EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21683Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya informasi siswa tentang cara belajar efektif dan efisien, cara mempersiapkan diri dalam menghadapi tes atau ujian, dan tentang kesulitan dalam menumbuhkan semangat belajar yang menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada semester 1 di SMP Mardisiswa 2 Semarang, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 153 siswa, satu kelas digunakan untuk try-out, sedangkan sampelnya terdiri dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel adalah 123 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Nilai motivasi belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa “Layanan Informasi dengan Teknik Learning Cell Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Mardisiswa 2 Semarang.” Maka dapat disimpulkan penerapan layanan informasi dengan teknik learning cell efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Mardisiswa 2 Semarang.. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan motivasi dalam belajar.
Kata-kata kunci : Layanan Informasi dengan Teknik Learning Cell, Motivasi Belajar
References
Ali, dan Asrori. 2004. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.
Arumsari, Rindang . 2017. Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Yang Berasal Dari Jawa Dan Dari Papua Di Sman 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/ 2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 01 Tahun 2017
Dimyati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan vol 12, No 1.
Elizabert E. Barkley, dkk. 2016. Colaborative Learning Techinques. Bandung: Nusa Media
Fauziah, Amni. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang . JURNAL JPSD Vol. 4 No. 1 Tahun 2017
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 Tahun 2011.
Hisyam Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri
Nuzliah. 2015. Kontribusi Motivasi Belajar, Kreativitas terhadap Problem Solving (Pemecahan Masalah) Siswa dalam Belajar Serta Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di SMPN 29 Padang. Jurnal Edukasi Vol 1 No. 2 Tahun 2015.
Tamayanti, Yoga S. 2017. Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Regulasi Diri Siswa Dalam Belajar Di SMP N 1 Semen Tahun Ajaran 2016-2017. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.
Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Sardiman. A.,M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sholeh, Badrus . 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018 . Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 Oktober 2018
Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Seri Pemandu BK. 2004. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan.
Sugiyono. 2017. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3.No.1 (2015)
Uno, Dr. Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Winkel, W.S & Sri Hastuti.2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.