Dampak Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Whatsapp Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Menulis Siswa

Authors

  • I Nyoman Sudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Hendra Sukmayasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39679

Keywords:

Project based learning, WhatsApp, kreativitas, keterampilan menulis

Abstract

Proses pembelajaran dilakukan dalam jaringan menggunakan berbagai macam media sosial. Proses pembelajaran ini membuat siswa menjadi kurang bersemangat dalam belajar dan berdampak negatif terhadap kreativitas dan keterampilan menulis siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Project based learning berbantuan WhatsApp terhadap kreativitas dan keterampilan menulis siswa kelas IV SD. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian yang digunakan adalah the posttest-only control-group desain. Populasi yang sekaligus menjadi sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV, yang berjumlah 54 orang siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Project based learning berbantuan WhatsApp. Sedangkan variabel terikatnya adalah kreativitas dan keterampilan menulis siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode unjuk kerja dan tes. Metode unjuk kerja digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas siswa, sedangkan metode tes digunakan untuk mengumpulkan data keterampilan menulis siswa. Data kreativitas dan keterampilan siswa ditabulasi rerata dan simpangan bakunya. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah MANOVA. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara sendiri-sendiri maupun secara simultan, model pembelajaran Project based learning berbantuan WhatsApp berpengaruh signifikan terhadap kreativitas dan keterampilan menulis siswa kelas IV SD Lab Undiksha tahun pelajaran 2021/2022. Implikasi dari penelitian ini adalah adanya peningkatan kreativitas dan keterampilan menulis siswa, sehingga model pembelajaran Project based learning berbantuan WhatsApp sangat efektif digunakan dalam pembelajaran di era pandemi covid-19.

References

Andrian, Y., & Rusman, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 12(1), 14–23. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v12i1.20116.

Arends, R. . (2004). Learning to Teach. McGraw Hill.

Ariani, T. (2020). Analysis of Students’ Critical Thinking Skills in Physics Problems. Physics Educational Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.37891/kpej.v3i1.119.

Ayuni, D., Marini, T., Fauziddin, M., & Pahrul, Y. (2020). Kesiapan Guru TK Menghadapi Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 414. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.579.

Bai, L. D. Y. (2019). Comparison of Charity and Project-Based Service Learning Models on Knowledge Outcomes of Dietetic Students in a Community Nutrition Course. Journal of the Academy of Nutrition and Dietetics, 119(10), A124. https://doi.org/10.1016/j.jand.2019.08.082.

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas WhatsApp sebagai Media Belajar Daring. Jurnal Basicedu, 4(4), 775–783. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445.

Dewi, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PJBL) untuk Meningkatakan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa. Cakrawala Pedagogik, 4(1), 112–120. https://doi.org/10.51499/cp.v4i1.147.

Dwi Saputra, M., Joyoatmojo, S., & Kusuma Wardani, D. (2018). The Assessment of Critical-Thinking-Skill Tests for Accounting Students of Vocational High Schools. International Journal of Educational Research Review, 3(4), 85–96. https://doi.org/10.24331/ijere.453860.

Endah Yuliani, & Romadhiyana Kisno Saputri. (2021). Perbandingan Penggunaan Platform Google Classrom dan Grup Whatsapp Dalam Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 238–243. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.934.

Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project based learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), 201. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187.

Gunawan, G., Sahidu, H., Harjono, A., & Suranti, N. M. Y. (2017). Efektivitas Penerapan Model Project based learning Berbantuan Media Virtual terhadap Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2). https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13514.

Gunawan, I., & Palupi, A. R. (2016). Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, Dan Penilaian. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 2(02). https://doi.org/10.25273/pe.v2i02.50.

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(2), 1349–1355. https://doi.org/10.19166/pji.v14i1.789.

Hussin, W. N. T. W., Harun, J., & Shukor, N. A. (2018). Problem Based Learning to Enhance Students Critical Thinking Skill via Online Tools. Asian Social Science, 15(1), 14. https://doi.org/10.5539/ass.v15n1p14.

Ismi, L. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project based learning Pada Mata Pelajaran Instalasi. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 306–315. https://doi.org/10.23887/jipp.v3i3.21840. 306-309.

Kean, A. C., & Kwe, N. M. (2014). Meaningful Learning in the Teaching of Culture: The Project based learning Approach. Journal of Education and Training Studies, 2(2). https://doi.org/10.11114/jets.v2i2.270.

Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991.

Marlani, L., & Prawiyogi, A. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi Di Sekolah Dasar. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 2(1). https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4427.

Muhammad Fikri, Muhammad Zaki Ananda, N. F. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 9(1), 145–148. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2290.

Muis, A. A. (2013). Prinsip-Prinsip Belajar dan Pembelajaran. ISTIQRA, 1(1).

Mutakinati, L., Anwari, I., & Yoshisuke, K. (2018). Analysis of students’ critical thinking skill of middle school through stem education project-based learning. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 7(1), 54–65. https://doi.org/10.15294/jpii.v7i1.10495.

Nadiyah, R. S., & Faaizah, S. (2015). The Development of Online Project Based Collaborative Learning Using ADDIE Model. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 195, 1803–1812. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.06.392.

Nair, M. G., & Suryan, A. (2020). Trans-disciplinary Project based learning Models for Community Service. Procedia Computer Science, 172, 735–740. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.105.

Najib, D. A. dan E. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. Jurnal PGMI, 2(1), 19–28. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/view/1063.

Natalita, R. K., Situngkir, N., & Rabbani, S. (2019). Meningkatkan keterampilan menulis tegak bersambung dengan menggunakan metode drill pada siswa kelas 1 SD. Journal of Elementary Education, 02(January), 18–25. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/download/3084/804.

Natty, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Project based learning Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1082 – 1092. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.262.

Netriwati, N. (2018). Penerapan Taksonomi Bloom Revisi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 347–352. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3238.

Pitt, V., Powis, D., Levett-Jones, T., & Hunter, S. (2015). The influence of critical thinking skills on performance and progression in a pre-registration nursing program. Nurse Education Today, 35(1), 125–131. https://doi.org/10.1016/j.nedt.2014.08.006.

Poerwati, C. E., & Cahaya, I. M. E. (2018). Project-Based Drawing Activities in Improving Social-Emotional Skills of Early Childhood. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 183. https://doi.org/10.31004/obsesi.v2i2.114.

Prajana, A. (2017). Pemanfaatan Aplikasi Whatsapp Untuk Media Pembelajaran Dalam Lingkungan Uin Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(2), 122. https://doi.org/10.22373/cs.v1i2.1980.

Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan Kemampuan Kerjasama Melalui Model Project based learning (Pjbl) Berbantuan Metode Edutainment Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2357.

Radyuli, P., & Rahmat, V. (2017). Korelasi Disiplin Belajar dan Kreativitas Belajar Terhadap Minat Belajar Teknologi Informasi dan Komunikasi ( TIK ). Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 4(2), 262–271. file:///C:/Users/SONY-PC/AppData/Local/Temp/69-61-1-PB.pdf.

Rahmadani, N. (2019). Peningkatan Keterampilan Menulis Permulaan Melalui Penerapan Metode Struktur Analitik Sintetik (Sas) Di Kelas I SDN 61 Tondok Alla Kecamatan Telluwanua Kota Palopo. Journal of Teaching Dan Learning Research, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.586.

Rahmawati, I. Y., & Yulianti, B. (2020). Kreativitas guru dalam proses pembelajaran ditinjau dari penggunaan metode pembelajaran jarak jauh di tengah wabah. AL-ASASIYYA: Journal Basic of Education, 5(1), 27–39. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.

Safitri, N. L., Zubaidah, S., & Kuswantoro, H. (2018). Pengembangan LKS Project based learning Berbasis Penelitian Perlakuan Perbedaan Dosis Fosfat pada Genotipe Kedelai. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 518–523. https://doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10813.

Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) Upaya Peningkatan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 79–83. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6548.

Setyowati, N., & Mawardi, M. (2018). Sinergi Project based learning dan Pembelajaran Bermakna untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 8(3), 253–263. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p253-263.

Silberman, D., Carpenter, R., Takemoto, J. K., & Coyne, L. (2021). The impact of team-based learning on the critical thinking skills of pharmacy students. Currents in Pharmacy Teaching and Learning, 13(2), 116–121. https://doi.org/10.1016/j.cptl.2020.09.008.

Suandi, I N., Sudiana, I N., dan Nurjaya, I. G. (2018). Keterampilan Berbahasa Indonesia Berorientasi Nasional dan Harmoni Sosial. Rajawali Press.

Sunarsih, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Berita Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 16 Singkawang. JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 65 – 67. https://doi.org/10.26737/jp-bsi.v1i2.92.

Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PjBL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas Siswa Kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 41–54. https://doi.org/10.24815/pear.v6i1.10703.

Syafari, Y., & Montessori, M. (2020). Analisis Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(3), 1295–1303. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.872.

Tandika, P. (2017). Primary School Teachers’ Practices in Developing Pupils with Writing Competency. Journal of Elementary Education, 27(1), 107–122.

Tolentino, C. . (2011). Meaningful Learning Through E-Learning. Research Gate.

Tompkins, J. A., et al. (2003). Facilities Planning. 3rd ed. John Wiley & Sons, Inc.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65. https://doi.org/10.22219/jppg.v1i1.12462. .

Yarmi, G. (2017). Pembelajaran Menulis di Sekolah Dasar. Perspektif Ilmu Pendidikan, 31(1), 1. https://doi.org/10.21009/pip.311.1.

Yassine, B. T., ELFaddouli, N., Samir, B., & KhalidiIdrissi, M. (2013). Project-based Learning Modeling Language. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 106, 2159–2178. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.12.247.

Yudha, F., Dafik, D., & Yuliati, N. (2018). The Analysis of Creative and Innovative Thinking Skills of the 21st Century Students in Solving the Problems of “Locating Dominating Set” in Research Based Learning. International Journal of Advanced Engineering Research and Science, 5(3), 163–176. https://doi.org/10.22161/ijaers.5.3.21.

Zinsser, W. (2017). On Writing Well, 30th Anniversary Edition, The Classic Guideto Writing Nonfiction. HarperCollins e-book.

Downloads

Published

2021-11-02

How to Cite

Sudiana, I. N., & Sukmayasa, I. M. H. (2021). Dampak Model Pembelajaran PJBL Berbantuan Whatsapp Terhadap Kreativitas dan Keterampilan Menulis Siswa. Mimbar Ilmu, 26(3), 491–498. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.39679

Issue

Section

Articles