Efektivitas Konten Digital Menggunakan Prinsip Segmentasi di Sekolah Dasar

Authors

  • Dewa Gede Agus Putra Prabawa
  • Made Prima Restami Politeknik Ganesha Guru

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.41218

Keywords:

Konten Digital, Segmentasi, Hasil belajar

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum sesuainya cara penyajian konten digital, terutama di sekolah dasar dengan karakteristik generasi alpa dan teori multimedia. Penelitian ini bertujuan menghasilkan konten digital yang valid, menarik, dan efektif. Konten digital dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D. Responden dalam penelitian ini adalah 3 orang pakar, 3 orang siswa dalam uji perorangan, 9 siswa dalam uji kelompok kecil, dan 14 siswa dalam uji lapangan. Validitas dan kemenarikan konten digital diukur menggunakan kuesioner dan efektivitas diukur menggunakan tes. Data yang diperoleh dari kuesioner dianalisis secara deskriptif dan data yang diperoleh dari tes dianalisis menggunakan uji Wilcoxon. Hasil uji pakar menunjukkan bahwa validitas konten digital pada aspek desain, isi, dan media berada pada kategori sangat baik. Kemenarikan konten digital berdasarkan tanggapan siswa saat uji perorangan dan uji kelompok kecil berada pada kategori sangat baik. Melalui uji Wilcoxon diperoleh signifikansi 0,008<0,05, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa antara sebelum dengan setelah diterapkan konten digital. Dapat disimpulkan bahwa konten digital menggunakan prinsip segmentasi efektif meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Afidah, V. N. (2015). Prinsip- Prinsip Teori Beban Kognitif. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika (JP2M) Vol. 1 No. 1 September 2015 ISSN, 1(1), 72–79. https://doi.org/10.29100/jp2m.v1i2.195.

Alobaid, A. (2021). ICT Multimedia Learning Affordances: Role and Impact on ESL Learners’ Writing Accuracy Development. Heliyon, 7(7), e07517. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07517.

Amadieu, F., Lemarié, J., & Tricot, A. (2017). How May Multimedia and Hypertext Documents Support Deep Processing for Learning? Psychologie Francaise, 62(3), 209–221. https://doi.org/10.1016/j.psfr.2015.04.002.

Amamah, S., Sa’dijah, C., & Sudirman. (2016). Proses Berpikir Siswa SMP Bergaya Kognitif Field Dependent dalam Menyelesaikan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 237–245. http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i2.6128.

Antara, I. G. W. S., Sudarma, I. K., & Dibia, I. K. (2020). The Assessment Instrument of Mathematics Learning Outcomes Based on HOTS Toward Two-Dimensional Geometry Topic. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, 3(2), 19–24. https://doi.org/ijerr.v3i2.25869.g15588.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif sebagai Media Visualisasi Dasar-Dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224.

Arsyad, A. A. A., Muljono, P., & Matindas, K. (2015). Pengaruh Durasi Shot dan Tempo Narasi terhadap Penyerapan Informasi Video Inovasi Jambu Kristal. Jurnal Komunikasi Pembangunan, 13(1). https://doi.org/10.46937/13201510378.

Asrial, A., Syahrial, S., Kurniawan, D. A., & Zulkhi, M. D. (2021). The Relationship Between the Application of E-Modules Based on Mangrove Forest Ecotourism on The Peace-Loving Character of Students. Journal of Education Technology, 5(3), 331. https://doi.org/10.23887/jet.v5i3.34043.

Awan, O., Dey, C., Salts, H., Brian, J., Fotos, J., Royston, E., Braileanu, M., Ghobadi, E., Powell, J., Chung, C., & Auffermann, W. (2019). Making Learning Fun: Gaming in Radiology Education. Academic Radiology, 26(8), 1127–1136. https://doi.org/10.1016/j.acra.2019.02.020.

Aysolmaz, B., & Reijers, H. A. (2021). Animation as A Dynamic Visualization Technique for Improving Process Model Comprehension. Information and Management, 58(5), 103478. https://doi.org/10.1016/j.im.2021.103478.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. Springer US. https://doi.org/10.1007/978-3-319-19650-3_2438.

Buchanan, R., Alexander, R., Gomes, C., Fernanda, C., Bezerra, M., Oste, G., Cremonezi, G., Augusto, T., Reis, D., Fernanda De Melo, C., Graziela, B., Graziano, O., & Corresponding, C. (2018). Study on The Alpha Generation and The Reflections of Its Behavior in the Organizational Environment Pract Icing What We Teach: It Erat Ive Design Met Hods for Innovat Ion Educat Ion Study on The Alpha Generation And The Reflections of Its Behavior in the . Quest Journals Journal of Research in Humanities and Social Science, 6(1), 2321–9467.

Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The Systematic Design of Instruction (8th ed.). Pearson.

Doolittle, Peter E., Bryant, Lauren H. Chittum, J. R. (2015). Effects of Degree of Segmentation and Learner Disposition on Multimedia Learning. British Journal of Educational Technology, 46(6). https://doi.org/10.1111/bjet.12203.

Elisa Susanti, & Halimah, M. (2018). Desain Video Pembelajaran yang Efektif pada Pendidikan Jarak Jauh: studi di Universitas Terbuka. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(2), 167–185. https://doi.org/10.24832/jpnk.v3i2.929.

Fadlurrohim, I., Husein, A., Yulia, L., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2020). Memahami Perkembangan Anak Generasi Alfa Di Era Industri 4.0. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 178. https://doi.org/10.24198/focus.v2i2.26235.

Hamdi, M., & Hamtini, T. (2016). Designing An Effective E-Content Development Framework for The Enhancement of Learning Programming. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 11(4), 131–141. https://doi.org/10.3991/ijet.v11i04.5574.

Ibrahim, M., Antonenko, P. D., Greenwood, C. M., & Wheeler, D. (2012). Effects of Segmenting, Signalling, and Weeding on Learning from Educational Video. Learning, Media and Technology, 37(3), 220–235. https://doi.org/10.1080/17439884.2011.585993.

Jatmiko, P. D., Wijayantin, A., & Susilaningsih. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas IV Sekolah Dasar. Edcomtech, 1(2), 153–156.

Jazuli, M., Azizah, L. F., & Meita, N. M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Berbasis Android sebagai Media Interaktif. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 47–65. https://doi.org/10.24929/lensa.v7i2.22.

Ko, Y. H. (2017). The Effects of Luminance Contrast, Colour Combinations, Font, and Search Time on Brand Icon Legibility. Applied Ergonomics, 65, 33–40. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2017.05.015.

Kuswanto, J., Walusfa, Y., Artikel, S., Korespondensi, A., Ratu Penghulu No, J., Sari, K., Baru, T., Raja Tim, B., Ogan Komering Ulu, K., & Selatan, S. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology (IJCET), 6(2), 58–64.

Leppink, J. (2017). Cognitive Load Theory: Practical Implications and An Important Challenge. Journal of Taibah University Medical Sciences, 12(5), 385–391. https://doi.org/10.1016/j.jtumed.2017.05.003.

Lesmana Sari, E., Billyardi Ramdhan, & Sistiana Windyariani. (2020). Beban Kognitif Siswa pada Materi Pencemaran Lingkungan Berbantuan Prezi Application. Biodik, 6(3), 233–243. https://doi.org/10.22437/bio.v6i3.9840.

Maki, M., Marzal, J., & Saharudin, S. (2018). Efektivitas Pengembangan Multimedia Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Apos pada Materi Statistika dan Peluang. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 68–80. https://doi.org/10.22437/edumatica.v8i2.4991.

Malhotra, R., & Verma, N. (2020). An Impact of Using Multimedia Presentations on Engineering Education. Procedia Computer Science, 172, 71–76. https://doi.org/10.1016/j.procs.2020.05.011.

Minakata, K., & Beier, S. (2021). The Effect of Font Width on Eye Movements During Reading. Applied Ergonomics, 97, 103523. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2021.103523.

Monica. (2010). Pengaruh Warna, Tipografi, dan Layout pada Situs. Humaniora, 1(2), 459–468.

Nagmoti, J. M. (2017). Departing from PowerPoint Default Mode: Applying Mayer’s Multimedia Principles for Enhanced Learning of Parasitology. Indian Journal of Medical Microbiology, 35(2), 199–203. https://doi.org/10.4103/ijmm.IJMM_16_251.

Nasution, N., Sari, P. R., & Sastra, S. (2019). Pengaruh Warna terhadap Short Term Memory pada Anggota UKM Creative Minority. Jurnal Psikologi Terapan [JPT], 2(2), 27–31.

Perini, S., Luglietti, R., Margoudi, M., Oliveira, M., & Taisch, M. (2018). Learning and Motivational Effects of Digital Game-Based Learning (DGBL) for Manufacturing Education–The Life Cycle Assessment (LCA) game. Computers in Industry, 102, 40–49. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/j.compind.2018.08.005.

Pravitasari, S. G., & Yulianto, M. L. (2018). Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Inggris (Studi Kasus di SDN 3 Tarubasan Klaten). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 37. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.3825.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., Hermita, N., Studi, P., Guru, P., Dasar, S., & Riau, U. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. http://dx.doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649.

Rehalat, A. (2016). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1. https://doi.org/10.17509/jpis.v23i2.1625.

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi Meminimalkan Beban Kognitif Eksternal dalam Pembelajaran Matematika Berdasarkan Load Cognitive Theory. Humanika, 21(1), 17–32. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38228.

Riyanto, A. (2020). Penggunaan Video sebagai Media Tutorial Pembelajaran terhadap Kemampuan Berceramah Siswa. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra Dan Pengajaran), 3(2), 231–238. https://doi.org/10.31539/kibasp.v3i2.1111.

Sadagheyani, H. E., Tatari, F., Raoufian, H., Salimi, P., & Gazerani, A. (2020). The Effect of Multimedia-Based Education on Students’ Anger Management Skill. Educacion Medica, xx, 1–7. https://doi.org/10.1016/j.edumed.2020.09.020.

Scheiter, K., & Eitel, A. (2015). Signals Foster Multimedia Learning by Supporting Integration of Highlighted Text and Diagram Elements. Learning and Instruction, 36, 11–26. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2014.11.002.

Spanjers, I. A. E., Van Gog, T., Wouters, P., & Van Merriënboer, J. J. G. (2012). Explaining the Segmentation Effect in Learning from Animations: The Role of Pausing and Temporal Cueing. Computers and Education, 59(2), 274–280. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2011.12.024.

dSukiyasa, K., & Sukoco. (2013). Pengaruh Media Animasi terhadap Hasil Belajar an Motivasi Belajar Siswa Materi Sistem Kelistrikan Otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1), 126–137. https://doi.org/10.21831/jpv.v3i1.1588.

Susilawati, E., Nurhayati, A. S., Kemendikbud, P., Re, J., & Km, M. (2020). Utilization of Digital Content of Learning Sources Center ( Lrc ) in School of Pass Receiver Assistance Devices of Psb ( Psb ) pada Sekolah Rintisan Penerima Bantuan. Jurnal Pendidikan, Vo. 21, No, 77–93. https://doi.org/10.33830/jp.v21i2.954.2020.

Sweller, J., Ayres, P., & Kalyuga, S. (2013). Cognitive Load Theory. Springer Science+Business Media, LLC 2013, 4. https://doi.org/10.1007/978-1-4419-8126-4.

Tegeh, I. M., & Kirna, I. M. (2010). Metodeogi Penelitian Pengembangan Pendidikan. Universitas Pendidikan Ganesha.

Twozia, T. (2021). Pengaruh Video Animasi terhadap Pemahaman Konsep Segitiga Siswa Kelas IV di SDN Gentramasekdas. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 668–674. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i2.1692.

Wikanda, E., Siregar, E., & Wirasti, R. M. K. (2021). Flipped Classroom for Training in A Diving Environment Using Cooperative Learning. Journal of Education Technology, 5(1). https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JET/article/view/33370.

Yohanes, B., & Lusbiantoro, R. (2019). Teori Beban Kognitif: Elemen Interaktivitas dalam Pembelajaran Matematika. Inspiramatika, 5(1), 1–8. https://doi.org/10.52166/inspiramatika.v5i1.1477.

Yohanes, B., & Subanji, S. (2016). Beban Kognitif Siswa dalam Pembelajaran Materi Geometri. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 187–195.

Yuniar, A. P., Hendrayana, A., & Setiani, Y. (2019). Analisis Beban Kognitif Siswa pada Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pokok Bahasan Perbandingan. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian dan Pengajaran Matematika, 1(1), 1. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i1.6873.

Downloads

Published

2022-05-14

How to Cite

Prabawa, D. G. A. P., & Restami, M. P. (2022). Efektivitas Konten Digital Menggunakan Prinsip Segmentasi di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 72–80. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.41218

Issue

Section

Articles