EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR

Authors

  • Uswatun Khasanah Prodi Bimbingan dan Konsling, FIP Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21683

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya informasi siswa tentang cara belajar efektif dan efisien, cara mempersiapkan diri dalam menghadapi tes atau ujian, dan tentang kesulitan dalam menumbuhkan semangat belajar yang menurun. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII pada semester 1 di SMP Mardisiswa 2 Semarang, yang terdiri dari 5 kelas dengan jumlah 153 siswa, satu kelas digunakan untuk try-out, sedangkan sampelnya terdiri dari satu kelas yang digunakan sebagai sampel penelitian. Jumlah keseluruhan sampel adalah 123 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Nilai motivasi belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test. Analisis yang digunakan untuk menguji validitas adalah korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus alpha. Hasil analisis uji t menunjukkan bahwa “Layanan Informasi dengan Teknik Learning Cell Efektif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Mardisiswa 2 Semarang.” Maka dapat disimpulkan penerapan layanan informasi dengan teknik learning cell efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIII di SMP Mardisiswa 2 Semarang.. Saran yang dapat peneliti sampaikan hendaknya guru pembimbing di sekolah memberikan layanan lanjutan berkenaan dengan motivasi dalam belajar.

 

Kata-kata kunci : Layanan Informasi dengan Teknik Learning Cell, Motivasi Belajar

References

Ali, dan Asrori. 2004. Belajar & Pembelajaran. Yogyakarta: Teras.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Aritonang, Keke T. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Penabur.

Arumsari, Rindang . 2017. Perbedaan Motivasi Belajar Antara Siswa Yang Berasal Dari Jawa Dan Dari Papua Di Sman 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/ 2017 . Jurnal Simki-Pedagogia Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Dimyati. 2007. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan vol 12, No 1.

Elizabert E. Barkley, dkk. 2016. Colaborative Learning Techinques. Bandung: Nusa Media

Fauziah, Amni. 2017. Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas Iv Sdn Poris Gaga 05 Kota Tangerang . JURNAL JPSD Vol. 4 No. 1 Tahun 2017

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdu, Ghullam dan Lisa Agustina. 2011. Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1 Tahun 2011.

Hisyam Zaini, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Mandiri

Nuzliah. 2015. Kontribusi Motivasi Belajar, Kreativitas terhadap Problem Solving (Pemecahan Masalah) Siswa dalam Belajar Serta Implikasi terhadap Bimbingan dan Konseling di SMPN 29 Padang. Jurnal Edukasi Vol 1 No. 2 Tahun 2015.

Tamayanti, Yoga S. 2017. Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Regulasi Diri Siswa Dalam Belajar Di SMP N 1 Semen Tahun Ajaran 2016-2017. Kediri: Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok Dasar dan Profil. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Sardiman. A.,M. 2011. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sholeh, Badrus . 2018. Pengaruh Motivasi Belajar Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ips Siswa Smp Nurul Iman Parung Bogor Tahun Ajaran 2017/2018 . Jurnal Pendidikan, Ekonomi dan Bisnis Vol 3 No 2 Oktober 2018

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito

Seri Pemandu BK. 2004. Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Menengah Kejuruan.

Sugiyono. 2017. Metode Penlitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprihatin, Siti. 2015. Upaya Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa . Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro. Vol.3.No.1 (2015)

Uno, Dr. Hamzah B. 2016. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Winkel, W.S & Sri Hastuti.2005. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: PT. Grasindo.

Downloads

Published

2019-10-30

How to Cite

Khasanah, U. (2019). EFEKTIVITAS LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK LEARNING CELL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR. Mimbar Ilmu, 24(3), 399–405. https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21683

Issue

Section

Articles