Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pembelajaran MPK Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Penguatan Karakter Nasionalis Pada Masa Pandemi

Authors

  • Trina Des Ryantini Universitas Pendidikan Ganesha
  • Yoga Putra Semadi Universitas Pendidikan Ganesha
  • Luh Putu Eka Damayanthi Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39195

Keywords:

inklusi pajak, mpk bahasa Indonesia, pendidikan karakter

Abstract

Penguatan nilai karater tidak hanya berkaitan dengan kesopanan dan kesantunan berperilaku tetapi juga bisa dikaitkan dengan kesadaran dan kepatuhan perpajakan. Kesadaran pajak sampai saat ini masih tergolong rendah sehingga berimbas pada rendahnya kepatuhan pajak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan inklusi kesadaran pajak dalam pembelajaran MPK Bahasa Indonesia sebagai penguatan karakter nasionalis sehingga mahasiswa memiliki sikap positif terhadap bahasa Indonesia dan  kesadaran pajak sebagai wujud penunjang karakter nasionalis (cinta tanah air). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitiatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa rombel MPK Undiksha sebanyak 130 orang. Penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman dokumentasi dan kuesioner. Data penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif, yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masih ada mahasiswa yang belum memiliki pengetahuan tentang definisi pajak; wajib pajak; dampak tidak membayar pajak; sanksi dan manfaat pajak sehingga berimbas pada kesadaran pajak. Penelitian inklusi kesadaran pajak ini dapat menguatkan karakter nasionalis mahasiswa, yaitu memupuk kesadaran pajak dan sikap positif sebagai penutur bahasa Indonesia. Hal ini membuktikan bahwa inklusi kesadaran pajak dalam pembelajaran MPK di perguruan tinggi, penting dan harus dilanjutkan sehingga dapat memberikan penguatan nilai-nilai karakter bangsa.

Author Biographies

Trina Des Ryantini, Universitas Pendidikan Ganesha

Unit MPK/LPPPM

Yoga Putra Semadi, Universitas Pendidikan Ganesha

Unit MPK/LPPPM

Luh Putu Eka Damayanthi, Universitas Pendidikan Ganesha

PTI

References

Abdullah, B., Radiansyah, R., & Akbar, A. (2015). Pendidikan Karakter Di Madrasah Aliyah Negeri (Man) 2 Banjarmasin. Inferensi, 9(2), 537. https://doi.org/10.18326/infsl3.v9i2.537-560.

Adibatin, A. (2016). Pendidikan Karakter Bangsa Berbasis Strategi Pembelajaran PAKEM Melalui Permainan Cincin di Jempol Tangan (Karya Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar). Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p1-18.

Amin, M., Syahnaidi, Q., & Baroroh, R. U. (2018). Integrasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Sekolah Muhammadiyah. Journal of Arabic Studies, 3(2), 181–195. https://doi.org/10.24865/ajas.v3i2.97.

Andarwati, M. (2017). Menguatkan Karakter Bhineka Tunggal Ika Melalui Pembelajaran Sejarah di Kelas. Jurnal Sains Psikologi, 11(2), 172–179. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um020v11i22017p174.

Ansori, Y. Z. (2020a). Pembinaan Karakter Siswa Melalui Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(1), 177–186. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/308/202/.

Ansori, Y. Z. (2020b). Penguatan karakter disiplin siswa melalui peranan guru di sekolah dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 3(1), 126–135. https://ejournal.unma.ac.id/index.php/educatio/article/download/308/202/.

Antari, N. L. P. Y., & Supadmi, N. L. (2019). Pengaruh Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan Modern, Kualitas Pelayanan dan Kesadaran Wajib Pajak pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 26(1), 221 – 250. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v26.i01.p09.

Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.

As’ari, N. G., & Erawati, T. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak dan Sanksi Pajak Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Empiris pada Wajib Pajak Orang Pribadi Kecamatan Rongkop Akuntansi Dewantara. 2(1), 46–55. https://doi.org/10.29230/ad.v2i1.2221.

Bidaya, Z., & Dari, S. M. (2020). Revolusi Mental Melalui Penguatan Pendidikan Karakter untuk Siswa Berkebutuhan Khusus di Kota Mataram. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(2), 51. https://doi.org/10.31764/civicus.v8i2.2861.

Cahyono, B., Tsani, D. F., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Buku Saku Matematika Berbasis Karakter pada Materi Trigonometri. Jurnal Phenomenon, 08(2), 185–199. http://dx.doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929.

Dewi, A. K. T., Degeng, I. N. S., & Hadi, S. (2019). Implementasi Pendidikan Nilai Karakter di Sekolah Dasar Melalui Budaya Sekolah. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(2), 247–255. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i2.12011.

Dharma, Ida Bagus Alit Surya Astika, I. B. P. (2021). Kondisi Keuangan, Kualitas Pelayanan, Sanksi Perpajakan, Kesadaran dan Kepatuhan Wajib Pajak Kendaraan Bermotor. E-Jurnal Akuntansi, 31(7). https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i07.p01.

Dianastiti, F. E. (2019). Urgensi Inklusi Pajak pada Mata Kuliah Umum di Perguruan Tinggi: Studi Kasus Persepsi dan Pemahaman Perpajakan MahasiswaUniversitasTidar. https://doi.org/https://jurnal.untidar.ac.id/index.php/publicadminis/article/view/2394.

DJP. (2016). Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pendidikan.

Faqih, F. I. (2019). Pembentukan Karakter Peserta Didik Melalui Sosiodrama. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 1–18. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/metalingua.v4i1.6123.

H, A. W. (2017). Penerapan Media Video Jejak Petualang Trans 7 dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial (IPS) untuk Meningkatkan Karakter Cinta Tanah Air pada Siswa Kelas VIII G SMP Negeri 3 Lembang. International Journal Pedagogy Of Social Studies (JAN 2017), 1(1). https://doi.org/https://doi.org/10.17509/ijposs.v1i1.2086.

Hariti, T., Rejeki, S., & Ernawati. (2020). Strengthening soft skills as the character of student nurses through the preceptorship management model. Enfermeria Clinica, 30(2019), 64–68. https://doi.org/10.1016/j.enfcli.2019.11.022.

Herlina, V. (2020). Pengaruh Sanksi, Kesadaran Perpajakan dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Bumi dan Bangunan di Kabupaten Kerinci. Jurnal Benefita, 5(2), 252–263. https://doi.org/Https://doi.org/10.22216/jbe.v5i2.5168.

Hermawan, Y. D. (2021). Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Guna Mewujudkan Generasi Emas Indonesia Siswa MTS Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus, Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 4(2), 176–191. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/jie.v4i2.8307.

Imam, S. (2018). Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Alat Evaluasi Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(1), 74–83. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpk.v8i1.21676.

Jaya, I. M. L. M. (2019). Realita Kesadaran Pajak di Kalangan Generasi Muda (Mahasiswa) Yogyakarta dan Surabaya. Jurnal Ilmiah Akuntansi, 4(2), 161–183.

Kartikasari, N. L. G. S., & Yadnyana, I. K. (2020). Pengetahuan Perpajakan, Sanksi Pajak Kesadaran Wajib Pajak dan Kepatuhan WPOP Sektor UMKM. E-Jurnal Akuntansi, 31(4), 925–936. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2021.v31.i04.p10.

Kuswara, & Sumayana, Y. (2020). Apresiasi Cerita Rakyat sebagai Upaya Memperkuat Karakter Siswa dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 5(1), 317–326. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.678.

Labudasari, E., & Rochmah, E. (2019). Pengaruh gerakan literasi sekolah terhadap karakter mandiri siswa di SDN Kanggraksan Cirebon. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 57. https://doi.org/10.25273/pe.v9i1.4254.

Mahendra, I. P. A. J., & Budhiarta, K. (2020). Pengaruh Penerapan E-Filling Perpajakan, Kualitas Pelayanan, Kesadaran Wajib Pajak, dan Sanksi Perpajakan pada Kepatuhan WPOP. E-Jurnal Akuntansi, 30(5), 1183 – 1195. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2020.v30.i05.p09.

Marjanto, D. K. (2019). Pewarisan Nilai Budaya Melalui Pranata Pendidikan Adat dalam Rangka Mendukung Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jurnal Penelitian Sejarah Dan Budaya (Patanjala), 11(2), 249 – 263. https://doi.org/https://doi.org/10.30959/patanjala.v11i2.506.

Munif, M., Rosi, F., & Yusrohlana, S. (2021). Strategi Guru dalam Membentuk Karakter Siswa melalui Nilai-nilai Kejujuran. Jurnal Pendidikan Dasar (Fondatia), 5(2), 163 – 179. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/fondatia.v5i2.1409.

Munirah, Mudaksir, & Juanda. (2021). Perbandingan Pemikiran Tokoh Dalam Novel Dahlan dan Novel Penakluk Badai Serta Relevansinya Terhadap Pembelajaran Sastra Berbasis Karakter di SMA. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(3), 631–640. https://doi.org/https://e-journal.undikma.ac.id/index.php/jurnalkependidikan/index.

Nasiruddin. (2018). Pembentukan Karakter Anak melalui Keteladanan Orang Tua. Jurnal Kependidikan, 6(2), 232–333. https://doi.org/https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1933.

Navisah, I. (2017). Model Pengembangan Karakter dalam Keluarga. Jurnal Psikologi Islam (JPI), 14(1), 1–21. https://doi.org/https://doi.org/10.18860/psi.v14i1.6498.

Negara, G. I., & Dewi, R. S. (2019). Strategi dan Media Kehumasan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) dalam Rangka Meningkatkan Kesadaran Perpajakan Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Jurnal Ranah Komunikasi (JRK), 3(1), 45–54. https://doi.org/https://doi.org/10.25077/rk.3.1.45-54.2019.

Nugroho, M., & Kusdarini, E. (2016). Strategi Pemerintah Desa dalam Meningkatkan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan. IPPK, 4(1), 117–128. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/um019v4i1p117-127.

Pajakonline. (2020). Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Menurun Saat Pandemi Corona.

Permatasari, M., & M, N. K. L. A. (2019). Pengaruh Kesadaran, Kualitas Pelayanan, Pengetahuan Perpajakan, Dan Sanksi Perpajakan Pada Kepatuhan Wajib Pajak Reklame. E-Jurnal Akuntansi, 28(1), 748 – 773. https://doi.org/https://doi.org/10.24843/EJA.2019.v28.i01.p29.

Pratama, W. P. P. (2016). Model Pembelajaran Karakter Pelaut. Jurnal Pendidikan Vokasi, 6(3), 318–334. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/jpv.v6i3.11446.

Priyambodo, A. B. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air pada Sekolah Berlatar Belakang Islam di Kota Pasuruan. Jurnal Sains Psikologi, 6(1), 9–15. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um023v6i12017p9-15.

Rosid, A. (2021). Nilai-nilai dalam Sastra Anak sebagai Sarana Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 6(1), 7–10. https://doi.org/https://doi.org/10.21107/metalingua.v6i1.10508.

Ruky, N. E., Putra, W. E., & Mansur, F. (2018). Pengaruh Pemahaman Peraturan Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak, Akuntabilitas Pelayanan Publik dan Kewajiban Moral Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak (Studi Empiris pada Kantor Bersama SAMSAT Kota Jambi). Jurnal Riset Akuntansi Dan Keuangan, 6(3), 405–418. https://doi.org/https://doi.org/10.17509/jrak.v6i3.14417.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.

Suheli. (2018). Manajemen Peserta Didik Berbasis Pesantren dalam Pembentukan Karakter. Jurnal Kependidikan, 6(2), 207–221. https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.2258.

Sujatmiko, I. N., Arifin, I., & Sunandar, A. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter di SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(8), 1113–1119. https://doi.org/https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i8.12684.

Sukirman, & Minarwati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Sastra Kreatif Berbasis Karakter Terhadap Pengembangan Karakter Siswa di Madrasah Aliyah Negeri Palopo. Jurnal Kependidikan (Didaktika), 9(4), 89–402. https://doi.org/https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/54/36.

Sukowidyanti, A. P., Nurlaily, F., & Aini, E. K. (2019). Pengembangan dan Pelatihan Perpajakan Games Edukasi Perpajakan Untuk Meningkatkan Kesadaran Pajak Early Tax Payer. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(1), 18–30. https://doi.org/https://doi.org/10.33474/jipemas.v2i1.1637.

Supriatna, E. (2020). Wabah Corona Virus Disease (Covid 19) Dalam Pandangan Islam. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(6). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i6.15247.

Vionita, & Kristanto, S. B. (2018). Pengaruh Sosialisasi Perpajakan, Kesadaran Wajib Pajak,dan Adanya Sanksi Pajak terhadap Kepatuhan Perpajakan bagi Prospective Taxpayer. Jurnal Akuntansi Kontemporer (JAKO), 10(2), 81–91. https://doi.org/https://doi.org/10.33508/jako.v10i2.2217.

Yuliadi. (2018). Pengaruh Kesadaran Wajib Pajak dan Pelayanan Fiskus terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi Melalui Penerapan Sistem Administrasi Perpajakan. Jurnal Akuntansi Keuangan Dan Bisnis, 11(2), 57–66.

Downloads

Published

2021-10-14

How to Cite

Ryantini, T. D., Semadi, Y. P., & Damayanthi, L. P. E. (2021). Inklusi Kesadaran Pajak dalam Pembelajaran MPK Bahasa Indonesia Sebagai Upaya Penguatan Karakter Nasionalis Pada Masa Pandemi. Mimbar Ilmu, 26(3), 417–424. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39195

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)