Layakkah Media Papan Ludo Digunakan Pada Muatan IPA Untuk Siswa Sekolah Dasar?
DOI:
https://doi.org/10.23887/mi.v27i3.51275Keywords:
Media, Permaian Ludo, IPAAbstract
Papan ludo merupakan inovasi media pembelajaran sebagai penguatan materi yang berisi tentang kuis dari materi yang telah dipelajari oleh siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan kelayakan dan keterbacaan media papan ludo pada muatan IPA siswa kelas IVB. Metode dalam penelitian ini yaitu R&D menggunakan model Thiagarajan, atau 4D yaitu define, design, development and dissemination. Namun dalam penelitian ini dibatasi hanya sampai tahap developement karena melihat waktu pada saat penelitian dimasa pandemi. Subjek penelitian ini adalah ahli materi, ahli media dan siswa kela IV SD. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket validasi dan angket respon peseta didik serta didukung dengan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar angket validasi para ahli dan lembar angket respon siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media papan ludo yang dikembangkan telah divalidasi oleh 3 validator dengan presentase ahli materi 82% ahli bahasa 87% dan ahli media 89%. Sedangkan hasil rata-rata angket keterbacaan media papan ludo yang dilakukan oleh siswa yaitu sebesar 100%. Dari hasil penelitian ini dapat simpulkan bahwa penggunaan media papan ludo sangat layak digunakan dengan presentase 86% dan sangat menarik digunakan sebagai media pembelajaran muatan IPA.
References
Afrianti, S., Daulay, M. I., & Asilestari, P. (2018). Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak dengan Permainan Ludo. Aulad : Journal on Early Childhood, 1(1), 52–59. https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6. DOI: https://doi.org/10.31004/aulad.v1i1.6
Amalia, F., Putri, B., & Rezkita, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Berbasis Powerpoint Interaktif untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri Gondolayu. Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 5(3), 684–693. https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122. DOI: https://doi.org/10.30738/trihayu.v5i3.6122
Angguntari, Y. P. (2019). Pengembangan Papan Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Kompetensi Dasar Menganalisis Persyaratan Personil Administrasi Kelas X OTKP di SMK Negeri 10 Surabaya. Pendidikan Administrasi Perkantoran, 7(3), 1–8. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JPAPUNESA/article/view/29462. DOI: https://doi.org/10.26740/jpap.v8n2.p340-350
Arisantiani, N. K., Putra, M., & Ganing, N. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Childrens Learning in Science (Clis) Berbantuan Media Lingkungan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(2), 124. https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774. DOI: https://doi.org/10.23887/jet.v1i2.11774
Christiana, L. (2021). Pemanfaatan Google Jamboard Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kimia Materi Senyawa Hidrokarbon. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2), 124–131. https://doi.org/10.51878/science.v1i2.423. DOI: https://doi.org/10.51878/science.v1i2.423
Dewi, A., Dewi, L., & Setiawati, L. (2018). Efektivitas Penggunaan Media Gambar Karikatur Terhadap Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah. Edutcehnologia, 2(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/edutechnologia/article/view/19654.
Dwiqi, G. C. S., Sudatha, I. G. W., & Sukmana, A. I. W. I. Y. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran IPA Untuk Siswa SD Kelas V. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 33. https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934. DOI: https://doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28934
Ekici, M., & Erdem, M. (2020). Developing Science Process Skills through Mobile Scientific Inquiry. Thinking Skills and Creativity, 36, 100658. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658. DOI: https://doi.org/10.1016/j.tsc.2020.100658
Falahudin, I. (2017). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117. https://juliwi.com/published/E0104/Paper0104_104-117.pdf.
Fauziati, T., & Susilowibowo, J. (2021). Pengembangan Permainan Ludo King of Accounting (Doting) Sebagai Media Pengayaan Pada Materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 46. https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i1.4327. DOI: https://doi.org/10.33603/ejpe.v9i1.4327
Gustiani, S. (2019). Research And Development (R&D) Method As A Model Design In Educational Research And Its Alternatives. Holistics, 11(2). https://jurnal.polsri.ac.id/index.php/holistic/article/view/1849.
Hadi, S., & Novaliyosi, N. (2019). TIMSS Indonesia (trend in Indonesia mathematic and science study). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers, 0(0). http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/sncp/article/view/1096.
Hakiki, R., Muchson, M., Sulistina, O., & Febriana, A. (2022). The Development of Learning Media Based on Augmented Reality, Hologram, and Ludo Game on The Topic of Molecular Shapes. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 16(4), 70–84. https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.28989. DOI: https://doi.org/10.3991/ijim.v16i04.28989
Jannah, M. M., & Wiyatmo. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Penguasaan Materi dan Minat Belajar Fisika Peserta didik SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 240–249. http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2422.
Januarisman, E., & Ghufron, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Siswa Kelas Vii. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 166. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019. DOI: https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8019
Jihan, A. N. F., Reffiane, F., & Arisyanto, P. (2019). Pengembangan Media Ludo Raksasa Pada Tema Selalu Berhemat Energi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar Undiksha, 7(2). https://doi.org/10.23887/jjpgsd.v7i2.17501.
Jundu, R., Jehadus, E., Nendi, F., Kurniawan, Y., & Men, F. E. (2019). Optimalisasi Media Pembelajaran Interaktif dalam Meningkatkan Kemampuan Matematis Anak di Desa Popo Kabupaten Manggarai. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 10(2), 221. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353. DOI: https://doi.org/10.26877/e-dimas.v10i2.3353
Juniarti, Y. (2019). Pengembangan Media Ludo Geometri (DORI) Pada Fisik Motorik Anak Usia Dini. Al-Athfal : Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 169–182. https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04. DOI: https://doi.org/10.14421/al-athfal.2019.52-04
Jupriyanto. (2018). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Iv. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(2), 105. https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111. DOI: https://doi.org/10.30659/pendas.5.2.105-111
Kuswanto, J. (2019). Pengembangan Modul Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA Terpadu Kelas VIII. Jurnal Media Infotama, 15(2), 51–56. https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866. DOI: https://doi.org/10.37676/jmi.v15i2.866
Made, R. M. I., & Bayu, G. W. (2019). Pengaruh Starter Experiment Approach (Sea) Terhadap Hasil Belajar Ipa. Mimbar Ilmu, 24(1), 124–133. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17469
Marhadi. (2019). Permainan Ludo sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Sekolah Dasar. Tadulako Journal Sport Sciences and Physical Education Volume, 7(2), 19–31. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/PJKR/article/view/15029.
Maria, S., Saputri, D. F., & Sukadi, E. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ludo untuk Meningkatkan Minat Belajar Fisika Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Pontianak. Jurnal Pendidikan Sains Dan Aplikasinya, 4(1). http://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/JPSA/article/view/2422.
Mudanta, K. A., Astawan, I. G., & Jayanta, I. N. L. (2020). Instrumen Penilaian Motivasi Belajar dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 25(2), 101. https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611. DOI: https://doi.org/10.23887/mi.v25i2.26611
Ningsih, S. A., & Pritandhari, M. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas Xi Sma Purnama Trimurjo. PROMOSI: Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi, 7(1), 50–59. https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2039. DOI: https://doi.org/10.24127/pro.v7i1.2039
Nirfayanti, & Nurbaeti. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 50–59. https://e-journal.my.id/proximal/article/view/211.
Nissa, S. A., & Arini, N. W. (2021). Pengembangan Game Ludo untuk Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2563–2570. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1259
Nurjannah. (2018). Pengaruh Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iii Sdn Pasi Pinang. Bina Gogik, 5(1), 71–78. https://www.ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/17.
Pendem, I. W. (2021). Penerapan Model Students Team Achievement Division (STAD) Berbantuan Pendekatan Tri Pramana dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. LAMPUHYANG, 12(1), 92–106. http://e-journal.stkip-amlapura.ac.id/index.php/jurnallampuhyang/article/download/253/151. DOI: https://doi.org/10.47730/jurnallampuhyang.v12i2.278
Rohman, P. N., Na’im, M., & Sumardi, S. (2021). Pengembangan media berbasis prezi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan model 4d. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.13054. DOI: https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.13054
Sa’dun Akbar. (2017). Instumen Perangkat Pembelajaran. Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Sulistiowati, D., & Wiarsih, C. (2021). Studi Literatur Pendekatan CALLA (The Cognitive Academic Language Learning Approach) dan Media Pop Up Book dalam Peningkatan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 64–73. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i1.835.
Sumadi, I. P., Kusmayadi, T. A., & Fitriana, L. (2022). Validity , Practicality , and Effectiveness of Ludo Cartesius Learning Media to Improve Understanding of Mathematical Concepts. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 6(3), 581–600. https://doi.org/10.31764/jtam.v6i3.8477.
Tembang, Y., Purwanty, R., & Hermansyah, A. K. (2020). Implementasi model think pair share berbantuan media Kahoot It meningkatkan keaktifan berdisikusi mahasiswa. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(1), 22. https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5368. DOI: https://doi.org/10.25273/pe.v10i1.5368
Trianto. (2011). Model Pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.
Wijayanti, W., & Relmasira, S. C. (2019). Pengembangan Media PowerPoint IPA Untuk Siswa Kelas IV SD Negeri Samirono. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 3(2), 77–83. https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381. DOI: https://doi.org/10.23887/jppp.v3i2.17381
Wulandari, N., Hendratno, H., & Indarti, T. (2020). Development of Pop-Up Book Media based on Balanced Literacy Approach to Improve Skills of Reading Class 1 Students Basic School. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 7(5), 619. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1693. DOI: https://doi.org/10.18415/ijmmu.v7i5.1693
Yusman, A. R. A., & Nurhasanah, N. (2017). Jelajah Sejarah Melalui Ludo Carpet : Upaya Mewujudkan Generasi Nasionalis Bagi Anak Sekolah Dasar. Penelitian Pendidikan INSANI, 20(2). https://doi.org/10.26858/ijes.v20i2.4822.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Maria Ulfa, Yonarlianto Tembang, Ivylentine Datu Palittin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.