Profil Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar

Authors

  • Kinanty Kinanty Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia
  • Zaka Hadikusuma Ramadan Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40826

Keywords:

Kompetensi Pedagogic, Guru Sekolah Dasar

Abstract

Faktor yang mempengaruhi tercapainnya tujuan pembelajaran dan pendidikan di sekolah adalah kompetensi yang dimiliki oleh gurusalah satu kompetensi yang hasrus dikuasi guru dalam proses pembelajaran adalah kompetensi pedagofik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil kompetensi pedagogik guru sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Subjek penelitiannya adalah guru yang mengajar di sekolah dasar. Data yang digunakan merupakan data yang dikumpulkan melalui observasi, angket dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan rata-rata dan presentase skor. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan kompetensi pedagogik pada indikator memahami peserta didik secaraa mendalam (83,9%) merancang pembelajaran termasuk memahami landasan pendidikan untuk kepentingan pembelajaran (83%)  melaksanakan pembelajaran (74%) merancang dan melaksanakan evaluasi pembelajaran (88%) mengembangkan kompetensi peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai kompetensinya (85%) secara keseluruhan kompetensi pedagogik di se kecamatan Ukui adalah (82%) dengan kategori sangat kuat. Jadi dapat disimpulkan guru yang berada di kecamatan ukui telah memiliki kompetensi pedagogik yang sangat kuat sehingga dapat memberikan kontribusi yang signifikan dalam pelaksanaan pembelajaran. Implikasi penelitian ini adalah dapat memberikan kesadaran pada guru akan pentingnya penguasaan kompetensi pedagogik.

Author Biographies

Kinanty Kinanty, Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Zaka Hadikusuma Ramadan, Universitas Islam Riau, Riau, Indonesia

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Abrar, A. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Interaksi Pembelajaran Peserta Didik Sd Integral Rahmatullah Tolitoli. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 12(1), 33. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v2i1.367.

Afandi, M., & Wahyuningsih, S. (2018). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Sd Di UPTD Pendidikan Banyumanik Kota Semarang. Elementary, 6(1). https://doi.org/10.21043/elementary.v6i1.3997.

Afriyani, E., Suklani, S., & Ridwan, W. A. (2017). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa Madrasah Aliyah (MA) An-Nur Kota Cirebon (Studi pada Pembelajaran Aqidah Akhlak). Jurnal Al-Tarbawi Al-Haditsah, 2(1). https://doi.org/10.24235/tarbawi.v2i1.2029.

Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23–30. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099.

Antari, N. K. Y., & Sujana, I. W. (2021). Kontribusi Kompetensi Pedagogik dan Profesional dengan Keterampilan Penerapan Gestur Guru dalam Pelaksanaan Pembelajaran. Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 93–103. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i1.32017.

Arsyad, & Sulfemi, W. B. (2019). Pengaruh Kelompok Kerja Guru (KKG) Terhadap Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Kemampuan Menulis Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 4(2), 53–58. https://doi.org/10.26737/jpdi.v4i2.1522.

Asmahasanah, S., Sa’diyah, M., & Ibdalsyah. (2018). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Dan Penanaman Nilai Positif Melalui Pemanfaatan Kebun Sekolah. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(2), 167–173. https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p167.

Dahlan, Iriawan, H., & Hamdan. (2016). Pengaruh Kompetensi Manajerial Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Sosial Guru Di Sma Negeri 11 Makassar. Gema Kampus IISIP YAPIS Biak, 11(1), 55–62. https://doi.org/10.52049/gemakampus.v11i1.17.

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal Mudaarrisuna, 4(2). https://doi.org/10.22373/jm.v5i2.630.

Dody, S. (2016). Peran Self Awareness dalam Memediasi Pengaruh Supervisi Akademik Pengawas dan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah terhadap Kompetensi Guru. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 26(1), 35–43. https://doi.org/10.2317/jpis.v26i1.2063.

Gani, H. M. U., Nur, M., Mallongi, H. S., & Rusjdin, H. (2018). The Impacts of Competence, Work Motivation, Job Satisfaction and Organizational Commitment on Lecturers’ Performance. IRA-International Journal of Management & Social Sciences, 11(1), 17. https://doi.org/10.21013/jmss.v11.n1.p2.

Hasli, R., Sappaile, B. I., & Pristiwaluyo, T. (2015). Pengembangan Instrumen Kompetensi Pedagogik Guru Kelas Sekolah Dasar Di Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Riset Assesmen: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 1(1), 1–7. Retrieved from. https://ojs.unm.ac.id/assesment/article/view/1773.

Indriani, A. (2015). Penerapan Pembelajaran Tematik Kurikulum 2013 oleh Guru SD/MI di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu Kabupaten Bojonegoro Semester Gasal Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal VARIDIKA, 27(1), 43–49. https://doi.org/10.23917/varidika.v27i1.738.

Jatiningsih, O., Maya Mustika Kartika Sari, Habibah, S. M., Setyowati, R. N., Yani, M. T., & Adi, A. S. (2018). Penguasaan Kompetensi Profesional Guru oleh Mahasiswa Peserta Praktik pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.17291.

Karom, D., Ruhimat, T., & Darmawan, D. (2014). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Kooperatif Berbantuan Media Presentasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika. Edutech, 1(2). https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3113.

Khofiatun, Akbar, S., & Ramli, M. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengemban, 1(5), 984 — 9 88. https://doi.org/10.17977/jp.v1i5.6336.

Maiza, Z., & Nurhafizah, N. (2019). Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi :Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2), 356–365. https://doi.org/10.31004/obsesi.v3i2.196.

Muhammad Ridwan Kalu, A. R., & Mahpudz, H. A. (2016). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru Sekolah Dasar Yang Tersertifikasi Pada Pembelajaran Sains. Jurnal Sains Dan Teknologi Tadulako, 5(3), 85–94. Retrieved from. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JSTT/article/download/6984/5621.

Nur, A. A. (2014). Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di Sd Yayasan Mutiara Gambut. Jurnal Bahana Manajemen Pendidikan, 2(1), 65–72. https://doi.org/10.24036/bmp.v2i1.3735.

Nuralan, S. (2020). Kopetensi Pedagogik Guru Dalam Mendesain Pembelajaran Di Sd Negeri 23 Tolitoli. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Keguruan, 5(1), 66. https://doi.org/10.47435/jpdk.v5i1.291.

Oetpah, F. (2019). Kompetensi Pedagogik Dan Profesional Guru: Kontribusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Mangifera Edu, 4(1), 71–83. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu. v4i1.38.

Pertiwi, P. A. I., & Renda, N. T. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 2(3), 216–227. https://doi.org/10.23887/jippg.v2i3.14275.

Putri, B. M. A., Mudzanatun, & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pelaksanaan Keterampilan Dasar Mengajar Pada Pembelajaran Tematik. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(1), 136–143. https://doi.org/10.23887/ijerr.v3i1.25183.

Riwanti, R., & Hidyati, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Pendidikan Karakter Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu: Research & Learning in Elementary Education, 3(2), 572–581. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i2.41.

Sakti, T. K., Hairunisya, N., & Sujai, I. S. (2019). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru dan Gaya Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS. JPIS Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 28(1), 53–60. https://doi.org/10.17509/jpis.v28i1.12818.

Saputri, V. A., & Purwadi, P. (2017). Upaya Meningkatkan Motorik Kasar Anak Melalui Metode Permainan Tradisional Egrang Bathok Kelapa Pada Kelompok B Di Ra Taqwal Ilah Semarang. Paudia : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.26877/paudia.v4i1.1654.

Sari, Y. S. (2018). Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Sd Dalam Pembelajaran Tematik Integratif Kurikulum 2013 Berbasis Budaya Lokal. ENSAINS JOURNAL, 1(1), 65. https://doi.org/10.31848/ensains.v1i1.53.

Stephani, M. R. (2017). Stimulasi Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Pendidikan Jasmani. Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 2(1), 16–27. https://doi.org/10.17509/jpjo.v2i1.6397.

Sukriadi, S., & Arif, M. (2021). Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani Adaptif Berbasis Permainan Untuk Anak Tunagrahita Ringan. Jurnal Ilmiah Sport Coaching and Education, 5(1), 12–24. https://doi.org/10.21009/JSCE.05102.

Sulfemi, W. B., & Yuliana, D. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Rontal Keilmuan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5(1), 17–30. https://doi.org/10.29100/jr.v5i1.1021.

Sumiarsi, N. (2015). Analisis Kompetensi Pedagogik dan Pengembangan Pembelajaran Guru SD Negeri 041 Tarakan. Urnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 99–104. https://doi.org/10.22219/jkpp.v3i1.2206.

Sutisna, D., & Widodo, A. (2020). Peran Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Bahan Manajemen Pendidikan, 9(2), 58–64. https://doi.org/10.24036/jbmp.v9i2.

Syarifuddin. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas di SD IT Ihsanul Amal. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 6(2), 169–178. https://doi.org/10.37905/aksara.6.2.181-190.2020.

Triyusmidarti, N., & Fauziyah Harahap, S. (2017). Analisis Kompetensi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Patumbak Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pendidikan Tabularasa, 14(2), 157–165. https://doi.org/10.24114/jt.v14i2.9692.

Tyagita, B. P. A., & Iriani, A. (2018). Strategi Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(2), 165–176. https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i2.p165-176.

Umi, R., Nopriansyah, U., & Purnama, S. (2019). Korelasi Kepemimpinan Kepala Taman Kanak-Kanak Terhadap Kinerja Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Profesional Guru. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1). https://doi.org/10.24042/ajipaud.v2i1.4552.

Wahyuni, R., & Berliani, T. (2018). Pelaksanaan Kompetensi Pedagogik Guru di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 27(2). https://doi.org/10.17977/um009v27i22018p108.

Widyaningrum, W., Sondari, E., & Mulyati. (2019). Meningkatkan Kompetensi Profesionalisme Guru di Abad 21 Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Inggris. DEDIKASI: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 35–44,.

Yulyani, Y., Kazumaretha, T., Arisanti, Y., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 184. https://doi.org/10.24114/sejpgsd.v10i2.18545.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Kinanty, K., & Ramadan, Z. H. (2021). Profil Kompetensi Pedagogik Guru Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 26(3), 425–430. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.40826

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)