Motivasi Berprestasi dan Minat dalam Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V

Authors

  • I Kadek Ari Indrawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ketut Dibia Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37215

Keywords:

Motivasi Berprestasi, Minat Belajar, Hasil Belajar

Abstract

Masih banyak siswa yang kesulitan mempelajari Bahasa Indonesia. Hal ini disebabkan karena merasa bosan dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis korelasi antara motivasi berprestasi dan minat belajar dengan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V. Jenis penelitian ini yaitu ex post facto dengan menggunakan pendekatan asosiatif kuantitatif. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 199 orang siswa. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan untuk menentukan sampel adalah Cluster random Sampling yang berjumlah 52 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner, observasi dan wawancara. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis deskriptif dan inferensial dengan analisis regresi berganda. Hasil penelitian yaitu terdapat korelasi yang signifikan motivasi berprestasi, dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa. Jadi motivasi dan minat belajar siswa mempengaruhi hasil belajar siswa. Implikasi penelitian ini yaitu motivasi dan minat siswa yang tinggi akan dapat meningkatkan kemampuan siswa sehingga berdampak pada hasil belajar yang meningkat.

References

Abdelrahman, R. M. (2020). Metacognitive awareness and academic motivation and their impact on academic achievement of Ajman University students. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04192.

Afinda, Aisyah, & Wijayanti. (2019). Cooperative-STAD Dengan Word Square: Dampaknya Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan Ipa Veteran), 3(1), 17 – 27. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.773.

Anggraini, Y., Patmanthara, S., & Purnomo, P. (2018). Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Disiplin Belajar Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Keahlian Elektronika Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan : Teori , Penelitian Dan Pengembangan, 2(12). http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i12.10316.

Ardhaoui, K., Lemos, M. S., & Silva, S. (2021). Effects of new teaching approaches on motivation and achievement in higher education applied chemistry courses: A case study in Tunisia. Education for Chemical Engineers, 36. /https://doi.org/10.1016/j.ece.2021.05.004.

Astuti, J., Novita, M., & Ismail, M. S. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Menggunakan Contextual Teaching and Learning di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Raudhatul Mujawwidin Tebo. Jurnal Educative, 5(1). http://dx.doi.org/10.30983/educative.v5i1.1630.

Ayulina, Ngurah, G., & Agustika, S. (2020). Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi Belajar Terhadap Kompetensi Pengetahuan Matematika. Mimbar PGSD Undiksha, 8(1), 70–79. /http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v8i1.24580.

Butler, R., & Shibaz, L. (2014). Striving to connect and striving to learn: Influences of relational and mastery goals for teaching on teacher behaviors and student interest and help seeking. International Journal of Educational Researc, 65. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2013.09.006.

Dafit, F., Mustika, D., & Melihayatri, N. (2020). Pengaruh Program Pojok Literasi Terhadap Minat Baca Mahasiswa. Jurnal Basicedu, 4(1). /https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.307.

Dewi, N. N. K., Kristiantari, M. . R., & Ganing, N. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture Berbantuan Media Visual Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia. Journal of Education Technology, 3(4). http://dx.doi.org/10.23887/jet.v3i4.22364.

Fadhilah, N. (2020). Hubungan Antara Daya Ketahanmalangan Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 37–47. https://doi.org/10.17509/eh.v12i1.17687.

Fasikhah. (2019). Hubungan Kebiasaan dan Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Scientific Journals, 1(3), 55-64. https://doi.org/https://doi.org/10.15294/jlj.v9i1.39136.

Fauziah, A. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN Poris Gaga 05 Kota Tanggerang. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 4(1). http://dx.doi.org/10.12928/jpsd.v4i2.9594.

Febriani, C. (2017). Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.8461.

Fitri, F. (2016). Peningkatan Kemandirian Mahasiswa Pendidikan Fisika Pada Mata Kuliah Mekanika Melalui Metode Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Fisika., 4(1). /http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v4i1.391.

Fitri, J. (2019). Minat Baca Dan Kebiasaan Mencontek Dalam Hasil Belajar Memahami Teks Diskusi Siswa Kelas IX SMP N 1 Pariaman. Jurnal Bahasa Indonesia, Sastra, Dan Pengajarannya, 5(1), 31–38. http://dx.doi.org/10.26740/jpi.v5n1.p31-38.

Fitri, Saparahayuningsih, & Agustriana. (2017). Perencanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 2(1). https://doi.org/10.33369/jip.2.1.1-13.

Fitriyani, & Sari. (2020). Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Selama Pandemik Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran, Dan Pembelajaran, 6(2), 165–175. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2654.

Hartuti. (2015). Peran konsep diri, minat dan kebiasaan belajar peserta didik terhadap prestasi belajar fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(2). http://dx.doi.org/10.30998/formatif.v5i2.329.

Herlina, L., & Suwatno, S. (2018a). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771.

Herlina, & Suwatno. (2018b). Kecerdasan Intelektual Dan Minat Belajar Sebagai Determinan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2). https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11771.

Hidayah, N. (2015). Penanaman Nilai-Nilai Karakter Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190-204.https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 190–204. https://doi.org/10.24042/terampil.v2i2.1291.

Hsieh, T., Simpkins, S. D., & Eccles, J. S. (2021). Gender by racial/ethnic intersectionality in the patterns of Adolescents’ math motivation and their math achievement and engagement. Contemporary Educational Psychology, 66. https://doi.org/10.1016/j.cedpsych.2021.101974.

Idzhar, A. (2016). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Office, 2(2), 222–228. /https://doi.org/10.26858/jo.v2i2.2956.

Insyasiska, Zubaidah, & Susilo. (2015). Pengaruh Project Based Learning terhadap Motivasi Belajar, Kreativitas, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Kemampuan Kognitif Siswa pada Pembelajaran Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9–21. http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i1p9-21.

Irwandi. (2018). Penerapan Model Kooperatif Teknik Paired Story Telling Untuk Meningkatkan Kemampuan Bercerita Siswa Kelas V Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Min Mesjid Raya Banda Aceh. Piornir: Jurnal Pendidikan, 7(1). http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3320.

Joyo, A. (2018). Gerakan Literasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kearifan Lokal Menuju Siswa Berkarakter. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran (KIBASP), 1(2). https://doi.org/10.31539/kibasp.v1i2.193.

Kim, Y., Mok, S. Y., & Seidel, T. (2020). Parental influences on immigrant students’ achievement-related motivation and achievement: A meta-analysis. Educational Research, 30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100327.

Kulakow, S. (2020). Academic self-concept and achievement motivation among adolescent students in different learning environments: Does competence-support matter? Learning and Motivation, 70. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2020.101632.

Laras, S. A., & Rifai, A. (2008). Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Bbplk Semarang. Jurnal E-Plus, 4(2). http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v4i2.7307.

Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1). https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536.

Martha, nia ulfa, & Andini, novita pri. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 5(2). https://doi.org/10.22219/jinop.v5i2.9992.

Maryani, N., Ichsan, M., & Khairunnisa. (2017). Signifikansi Metode Guide Reading Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Teori Membaca Nyaring Guide Reading Method On Students ’ Learning Motivation In Reading Loudly Lesson. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 126–139. http://dx.doi.org/10.30997/dt.v4i2.924.

Moghadam, M. T., Abbasi, E., & Khoshnodifar, Z. (2020). Students’ academic burnout in Iranian agricultural higher education system: the mediating role of achievement motivation. Heliyon, 6(9). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04960.

Mulyantini, N. L. D., Suranata, K., & Margunayasa, I. G. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray Terhadap Minat Belajar Ipa Siswa Kelas IV SD. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i1.17023.

Ningrat, S. P., Agung, A. A. G., & Yudana, I. M. (2020). Kontribusi Etos Kerja, Motivasi Kerja, Disiplin Kerja dan Supervisi Akademik Terhadap Kinerja Guru Sd Gugus VII Kecamatan Mengwi. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 3(1), 54–63. https://doi.org/10.23887/japi.v11i1.3169.

Ningsih, N. L. P. R., Darsana, I. W., & Abadi, I. B. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 202–209. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v6i3.21097.

Noervadila, Irma, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X Ips Semester Genap Di Ma Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582.

Noervadila, & Misriyati. (2020). Pengaruh Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X IPS Semester Genap Di MA Fathus Salafi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal IKA : Ikatan Alumnus PGSD UNARS, 8(1). https://doi.org/10.36841/pgsdunars.v8i1.582.

Noor, F. M., & Wilujeng, I. (2015). Pengembangan Ssp Fisika Berbasis Pendekatan Ctl Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 1(1). https://doi.org/10.21831/jipi.v1i1.4534.

Nurlia, Hala, Muchtar, Jumadi, & Taiyeb. (2017). Hubungan Antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2). https://doi.org/10.24114/jpb.v6i2.6552.

Nursyam, A. (2019). Peningkatan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Penelitian Hukum Dan Pendidikan, 18(1), 811–819. http://dx.doi.org/10.30863/ekspose.v18i1.371.

Parker, P. C., Perry, R. P., Hamm, J. M., Chipperfield, J. G., Dryden, R. P., & Daniels, L. M. (2021). A motivation perspective on achievement appraisals, emotions, and performance in an online learning environment. International Journal of Educational Research, 108. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2021.101772.

Partovi, T., & Razavi, M. R. (2019). The effect of game-based learning on academic achievement motivation of elementary school studentsNo Title. Learning and Motivation, 68. https://doi.org/10.1016/j.lmot.2019.101592.

Pasek, N. (2018). Determinasi Sikap Guru terhadap Profesinya, Konsep Diri, dan Iklim Kerja Sekolah terhadap Kinerja Guru Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Sains Dan Humaniora, 1(1). https://doi.org/10.23887/jppsh.v1i1.12926.

Prayoga, A. (2019). Pengaruh kegiatan awal pembelajaran, disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 53–64. http://dx.doi.org/10.23887/jipp.v3i1.17110.

Puspayanti, I. G. A. R., Darsana, I. W., & Ganing, N. N. (2013). Pengaruh Pendekatan Savi Terhadap Keterampilan Menyimak Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Gugus Letkol Wisnu Kecamatan Denpasar Utara. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v1i1.1256.

Puspitasari. (2018). Metode Pembelajaran Bermain Peran Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Cakrawala Pendas, I(1), 55–64. http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.347.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, & Mergunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087.

Putrayasa, I. M., Syahruddin, S. P., & Margunayasa, I. G. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v2i1.3087.

Qusyairi, L. A. H., & Jannati. (2018). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Inside-Outside Circle (IOC) terhadap Prestasi Belajar dengan Memperhatikan Minat Belajar Matematika. Palapa: Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 6(1). https://doi.org/10.36088/palapa.v6i1.57.

Rahmawati, A. (2018). Identifikasi Masalah yang Dihadapi Guru dalam Penerapan Kurikulum 2013. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 114–123. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.14227.

Risabethe, & Astuti. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Karakter Semangat Kebangsaan Siswa Kelas V SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 1. /https://doi.org/10.21831/jpk.v7i1.15498.

Salma, & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17555.

Sanjiwana, P. P. C. M., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis sikap sosial siswa kelas V pada pembelajaran dengan kurikulum 2013. Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v3i1.5631.

Sari, P. A. P. (2020). Hubungan Literasi Baca Tulis Dan Minat Membaca Dengan Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(1), 141–152. http://dx.doi.org/10.23887/jlls.v3i1.24324.g14714.

Sitompul, Setiawan, & Purba. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Desain Sistem Instruksional Pendekatan Tpack. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pendidikan, 4(2), 141–146. https://doi.org/10.24114/jtikp.v4i2.8761.

Sofyan. (2016). Pembelajaran Problem Based Learning dalam Implementasi Kurikulum 2013 di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 260–271. https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11275.

Suardana, & Simarmata. (2013). Hubungan Antara Motivasi Belajar dan Kecemasan pada Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar di Denpasar Menjelang Ujian Nasional. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1). https://doi.org/10.24843/JPU.2013.v01.i01.p20.

Suryana. (2020). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Indonesia. Jurnal Edukasi, 14(1). https://doi.org/10.15294/edukasi.v14i1.971.

Susmiati, E. (2020). Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Indonesia Melalui Penerapan Model Discovery Learning dan Media Video Dalam Kondisi Pandemi Covide-19 bagi Siswa SMPN 2 Gangga. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(3). https://doi.org/https://doi.org/10.33394/jp.v7i3.2732.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113.

Ulfah, D., Garim, I., & Sultan, S. (2019). Bias Gender Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Atas. RETORIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 12(2). https://doi.org/10.26858/retorika.v12i2.8935.

Vani, S. (2016). Analisis Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padang. Economica, 4(2), 308–314. https://dx.doi.org/10.22202/economica.2016.v4.i2.669.

Widiyasanti, M., & Ayriza, Y. (2018). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21489.

Winursiti. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Reinforcement Simbolik Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IVB di SD Lab Undiksha. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 17(2), 270–275. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v1i4.12120.

Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Berbasis Open Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2), 153–164. http://dx.doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25103.

Wuryanti, U., & Kartowagiran, B. (2016). Pengembangan Media Video Animasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Karakter Kerja Keras Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(2). https://doi.org/ 10.21831/jpk.v6i2.12055.

Ya-hsunTsai, Lin, C., Hong, J., & Kai-hsin Tai. (2018). The effects of metacognition on online learning interest and continuance to learn with MOOCs. Computers & Education, 121, 18–29. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.02.011.

Yanthi, Japa, & Tegeh. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT DAN Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10914.

Downloads

Published

2021-07-24

How to Cite

Indrawan, I. K. A., & Dibia, K. (2021). Motivasi Berprestasi dan Minat dalam Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V. Mimbar Ilmu, 26(3), 408–416. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.37215

Issue

Section

Articles