EFEKTIVITAS PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES BERMAIN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN PENGEMBANGAN KEMAMPUAN JASMANI SISWA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21265Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar gerak, gerak dasar, dan kemampuan gerak keterampilan melalui penerapan pendekatan keterampilan proses bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani berbasis lesson study. Subyek penelitian yang digunakan siswa kelas IV berjumlah 36 orang, terdiri dari 24 orang siswa putra dan 12 orang siswa putri pada SD Negeri 2 Sesetan Denpasar Selatan Kota Denpasar. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian berbasis lesson study yang telah dirancang dalam siklus. Pengumpulan data dengan teknik observasi dan data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif dengan persentase dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan keterampilan proses bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan pada siswa sekolah dasar ada kecenderungan naik atau meningkat secara berkelanjutan dari skor pra-siklus, siklus 1 dan siklus 2. Hal ini didasarkan pada pencatatan kegiatan sebelum tindakan (Pra-siklus) diperoleh nilai rata-rata 16.39 dengan ketuntasan mencapai 38.9 %, selanjutnya hasil analisis siklus 1 menunjukkan nilai rata-rata naik menjadi 17.50 dengan ketuntasan mencapai 52.8 %, demikian pula pada siklus 2 nilai rata-rata naik menjadi 20.69 dengan ketuntasan mencapai 97.2 %. Hal ini berarti effektivitas pendekatan keterampilan proses bermain dalam pembelajaran pendidikan jasmani berbasis lesson study secara berkelanjutan mengalami peningkatan dengan menitik beratkan pada latihan gerak yang sifatnya informal dan bebas sesuai dengan tujuan pendidikan di sekolah dasar yang mengembangkan seluruh aspek perkembangan siswa, maka yang dilakukan adalah mengembangkan jasmani siswa bukan mengajarkan olahraga, siswa diberikan bergerak didalam bermain agar mampu menggunakan otot-otot besar maupun otot-otot kecil dengan baik dalam melakukan gerakan-gerakanya.
Kata-kata kunci : Pengembangan Kemampuan Jasmani (PKJ)
Abstract
The purpose of this research for develop the basic motion ability and motion skills by using approach application in playing skill process in physical education learning based on lesson study. The subject of this research were the students from IV grade that have 36 students, that consist of 24 male students and 12 female students in SD Negeri 2 Sesetan Denpasar Selatan Kota Denpasar. The types of research method that uses lesson study that already arrangement by using cycles. The collections of data in this research was using observation techniques and analysis data by uses descriptive analysis techniques by percentage and descriptive qualitative. The result of this research find that the using in playing skill process approach in physical sport and healthy education learning for the students of elementary school has increased tendency or continued development from pre-cycles, 1st cycles, and 2nd cycles. That was based on registration activities before the action (Pre-cycles) that get in average scores 16, 39 with passed percentage 38.9 %, after that the result analysis in 1st cycles show that the average scores increased become 17,50 with passed percentage 52,8%, based on that in 2nd cycles, average scores increased become 20,69 with passed percentage 97,2%. It means that the effective approach in playing skill process in physical education learning based on lesson study by continued had increasing with emphasize from the motion practice that is informal and free based on the education purpose in elementary school to developed all aspect in student’s development, then that must did is developed the student’s physical not thought sport, students gave motion in the playing activity to be able to used the big muscles and the small muscles very well for did their motion.
Keywords: Developing of Physical Ability (PJK)
References
Agung, A.A.G. 2016. Statistika Dasar untuk Pendidikan. Yogyakarta : Deepublish Group CV Budi Utama
Agung, A.A.G. 1997. Pengantar Evaluasi Pengajaran. Singaraja : STKIP
Agung, A.A.G. 2003. Metodologi Penelitian. Singaraja: IKIP Negeri
Darsana. W. 2003. Efektivitas Pelaksanaan SKJ 2000 dan Senam Gong 2001 Terhadap
Peningkatan Kesegaran Jasmani Pada Siswa SDN 2 Denpasar : Hasil Penelitian
Darsana. W. 2008. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses Bermain dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani untuk Meningkatkan Pengembangan Kemampuan Jasmani Siswa Kelas III SD Negeri 2 Sesetan. Denpasar : Hasil Penelitian
Depdiknas. 2005. Pedoman Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas
(Classroom Action Research). Jakarta : Dirjendikti Dit. PPTK Dan KPT.
Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Sekolah Dasar dan Madrasah. Standar Kompetensi
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdiknas.
Gabbard, Carl, Leblanc, Elizabeth, dan Lowi, Susan. 1987. Physical Education for Children. Prentice Hall, Inc : Englewood Cliffs.
Indradjati Sidi dan Ali Husein, HM. 2005. Dalam arahan Pendidikan dan Pelatihan
Instruktur Tingkat Nasional Program Pembekalan Guru Kelas/Agama SD Dalam
Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Bogor : Depdiknas.
Kantor Menpora. 1991. Sejarah Olahraga Indonesia. Jakarta : Kantor Mentri Negara Pemuda dan Olahraga.
Santyasa, I W. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas, Pengembangan, Korelasional, Kausal Komparatif, dan Eksperimen. Makalah di sajikan dalam pelatihan bagi Dosen Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja
.
Sudarsono. FX. 1996. Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Depdikbud.
Dirjen Dikti.
Sugiyanto, Agus Mahendra, dan Toto Subroto. 2005. Dasar-Dasar Belajar Gerak.
Program Pengendalian dan Peningkatan Mutu Guru Penjas. Bogor : Depdiknas Dirjen Dikdasmen Ditendik.
Syamsir Aziz. 2005. Pembelajaran Permainan Kecil. Jakarta : Depdiknas Dirjen Dikdas
men Ditendik.
Syarifuddin dan Yusuf.1996. Ilmu Kepelatihan Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pembinaan Tenaga Akademik.
Toho Cholik. 2000. Penelitian Aksi Dalam Proses Prestasi Proses Pelatihan Olahraga
Surabaya : KONI Pusat
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.