MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN

Authors

  • Ni Wayan Suwarni SD Negeri 2 Tulikup

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 2 Tulikup di kelas VI yang kemampuan siswanya untuk pelajaran PKn masih sangat rendah. Tujuan penulisan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI SD Negeri 2 Tulikup pada semester I tahun pelajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual. Metode pengumpulan datanya adalah tes prestasi belajar. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kualitatif maupun untuk data kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Ini terbukti dari hasil yang diperoleh pada awalnya mencapai nilai rata-rata 69,68, pada siklus I mencapai nilai rata-rata 75,31 dan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81,25. Presentase ketuntasan belajar siswa juga mngalami peningkatan. Pada awal pembelajaran ketuntasan belajar siswa hanya mencapai 46,87%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 75,00%, dan pada siklus II ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 96,87%. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dengan media audio visual dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa kelas VI semester I SD Negeri 2 Tulikup tahun pelajaran 2017/2018.

Kata-kata kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Media audio visual, Prestasi belajar PKn

References

Abdurrozak, Rizal. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa . Jurnal Pena Ilmiah: Vol. 1, No, 1 (2016)

Arikunto, Suharsimi. 2007. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Duch. 1995. Pembelajaran Berbasis Masalah. Jakarta: Sejarah Indonesia.

Hernawan, Asep Herry, dkk. 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Universitas Terbuka.

Jayadiningrat, M. G., & Ati, E. K. 2018. Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 1-7.

Nafiah, Yunin Nurun. 2014. Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 4, Nomor 1, Februari 2014

Rerung , Nensy, dkk. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik SMA pada Materi Usaha dan Energi. E-Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-Biruni Volume 6 Nomor 1.

Saat, Sulaiman. 2015. Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan (Studi Tentang Makna dan Kedudukannya dalam Pendidikan). Jurnal Al-Ta’dib Vol. 8 No. 2, Juli-Desember

Rianto, Milan . 2005. Metode Pembelajaran. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Prasetyanti, Nanik Murti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Proses Berpikir Kognitif Siswa Kelas Xi Mipa-1 Sma Negeri 3 Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016 . Jurnal Inkuiri Issn: 2252-7893, Vol 5, No. 2, 2016 (Hal 1-7)

Downloads

How to Cite

Suwarni, N. W. (2019). MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PKN. Mimbar Ilmu, 24(3), 330–337. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21467

Issue

Section

Articles