FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES

Authors

  • Ahmad Pujo Sugiarto Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Tri Suyati Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia
  • Padmi Dhyah Yulianti Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang, Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Abstract

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan belajar siswa. Faktor kedisiplinan belajar siswa antara lain: Faktor internal adalah faktor yang ada dalam dirinya sendiri antara lain meliputi kesadaran diri, motivasi belajar, dan tidak mampu menyesuaikan diri dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan fakta-fakta atau data-data yang diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karena tidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataan-pernyataan yang berasal dari hasil metode observasi dan wawancara. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan faktor kedisiplinan belajar siswa siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari subjek penelitian, menunjukan bahwa faktor kedisiplinan belajar siswa ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal dari dirinya sendiri yaitu siswa yang malas, malas untuk belajar, tidak pernah mengerjakan PR atau tugas, malas untuk mencatat dan membaca buku pelajaran,kurangnya kesadaran untuk belajar, belum terbiasa dengan disiplin belajar. Kedua adalah faktor ekstrinsik merupakan faktor yang berasal dari luar individu berupa lingkungan keluarga, orangtua yang tidak pernah memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak mengakibatkan anak menjadi tidak disiplin belajar, selain itu pendidikan orang tua juga mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, faktor lain adalah dari guru, guru yang galak dan cara mengajar yang membosankan menyebabkan siswa malas belajar, dan faktor terakhir yang mengakibatkan siswa tidak disiplin belajar karena faktor lingkungan seperti teman bergaul di rumah dan lingkungan sekolah.

 

Kata-kata kunci : Kedisiplinan Belajar, Siswa, Studi Kasus

 

Abstract

This research is motivated by the importance of student learning discipline. Factors of student learning discipline include: Internal factors are factors that exist in themselves include self-awareness, motivation to learn, and not being able to adjust to learning. While external factors are external factors which include family, school environment, peers and the community. This research uses a case study approach which is done by describing or describing facts or data obtained from data sources. The data is qualitative because it is not in the form of numbers, but in the form of sentences or statements derived from the results of observation and interview methods. These data are then analyzed or elaborated to find the factors of student learning discipline. Based on data obtained from research subjects, it shows that there are two factors for student learning discipline namely intrinsic factor and extrinsic factor. Intrinsic factor is a factor that originates from itself, namely students who are lazy, lazy to learn, never do homework or assignments, lazy to take notes and read textbooks, lack of awareness to learn, not accustomed to the discipline of learning. Second is the extrinsic factor is a factor that comes from outside the individual in the form of a family environment, parents who never give attention and affection towards children cause children to become undisciplined in learning, in addition to that parental education also affects student learning discipline, other factors are from the teacher, teachers who are fierce and boring teaching methods make students lazy to learn, and the last factor that causes students to be undisciplined in learning because of environmental factors such as friends hanging out at home and school environment.

 

Keywords: Learning Discipline, Students, Case Studies

References

Abu ahmadi dan Widodo Supriyono. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amri, Sofan, dkk. 2011. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran. Jakarta. Prestasi Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta : Rinekta Cipta.

Ekosiswoyo Rasdi & Rahman. 2002. Manajemen kelas sesuai dengan kurikulum D-II PGSD. Semarang: IKIP Semarang Press.

Elly, Rosma. 2016. Hubungan Kedisiplinan terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V di SD Negeri 10 Banda Aceh. Jurnal Pesona Dasar Vol. 3 No. 4 Hal. 43-53. Tersedia Pada : http://www.jurnal.unsyiah.ac.id/PEAR/article/download/7540/6207.

Halsey, Wiliam. 1979. MacMillan Dictionary. New York : MacMillan Publishing

Johan, Ria Susanti. 2014. Peran Motivasi dan Disiplin dalam Menunjang Prestasi Belajar Peserta Didik pada Bidang Studi IPS. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 1 No. 3 Hal. 275-286. Tersedia Pada : https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/364.

Lewis, Ramon. 2004. Dilema Kedisiplinan. Jakarta: PT Grasindo Anggota Ikapi.

Marijani. 2015. “Peningkatan Kedisiplinan Tata Tertib Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Bermain Peran di SMP Negeri 5 Tulungagung.” Jurnal Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling, Vol: 1, No: 2 h.11http://journal.unnes.ac.id (diakses pada hari Jumat 5 Mei 2017)

Prijodarminto, Soegeng. 1994. Disiplin, Kiat Menuju Sukses. Jakarta : Abadi

Rachman, Maman. 1999. Manajamen Kelas. Jakarta : Depdiknas, Proyek Pendidikan Guru SD.

Rumia. 2015. Analisis Tingkat Kedisiplinan Peserta didik Sebelum dan Sesudah Prakerin di SMK Negeri 3 Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan Vol. 3, No. 1, Hal.117-125. Tersedia Pada : http://ejournal.umm.ac.id/index.php/jmkpp/article/view/2209.

Slameto. 2002. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Siska, 2017. “Analisis faktor Yang Mempengaruhi Disiplin Belajar Siswa Kelas X, XI, Dan XII, di SMA Bhakti Yasa Singraja.” Jurnal Pendidikan Ekonomi, Vol: 9 No: 1 h. 8. http://ejournal.undiksha.ac.id (diakses pada hari rabu 3 mei 2017)

--------------2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Sugeng Haryono. 2016. Pengaruh Kedisiplinan Siswa dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan Vol. 3 No. 3 Hal 261-274. Tersedia Pada: http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/download/939/874.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R n D. Bandung: Alabeta, CV.

Tuu, Tulus. 2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta : PT Grasindo.

Tohirin. 2012. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung; Alfabeta.

Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional

Wantah, Maria J. 2005. Pengembangan Disiplin dan Pembentukan Moral Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Depdiknas.

Yusuf, A. Muri. 2014. Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian gabungan. Jakarta: Prenadamedia group.

Yulita Rintyastini & Suzy Yulia Charlotte S. 2006. Bimbingan dan Konseling SMP kelas VII. Jakarta: Erlangga.

Downloads

How to Cite

Sugiarto, A. P., Suyati, T., & Yulianti, P. D. (2019). FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES. Mimbar Ilmu, 24(2), 232–238. https://doi.org/10.23887/mi.v24i2.21279

Issue

Section

Articles