Problematika Guru dalam Penggunaan Video Youtube sebagai Media Pembelajaran di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45598Keywords:
guru, youtube, media pembelajaranAbstract
Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran berbasis teknologi informasi komunikasi ke dalam praktik pengajaran tidak terlepas dari problematikanya. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis problematika yang dihadapi guru pada penggunaan video youtube sebagai media pembelajaran di sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek yang terlibat dalam penelitian ini yakni guru kelas IV, V, dan VI. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan instrumen penelitian berupa pedoman wawancara. Data yang diperoleh pada penelitian kemudian dianalisis secara deskriptif dengan cara reduksi, penyajian, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat lima problematika utama yang dirasakan oleh guru selama penggunaan media youtobe, di antaranya adalah kurangnya ketersediaan perangnkat untuk menayangkan video, sulitnya mencari kesesuaian konten dengan materi ajar, kesulitan dalam proses pengunduhan video yang memerlukan waktu lama karena pengetahuan dan keterampilan guru, kesulitan mengatur waktu pada saat proses pembelajaran, serta sulitnya mengontrol sikap peserta didik untuk fokus pada pembelajaran. Problematika yang diperoleh dapat digunakan sebagai acuan dalam memberikan dukungan bagi para guru dalam mengatasi problematika penggunaan video youtube agar pembelajaran lebih berkualitas.
References
Adji, W. S., Ansari, M. I., Bashith, A., & Albar, M. (2021). Analisis Kelayakan Video Pembelajaran IPS Jenjang MI/SD di Platform Youtube pada Materi Keragaman Agama di Indonesia. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 57–69. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v6i2.4362.
Ahmad, F., & Mustika, D. (2021). Problematika Guru dalam Menerapkan Media pada Pembelajaran Kelas Rendah di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2008–2014. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1056.
Baihaqi, A., Mufarroha, A., & Imani, A. I. T. (2020). Youtube sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif di SMK Nurul Yaqin Sampang. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 07(01), 74–88. https://doi.org/10.47077/edusiana.v7i1.19.
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2019). Model Pengembangan Media Pembelajaran Adaptif di Sekolah Dasar. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(1), 33–46. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i1.2356.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan Video Tutorial untuk Mendukung Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Virus Corona. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 74–84. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950.
Diputra, K. S., Tristiantari, N. K. D., & Jayanta, I. N. L. (2020). Gerakan Literasi Digital bagi Guru-Guru Sekolah Dasar. JCES: Journal of Character Education Society, 3(1), 118–128. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/jces.v3i1.1483.
Fyfield, M., Henderson, M., & Phillips, M. (2021). Navigating Four Billion Videos: Teacher Search Strategies and The YouTube Algorithm. Learning, Media and Technology, 46(1), 47–59. https://doi.org/10.1080/17439884.2020.1781890.
Hamidah, & Marsiah. (2020). Pembelajaran Maharah Al-Istima’ dengan Memanfaatkan Media Youtube: Problematika dan Solusi. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 8(2), 147–160. https://doi.org/10.23971/altarib.v8i2.228210.23971.
Hariyanto, O. I. B., Iskandar, I., & Rahmasari, G. (2018). Media Pembelajaran Cake Dekorasi dengan Menggunakan Youtube di Rumah Kue Millah. Jurnal Abdimas BSI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–31. https://doi.org/10.31294/jabdimas.v1i1.2862.
Juwantara, R. A. (2019). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Operasional Konkret 7-12 Tahun dalam Pembelajaran Matematika. Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 27. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v9i1.3011.
Mahardika, V. P., & Soewito, B. M. (2021). Perancangan Video Motion Graphic Infografis sebagai Media Promosi Destinasi Wisata Pantai Pacitan Melalui Youtube. Jurnal Sains Dan Seni ITS, 10(1), 91–98. https://doi.org/10.12962/j23373520.v10i1.60075.
Pratiwi, B., & Hapsari, K. P. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pemanfaatan YouTube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 282. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.24238.
Putri, S. D., & Citra, D. E. (2019). Problematika Guru dalam Menggunakan Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA. IJSSE : Indonesian Journal of Social Science Education, 1(1), 49–54. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/ijsse/article/view/1325.
Rahmayani, A., Siswanto, J., & Arief Budiman, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Menggunakan Media Video terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 246. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18055.
Rasman, R. (2021). Penggunaan Youtube sebagai Media Pembelajaran Bahasa Inggris pada Masa Pandemi Covid 19. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 1(2), 118–126. https://jurnalp4i.com/index.php/edutech/article/view/442.
Rasyidiana, H. (2021). Problematika Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sains (IPA) di Tingkat Dasar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 5(4), 1709–1716. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.948.
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 28(2), 73–79. https://doi.org/10.17977/um009v28i22019p073.
Saharuddin, A. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV-B melalui Pemanfaatan Media Audio-Visual (Film Projector) SD Negeri Kompleks IKIP 1 Kota Makassar. Pembelajar: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 2(2), 72. https://doi.org/10.26858/pembelajar.v2i2.7098.
Sarjana, K., Sridana, N., & Turmuzi, M. (2018). Disain Media Peraga dan Bantu Pembelajaran Geometri bagi Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. JIIP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan), 3(2), 176–182. https://media.neliti.com/media/publications/298770-disain-media-peraga-dan-bantu-pembelajar-3dd7769e.pdf.
Sena, H. D. D. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Animasi Kompetensi Dasar Menganalisis Surat Niaga di SMK 2 Krian. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(1), 44–49. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/26587.
Setiadi, E. F., Azmi, A., & Indrawadi, J. (2019). Youtube sebagai Sumber Belajar Generasi Milenial. Journal of Civic Education, 2(4), 313–323. https://doi.org/10.24036/jce.v2i4.135.
Setiawan, D., Lestari, S., Putra, D. S., & Azmi, M. (2018). Pemanfaatan Media Sosial untuk Membangun Sistem E-Learning di SMKN 1 Gunung Talang. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 18(1), 7–12. https://doi.org/10.24036/invotek.v18i1.177.
Sulaiman, Z. (2017). Pemanfaatan Media Internet dalam Pembelajaran PPKn bagi Siswa Kelas XI. Jurnal Civic Hukum, 2(2), 89–95. https://doi.org/10.22219/jch.v2i2.6860.
Suwarto, S., Muzaki, A., & Muhtarom, M. (2021). Pemanfaatan Media YouTube sebagai Media Pembelajaran pada Siswa Kelas XII MIPA di SMA Negeri 1 Tawangsari. Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 15(1), 26–30. https://doi.org/10.26877/mpp.v15i1.7531.
Yani, S., & Siwi, M. (2020). Analisis Penggunaan Media Sosial dan Sumber Belajar Digital dalam Pembelajaran bagi Siswa Digital Native di SMAN 2 Painan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 13(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um014v13i12020p001.
Yudistira, I., & Rabbani, S. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Realistics Mathematic Education (rme) pada Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan Bsiswa Kelas I SD. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(5), 193–200. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/collase/article/view/4385.
Zulkifli, Z., & Royes, N. (2018). Profesionalisme Guru Dalam Mengembangkan Materi Ajar Bahasa Arab di MIN 1 Palembang. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3(2), 120–133. https://doi.org/10.19109/jip.v3i2.1646.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Destya Ramadhina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.