Kelayakan Buku Ajar Analisis dan Perancangan Sistem Informasi
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.43997Keywords:
Textbooks, APSI, ADDIEAbstract
Masih rendahnya nilai mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) menjadi salah satu alasan dalam melakukan penelitian perancangan dan pengembangan Buku Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Buku Ajar sehingga dapat memudahkan Mahasiswa dan Dosen dalam memahami serta menjelaskan materi lebih baik. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert untuk validasi buku ajar yang diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa, ahli desain (layout) dan angket uji coba buku ajar kepada mahasiswa aktif Program Studi S1 Akuntansi. Hasil uji validitas bahan ajar dari ke-3 ahli tersebut dengan nilai masing-masing 93%, 82% dan 80% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dibuat hasilnya sangat layak. Kemudian dilakukan uji coba ke mahasiswa melalui angket respon mahasiswa dan dilakukan evaluasi formatif. Produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh Dosen sebagai buku ajar yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi.
References
Abidin, Y., Rahayu, R., & Iskandar, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082
Akbar, Z., Putri, D. K., & Handayani, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418
Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107
Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2186.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226.
Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781
Fradisa, L., Primal, D., & Gustira, L. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Menganalisa dan Merancang Sistem Informasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6048.
Ghani, R. Al, Azani, N. W., Auliani, S. N., Maharani, S., & Gustinov, M. D. (2022). Perancangan Sistem Informasi e- Commerce Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis, 1(1), 99–106. http://ojs.udb.ac.id/index.php/Senatib/article/view/1803.
Harahap, S. Z., & Dar, M. H. (2019). Aplikasi Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pada UPI Convention Center Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Dan MYSQL. jurnal informatika, 6(3), 24–27. https://doi.org/10.36987/informatika.v6i3.1620. DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v6i3.1620
Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373
Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987
Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4
Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872
Kurniawatik, A. T., Khaerunnisa, K., & Tasya, T. (2021). Melek Information and Communications Technology (ICT) Pada Masyarakat Pedesaan Di Era Globalisasi. Cebong Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.3
Kusuma, Y. Y., & Sumianto, S. (2022). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5402. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5402
Ladesar, Y., Nuryanti, S. L., & Supriana, C. E. (2018). Perancangan Sistem Informasi Tugas Besar Mahasiswa Dengan Memanfaatkan E-collaboration. Jurnal Nasional Sistem Informasi, 1(1), 1323–1328. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018 /article/view/532/457.
Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(3), 206–215. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173
Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521
Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120
Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426
Novianti, A., & Shodikin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Animasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Kearifan Lokal. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 12–18. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20
Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978
Putri, D. P., Rahayu, I., & Wahyuni, E. A. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnosains Pada Materi Zat dan Campuran. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(1), 105–110. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1. 15757.
Shandi, Y. J. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Kolaborasi dan Monitoring Penyusunan Perangkat Diklat di Pusdiklat Mineral dan Batubara. Media Informatika, 17(3), 141–147. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i3.18. DOI: https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i3.18
Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01
Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152
Tanjung, A. D. P. (2022). Perancangan Sistem Informasi Praktikum di Laboratorium Sistem Informasi dan Keputusan Unisba. Jurnal Riset Teknik Industri, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i1.952. DOI: https://doi.org/10.29313/jrti.v2i1.952
Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374
Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Merlyana Dwinda Yanthi, Loggar Bhilawa, Cantika Sari Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.