Kelayakan Buku Ajar Analisis dan Perancangan Sistem Informasi

Authors

  • Merlyana Dwinda Yanthi Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Loggar Bhilawa Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia
  • Cantika Sari Siregar Universitas Negeri Surabaya, Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.43997

Keywords:

Textbooks, APSI, ADDIE

Abstract

Masih rendahnya nilai mahasiswa yang telah menempuh mata kuliah Analisis dan Perancangan Sistem Informasi (APSI) menjadi salah satu alasan dalam melakukan penelitian perancangan dan pengembangan Buku Ajar. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan Buku Ajar sehingga dapat memudahkan Mahasiswa dan Dosen dalam memahami serta menjelaskan materi lebih baik. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket kuesioner dengan skala likert untuk validasi buku ajar yang diberikan kepada ahli materi, ahli bahasa, ahli desain (layout) dan angket uji coba buku ajar kepada mahasiswa aktif Program Studi S1 Akuntansi. Hasil uji validitas bahan ajar dari ke-3 ahli tersebut dengan nilai masing-masing 93%, 82% dan 80% sehingga dapat dikatakan buku ajar yang dibuat hasilnya sangat layak. Kemudian dilakukan uji coba ke mahasiswa melalui angket respon mahasiswa dan dilakukan evaluasi formatif. Produk yang dikembangkan dapat digunakan oleh Dosen sebagai buku ajar yang dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi.

References

Abidin, Y., Rahayu, R., & Iskandar, S. (2022). Inovasi Pembelajaran Abad 21 dan Penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2082

Akbar, Z., Putri, D. K., & Handayani, M. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran dan Motivasi Diri terhadap Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 649. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418. DOI: https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.418

Arsanti, M. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan Kreatif Bermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. Kredo : Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, 1(2). https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107. DOI: https://doi.org/10.24176/kredo.v1i2.2107

Azima, N. S., Furnamasari, Y. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengaruh Masuknya Budaya Asing Terhadap Nasionalisme Bangsa Indonesia di Era Globalisasi. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7491–7496. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/2186.

Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124. DOI: https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124

Fajri, Z. (2018). Bahan Ajar Tematik Dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013. Pedagogik, 05(01), 100–108. https://doi.org/10.33650/pjp.v5i1.226.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Fradisa, L., Primal, D., & Gustira, L. (2022). Upaya Peningkatan Kemampuan Menganalisa dan Merancang Sistem Informasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 105(2), 79. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i4.6048.

Ghani, R. Al, Azani, N. W., Auliani, S. N., Maharani, S., & Gustinov, M. D. (2022). Perancangan Sistem Informasi e- Commerce Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Nasional Teknologi Informasi Dan Bisnis, 1(1), 99–106. http://ojs.udb.ac.id/index.php/Senatib/article/view/1803.

Harahap, S. Z., & Dar, M. H. (2019). Aplikasi Dan Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Pada UPI Convention Center Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman PHP Dan MYSQL. jurnal informatika, 6(3), 24–27. https://doi.org/10.36987/informatika.v6i3.1620. DOI: https://doi.org/10.36987/informatika.v6i3.1620

Husada, S. P., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Pembelajaran Tematik dengan Menggunakan Metode Visual Storytelling di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 419–425. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.373

Iriani, T., & Handoyo, S. S. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Mekanika Tanah Berbasis E-Modul Pada Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Universitas Negeri Jakarta. Jurnal PenSil, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987. DOI: https://doi.org/10.21009/jpensil.v9i1.11987

Khulsum, U., Hudiyono, Y., & Sulistyowati, E. D. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Cerpen dengan Media Storyboard pada Siswa Kelas X SMA. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4. DOI: https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i1.4

Kormasela, D. A., Dawud, D., & Rofi’uddin, A. (2020). Pemanfaatan Kearifan Lokal Maluku dalam Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Prosedur untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1056. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872. DOI: https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13872

Kurniawatik, A. T., Khaerunnisa, K., & Tasya, T. (2021). Melek Information and Communications Technology (ICT) Pada Masyarakat Pedesaan Di Era Globalisasi. Cebong Journal, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.3. DOI: https://doi.org/10.35335/cebong.v1i1.3

Kusuma, Y. Y., & Sumianto, S. (2022). Pengembangan Model Manajemen Pelatihan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Kearifan Lokal Bagi Guru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 35–39. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5402. DOI: https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5402

Ladesar, Y., Nuryanti, S. L., & Supriana, C. E. (2018). Perancangan Sistem Informasi Tugas Besar Mahasiswa Dengan Memanfaatkan E-collaboration. Jurnal Nasional Sistem Informasi, 1(1), 1323–1328. http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018 /article/view/532/457.

Lubis, H. Z., & Ismaya, N. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Kelas. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 3(3), 206–215. https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173. DOI: https://doi.org/10.30596/liabilities.v3i3.6173

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Dalam Kehidupan. Kopasta: Jurnal Program Studi Bimbingan Konseling, 5(2). https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521. DOI: https://doi.org/10.33373/kop.v5i2.1521

Mukhlis, M., Asnawi, A., & Rasdana, O. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teks Eksposisi Berbasis Tunjuk Ajar Melayu. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 97–102. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120. DOI: https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.39120

Ningrat, S. P., & Sumantri, M. (2019). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V Sd. Journal of Education Technology, 2(4), 145. https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v2i4.16426

Novianti, A., & Shodikin, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Kalkulus Diferensial Berbasis Animasi Dengan Pendekatan Kontekstual Dan Kearifan Lokal. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 12–18. https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20. DOI: https://doi.org/10.36277/defermat.v1i2.20

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978. DOI: https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Putri, D. P., Rahayu, I., & Wahyuni, E. A. (2022). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Siswa Sekolah Dasar Berbasis Etnosains Pada Materi Zat dan Campuran. Jurnal Natural Science Educational Research, 5(1), 105–110. https://doi.org/10.21107/nser.v5i1. 15757.

Shandi, Y. J. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Fasilitas Kolaborasi dan Monitoring Penyusunan Perangkat Diklat di Pusdiklat Mineral dan Batubara. Media Informatika, 17(3), 141–147. https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i3.18. DOI: https://doi.org/10.37595/mediainfo.v17i3.18

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01. DOI: https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Sriwahyuni, I., Risdianto, E., & Johan, H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Elektronik Menggunakan Flip Pdf Professional Pada Materi Alat-Alat Optik Di SMA. Jurnal Kumparan Fisika, 2(3), 145–152. https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152. DOI: https://doi.org/10.33369/jkf.2.3.145-152

Tanjung, A. D. P. (2022). Perancangan Sistem Informasi Praktikum di Laboratorium Sistem Informasi dan Keputusan Unisba. Jurnal Riset Teknik Industri, 1(1), 73–82. https://doi.org/10.29313/jrti.v2i1.952. DOI: https://doi.org/10.29313/jrti.v2i1.952

Weriyanti, W., Firman, F., Taufina, T., Taufina, T., & Zikri, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu dengan Strategi Question Student Have di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 476–483. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i2.374

Wibowo, E., & Pratiwi, D. D. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker Materi Himpunan. Desimal: Jurnal Matematika, 1(2), 147. https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279. DOI: https://doi.org/10.24042/djm.v1i2.2279

Downloads

Published

2022-08-23

How to Cite

Yanthi, M. D., Bhilawa, L., & Siregar, C. S. (2022). Kelayakan Buku Ajar Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Mimbar Ilmu, 27(2), 292–299. https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.43997

Issue

Section

Articles