UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA PELAJARAN KIMIA
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v24i3.21684Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan prestasi belajar peserta didik melalui metode eksperimen pada pelajaran kimia pada siswa kelas X Teknik Otomotif 4 di SMK Negeri 2 Negara yang terdiri atas 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penelitian berjumlah 25 orang dan obyek penelitian adalah motivasi dan prestasi belajar. Instrumen yang digunakan berupa kuesioner untuk mengukur motivasi belajar peserta didik dan tes hasil belajar untuk mengukur prestasi belajar selama siklus I dan II. Data yang dikumpulkan berupa data kuantitatif dan kualitatif. Metode analisis datanya adalah deskriptif baik untuk data kuantitatif maupun data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data refleksi awal rata-rata prestasi belajar dan ketuntasan klasikal relatif rendah, namun setelah dilaksanakan siklus I hasilnya meningkat dengan prestasi belajar mencapai rata-rata 70.56 dan ketuntasan belajar mencapai 64.00 % serta hasil observasi terhadap motivasi belajar siswa mencapai rata-rata 74.72. Setelah dilaksanakan siklus II secara keseluruhan terdapat peningkatan rata-rata sebesar 22.56 dan ketuntasan meningkat 72.00% dari hasil refleksi awal. Sedangkan motivasi belajar secara keseluruhan terdapat peningkatan 27.40 dari motivasi hasil refleksi awal. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode eksperimen pada pelajaran kimia dapat meningkatkan secara signifikan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas X Teknik Otomotif 4 di SMK Negeri 2 Negara pada semester genap tahun ajaran 2018/2019.
Kata-kata kunci : Motivasi, Prestasi Belajar, dan Metode Eksperimen
References
Bungin, Burhan, 2013. Metode Penelitian Sosial dan Ekonomi : Format-Format Kuantitatif dan Kualitatif untuk Studi Sosiologi, Kebijakan, Publik, Komunikasi, Manajemen, dan Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Depdiknas, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Mendiknas.
Dimyati dan Mudjiono, 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, S.B., 2004. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.
Hopkins, David, 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas (A Teacher’s Guide To Classroom Research). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Indrawati, 2009. Model Pembelajaran Terpadu di Sekolah Dasar Untuk Guru SD. Jakarta. Penerbit Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu.
Mbulu Joseph, 2001. Pendekatan dan Bentuk Pengajaran Individual, Malang: Jurusan TEF FIP UM.
Nurkancana, Wayan dan Sunartana, 2006. Evaluasi Hasil Belajar. Surabaya: Usaha Nasional.
Nasution, M.A., 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Noor, Juliansyah, 2011. “Metode Penelitian: Skripsi, Tesis, Disertasi, dan Karya Ilmiah”. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Padmanaba, I. K. G., Kirna, I. M., & Sudria, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Kimia Koloid Berbantuan Komputer Untuk Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 2(1), 15-24.
Prayitno, 2004. Buku Seri Bimbingan dan Konseling Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Dasar dan Profil). Jakarta: Ghalia Indonesia.
Purwanto, Ngalim, 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Roestiyah, N.K., 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sardiman, A.M., 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Slameto, 2003. Belajar dan Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudjimat, Dwi Agus, 2004. Metodologi Penelitian. Surabaya: Universitas PGRI Adibuana Surabaya.
Suhardjono dan Rufi’I, 2006. Metodologi Penelitian. Surabaya: Program Pascasarjana UNIPA.
Suharsimi Arikunto, 2004. Evaluasi Program Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.
Sutopo, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS.
Sugiyono, 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2007. Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.