Teori dan Teknologi Materi Pecahan pada Buku Teks Matematika Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i2.45158Keywords:
Buku Teks, Matematika, Pecahan, PrakseologiAbstract
Siswa mengalami kesulitan dalam mempelajari materi mengurutkan pecahan. Salah satu faktor penyebab kesulitan tersebut adalah kurang lengkapnya buku teks matematika dalam menyajikan materi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sajian materi mengurutkan pecahan pada buku teks matematika kelas IV yang berfokus pada bentuk teori dan teknologinya. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang akan digunakan adalah wawancara dan studi dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi penyandian, pengkategorian, pembandingan, dan pembahasan. Hasil analisis menunjukkan bahwa sajian materi mengurutkan pecahan pada buku teks tersebut sudah lengkap. Akan tetapi ada beberapa perbaikan sajian materi yang direkomendasikan di antaranya direkomendasikan untuk menyajikan uji kemampuan prasyarat, direkomendasikan untuk menyajikan bentuk-bentuk pecahan serta menggambarkan bentuk pecahan dalam bentuk konkrit. Direkomensaikan untuk menyajikan cara menyamakan penyebut dengan KPK. Dengan demikian, sajian materi mengurutkan pecahan pada buku teks yang lengkap akan memudahkan siswa dalam memahami dan menguasai materi tersebut.
References
Agnesti, Y., & Amelia, R. (2021). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa pada Materi Perbandingan dengan Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 311–320. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.868
Agung, A. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif (Perspektif Manajemen Pendidikan). In Universitas Pendidikan Ganesha.
Aminah, & Kurniawati, K. R. A. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(2), 118–122. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713. DOI: https://doi.org/10.31764/jtam.v2i2.713
Bayuni, K. H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Pemecahan Masalah Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Pendekatan Matematika Realistik Pada Siswa. Mimbar Pendidikan Indonesia, 1(3), 276–281. https://doi.org/10.23887/mpi.v1i3.30952.
Cahyono, B., Tsani, D., & Rahma, A. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Buku Saku Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Materi Trigonometri. Phenomenon, 8(2), 72 – 86. https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929. DOI: https://doi.org/10.21580/phen.2018.8.2.2929
Darmayasa, I. K., Jampel, N., & Simamora, A. (2018). Pengembangan E-Modul Ipa Berorientasi Pendidikan Karakter Di Smp Negeri 1 Singaraja. Jurnal Edutech, 6(1), 53–65. https://doi.org/10.23887/jeu.v6i1.20267.
Fatimah, A. E. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting-. Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 51–58. https://doi.org/10.30743/mes.v5i1.1933.
Fitriani, A. D. (2014). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geometri Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Calon Guru Sekolah Dasar. Edutech, 13(2), 236. https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105. DOI: https://doi.org/10.17509/edutech.v13i2.3105
Florentina Turnip, R., & Karyono, H. (2021). Pengembangan E-modul Matematika Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains), 9(2), 485–498. https://doi.org/10.25273/jems.v9i2.11057.
Ilahiyah, N., V.Y, I. A., & Pamungkas, A. S. (2019). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Pakem Pada Materi Bilangan Pecahan Di SD. Terampil : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(1), 49–63. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i1.4127
Khasanah, U., Rahayu, R., & Ristiyani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar Berdasarkan Teori Polya. Jurnal Didaktika, 1(2), 230–242. https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2.36538. DOI: https://doi.org/10.17509/didaktika.v1i2.36538
Kowiyah, & Mulyawati, I. (2018). An Analysis of Primary School Students’ representational Ability in Mathematics Based on Gender Perspective. Journal of Physics: Conference Series, 948(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012016. DOI: https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012016
Luh, N., & Nuraini, S. (2016). Pengurangan Pecahan Di Kelas VI Sekolah Dasar. Sekolah Dasar, 25(2), 168–175. https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168. DOI: https://doi.org/10.17977/um009v25i22016p168
Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. I. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Permasalahan Operasi Bentuk Aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1–8. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8. DOI: https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.6668.1-8
Musdhalifah, U., Sutinah, & Kurniasari, I. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Non Rutin yang Terkait dengan Bilangan Bulat Berdasarkan Tingkat Kemampuan matematika di SMP N 31 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Universitas Negeri Surabaya, 1(1), 1–6. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/3/article/view/3905.
Nursyifa, H. S., Abdul, D., Lidinillah, M., & Kosasih, E. (2020). Analisis Soal Hots Materi Geometri dalam Buku Teks Matematika Kelas IV SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(4), 121–131. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/view/26576. DOI: https://doi.org/10.17509/pedadidaktika.v7i4.26576
Pratiwi, D. S. E., Muchlis, E. E., & Susanta, A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Bilangan Pecahan. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 3(3), 384–392. https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.384-392. DOI: https://doi.org/10.33369/jp2ms.3.3.384-392
Pratiwi, N. Y., & Hidayat, W. (2020). Kesulitan Siswa Madrasah Ibtidaiyah pada Materi Pecahan Berdasarkan Langkah Polya. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 248. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3476. DOI: https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i2.3476
Pribadi, Y. T., Sholeh, D. A., & Auliaty, Y. (2021). Pengembangan E-Lkpd Materi Bilangan Pecahan Berbasis Problem Based Learning Pada Kelas Iv Sekolah Dasar. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 264–279. https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116. DOI: https://doi.org/10.37478/jpm.v2i2.1116
Primasari, I. F. N. D., Zulela, Z., & Fahrurrozi, F. (2021). Model Mathematics Realistic Education (Rme) Pada Materi Pecahan Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1888–1899. https://doi.org/10.31004/Basicedu.V5i4.1115. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1115
Putra, G. Y. M. A., Suarjana, I. M., & Agustiana, I. G. A. T. (2021). E-LKPD Materi Pecahan dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Undiksha, 9. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813. DOI: https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.35813
Putra, Z. H., Witri, G., & Sari, I. K. (2020). Pengetahuan Didaktika Calon Guru Sekolah Dasar tentang Pecahan Ditinjau dari Teori Antropologi Didaktik. Jurnal Elemen, 6(2), 244–261. https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2056. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v6i2.2056
Rahmawati, G. (2016). Buku Teks Pelajaran sebagai Sumber Belajar Siswa di Perpustakaan Sekolah di SMAN 3 Bandung. Edulib, 5(1), 102–113. https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307. DOI: https://doi.org/10.17509/edulib.v5i1.2307
Ramda, A. H. (2017). Analisis kesesuaian materi buku teks Kemendikbud matematika kelas VII dengan Kurikulum 2013. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 12. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14057
Rohmah, S. K. (2019). Analisis Learning Obstacles Siswa pada Materi Pecahan Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Islamic Primary Education, 2(1), 13–24. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428. DOI: https://doi.org/10.15575/al-aulad.v2i1.4428
Rostika, D., & Junita, H. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (DMR). EduHumaniora : Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35–46. https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176. DOI: https://doi.org/10.17509/eh.v9i1.6176
Setiawan, E. P. (2019). Analisis muatan literasi statistika dalam buku teks matematika Kurikulum 2013. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.28558. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v14i2.28558
Singh, P., Hoon, T. S., Nasir, N. A. M., Han, C. T., Rasid, S. M., & Hoong, J. B. Z. (2021). Obstacles Faced by Students in Making Sense of Fractions. The European Journal of Social & Behavioural Sciences, 30(1), 34–51. https://doi.org/10.15405/ejsbs.287. DOI: https://doi.org/10.15405/ejsbs.287
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Alfabeta.
Tusyana, E., & Luciana, D. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together Terhadap Hasil Belajar Pkn. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 6(2), 173–184. https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812. DOI: https://doi.org/10.24042/terampil.v6i2.4812
Unaenah, E., Saridevita, A., Valentina, F. R., Astuty, H., Devita, N., & Destiyantari, S. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 247–261. https://doi.org/10.36088/nusantara.v2i2.813.
Wardana, M. Y. S., & Damayani, A. T. (2017). Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Pecahan di Sekolah Dasar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333. DOI: https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.333
Wijaya, C. B. (2018). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Pada Kelas VII-B Mts Assyafi’iyah Gondang. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 115–124. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234. DOI: https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.5234
Yenni, R. F. (2016). Penggunaan metode numbered head Together ( NHT ) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 9(2), 263–267. https://doi.org/10.30870/jppm.v9i2.1006.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Teten Ginanjar Rahayu, Tatang Herman, Anggy Giri Prawiyogi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.