UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PEMBIBITAN TANAMAN DENGAN MATERI POKOK PEMBIAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI

Authors

  • I. Ketut Sukarmen SMK Negeri 2 Negara

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21681

Abstract

Hasil pembelajaran mata pelajaran Pembibitan Tanaman dengan materi pokok Pembiakan Tanaman Secara vegetatif bagi siswa kelas X semester Satu Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, SMK Negeri 2 Negara, untuk Tahun pelajaran 2015/2016, rendah yakni masih dibawah KKM dan  kerjasama antar siswa, masih kurang, demikian juga  interaksi dalam kelas belum optimal. Keadaan tersebut membuat pencapaian materi pembelajaran tentang Pembiakan Tanaman secara Vegetatif menjadi kurang efektif, siswa belum mencapai prestasi sesuai yang ditargetkan dalam tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti berupaya melakukan perbaikan – perbaikan melalui menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis inquiri pada mata pelajaran Pembibitan Tanaman dengan materi Pembiakan Tanaman Secara Pejetatif bagi siswa kelas X Semester I Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura SMK Negeri 2 Negara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pencapaian prestasi belajar mata pelajaran Pembibitan tanaman pada materi Pembibitan Tanaman secara vegetatif,bagi siswa kelas X Semester I Program Keahlian Agribisnis Tanaman pangan dan Holtikultura SMK Negeri 2 Negara, melalui penerapan metoda pembelajaran berbasis inquiri. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak sebanyak 30 orang siswa.

Kata-kata kunci : Pembiakan Tanaman secara Vegetatif, Pembelajaran berbasis inquiri, Prestasi belajar mata pelajaran Pembibitan tanaman

References

Ariknto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Depdikna.2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB, SLB Tingkat Dasar, dan MI. Jakarta: Depdiknas.

Fenica, I., Muderawan, I. W., & Widiartini, P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 1-6.

Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti

Indra Jati Sidi. 2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.

Izzaty, Rita Eka. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017

Nasution. 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksar

Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Nasution .2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara

Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif. (www.puskur_balitbang_depdiknas.com).upadate 28 Agustus 2007.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruktsional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta

Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud

Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algensindo

Tim Penyusun, 2003, Belajar Sejarah dan Budaya, Jakarta: Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Sukarmen, I. K. (2019). UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PEMBIBITAN TANAMAN DENGAN MATERI POKOK PEMBIAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI. Mimbar Ilmu, 24(3), 377–385. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21681

Issue

Section

Articles