MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tulikup di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk pelajaran PKn masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 2 Tulikup pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,68, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,31 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,25. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 46,87%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 75,00%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 96,87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI semester I SD Negeri 2 Tulikup tahun pelajaran 2017/2018.
Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media audio visual, Prestasi belajar PKn
References
Abdurrozak, Rizal. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016)
Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.
Hernawan, Asep Herry, dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.
Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. 2018. Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.
Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014
Rerung , Nensy, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. E-Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-Biruni Volume 6 Nomor 1.
Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember
Rianto, Milan . 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Prasetyanti, Nanik Murti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas Xi Mipa-1 Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 . Jurnal Inkuiri Issn: 2252-7893, Vol 5, No. 2, 2016 (Hal 1-7)
Downloads
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.