Meningkatkan Respon Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Terintegrasi Kurikulum dengan Sistem shift

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41256

Keywords:

Multimedia Interaktif, Integrated Curicculum

Abstract

Rendahnya respon belajar siswa disebabkan adanya pandemi covid-19. Pandemi Covid-19 telah memicu perubahan signifikan dalam sistem pendidikan di seluruh dunia yang mengakibatkan penutupan sekolah sehingga sistem pengajaran harus beralih dari pelajaran tatap muka menjadi model yang sepenuhnya virtual. Salah satu caranya adalah dengan membuat pembelajaran berbasis multimedia. Tujuan dari penelitian ini yaitu menciptakan produk ajar multimedia interaktif yang nantinya mampu meningkatkan respon belajar siswa, khususnya pada pembelajaran praktik animasi 2 dimensi, sehingga kegiatan pembelajaran berjalan dengan lancar sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diinginkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research & Development dengan menggunakan model Borg & Gall. Subjek dalam penelitian ini adalah ahli desain, ahli media, ahli isi dan siswa kelas XI Multimedia. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan angket dengan menggunakan teknik analisis desktiptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ahli media memperoleh kalkulasi 87%, ahli desain memperoleh 89% dan ahli isi memperoleh 88%. Selanjutnya ujicoba dilakukan oleh siswa kelas XI Multimedia dengan hasil yaitu uji perseorangan memperoleh hasil 90%, ujicoba kelompok kecil memperoleh 91% dan ujicoba kelompok besar memperoleh 89%. Dari analisis ujicoba yang sudah dilakukan membuktikan bahwa multimedia interaktif berbasis Integrated curriculum dengan Shift Mode pada pembelajaran praktik animasi 2 dimensi efektif dan layak digunakan. Implikasi penelitian yang telah dilakukan dengan memanfaatkan multimedia interaktif berbasis Integrated curriculum adalah terjadi peningkatan respon belajar siswa sehingga berdampak langsung terhadap semangat belajar siswa dan keaktifan serta partisipasi siswa dalam pembelajaran, karena dapat digunakan sebagai media pembelajaran mandiri.

Author Biography

Kadek Wikan Paramasila, Politeknik Ganesha Guru

Politeknik Ganesha Guru

References

Abbas, B., Halimah, A., Nursalam, N., & Mattoliang, L. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia. Al Asma : Journal of Islamic Education, 2(1), 97. https://doi.org/10.24252/asma.v2i1.13380.

Abdurrahman, Jampel, I. N., & Sudatha, I. G. W. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS. Journal of Education Technology, 4(1), 52. https://doi.org/10.23887/jet.v4i1.24091.

Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121.

Agustina, A. (2017). Pembelajaran Konsep Ikatan Kimia Dengan Animasi Terintegrasi Lcd Projector Layar Sentuh (Low Cost Multi Touch White Board). JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 1(1), 8–13. https://doi.org/10.15575/jta.v1i1.1163.

Aisyah, E. N., Iriyanto, T., Hardika, H., Rosyidamayani, & Maningtyas, T. (2020). The Cyber Ethics of Academic Communication Based on Early Childhood Education Student Perception in Universitas Negeri Malang. Proceedings of the International Conference on Learning Innovation 2019 (ICLI 2019). https://doi.org/10.2991/assehr.k.200711.001.

Apriyanti, C. (2020). Distance Learning and Obstacles During Covid-19 Outbreak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 68. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.68-83.

Armansyah, F., Sulton, S., & Sulthoni, S. (2019). Multimedia Interaktif Sebagai Media Visualisasi Dasar-dasar Animasi. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(3), 224–229. https://doi.org/10.17977/um038v2i32019p224.

Asri Devi, N. M. I. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Puzzle Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 416. https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.28331.

Assunção Flores, M., & Gago, M. (2020). Teacher education in times of COVID-19 pandemic in Portugal: national, institutional and pedagogical responses. Journal of Education for Teaching, 46(4), 507–516. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1799709.

Borup, J., Graham, C. R., West, R. E., Archambault, L., & Spring, K. J. (2020). Academic Communities of Engagement: an expansive lens for examining support structures in blended and online learning. Educational Technology Research and Development, 68(2), 807–832. https://doi.org/10.1007/s11423-020-09744-x.

Brom, C., Stárková, T., & D’Mello, S. K. (2018). How effective is emotional design? A meta-analysis on facial anthropomorphisms and pleasant colors during multimedia learning. Educational Research Review, 25, 100–119. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2018.09.004.

Bustanil S, M., Asrowi, & Adianto, D. T. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video Tutorial Di Sekolah Menengah Kejuruan. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 21(2), 119–134. https://doi.org/10.21009/jtp.v21i2.11568.

Chiu, T. K. F., & Churchill, D. (2016). Adoption of mobile devices in teaching: changes in teacher beliefs, attitudes and anxiety. Interactive Learning Environments, 24(2), 317–327. https://doi.org/10.1080/10494820.2015.1113709.

Darmawan, D. (2015). Teknologi Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya.

Diputra, K. S. (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif Untuk Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 5(2), 125. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v5i2.8475.

Dwi agus setiawan, & Nur Kumala, F. (2020). Multimedia Interaktif Tipe Adobe Flash CS6 Berbasis Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Literasi Verbal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 32–49. https://doi.org/10.29407/jpdn.v6i1.14358.

Ebner, M., Schön, S., Braun, C., Ebner, M., Grigoriadis, Y., Haas, M., Leitner, P., & Taraghi, B. (2020). COVID-19 epidemic as E-learning boost? Chronological development and effects at an Austrian university against the background of the concept of “E-learning readiness.” Future Internet, 12(6). https://doi.org/10.3390/FI12060094.

Eitel, A. (2016). How repeated studying and testing affects multimedia learning: Evidence for adaptation to task demands. Learning and Instruction, 41, 70–84. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2015.10.003.

Erwin Akib, Muhammad Erwinto Imran, Saiyidah Mahtari, Muhammad Rifqi Mahmud, Anggy Giri Prawiyogy, Irfan Supriatna, & MT. Hartono Ikhsan. (2020). Study on Implementation of Integrated Curriculum in Indonesia. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 1(1), 39–57. https://doi.org/10.46245/ijorer.v1i1.24.

Farida, N., & Rahayu, S. (2017). Multimedia Interaktif Pecahan Untuk Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas IV SDN Gadang 1 Malang. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 132–139. https://doi.org/10.33654/math.v3i2.65.

Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914.

Firdausi, A. R., & Barnawi. (2012). Profil Guru SMK Profesional. Ar-Ruzz Media.

Graham, C. R., Borup, J., Short, C. R., & Archambault, L. (2019). K-12 blended teaching: A guide to personalized learning and online integration. EdTech Books. http://edtechbooks.org/k12blended.

Haenilah, E. Y. (2017). Efektifitas desain pembelajaran terpadu Berbasis Core Content di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 26(1), 39–48. https://doi.org/10.17977/um009v26i12017p039.

Hanik, E. U. (2020). Self directed learning berbasis literasi digital pada masa pandemi covid-19 di Madrasah Ibtidaiyah. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 8(1), 183. https://doi.org/10.21043/elementary.v8i1.7417.

Hikmatiar, H., Sulisworo, D., & Wahyuni, M. E. (2020). Pemanfaatan Learning Manegement System Berbasis Google Classroom Dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1). https://doi.org/10.26618/jpf.v8i1.3019.

HM, M. A. (2018). Inovasi Sistem Pendidikan. Inspiratif Pendidikan, 7(2), 161. https://doi.org/10.24252/ip.v7i2.7851.

Husnan, S. (2015). Dasar-Dasar Teori Portofolio dan Analisis Sekuritas. (Edisi 5). UPPN STIM YKPN.

Jääskelä, P., Häkkinen, P., & Rasku-Puttonen, H. (2017). Teacher Beliefs Regarding Learning, Pedagogy, and the Use of Technology in Higher Education. Journal of Research on Technology in Education, 49(3–4), 198–211. https://doi.org/10.1080/15391523.2017.1343691.

Jing, J. L. J., Yi, T. P., Bose, R. J. C., McCarthy, J. R., Tharmalingam, N., & Madheswaran, T. (2020). Hand sanitizers: A review on formulation aspects, adverse effects, and regulations. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(9). https://doi.org/10.3390/ijerph17093326.

Knoop-van Campen, C. A. N., Segers, E., & Verhoeven, L. (2020). Effects of audio support on multimedia learning processes and outcomes in students with dyslexia. Computers and Education, 150(February), 103858. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2020.103858.

König, J., Jäger-Biela, D. J., & Glutsch, N. (2020). Adapting to online teaching during COVID-19 school closure: teacher education and teacher competence effects among early career teachers in Germany. European Journal of Teacher Education, 43(4), 608–622. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1809650.

Kuswanto, J., & Walusfa, Y. (2017). Pengembangan Multimedia Pembelajaran pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology IJCET, 6(2), 58–64. https://doi.org/10.15294/ijcet.v6i2.19335.

Lindner, M. A., Eitel, A., Barenthien, J., & Köller, O. (2021). An integrative study on learning and testing with multimedia: Effects on students’ performance and metacognition. Learning and Instruction, 71. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.01.002.

Lindner, M. A., Eitel, A., Strobel, B., & Köller, O. (2017). Identifying processes underlying the multimedia effect in testing: An eye-movement analysis. Learning and Instruction, 47, 91–102. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2016.10.007.

Maharani, N., & Kartini, K. S. (2019). Penggunaan google classroom sebagai pengembangan kelas virtual dalam keterampilan pemecahan masalah topik kinematika pada mahasiswa jurusan sistem komputer. PENDIPA Journal of Science Education, 3(3), 167–173. https://doi.org/10.33369/pendipa.3.3.167-173.

Manurung, P. (2021). Multimedia Interaktif Sebagai Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid 19. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.51672/alfikru.v14i1.33.

Mardliyah, S., Yulianingsih, W., & Putri, L. S. R. (2020). Sekolah Keluarga: Menciptakan Lingkungan Sosial untuk Membangun Empati dan Kreativitas Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 576. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.665.

Murtadlo. (2020). Pembelajaran Daring Pada msa Pandemi Covid 19 di Lingkungan Pesantren. Akademia Pustaka.

Nalipay, M. J. N., Mordeno, I. G., Semilla, J. roel B., & Frondozo, C. E. (2019). Implicit Beliefs about Teaching Ability, Teacher Emotions, and Teaching Satisfaction. Asia-Pacific Education Researcher, 28(4), 313–325. https://doi.org/10.1007/s40299-019-00467-z.

Ögren, M., Nyström, M., & Jarodzka, H. (2017). There’s more to the multimedia effect than meets the eye: is seeing pictures believing? Instructional Science, 45(2), 263–287. https://doi.org/10.1007/s11251-016-9397-6.

Osman, M. E. T. (2020). Global impact of COVID-19 on education systems: the emergency remote teaching at Sultan Qaboos University. Journal of Education for Teaching, 46(4), 463–471. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1802583.

Persada, Y. I., Djatmika, E. T., & Degeng, I. N. S. (2020). Pelaksanaan Pendekatan Scientific Dalam Pembelajaran Tematik. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(1), 114–120. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13151.

Prismanata, Y., & Ismaniati, C. (2017). Pengembangan multimedia pembelajaran geografi berbasis memory sport pada materi litosfer untuk peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 97. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i1.11621.

Pujawan, K. A. H. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Multimedia I (Desain Grafis) di politeknik Ganesha Guru. Journal of Education Technology, 2(1), 61. https://doi.org/10.23887/jet.v2i1.13810.

Quezada, R. L., Talbot, C., & Quezada-Parker, K. B. (2020). From Bricks and Mortar to Remote Teaching: A Teacher Education Program‘s Response to COVID-19. Journal of Education for Teaching, 46(4), 472–483. https://doi.org/10.1080/02607476.2020.1801330.

Rasch, T., & Schnotz, W. (2009). Interactive and non-interactive pictures in multimedia learning environments: Effects on learning outcomes and learning efficiency. Learning and Instruction, 19(5), 411–422. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2009.02.008.

Riyanto, W. D. (2017). The Effectiveness of Interactive Multimedia in Mathematic Learning. (Utilizing Power Points for Students with Learning Disability). 1(1), 55–63. https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i1.8400.

Santhalia, P. W., & Sampebatu, E. C. (2020). Pengembangan multimedia interaktif dalam membantu pembelajaran fisika di era Covid-19. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 6(2). https://doi.org/10.21831/jipi.v6i2.31985.

Schwaighofer, M., Bühner, M., & Fischer, F. (2016). Executive functions as moderators of the worked example effect: When shifting is more important than working memory capacity. Journal of Educational Psychology, 108(7), 982–1000. https://doi.org/10.1037/edu0000115.

Sepulveda-Escobar, P., & Morrison, A. (2020). Online teaching placement during the COVID-19 pandemic in Chile: challenges and opportunities. European Journal of Teacher Education, 43(4), 587–607. https://doi.org/10.1080/02619768.2020.1820981.

Stark, L., Malkmus, E., Stark, R., Brünken, R., & Park, B. (2018). Learning-related emotions in multimedia learning: An application of control-value theory. Learning and Instruction, 58, 42–52. https://doi.org/10.1016/j.learninstruc.2018.05.003.

Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The flipped classroom: A meta-analysis of effects on student performance across disciplines and education levels. Educational Research Review, 30. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2020.100314.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Surjono, H. D. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. UNY Press.

Susanto, Dewi, N. R., & Irsadi, A. (2013). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Education Game pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Cahaya untuk Siswa SMP/MTs. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1). https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1829.

Tomita, K. (2018). Does the Visual Appeal of Instructional Media Affect Learners’ Motivation Toward Learning? TechTrends, 62(1), 103–112. https://doi.org/10.1007/s11528-017-0213-1.

Unaenah, E., Setyadi, arif rahman, Sari, putri widiya, El-Abida, S. F., Agustina, N., Fauziah, S., & Leonardho, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Waktu, Panjang Dan Berat Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 192–201.

Downloads

Published

2021-12-04

How to Cite

Paramasila, K. W. (2021). Meningkatkan Respon Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Multimedia Terintegrasi Kurikulum dengan Sistem shift. Mimbar Ilmu, 26(3), 440–450. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41256

Issue

Section

Articles