Model Project-Based Learning Berbantuan Penilain Teman Sebaya di Tengah Pandemi untuk Meningatkan Hasil Pendidikan IPS Mahasiswa PGSD

Authors

  • I Kadek Edi Yudiana Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ni Wayan Eka Widiastini Universitas Pendidikan Ganesha
  • L Heny Nirmayani STHN Empu Kuturan Singaraja

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40236

Keywords:

project-based learning, penilain teman sebaya

Abstract

Pembelajaran daring tidak selamanya baik banyak masih kekurangannya salah satunya adalah mahasiswa merasa bosan karena proses pembelajaran monoton dan kurang menarik. Sehingga mahasiswa tidak tertarik belajar dan menyelesaikan pembelajaran yang dilakukan di di e-learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh model model Project-Based Learning berbatuan penelian teman sebaya terhadap hasil belajar. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian semu. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan posttest only control group design Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester II PGSD yang ada di Singaraja yang berjumlah 170 mahasiswa yang tersebar secara merata di 6 kelas yaitu kelas A-F. Data diperoleh dari hasil perhitungan skor tes hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan dua teknik analisis yaitu analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil analisis dengan uji t diperoleh terdapat perbedaan antara mahasiswa yang belajar dengan model Project-Based Learning berbatuan penelian teman sebaya dengan mahasiswa yang belajar dengan daring. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig. yang lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,00. Jadi, model Project-Based Learning berbantuan penilaian teman sebaya memberikan pengaruh yang positif terhadap hasil belajar. Sehingga di rekomdasikan sebagai salah satu model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran daring.

Author Biography

I Kadek Edi Yudiana, Universitas Pendidikan Ganesha

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Alias, M., Masek, A., & Salleh, H. H. M. (2015). Self, Peer and Teacher Assessments in Problem Based Learning: Are They in Agreements? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 204(November 2014), 309–317. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.08.157.

Andi, I. P., Arsana, B., Jampel, I. N., & Kusmariyatni, N. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe stad ips kelas iv sd universitas pendidikan ganesha. Mimbar pgsd, 5(1). http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.11031.

Apriyanto, B., Nurdin, E. A., Ikhsan, F. A., & Kurniawan, F. A. (2017). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Memahami Lingkungan Hidup Pada Mata Pelajaran Ips Di Smp Negeri 2 Sukodono. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 11(2), 7. https://doi.org/10.19184/jpe.v11i2.5727.

Arikunto, S. (2015). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111.

Chang, T. Y., Hong, G., Paganelli, C., Phantumvanit, P., Chang, W. J., Shieh, Y. S., & Hsu, M. L. (2020). Innovation of dental education during COVID-19 pandemic. Journal of Dental Sciences, 155. https://doi.org/10.1016/j.jds.2020.07.011.

Donas Ahmad Najib, & Elhefni. (2016). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Bermakna (Meaningfull Learning) Pada Pembelajaran Tematik IPS Terpadu Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas III di MI Ahliyah IV Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 2(1), 19–28.

Dong, C., Cao, S., & Li, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105440.

Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects of Psychiatric Nursing Simulation on Anxiety and Self-confidence about Clinical Placement of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. https://doi.org/10.5762/kais.2015.16.11.7812.

Hwang, G. J., Wang, S. Y., & Lai, C. L. (2020). Effects of a social regulation-based online learning framework on students’ learning achievements and behaviors in mathematics. Computers and Education, 160, 104031. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.104031.

Jalili, M., & Shishavan, H. B. (2020). Responding to student feedback: Individualising teamwork scores based on peer assessment. ArXiv, 1(August), 100019. https://doi.org/10.1016/j.ijedro.2020.100019.

James, S., Lanham, E., Mak-Hau, V., Pan, L., Wilkin, T., & Wood-Bradley, G. (2018). Identifying items for moderation in a peer assessment framework. Knowledge-Based Systems, 162(January), 211–219. https://doi.org/10.1016/j.knosys.2018.05.032.

Kurniawan, H. R., Elmunsyah, H., & Muladi, M. (2018). Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Perbandingan Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dan Think Pair Share Berbantuan Modul Ajar Terhadap Kemandirian Dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI di SMKN 3 Malang. Jurnal Pendidikan (Teori Dan Praktik), 3(2), 80. https://doi.org/10.26740/jp.v3n2.p80-85.

Liang, H.-Y., Tang, F.-I., Wang, T.-F., & Yu, S. (2020). Evaluation of Nurse Practitioners’ Professional Competence and Comparison of Assessments Using Multiple Methods: Self-Assessment, Peer-Assessment, and Supervisor-Assessment. Asian Nursing Research, December, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.anr.2020.10.004.

Liu, Q., Huang, J., & Zhou, Z. (2020). Self-expansion via smartphone and smartphone addiction tendency among adolescents: A moderated mediation model. Children and Youth Services Review, 119(June), 105590. https://doi.org/10.1016/j.childyouth.2020.105590.

Luaces, O., Díez, J., & Bahamonde, A. (2018). A peer assessment method to provide feedback, consistent grading and reduce students’ burden in massive teaching settings. Computers and Education, 126, 283–295. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2018.07.016.

M.Ngalim, P. (2007). Psikologi Pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Muhammad, A. S. (2018). Peningkatan Keterampilan Fluency Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Pada Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1). https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/diksar/article/view/11790/8450.

Nilasari, E. P. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas V SDN Sidoarjo. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2).

Novianti, C., Sadipun, B., & Balan, J. M. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Science and Phich Education Jurnal, 3(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.992 PENGARUH.

O’Doherty, D., Dromey, M., Lougheed, J., Hannigan, A., Last, J., & McGrath1, D. (2018). Barriers and solutions to online learning in medical education – an integrative review. BMC Medical Education, 18(130), 1–11. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12909-018-1240-0.

Oktafia, I. H., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(3). https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005.

Rahmawati, M., & Latifah, M. (2020). Penggunaan Gawai, Interaksi Ibu-Anak, Dan Perkembangan Sosial-Emosional Anak Prasekolah. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 13(1), 75–86. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24156/jikk.2020.13.1.75.

Rahmazatullaili, R., Zubainur, C. M., & Munzir, S. (2017). Kemampuan berpikir kreatif dan pemecahan masalah siswa melalui penerapan model project based learning. Beta Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 166–183. https://doi.org/10.20414/betajtm.v10i2.104.

Samaha, M., & Hawi, N. S. (2016). Computers in Human Behavior Relationships among smartphone addiction , stress , academic performance , and satisfaction with life. Computers in Human Behavior, 57, 321–325. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.12.045.

Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 2013(i), 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901.

Sumarni, I. (2020). Penerapan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA Tentang Sifat-sifat Cahaya Di Kelas V A Semester II Bagi Siswa SD Negeri Bantarkemang 1 Tahun Ajaran 2017/2018. Jurnal Teknologi Pendidikan, 9(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32832/tek.pend.v9i1.2764.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Yudiana, I. K. E., Widiastini, N. W. E., & Nirmayani, L. H. (2021). Model Project-Based Learning Berbantuan Penilain Teman Sebaya di Tengah Pandemi untuk Meningatkan Hasil Pendidikan IPS Mahasiswa PGSD. Mimbar Ilmu, 26(3), 374–380. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40236

Issue

Section

Articles