Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah

Authors

  • I Dewa Ayu Made Budhyani Undiksha, Singaraja, Indonesia
  • Made Diah Angendari Undiksha, Singaraja, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Keywords:

Karya Ilmiah, Mahasiswa, Kesulitan

Abstract

Pada umumnya, mahasiswa yang sedang menulis skripsi sering mengalami kesulitan. Kesulitan yang dihadapi sangatlah beragam, mulai dari kurang memahami permasalahan yang akan diteliti, terbatasnya referensi, kurang menguasai teori, belum memiliki keinginan untuk memulai menulis, sibuk bekerja,dan sebagainya. Tujuan penelitian yaitu untuk menganalisis kesulitan mahasiswa PKK dalam menulis karya ilmiah. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa angkatan tahun 2017 dan tahun 2018 yang sedang mengambil mata kuliah skripsi sebanyak 89 orang. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu wawancara dan kuesioner. Data dianalisis dengan langkah-langkah sebagai berikut. 1) Pengorganisasian data, baik informasi dari hasil wawancara, maupun kuesioner. 2) Membaca data secara keseluruhan dan dikelompokkan, 3) Membuat uraian tentang kesulitan yang dialami mahasiswa 4) Menyajikan hasil pembahasan secara deskriptif, dan 5) Mengambil kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adalah kesulitan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa adalah kemampuan mahasiswa dalam menulis karya ilmiah khususnya skripsi belum bisa dikatakan optimal, hal ini ditunjukkan dari hasil angket yang disebarkan dimana 73,0 % pengetahunnya cukup dalam menulis skripsi 23,6% mahasiswa kurang paham dalam menulis skripsi dan 3,4% kemampuan dalam menulis karya ilmiah sangat kurang. Jadi, kesulitan terbesar yang dihadapi oleh mahasiswa adalah mengumpulakan ide-ide untuk tugas akhir, kemampuan menulis karya ilmiah serta pengumpulan sumber bacaan.

Author Biographies

I Dewa Ayu Made Budhyani, Undiksha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FTK

Made Diah Angendari, Undiksha, Singaraja, Indonesia

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FTK

References

Aisiah, A., & Firza, F. (2019). Kendala yang Dihadapi Mahasiswa Jurusan Sejarah dalam Menulis Proposal Skripsi. Diakronika, 18(2), 90. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol18-iss2/70.

Andersen, T., & Watkins, K. (2018). The value of peer mentorship as an educational strategy in nursing. Journal of Nursing Education, 57(4), 217–224. https://doi.org/10.3928/01484834-20180322-05.

Andhini, N. F. (2017). Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas VIII Mts Negeri 3 Kabupaten Tangerang. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/https://doi.org/10.33853/jm2pi.v1i1.70.

Andra, V. (2019). Korelasi Antara Kemampuan Membaca Kritis Dengan Kemampuan Menulis Argumentasi Siswa Kelas Vii a Smp Negeri 9 Kota Bengkulu. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 77. https://doi.org/10.29300/disastra.v1i1.1904.

Asra, A., Sohibun, & Junaidi, N. S. (2020). Analisis Kemampuan Literasi Informasi Terhadap Kemampuan Menulis Tugas Akhir Mahasiswa Akhir Program Studi Pendidikan Fisika FKIP UPP. Jurnal Edu Sains, 3(1), 1–4. https://e-journal.upp.ac.id/index.php/JES/article/view/1977.

Didiharyono, & Qur’ani, B. (2019). Increasing Community Knowledge Through the Literacy Movement. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 17. https://doi.org/10.35914/tomaega.v2i1.235.

Gabriele, K. M., Holthaus, R. M., & Boulet, J. R. (2016). Usefulness of Video-Assisted Peer Mentor Feedback in Undergraduate Nursing Education. Clinical Simulation in Nursing, 12(8), 337–345. https://doi.org/10.1016/j.ecns.2016.03.004.

Graham, S. (2019). Changing How Writing Is Taught. Review of Research in Education, 43(1), 277–303. https://doi.org/10.3102/0091732X18821125.

Hadis, H. A. H. S., & Manvender, K. S. S. G. (2016). The effect of reading on improving the writing of EFL students. Pertanika Journal of Social Sciences and Humanities, 23(4), 1115–1138.

Hakim, L. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Student Active Learning dan Motivasi Berprestasi terhadap Kemampuan Menulis Karya tulis Ilmiah Mahasiswa (Eksperimen pada Mahasiswa Prodi Muamalah IAIN Ponorogo). Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 2(1), 107–118. https://doi.org/10.21154/ibriez.v2i1.18.

Han, J.-S., Baek, H. C., & Jeong, A.-S. (2015). The Effects of Psychiatric Nursing Simulation on Anxiety and Self-confidence about Clinical Placement of Nursing Students. Journal of the Korea Academia-Industrial Cooperation Society, 16(11), 7812–7819. https://doi.org/10.5762/kais.2015.16.11.7812.

Huber, M. M., Leach-López, M. A., Lee, E., & Mafi, S. L. (2020). Improving accounting student writing skills using writing circles. Journal of Accounting Education, 53, 100694. https://doi.org/10.1016/j.jaccedu.2020.100694.

Kurniadi, F. (2017). Penulisan Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa Dengan Media Aplikasi Pengolah Kata. AKSIS: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(2), 267–277. https://doi.org/10.21009/aksis.010208.

Kuswandari, A. H., Slamet, S. Y., & Setiawan, B. (2018). Kontribusi Kemampuan Berpikir Kritis Sebagai Konstruksi Peningkatan Keterampilan Menulis Esai. Gramatika STKIP PGRI Sumatera Barat, 4(1). https://doi.org/10.22202/jg.2018.v4i1.2410.

Maufiroh, D. L., Endang, B., & Yuline. (2015). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X IPA di SMAN 10 Pontianak. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1–14. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/download/10801/10326.

Mujiastuti, A. I. C., & Ilyasir, F. (2016). Pengaruh Pertemanan Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas Xi Sma Negeri 1 Sewon, Bantul Tahun Pelajaran 2013/2014. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 6(1), 77. https://doi.org/10.21927/literasi.2015.6(1).77-97.

Novrizta, D. (2018). Hubungan Antara Minat Membaca Dengan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 1(1), 104–124. https://doi.org/10.31004/jrpp.v1i1.168.

Nugraha, A. P., MS, Z., & Bintoro, T. (2018). Hubungan Minat Membaca dan Kemampuan Memahami Wacana dengan Keterampilan Menulis Narasi. Indonesian Journal of Primary Education, 2(1), 19. https://doi.org/10.17509/ijpe.v2i1.11647.

Oh, E. (2019). Research on the effective of peer instruction and students’ involvement. Asia-Pacific of Multimedia Services Convergent with Art Humanities, and Sociology, 9, 199–208. https://doi.org/https://doi.org/10.35873/ajmahs.

Seran, W. A., Utomo, D. H., & Handoyo, B. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Outdoor Study Berbantuan Video Conference terhadap Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(2), 142–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i2.13157.

Servitri, M. O. (2017). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Berkesulitan Belajar Pada Pembelajaran IPA. Publikasi Pendidikan, 7(2), 79. https://doi.org/10.26858/publikan.v7i2.3069.

Seto, S. B., Wondo, M. T. S., & Mei, M. F. (2020). Hubungan Motivasi Terhadap Tingkat Stress Mahasiswa Dalam Menulis Tugas Akhir (Skripsi). Jurnal Basicedu, 4(3), 733–739. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i3.431.

Siswanto, I., & Sampurno, Y. G. (2015). Faktor-Faktor Penghambat Pengerjaan Tugas Akhir Skripsi Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Ft Uny. Taman Vokasi, 1(1). https://doi.org/10.30738/jtvok.v3i1.313.

Solihat, E. (2021). Pengaruh Motivasi Belajar dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Naratif Bahasa Inggris. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara, 12(2), 119–131. https://doi.org/10.37640/jip.v12i2.814.

Sri, W. A. (2016). Hubungan Motivasi Berprestasi dan Kemampuan Berpikir Kritis dengan Kemampuan Menulis Narasi. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(1), 165–176. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpd/article/view/444/377.

Stone, R., Cooper, S., & Cant, R. (2013). The Value of Peer Learning in Undergraduate Nursing Education: A Systematic Review. ISRN Nursing, 2013(i), 1–10. https://doi.org/10.1155/2013/930901.

Suharto, M. P., Mulyana, N., & Nurwati, N. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 135. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18278.

Suratman, Ilyas, & Mariamah. (2021). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar Melalui Penerapan Metode Drill. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1), 10–17. https://doi.org/10.31949/jcp.v7i1.2301.

Tarkuni. (2021). Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Pedagogi, 1(1), 18–23. https://journal.actual-insight.com/index.php/pedagogi/article/view/78.

Walef, S. M. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 2 Kecamatan Suliki Gunung Mas. Jurnal Penelitian Dan Kajian Ilmu, XIII(5), 124. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/menarailmu/article/view/1397.

Widodo, A., Kadir Jaelani, A., Novitasari, S., Sutisna, D., & Erfan, Mu. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru Pgsd Universitas Mataram. Jurnal Didika: Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar, 6(1), 77–91. https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1946.

Yasmini, N. K. A., Suandi, I. N., & Gunatama, G. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Kemampuan Menulis Teks Eksemplum Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 7(2). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/viewFile/12412/7786.

Yatmikasari, I. (2017). Penulisan Background Skripsi. Studi Komparatif, 1(2), 359–388. https://jurnalsukma.org/index.php/sukma/article/view/27.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Budhyani, I. D. A. M., & Angendari, M. D. (2021). Kesulitan dalam Menulis Karya Ilmiah. Mimbar Ilmu, 26(3), 400–407. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40678

Issue

Section

Articles