UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI SISWA TERHADAP MATA PELAJARAN PEMBIBITAN TANAMAN DENGAN MATERI POKOK PEMBIAKAN TANAMAN SECARA VEGETATIF MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS INQUIRI
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21681Abstract
Hasil pembelajaran mata pelajaran Pembibitan Tanaman dengan materi pokok Pembiakan Tanaman Secara vegetatif bagi siswa kelas X semester Satu Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura, SMK Negeri 2 Negara, untuk Tahun pelajaran 2015/2016, rendah yakni masih dibawah KKM dan kerjasama antar siswa, masih kurang, demikian juga interaksi dalam kelas belum optimal. Keadaan tersebut membuat pencapaian materi pembelajaran tentang Pembiakan Tanaman secara Vegetatif menjadi kurang efektif, siswa belum mencapai prestasi sesuai yang ditargetkan dalam tujuan pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti berupaya melakukan perbaikan – perbaikan melalui menerapkan pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis inquiri pada mata pelajaran Pembibitan Tanaman dengan materi Pembiakan Tanaman Secara Pejetatif bagi siswa kelas X Semester I Program Keahlian Agribisnis Tanaman Pangan dan Holtikultura SMK Negeri 2 Negara.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pencapaian prestasi belajar mata pelajaran Pembibitan tanaman pada materi Pembibitan Tanaman secara vegetatif,bagi siswa kelas X Semester I Program Keahlian Agribisnis Tanaman pangan dan Holtikultura SMK Negeri 2 Negara, melalui penerapan metoda pembelajaran berbasis inquiri. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak sebanyak 30 orang siswa.Kata-kata kunci : Pembiakan Tanaman secara Vegetatif, Pembelajaran berbasis inquiri, Prestasi belajar mata pelajaran Pembibitan tanaman
References
Ariknto, Suhardjono, Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Depdiknas. 2001. Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.
Depdikna.2002. Petunjuk Pelaksanaan Penilaian Kelas di SD, SDLB, SLB Tingkat Dasar, dan MI. Jakarta: Depdiknas.
Fenica, I., Muderawan, I. W., & Widiartini, P. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 1-6.
Hamalik. 1994. Media Pendidikan. Bandung : Citra Aditya Bakti
Indra Jati Sidi. 2004. Pelayanan Profesional, Kegiatan Belajar-Mengajar yang Efektif. Jakarta: Puskur Balitbang Depdiknas.
Izzaty, Rita Eka. 2017. Prediktor Prestasi Belajar Siswa Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Volume 44, Nomor 2, 2017
Nasution. 1996. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksar
Nasution. 2000. Didaktik Asas-asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara
Nasution .2005. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar.Jakarta: Bumi Aksara
Nana Sudjana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Puskur Balitbang Depdiknas. 2003. Model-model Pembelajaran Efektif. (www.puskur_balitbang_depdiknas.com).upadate 28 Agustus 2007.
Rohani, Ahmad. 1997. Media Instruktsional Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Rahadi, Ansto. 2003. Media Pembelajaran Jakarta : Dikjen Dikti Depdikbud
Sudjana. 2001. Media Pengajaran. Jakarta : Sinar Baru Algensindo
Tim Penyusun, 2003, Belajar Sejarah dan Budaya, Jakarta: Elex Media Komputindo
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.