Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-based Learning pada Topik Sumber Energi untuk Kelas IV Sekolah Dasar

Authors

  • Agus Surya Nata Universitas Pendidikan Ganesha
  • Ida Bagus Surya Manuaba Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46232

Keywords:

Student worksheet, PBL, Science

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi model pembelajaran pada bahan ajar, sehingga dalam proses pembelajaran siswa masih kurang memahami konsep dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu menciptakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Problem-based Learning materi sumber energi muatan IPA untuk kelas IV SD. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini yaitu ahli isi mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran dan 12 siswa kelas IV SD. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, metode wawancara, dan metode penyebaran angket/kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validitas LKPD berbasis Problem-based Learning Materi Sumber Energi Muatan IPA yang terdiri dari: (a) review ahli isi mata pelajaran yang memperoleh skor sebesar 93%(sangat baik), (b) review ahli desain pembelajaran yang memperoleh skor sebesar 90% (sangat baik). (c) review ahli media pembelajaran yang memperoleh skor sebesar 88% (baik), (d) hasil uji perorangan yang memperoleh skor 92,85% (sangat baik), dan (e) hasil uji kelompok kecil yang memperoleh skor 89,63 (baik). Maka dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa lembar kerja peserta didik yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran IPA.

Author Biographies

Agus Surya Nata, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

Ida Bagus Surya Manuaba, Universitas Pendidikan Ganesha

PGSD

References

Agitsna, L. D., Wahyuni, R., Friansah, D., & Friansah, D. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem-based Learning pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Negeri 11 Lubuklinggau. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(3), 429–437. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i3.2360.

Aini, N. A., Syachruroji, A., & Hendracipta, N. (2019). Pengembangan LKPD Berbasis Problem-based Learning pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 68–76. https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Ali, S. S. (2019). Problem-Based Learning : A Student-Centered Approach. English Language Teaching, 12(5), 73–78. https://doi.org/10.5539/elt.v12n5p73.

Aprilda, N. M. M., Kusmana, A., & Rustam. (2021). Pengembangan LKPD Berbasis Pendekatan CTL pada Materi Teks Hasil Laporan Observasi Kelas X SMA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 4(3), 434–442. https://doi.org/10.23887/jp2.v4i3.41097.

Ariawan, R., & Putri, K. J. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Problem-Based Learning Disertai Pendekatan. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 293–302. https://doi.org/10.24014/juring.v3i3.10558.

Banjarani, T., Putri, A. N., & Hindrasti, N. E. K. (2020). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem-based Learning pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 3(2), 130–139. https://doi.org/10.23887/jppsi.v3i2.28577.

Dewi, N. M. L. C., & Negara, G. A. O. (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Video Animasi IPA pada Pokok Bahasan Sistem Pernapasan Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 122–130. https://doi.org/10.23887/jeu.v9i1.32501.

Dinda, Ambarita, A., Herpratiwi, & Nurhanuarawati. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis PBL untuk Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(5), 3712–3722. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1439.

Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934.

Effendi, R., Herpratiwi, & Sutiarso, S. (2021). Pengembangan LKPD Matematika Berbasis Problem-based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(2), 920–929. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.846.

Elfina, S., & Sylvia, I. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem-based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 27–34. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i1.56.

Farman, Hali, F., & Rawal, M. (2021). Development of E-LKPD Using Live Worksheets for Online Mathematics Learning during Covid-19. Journal of Mathematics Education, 6(1), 36–42. https://doi.org/10.31327/jme.v6i1.1626.

Geni, K. H. Y. W., Sudarma, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Berpendekatan CTL pada Pembelajaran Tematik Siswa Kelas IV SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 1. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28919.

Hidayanti, T. M., & Ain, S. Q. (2021). Lembar Kerja Siswa ( LKS ) pada Mata Pelajaran Matematika Materi Bangun Datar Kelas IV. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 186–192. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.37261.

Hilmi, N., & Sapri. (2022). The Development of Student Worksheets (LKPD) Based on Islamic Characteristics in Mathematics Fractional Materials in Elementary School. Jurnal BASICEDU, 6(2), 2222–2230. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2381.

Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., & Sriwarthini, N. L. P. N. (2021). Pengembangan LKPD Literasi Sains Berbasis Lesson Study for Learning Community (LSLC). Jurnal Pijar Mipa, 16(1), 136–141. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2297.

Kusumawati, V. V., & Kristin, F. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa, 7(1), 25–34. https://doi.org/10.31932/jpdp.v7i1.1088.

Lukman, A., Hayati, D. K., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Video Animasi Berbasis Kearifan Lokal pada Pembelajaran IPA Kelas V di Sekolah Dasar. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 153. https://doi.org/10.32332/elementary.v5i2.1750.

Mulyani, S., & F, F. (2020). Pengembangan LKPD Berorientasi Eksperimen dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 4(1), 89–102. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.281.

Murni, A. W., & Yasin, F. N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Proyek pada Materi Siklus Air Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(6), 6196–6210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1696.

Murti, S., & Muhtadi. (2019). Validitas Bahan Ajar LKS Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Se-Kabupaten Musi Rawas. Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, Dan Asing, 2(2), 159–172. https://doi.org/10.31540/silamparibisa.v2i2.239.

Nareswari, N. L. P. S. R., Suarjana, I. M., & Sumantri, M. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(2), 204–213. https://doi.org/10.23887/mi.v26i2.35691.

Paramita.A, N. L. P. A., Japa, I. G. N., & Sudatha, I. G. W. (2018). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Berbantuan Masalah Realistis terhadap Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 56–65. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20499.

Pranata, D. P., Frima, A., & Egok, A. S. (2021). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem-based Learning pada Materi Bangun Datar Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(4), 2284–2301. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1183.

Putri, N. K. I. P., Murda, N., & Sudana, D. N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Questions Card terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA. Thinking Skills and Creativity Journal, 1(2), 46–55. https://doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20492.

Qistina, M., Alpusari, M., Noviana, E., & Hermita, N. (2019). Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran IPA Kelas IVC SD Negeri 034 Taraibangun Kabupaten Kampar. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 8(2), 160–172. https://doi.org/10.33578/jpfkip.v8i2.7649.

Rahayuningsih, D. I., Mustaji, & Subroto, W. T. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS bagi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar, 4(2), 726–733. https://doi.org/10.26740/jrpd.v4n2.p726-733.

Riyani, N. L. V. E., & Wulandari, G. A. A. (2022). Pengembangan LKPD Interaktif Berbasis STEAM pada Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V di SD No. 3 Sibanggede. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 22(1), 285–291. https://doi.org/10.33087/jiubj.v22i1.2046.

Saputra, W. F. A., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi Tri Hita Karana terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Multikultural Indonesia, 1(2), 51–61. https://doi.org/jpmu.v1i2.20771.

Saputri, D., Irianto, S., & Bintaro, T. Y. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Materi Jaring-Jaring Kubus dan Balok Berbasis Project Based Learning (PjBL). Jurnal Elementaria Edukasia, 2(2), 98–102.

Sari, F. B., Amini, R., & Mudjiran. (2020). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Model Integrated di Sekolah Dasar Fetra. Jurnal BASICEDU, 4(4), 1194–1200. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.524.

Sari, L., Taufina, T., & Fachruddin, F. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) dengan Menggunakan Model PJBL di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 813–820. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.434.

Sari, Y. I., Sumarmi, Utomo, D. H., & Astina, I. K. (2021). The Effect of Problem-Based Learning on Problem Solving and Scientific Writing Skills. International Journal of Instruction, 14(2), 11–26. https://doi.org/10.29333/iji.2021.1422a.

Seibert, S. A., DNP, RN, & CNE. (2021). Problem-Based Learning : A Strategy to Foster Generation Z ’ s Critical Thinking and Perseverance. Teaching and Learning in Nursing, 16(1), 85–88. https://doi.org/10.1016/j.teln.2020.09.002.

Suartama, I. K. (2016). Evaluasi dan Kriteria Kualitas Multimedia Pembeajaran. Universitas Pendidikan Ganesha, January 2016, 1–17.

Sudarmawan, I. M., Abadi, I. B. G. S., & Putra, M. (2020). Model Pembelajaran SETS Berbantuan Media Audio Visual terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Edutech Undiksha, 08(2), 171–182. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28968.

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43–48. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpd/article/view/6262/3180.

Swiyadnya, I. M. G., Wibawa, I. M. C., & Sudiandika, I. K. A. (2021). Efektivitas Model Problem-based Learning Berbantuan LKPD terhadap Hasil Belajar Muatan Pelajaran IPA. MIMBAR PGSD Undiksha, 9(2), 203–210. https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v9i2.36111.

Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan. FIP Undiksha.

Utami, D. P., & Dafit, F. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik ( LKPD ) Berbasis High Order Thingking Skills ( HOTS ) pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Mimbar Ilmu, 26(3), 381–389. https://doi.org/10.23887/mi.v26i3.41138.

Wulandari, A. R., Masturi, & Fakhriyah, F. (2021). Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Youtube terhadap Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3779–3785. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1251.

Yanayanti, N. K. A. T., Putra, D. K. N. S., & Asri, I. G. A. A. S. (2020). Peran Model Pembelajaran Kooperatif Tipe CRH Berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 196–209. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.29084.

Yosefina, Arnyana, I. B. P., & Adnyana, P. B. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran Biologi Bermuatan Karakter terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter. Indonesian Values and Character Education Journal, 1(2), 68–74. https://doi.org/10.23887/ivcej.v1i2.20316.

Downloads

Published

2022-05-04

How to Cite

Nata, A. S., & Manuaba, I. B. S. (2022). Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Problem-based Learning pada Topik Sumber Energi untuk Kelas IV Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1), 1–10. https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.46232

Issue

Section

Articles