsabila Hidayat Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) terhadap kemampuan sains permulaan anak kelompok B Taman Kanak-kanak Gugus V Kecamatan Klungkung. Penelitian iniadalah penelitian eksperimen semu (quasi eksperiment). Desain penelitiannya adalah Non Equivalen Pretest-Posttest Control Group Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 175 anak Taman Kanak-kanak yang berada di gugus V Kecamatan Klungkung. Sampel penelitian dipilih secara acak 2 kelas dari 8 kelas anggota populasi, sehingga diperoleh anak kelompok B TK Nurul Huda sebagai kelompok eksperimen dan anak kelompok B TK Kumara Dewa sebagai kelompok kontrol. Untuk mengumpulkan data tentang kemampuan sains permulaan digunakan pedoman observasi yang teruji validitas dan reliabilitasnya. Untuk menguji hipotesis data diuji dengan uji-t. hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan sains permulaan anak Taman Kanak-kanak (t=11,278>Sig.(2-tailed) 0,000).

 

Kata-kata kunci : CTL, Sains Permulaan, AUD

 

Abstract

This study aims to determine the effect of the CTL (Contextual Teaching and Learning) learning model on the scientific ability of children in Group B of Kondergarten Cluster V in Klungkung Subdistrict. This research is quasi experimental. The research design is Non Equivalent Pretest-Posttest Control Group Desain. The population in this study were 175 kindergartens in the V cluster of Klungkung Subdistrict. The study sample wa randomly selected 2 classes from 8 classes of population members, so that the children of group B TK Nurul Huda were obtained as the experimental group and the children in the group B TK Kumara Dewa as a control group. To collect data on early science skills, observation guidelines were used that tested their validity and reliability.To test the hypothesis the data was tested by t-test. The results of the study showed that there was an influence of the Contextual Teaching and Learning learning model on the science abilities of early childhood kindergarten (1=11,278>Sig.(2-tailed) 0,000).

 

Keywords: CTL, Beginning Science, AUD

References

Agung, A. A. G. 2014. Buku Ajar Metodologi Penelitian Pendidikan. Malang:Media Publishing.

Anisah. 2009. “Kelebihan dan Kekurangan Pembelajaran CTL”. Tersedia Pada http://kelebihan_dan _kekurangan_pembelajaran_ctl.html.pdf. Diunduh 9 Maret 2019.

Antara, Putu Aditya. 2017. “Menelisisk Fenomena Kelas Kreatif Pada Taman Kanak-Kanak Di Bali”. e-journal Universitas Pendidikan Ganesha ISBN: 978-602-6428-11-0. Tahun 2017. Singaraja: Undiksha.

Elizza, Delfi. 2013. “Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Berbasis Sentra di Taman Kanak-kanak”. Tersedia Pada http://ejournal.unp.ac.id/index.php/pedagogi/article/viewfile/4286/3354. Diakses 9 Maret 2019.

Nugraha, Ali. 2005. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 tentang Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. 2015. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Sari, A.A. Diah Kartika. “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Sains Permulaan Anak”. e-journal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha Volume 6 No1 Tahun 2018. Singaraja: Undiksha.

Suastra, I Wayan. 2013. Pembelajaran Sains Terkini. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Sugiyono. 2017a. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitiatif dan R&D. 2017. Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Suyadi. 2010. Psikologi Belajar PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: PT Bintang Pustaka Abadi.

Susanto, Ahmad. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Susanto, Ahmad. 2016. Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media Group.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Group.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 28 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Downloads

Published

2019-10-07

How to Cite

Gading, I. K., Antara, P. A., & Hidayat, A. S. (2019). PENGARUH CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN SAINS PERMULAAN ANAK TAMAN KANAK-KANAK. Mimbar Ilmu, 24(2), 141–150. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21256

Issue

Section

Articles